Pilih Kategori Artikel

Inilah Tips Memilih Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Tubuh Supaya Tidak Salah Pilih
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Setiap perempuan memiliki gaun pengantin yang menjadi impiannya, begitu juga pastinya dengan Anda. Ada banyak perempuan yang bahkan sudah memikirkan gaun pengantin terbaik mereka sejak masih menjadi anak-anak. Tidak heran, pernikahan adalah momen sakral yang hanya akan terjadi sekali seumur hidup, dan siapapun pasti menginginkan memiliki gaun pengantin yang indah untuk membalut tubuhnya.

Di luar sana ada banyak sekali bahan, desain dan warna gaun pengantin yang justru membuat Anda sebagai calon pengantin menjadi bingung dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk mempertimbangkan gaun pengantin. Belum lagi Anda perlu mempertimbangkan untuk sewa, beli, jahit sendiri gaun pengantin yang digunakan nanti. Segala pertimbangan yang ada rasanya bisa membuat kepala Anda meledak saking bingungnya.

Perihal mempertimbangkan membeli, menyewa, maupun menjahit sendiri, semua memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

Jika Anda akan menyewa gaun pengantin, keuntungan Anda adalah:

  1. Anda akan lebih praktis. Anda hanya perlu memilih, mengukur, kemudian menyewa dalam jumlah hari yang dibutuhkan.
  2. Sewa gaun pengantin juga bisa membuat Anda lebih hemat, lagipula gaun tersebut hanya akan digunakan satu kali saja.
  3. Saat ingin melangsungkan pernikahan dengan segera, menyewa gaun pengantin lebih disarankan karena Anda tidak perlu lagi mengurus kain, desain, payet, dan hal lainnya. Anda cukup terima jadi.

Keuntungan menjahit gaun pengantin sendiri:

  1. Anda lebih bebas memilih desain, kain, dan gaun pengantin ini nantinya bisa sesuai dengan ukuran tubuh Anda.
  2. Tentu Anda akan jauh lebih puas dengan gaun tersebut karena Anda terlibat secara langsung dari memilih bahan, desain, dan bisa melakukan fitting setiap saat.
  3. Gaun Pengantin Anda akan menjadi gaun pengantin yang berbeda dari milik orang lain karena Anda sendiri turut turun tangan mewujudkan gaun tersebut. Ide kreatif Anda ada di sana.

Keuntungan membeli gaun pengantin:

  1. Membeli gaun pengantin akan membuat Anda mendapatkan banyak pilihan gaun pengantin.
  2. Gaun pengantin pilihan Anda bisa dijadikan kenang-kenangan yang berharga seterusnya.
  3. Anda bisa memilih yang sesuai anggaran belanja, bye bye pemborosan anggaran belanja!

Bila Anda memutuskan untuk membeli saja gaun pengantin Anda, Anda juga perlu mengetahui kekurangannya. Misalnya, ketika membeli baju pengantin Anda akan susah menemukan ukuran yang sesuai dengan bentuk tubuhan Anda. Anda akan cenderung memilih yang desainnya bagus atau yang memiliki harga sesuai, padahal gaun itu belum tentu click saat digunakan oleh Anda.

Ketimbang terlalu memperhatikan harga, bukankah lebih baik untuk memilih gaun pengantin yang nyaman dan sesuai dengan bentuk tubuh Anda? Gaun yang nyaman, pasti akan membuat Anda lebih merasa percaya diri dan gaun yang melekat sempurna pada tubuh Anda akan membuat siapapun memandang takjub pada Anda. Setuju?

Lalu, bagaimana kiat-kiat memilih gaun pengantin yang sesuai dengan bentuk tubuh ya? Dengan senang hati kami akan membantu Anda memilihkan gaun pengantin yang akan menyempurnakan hari bahagia nanti. Mari, coba _ cara ini agar gaun pilihan Anda tak sekadar cantik, tapi juga nyaman membalut tubuh indah Anda!

Namun sebelumnya, sudahkah Anda mengetahui bentuk tubuh Anda sendiri?

 wm_article_img

Gaun pengantin yang dikatakan sempurna adalah yang bisa membingkai badan Anda dengan tepat – tidak kebesaran pun tidak terlalu kecil. Untuk itulah sebelum Anda keluar dari rumah untuk menuju toko, Anda perlu mengenali tubuh Anda dengan tepat. Tipe-tipe bentuk tubuh ini sangat beragam dan tidak semua gaun pengantin sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Jika asal pilih, Anda bisa dinilai aneh oleh tamu yang datang, tentu Anda tidak menginginkan hal ini terjadi bukan?

Macam-macam bentuk tubuh:

  1. Apabila Anda memiliki bentuk tubuh yang sedikit lebih lebar pada bagian dada, pinggul lebih kecil, dan kaki yang ramping, Anda mungkin memiliki bentuk tubuh ‘strawberry shape’.
  2. Jika lebar bahu nyaris sama dengan lebar dada dan seolah lurus dan sama lebar dengan pinggul sehingga bentuk badan tampak seperti persegi panjang, Anda memiliki bentuk tubuh ‘banana shape’.
  3. Untuk bentuk badan ‘apple shape’, biasanya cenderung memiliki ukuran dada yang besar, pinggul yang sempit, tapi berut besar pada bagian tengah.
  4. Anda memiliki pinggul yang lebih lebar daripada dada dan pinggang yang juga lebar, Anda memiliki bentuk badan yang dinamakan ‘pear shape’
  5. Nah, jika lebar dada dan pinggul Anda seimbang, pinggan Anda pun memiliki lekukan, ini berarti Anda memiliki bentuk badan ‘hour glass shape’

Coba patut diri Anda sekali lagi di kaca, lihat benar-benar seperti apa badan yang Anda miliki dan cocokan dengan ciri-ciri di atas!

  1. Memilih gaun untuk Anda yang memiliki bentuk badan ‘strawberry shape’

 wm_article_img

Karena Anda memiliki bentuk badan bagian atas yang lebih lebar, dada yang besar, sementara pinggul Anda kecil, dengan kaki yang kurus, Anda memerlukan gaun yang bisa menjadi penyeimbang bentuk tubuh Anda.

Pilihlah gaun yang membungkus tubuh dan menonjolkan lekuk tubuh Anda dengan bentuk kerah bateau neck atau kerah berbentuk kapal. Hal ini akan membuat bahu Anda yang lebar tersamarkan oleh kerah. Pada bawahan, Anda bisa memilih yang longgar atau lebar yang berguna untuk menjadi penyeimbang bentuk badan atas.

Tipe gaun yang kami sarankan untuk Anda yang memiliki bentuk badan strawberry adalah: Ballgown, A-line, dan Empire line.

  1. Gaun pengantin yang tepat untuk pemilik bentuk badan ‘banana shape’

 wm_article_img

Banyak perempuan mendamba memiliki tubuh seperti Anda yang memiliki tipe banana shape. Bagaimana tidak, dari dada, pinggang, pinggul, badan Anda memiliki ukuran yang hampir sama.  Bahu Anda sempit, dengan badan ramping, beserta pinggul yang tidak terlalu besar, itu menjadikan badan Anda menjadi cita-cita banyak perempuan.

Walau begitu, yang Anda butuhkan adalah gaun yang menciptakan ilusi pada pinggang agar badan Anda tampak memiliki lekukan yang sempurna. Anda bisa membuatnya dengan gaun yang memiliki pita di tengah untuk menunjukan mana bagian atas dan bagian bawah badan Anda. Hindari menggunakan gaun pengantin dengan kerah tinggi karena bisa membuat badan Anda semakin kotak.

Tipe gaun pengantin yang kami sarankan untuk pemilik bentuk badan banana adalah gaun A-line, mermaid, dan sheath.  

  1. Menyiasati bentuk tubuh ‘apple’ dengan gaun sempurna

 wm_article_img

Apakah Anda memiliki bahu lebar serta dada, pinggang, dan punggung yang besar? Ah, mungkin Anda memiliki tubuh tipe apple! Untuk Anda dengan apple body shape, Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih gaun.

Sebaiknya hindari gaun-gaun yang memiliki hiasan besar pada bagian pinggang seperti pita atau ikat pinggang karena akan membuat perut Anda tampak lebih lebar dan besar lagi. Nah, siasati saja dengan memamerkan bagian tubuh yang lain, seperti dada! Pilih gaun pengantin dengan kerah V atau yang banyak dikenali sebagai kerah potongan rendah. Apabila Anda ingin menghiasi gaun pengantin dengan pita, berikan saja pada bagian pinggang agar lekukan tubuh semakin terlihat.

Tipe gaun pengantin yang layak digunakan oleh Anda pemilik bentuk badan apple adalah A-line. Hindari gaun pengantin ball gown dan mermaid!

  1. Tidak sulit menemukan gaun pernikahan untuk perempuan dengan pear body shape

 wm_article_img

Banyak perempuan memiliki pear body shape sehingga banyak gaun pengantin dibuat dengan ukuran ini, Anda jadi semakin mudah menemukan gaun pengantin yang tepat. Perempuan yang memiliki bentuk badan pear atau yang juga dikenal sebagai bentuk tubuh segitiga memiliki ciri seperti pinggul besar dengan dada dan pinggang yang kecil. Inilah mengapa, Anda perlu mencari gaun yang membuat pinggang Anda terlihat lebih kecil dan menyesuaikan bagian atas tubuh Anda.

Hindari gaun fishtail karena akan membuat dada makin terlihat kecil. Anda bisa mengalihkan gaun pengantin Anda pada gaun one shoulder dan jangan lupa kenakan korset untuk memamerkan pinggang Anda yang kecil! 

Tipe gaun pengantin yang bisa digunakan oleh Anda yang memiliki bentuk badan pear ialah ball gown, A-line, one – shoulder. Dan yang perlu dihindari adalah mermaid, sheath, dan layered.

  1. Memilihkan gaun terbaik untuk Anda yang memiliki hour glass shape bride

 wm_article_img

Tubuh dengan bentuk hourglass adalah bentuk tubuh yang proposional. Anda yang memiliki tipe tubuh ini biasanya memiliki dada lebar yang nyaris sama lebarnya dengan pinggul dan pinggang Anda memiliki lekukan yang membuat badan Anda tampak seperti gitar. Banyak yang mengatakan bahwa hourglass sangat cocok menggunakan empire line, empire lines adalah jahitan horizontal yang tepat di bawah dada.

Namun, sebetulnya itu tidak terlalu tepat. Anda sudah memiliki bentuk badan yang indah dengan pinggang kecil, menggunakan empire line justru akan membuat badan dan pinggang Anda makin panjang. Selain itu Anda juga tidak disarankan memilih gaun yang berpotongan rendah karena akan menyamarkan lekukan tubuh.

Silahkan memilih gaun dengan desain mermaid, ball gown, dan A-line dan juga hindari gaun pengantin dengan konsep sheath, empire line, juga low waist.

Setelah mengetahui jenis gaun yang cocok untuk tiap-tiap bentuk tubuh yang ada, apalagi yang perlu dilakukan?

Pertama, Jika Anda memutuskan untuk menurunkan berat badan, tetaplah membeli gaun yang memiliki ukuran sebelum Anda melakukan diet. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila diet yang Anda lakukan gagal ditengah jalan.

Kemudian jangan ragu untuk mencoba gaun yang akan Anda beli di dalam toko. Dengan mencoba sebelum membeli, Anda bisa menilai nyaman dan tidaknya bahan yang dipakai dalam gaun pengantinnya, apakah gaunnya terasa berat atau sesuai dengan Anda, dan yang terpenting adalah rasa percaya diri Anda ketika dibalut gaun pengantin pilihan.

Ketiga, pastikan bahwa gaun yang Anda inginkan memiliki harga beli sesuai dengan anggaran yang sudah Anda dan pasangan tetapkan. Sekalipun Anda sangat menginginkan sebuah gaun tapi itu memiliki harga yang jauh di atas anggaran, sebaiknya Anda berbesar hati untuk merelakan, ketimbang budget pernikahan Anda justru membengkak dan membuat semuanya menjadi tak terkendali.

Dan, ingatlah untuk memeriksa gaun pengantin secara keseluruhan dan mendetail. Jika perlu, ajaklah teman atau pasangan ke toko yang menjual gaun pengantin incaran Anda dan minta mereka ikut memeriksa gaun tersebut. Jangan sampai ketika Anda sudah melakukan transaksi pembelian, gaun itu baru disadari memiliki kecacatan. Selain rugi secara materi, Anda pun semakin membuang waktu untuk memperbaiki gaun tersebut.

Baca juga: Tren Gaun Pengantin Modern yang Sederhana

Sebenarnya tidak masalah apabila Anda menginginkan gaun pengantin yang menurut ulasan di atas justru tidak cocok pada Anda. Ulasan ini menjadi sebuah saran, bukan keharusan! Pilihlah gaun impian Anda dan kenakan dengan hati bahagia, maka gaun itu akan menjadi indah pada tubuh Anda karena Anda memakaikan dengan percaya diri dan kenyamanan.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...