Pilih Kategori Artikel

5 Tips Menata Kembali Keuangan Setelah Lebaran Agar Pengeluaran Terkendali
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Momen lebaran hari raya Idul Fitri merupakan salah satu hari yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Tak jarang banyak orang yang tak dapat mengontrol pengeluarannya demi merayakan sukacita di hari lebaran. Berbagai kebutuhan lebaran seperti baju baru, kue-kue, parsel dan hampers lebaran, THR untuk keponakan, dan pengeluaran lainnya kadang tak dapat terelakkan.

Jika pengeluaran tidak dikontrol, maka bisa jadi kamu malah boncos padahal tanggal gajian selanjutnya masih cukup lama. Jangan sampai malah mengganggu tabungan nikah atau dana-dana penting lainnya ya! Untuk itu, kamu perlu menata kembali keuangan agar bisa kembali seperti sedia kala setelah lebaran. Berikut tips yang bisa kamu coba. 

1. Periksa kembali catatan pengeluaran 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan seusai lebaran adalah mengobservasi kembali catatan pengeluaran. Dengan membuat catatan pengeluaran ini sangat penting untuk mengetahui dimana letak pengeluaran yang berlebihan, serta pos-pos pengeluaran apa saja yang bisa kamu batasi di bulan ini menjelang kondisi kembali normal. 

2. Melunasi utang

Apabila demi memenuhi kebutuhan selama lebaran menyebabkan kamu memiliki utang, maka sebaiknya hal ini harus ditata terlebih dahulu. Baik utang kartu kredit (KK), pinjaman onlinekredit tanpa agunan (KTA), maupun utang kepada perorangan. Hitunglah seberapa besar cicilan yang harus segera kamu lunasi agar tidak semakin menumpuk ke depannya. Sebisa mungkin bayarlah utang-utang tersebut secara konsisten sesuai dengan kemampuan, jangan menunda-nunda supaya tidak menjadi beban berkelanjutan di kemudian hari.

3. Mulai berhemat dan membatasi pengeluaran sehari-hari

wm_article_imgIlustrasi: pexels/ahsanjaya

Setelah mengeluarkan banyak dana untuk berbagai macam kebutuhan lebaran, saatnya kamu untuk kembali berhemat dengan mengutamakan memenuhi kebutuhan primer terlebih dahulu sebelum kondisi keuangan kembali pulih. Mulailah atur strategi untuk membatasi pengeluaran berikutnya berdasarkan sisa anggaran yang kamu miliki saat ini agar kamu bisa survive hingga kondisi keuangan kembali stabil. Selama beberapa bulan ke depan, hindari belanja barang–barang tersier yang tidak telalu diperlukan, ya!  Tanamkan dalam pikiran bahwa kondisi keuanganmu saat ini belum stabil dan perlu dipulihkan terlebih dahulu, berhematlah dan  kembali bekerja dengan giat. 

4. Siapkan dana untuk menabung dan dana jangka panjang

Selanjutnya, pastikan bahwa kamu juga menyisihkan sebagian dana dari pendapatan untuk ditabung atau diinvestasikan. Kamu perlu menyiapkan kembali tabungan yang sudah terpakai selama lebaran untuk kebutuhan-kebutuhan di masa yang akan datang, termasuk pula untuk lebaran tahun depan. Kamu perlu mulai menabung kembali agar semua kebutuhan dapat terpenuhi serta cicilan dapat segera dilunasi.

5. Mengevaluasi pengeluaran yang sudah dibelanjakan

Terakhir, kamu perlu mengevaluasi apa saja pengeluaran yang sudah dilakukan. Periksa kembali apakah ada hal-hal yang masih bisa digunakan di tahun depan, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan dana lagi untuk membelinya. Catat juga hal-hal yang bisa dihemat sebagai pembelajaran untuk lebaran yang akan datang, seperti strategi untuk mendapatkan tiket mudik dengan harga murah dengan mencari waktu yang tepat. Tujuan evaluasi ini adalah sebagai pengingat untuk kamu agar tidak melakukan pengeluaran secara berlebihan di masa yang akan datang.

Itulah beberapa tips yang dapat WeddingMarket sampaikan untuk menata kembali keuanganmu setelah Lebaran. Jangan lupa diterapkan, ya! Urusan finansial memang sangat krusial, kamu juga perlu ingat bahwa yang tak kalah penting adalah tetap disiplin dan konsisten dalam menerapkan tips tersebut, ya! Semoga kondisi keuanganmu bisa kembali pulih dan stabil, semoga bermanfaat!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...