Pilih Kategori Artikel

Tips Memilih Buket Bunga Pengantin Sesuai Kepribadian
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Gaun pengantin yang elegan, sepatu pengantin yang indah, serta riasan make up pengantin yang cantik, takkan lengkap rasanya tanpa hand bouquet wedding yang menyempurnakan semuanya. Meskipun hanya sebagai aksesoris pelengkap, tetapi buket bunga pengantin mampu mempercantik penampilan serta keanggunan sang pengantin. Selain itu, dengan memegang buket bunga saat pernikahan, bisa membantu sedikit meringankan rasa canggung dan gugup ketika di atas pelaminan, loh. Makanya, buket bunga pengantin tidak pernah ketinggalan, ya.


Tahukah kamu ada banyak sekali rangkaian buket bunga pengantin yang dapat dipilih saat ini, dan setiap tipe rangkaian bunga pengantin tersebut ternyata ada namanya, loh. Sebut saja, cascade bouquet, posy bouquet, round bouquet, hand-tied bouquet, dan sebagainya. Di dalam artikel ini akan dijelaskan 10 tipe rangkaian buket bunga pengantin terpopuler yang sering digunakan oleh para pengantin. Namun, sebelum lebih lanjut membahas jenis-jenis hand bouquet wedding, simak dulu beberapa tips memilih buket bunga pengantin terbaik untuk pernikahanmu, yuk


Tips Memilih Buket Bunga Pengantin untuk Pernikahan Kamu

  • Memilih bunga pengantin berdasarkan bahannya, bunga asli atau artifisial

Hal pertama yang paling penting saat kamu hendak memilih buket bunga pengantin untuk pernikahanmu nanti, yakni menentukan apakah bunga asli atau bunga artifisial yang mau digunakan. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Selain tampilannya yang cantik, bunga asli memiliki bentuk yang sempurna untuk dijadikan sebagai hand bouquet. Keindahan warnanya yang alami serta aroma harumnya yang semerbak bisa menenangkan perasaan, sehingga membuat mood kamu jadi bagus selama acara berlangsung. Namun, kekurangannya rangkaian buket bunga pengantin dari bunga asli harganya relatif mahal dan tidak bisa bertahan lama, terutama dikala cuaca panas, bunga bisa cepat layu. 

Selain itu, untuk jenis bunga tertentu tidak tersedia setiap saat. Sebagai contoh bunga peony, bunga impor ini hanya mekar pada akhir musim semi hingga awal musim panas. Oleh karena itu, apabila kamu menginginkan buket bunga pengantin dari bunga peony, maka harus menyesuaikan dengan musimnya. 

Sementara itu, jika kamu menggunakan buket bunga pengantin artifisial, tentu harganya akan lebih terjangkau. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir bunganya akan layu, ataupun berada diluar musimnya karena bunga ini bisa digunakan kapan saja. Meskipun, dari segi tampilan tidak seindah bunga asli. Bunga artifisial yang bisa kamu pilih antara lain berbahan dasar plastik, kain atau flanel. 

  • Memilih bunga pengantin berdasarkan bentuknya

Seperti yang sudah disinggung di awal-awal, berdasarkan cara merangkainya ternyata buket bunga pengantin ada bermacam-macam, dan setiap jenisnya itu punya namanya tersendiri. Apa saja jenis-jenis rangkaian hand bouquet untuk wedding? Ini dia penjelasannya, untukmu.


10 Jenis Rangkaian Buket Bunga Pengantin yang Populer Digunakan untuk Pernikahan

  1. Posy bouquet untuk yang suka gaya klasik 'timeless'

wm_article_img

sumber: centralsquareflorist.com

Bentuk rangkaian bunga bergaya klasik dan paling populer digunakan sebagai buket bunga pengantin adalah posy bouquet. Bentuk rangkaian buket bunga ini cukup imut untuk dipegang di tangan, susunannya terdiri dari hampir semuanya bunga atau dengan sedikit dedaunan sebagai dekorasi, bentuknya rapat dan padat. Rangkaian buket bunga ini seringkali dibentuk membulat dan diikat dengan pita yang memberikan kesan ‘timeless’ tak lekang oleh waktu. Bunga yang cocok untuk posy bouquet antara lain: bunga tulip, mawar, peony, atau ranunculus.

  1. Round bouquet untuk yang berkarakter kuat dan teguh

wm_article_img

sumber: stylemepretty.com

Bentuk buket bunga pengantin selanjutnya yang juga menjadi favorit banyak orang, yaitu round bouquet atau buket membulat. Gaya rangkaian bunga ini dibuat membulat sempurna seperti sebuah kubah, biasanya hanya menggunakan satu jenis bunga. Sebagai contoh, bunga mawar atau bunga peony. Oleh karena hanya terdiri dari satu macam bunga, rangkaian hand bouquet ini bisa digunakan untuk konsep pernikahan monokromatik. Meskipun demikian, buket bunga ini juga sama cantiknya dengan rangkaian bunga yang tersusun dari beberapa jenis bunga dengan berbagai warna. Komposisinya yang padat serta bentuknya yang konsisten, seakan memperlihatkan keteguhan dan karakter yang kuat, bukan?

  1. Cascade bouquet yang dramatis

wm_article_img

Sumber: pinterest.ie

Selanjutnya, bagi kamu yang menginginkan tampilan dramatis pada resepsi pernikahanmu nanti jenis gaya rangkaian bunga cascade bouquet bisa menjadi pilihan terbaik. Bagaimana tidak, susunan buket bunga yang sengaja dibentuk menjuntai bagaikan air terjun ini, akan serta merta memberikan kesan mewah pada penampilanmu. 

Rangkaian bunga jenis ini disusun dari dedaunan hijau dan berbagai jenis bunga bertangkai panjang seperti bunga anggrek atau calla lily yang sangat cantik ketika digabungkan bersama. Buket bunga pengantin mewah bergaya cascade ini akan memberikan statement yang kuat pada penampilanmu, oleh karena itu cocok untuk melengkapi gaun silhouette panjang dengan desain simple atau veil panjang, what a lovely choice!

  1. Hand-tied Bouquet, tampil alami menjadi diri sendiri

wm_article_imgwm_article_img

sumber: kayleighrust.com | etsy.com

Jika sebelumnya desain buket bunga pengantin sengaja disusun menjadi bentuk yang indah, maka gaya hand-tied bouquet bisa dikatakan sebagai rangkaian bunga bergaya bebas 'messy arrangement'. Seperti namanya, ‘buket bunga tangan terikat’ rangkaian bunga pengantin sederhana ini bisa disusun dari berbagai jenis bunga dan tanaman hijau. Untuk mengikatnya bisa digunakan pita, tali atau benang. 

Rangkaian buket bunga pengantin bergaya hand-tied ini memberikan kesan natural, seolah bunga-bunga tersebut baru dipetik. Oleh sebab itu, sangat cocok sekali digunakan jika kamu menginginkan hand bouquet wedding bergaya rustic, bohemian atau garden wedding. Pas banget buat kamu yang ingin tampil alami dan menjadi diri sendiri, nih!

  1. Nosegay bouquet gaya elegan tanpa berlebihan

wm_article_img

sumber: stylemepretty.com

Sekilas tampak mirip dengan gaya posy bouquet, perbedaannya terletak pada komposisi tanaman hijau atau dedaunan dan bunganya. Pada rangkaian nosegay bouquet, komposisi tanaman hijau atau dedaunan lebih mendominasi dibandingkan dengan bunganya. Bunga yang sering digunakan untuk rangkaian nosegay bouquet antara lain adalah bunga mawar, lili, dan anggrek, tak lupa juga gunakan pita kain lebar agar tampilannya makin cantik.

Biasanya rangkaian ini lebih sering digunakan sebagai bunga tangan untuk bridesmaid daripada sebagai buket bunga pengantin. Oleh karena jumlah bunganya yang lebih sedikit, buket ini indah namun tidak menjadi spotlight. Cocok sekali bagi kamu yang ingin tampil elegan tetapi tidak berlebihan.

  1. Glamelia / Composite bouquet, seperti sebuah kejutan!

wm_article_img

Sumber: junebugweddings.com

Rangkaian bunga ini terlihat seperti satu kuntum bunga super besar ‘kan? Ternyata oh ternyata, buket bunga komposit atau yang disebut juga glamelia ini bukan satu kuntum bunga, melainkan terdiri dari gabungan puluhan kelopak bunga yang dibentuk seolah-olah sekuntum bunga yang sangat besar, what a surprise, ya! Composite bouquet ini bisa memuaskan kamu yang mendambakan buket bunga pengantin yang cantik dan berbeda dari yang lain. 

  1. Crescent bouquet, bentuknya melengkungnya 'luwes'

wm_article_img

sumber: entwinedevents.com

Satu lagi, gaya rangkaian buket bunga tangan unik untuk pengantin adalah crescent bouquet atau buket bunga berbentuk bulan sabit. Terdiri dari berbagai jenis bunga warna-warni dan dedaunan hijau, buket bunga ini dibentuk melengkung layaknya bulan sabit. Penampilanmu bisa semakin stunning dengan hand bouquet mewah yang satu ini! Selain itu arrangement-nya yang membentuk lengkungan seakan menyimbolkan keluwesan, ya.

  1. Single-stem bouquet, ‘simpler is better’

wm_article_img

sumber: magnoliarouge.com

Bagi kamu yang menyukai kesederhanaan, konsep ‘simpler is better’ bisa sangat cocok denganmu, bukan? Buket bunga pengantin simple ini hanya terdiri dari satu tangkai bunga yang mekar sempurna, dengan pita minimalis untuk mempermanis tampilannya. Bunga yang umumnya digunakan untuk gaya buket ini adalah bunga berkuntum besar seperti peony, garden roses atau hydrangea.

Apabila sang pengantin menggunakan buket bunga pengantin yang lebih ramai, rangkaian bunga ini bisa digunakan untuk hand bouquet bagi para bridesmaid, tujuannya agar sang pengantin tetap menjadi pusat perhatian. Meskipun demikian, apabila kamu ingin menggunakan rangkaian bunga ini untuk pesta pernikahanmu nanti, juga tetap bisa memberikan kesan anggun dan elegan, kok.

  1. Contemporary bouquet, terkesan unik dan misterius

wm_article_imgwm_article_img

sumber: botanic-art.com.au | marthastewart.com

Masih belum puas dengan desain rangkaian bunga yang itu-itu saja? Mungkin kamu perlu mencoba menggunakan contemporary bouquet yang benar-benar unik dan lain daripada yang lain. Tenang saja, buket bunga pengantin bergaya kontemporer ini jauh sekali dari kesan tradisional. Sebab, buket bunga ini tersusun dari berbagai bunga-bunga atau tanaman eksotis yang dibuat menarik.

Penggunaan bunga-bunga eksotis inilah yang menjadikan bunga tangan pengantin ini berbeda dan berkesan kontemporer. Beberapa bunga yang memiliki bentuk eksotis seperti calla lily, hyacinth, anthurium, sweet peas, delphinium, dan bunga-bunga unik lainnya menambahkan kompleksitas dalam rangkaian buket bunga pengantin eksentrik ini, unik sekaligus terkesan misterius. 

  1.  Presentation bouquet, menjadi pusat perhatian

wm_article_img

sumber: i.pinimg.com

Jenis buket bunga pengantin yang terakhir yang akan kita bahas adalah presentation bouquet atau sering disebut juga gaya buket bunga kontes kecantikan (pangeant bouquet). Disebut demikian, sebab rangkaian bunga ini berukuran besar dan dibuat dengan bunga-bunga segar yang mekar sempurna, dengan tampilan elegan dan mewah. Ciri khasnya, dipegang dengan cara dikepit di lengan. Biasanya menggunakan bunga anggrek, delphiniums, mawar, calla lily, sweet peas, dan bunga-bunga tropis lainnya. Sanking cantiknya, siapapun yang memegang buket bunga ini pastinya menjadi pusat perhatian, deh!

Apapun gaya rangkaian bunga yang dipilih untuk buket bunga pengantin kamu nanti, keputusannya ada di tanganmu. Jika kamu menyukai hal-hal yang sederhana dan minimalis, maka single-stem bouquet, posy bouquet, atau round bouquet bisa dipertimbangkan. Sebaliknya, jika kamu menginginkan penampilan yang lebih semarak dan mewah, presentation bouquet  atau cascade bouquet akan cocok untuk memberikan kesan ini. Ada pula hand-tied bouquet yang lebih fleksibel dengan messy arrangement-nya yang cocok untuk berbagai konsep pernikahan, serta buket bunga bergaya kontemporer, yang terkesan misterius.

Layaknya elemen-elemen pernikahan lainnya yang membutuhkan persiapan matang, bila perludalam menentukan bunga pengantinkamu bisa mengkonsultasikannya dengan para profesional dan ahli di bidangnya. Kamu bisa bertanya atau meminta saran pada vendor-vendor florist terbaik negeri ini di WeddingMarket. Meskipun, pada akhirnya kamu sendirilah yang harus memutuskan buket bunga pengantin mana yang paling cocok dengan kepribadianmu. 

Pilihlah hand bouquet wedding sesuai karakter dan tentunya budget-mu, serta yang membuatmu jatuh cinta berkali-kali layaknya kamu jatuh hati pada gaun atau sepatu pengantinmu. Ketika hatimu senang, aura cantikmu pun akan semakin terpancar layaknya keindahan pada buket bunga pengantin yang kamu pegang. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya. Selamat memilih, dears!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...