Your Smart Wedding Platform

5 Tips Membuat Acara Pernikahan Ekstra Romantis

26 Sep 2024 | By Nurma Arum Wedding Market | 56
Fotografi oleh Calia Photo

Acara pernikahan adalah sebuah momen yang penuh dengan cinta. Makanya, saat kita datang ke sana, perasaan bahagia yang dirasakan oleh pengantin akan tersampaikan ke kita. Namun, sering kali saat kita menghadiri pernikahan, suasana hangat yang penuh cinta kurang terasa karena tema yang kurang tepat atau suasana yang kurang mendukung padahal suasana romantis pada acara pernikahan bisa dibagun, lo.

Mulai dari mempersiapkan tema yang tepat hingga printilan yang mendukung, berikut ini tips yang bisa kamu ikuti untuk mewujudkan pernikahan dengan suasana yang romantis paripurna. Simak sampai habis, ya!

1. Pilih tema pernikahan yang tepat


Tema utama pernikahan akan menentukan bagaimana nantinya semua detail pada pernikahan sehingga menjadi dasar yang membentuk suasana secara keseluruhan. Tema pernikahan yang lebih intimate akan mewujudkan suasana pernikahan romantis ini. Sentuhan sentimental juga bisa ditonjolkan. Ada beberapa tema yang akan cocok untuk acara ini.

a. Tema garden party

Pernikahan di taman dengan dekorasi bunga alami, pepohonan, dan pencahayaan lembut seperti lampu gantung atau lampu taman menciptakan suasana yang santai, tapi tetap elegan. Suasana ini semakin sempurna apabila ada suara alam seperti kicauan burung atau angin yang berhembus.

b. Rustic romance

Tema rustic biasanya mengedepankan elemen alam, seperti penggunaan dekorasi kayu, keranjang rotan, bunga liar, dan pencahayaan lilin yang akan  memberikan kesan hangat dan intim. Untuk membuatnya semakin romantis, kamu bisa menggelar pernikahan rustic di bangunan dari kayu dengan dekorasi vintage untuk menciptakan nuansa nostalgia dan romantis.

c. Fairytale

Bagi pasangan yang menyukai kesan magis dan imajinatif, tema fairytale bisa menjadi pilihan. Venue yang dihiasi dengan hiasan berkilauan seperti lampu kristal, lampu gantung besar, dan bunga-bunga mewah memberikan sentuhan dongeng yang tetap romantis.

d. Tema pantai

Walaupun pernikahan di pantai biasanya akan menciptakan kesan yang lebih santai atau kasual, pernikahan yang romantis juga bisa didapatkan pada konsep ini. Latar belakang laut yang biru, pasir putih, serta suara ombak menciptakan atmosfer yang sangat intim. Dekorasi sederhana dengan bahan-bahan alami seperti kayu, bambu, dan bunga-bunga membuat suasana pernikahan terasa santai, tapi tetap penuh cinta.

2. Dekorasi


Tema yang dirancang akan didukung dengan dekorasi yang sesuai. Mulai dari pemilihan aksen dekoratif hingga pemilihan lampu sebaiknya dilakukan dengan sungguh-sungguh. Beberapa elemen yang bisa dipertimbangkan sebagai berikut: 

a. Bunga-bunga yang lembut dan natural

Bunga adalah salah satu elemen penting untuk menciptakan suasana yang romantis pada pernikahan. Pilih bunga dengan warna-warna lembut seperti merah muda, putih, lavender, atau peach. Kombinasikan mawar, peony, hydrangea, atau baby’s breath dalam berbagai elemen dekorasi pada pelaminan, aisle, hingga centerpiece.

b. Cahaya lilin yang hangat

Lilin menciptakan suasana yang sangat intim dan romantis, terutama saat malam hari. Tempatkan lilin di berbagai sudut venue, seperti di sepanjang lorong, meja tamu, atau di dekat pelaminan. Pilihan lilin dalam kaca bening atau lilin beraroma dapat menambah kehangatan ruangan. Jika memungkinkan, lilin-lilin kecil bisa ditaruh mengelilingi area makan atau tempat duduk tamu untuk memberikan sentuhan magis.

c. Lampu gantung atau fairy lights

Pencahayaan lembut dari fairy lights atau lampu gantung berwarna kuning hangat adalah salah satu cara terbaik untuk menciptakan suasana romantis. Gantung lampu-lampu tersebut di atas meja makan, di pohon-pohon (jika venue luar ruangan), atau di sekitar pelaminan. Jika ingin nuansa lebih mewah, pilih chandelier kristal yang memberikan kesan elegan dan romantis.

d. Dekorasi kain

Kamu bisa menggunakan kain dengan tekstur lembut seperti tulle, sutra, atau chiffon untuk memperkuat nuansa romantis. Kain ini bisa digunakan untuk menghiasi backdrop pelaminan untuk efek visual yang indah, hiasan kursi untuk membuatnya lebih menarik, dan tirai di pintu masuk untuk menyambut para tamu. 

e. Hiasan yang digantung

Selain lampu gantung, tambahkan hiasan gantung lain seperti rangkaian bunga yang menggantung, atau bola kaca kecil yang berisi lilin atau bunga. Hiasan gantung ini bisa dipasang di atas pelaminan, meja makan, atau di sepanjang venue untuk menambah kesan elegan dan romantis.

f. Detail sentuhan personal

Untuk membuat suasana terasa lebih romantis dan memiliki kesan emosional yang lebih mendalam, kamu bisa menaruh beberapa barang pribadi. Foto-foto kalian yang diabadikan selama perjalanan cinta atau kenangan spesial yang digantung di pohon atau diletakkan di meja tamu bisa membuat suasana terasa lebih personal. Hal-hal kecil seperti buku tamu berbentuk kotak pesan cinta atau souvenir romantis juga dapat memperkuat nuansa tersebut.

3. Buat tamu merasa terlibat

Agar suasana tetap romantis, usahakan untuk membuat tamu merasakan kehangatan dari pernikahan. Susunan tempat duduk yang rapat dan intimate membuat tamu merasa dekat secara emosional dengan pasangan pengantin. Tambahkan sesi ice-breaking yang melibatkan tamu dalam interaksi langsung dengan pasangan, seperti meminta mereka menuliskan pesan cinta atau kenangan indah di buku tamu.

4. Makanan dan minuman yang elegan

Foto: via Bali Chemistry Wedding

Makanan dan minuman juga bisa menjadi bagian dari suasana romantis. Sajikan makanan yang memiliki makna bagi kalian berdua atau pilih hidangan dengan tampilan yang cantik, seperti dessert table yang penuh dengan warna lembut dan detail halus. Presentasi yang cantik akan menambah kemewahan dan keintiman acara.

a. Hidangan utama 

Hidangan utama berupa steak dengan saus atau ayam panggang dengan dengan saus lemon akan memberikan sentuhan elegan yang membuat suasana terasa lebih romantis. 

b. Minuman

Champagne adalah minuman perayaan yang mewah dan biasanya berkaitan dengan momen-momen romantis. Minuman ini bisa disajikan saat toast untuk menciptakan suasana yang lebih meriah dan intim. 

Untuk tamu yang tidak mengonsumsi alkohol, sajikan mocktail dengan presentasi cantik. Pilih mocktail berbasis jus buah seperti jeruk, nanas, atau lemon dengan tambahan bunga edible seperti lavender, mawar, atau rosemary sebagai garnish. Minuman ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memberikan kesan elegan dan romantis.Tambahkan juga minuman spesial seperti cocktail yang dinamai sesuai dengan kisah cinta kalian.

5. Pemilihan musik yang tepat

Foto via Bali Chemistry Wedding

Musik adalah elemen kunci dalam menciptakan suasana romantis di pernikahan. Pemilihan musik yang tepat dapat memperkuat perasaan cinta, menghidupkan momen, dan membuat acara terasa lebih intim. Berikut beberapa jenis musik yang cocok untuk pernikahan romantis.

a. Lagu instrumental yang lembut

Musik instrumental tanpa lirik dapat menciptakan suasana yang tenang dan elegan. Pilihan seperti musik piano klasik, biola, atau gitar akustik sangat cocok untuk dimainkan saat tamu tiba atau selama sesi makan malam.

b. Lagu akustik penuh cinta

Lagu-lagu cinta yang diaransemen dalam versi akustik dapat memberikan nuansa intim. Suara gitar akustik atau piano yang lembut dengan vokal yang pelan sangat ideal untuk saat-saat spesial seperti prosesi masuk pengantin atau sesi pertukaran janji pernikahan.

c. Jazz romantis

Musik jazz dengan tempo lambat atau menengah sering digunakan untuk menciptakan suasana santai dan penuh cinta. Pilihan lagu jazz klasik seperti "The Way You Look Tonight" oleh Frank Sinatra atau "What a Wonderful World" oleh Louis Armstrong memberikan sentuhan nostalgia dan kehangatan. 

d. Lagu cinta pop romantis

Lagu pop romantis dengan melodi yang indah dan lirik yang menyentuh sangat ideal untuk pernikahan. Lagu ini bisa menjadi bagian dari sesi dance pertama, atau digunakan saat pemotongan kue. Beberapa di antaranya, seperti "Can’t Help Falling in Love" dari  Elvis Presley, "You Are The Reason"  dari Calum Scott, dan "Just The Way You Are" dari Bruno Mars.

e. Lagu film romantis

Musik yang diambil dari soundtrack film romantis atau film favorit kalian bisa menjadi pilihan unik. Lagu-lagu ini sering membawa kenangan spesial dan menghadirkan sentuhan emosional lebih dalam, seperti "My Heart Will Go On" dari Titanic, "I Will Always Love You" dari The Bodyguard, "La Vie en Rose" oleh Édith Piaf.

f. Musik orkestra

Menambahkan nuansa romantis tetap bisa dilakukan untuk pernikahan yang mengusung tema mewah. Caranya adalah memilih musik yang tepat. Untuk suasana yang lebih mewah dan klasik, musik orkestra atau string quartet bisa menjadi pilihan yang luar biasa. Suara biola, cello, atau alat musik gesek lainnya menciptakan suasana elegan dan menyentuh. 

Menciptakan acara pernikahan yang romantis merupakan PR tersendiri. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Memberikan sedikit sentuhan di beberapa elemennya akan mewujudkan pernikahan impianmu menjadi kenyataan.


Cover: Fotografi oleh Calia Photo


Artikel Terkait



Artikel Terbaru