Budget Pernikahan Terbatas? Simak Tips Jitu Menghemat Biaya Catering Berikut Ini! - Wedding Market

Budget Pernikahan Terbatas? Simak Tips Jitu Menghemat Biaya Catering Berikut Ini!

09 May 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 274
Budget Pernikahan Terbatas? Simak Tips Jitu Menghemat Biaya Catering Berikut Ini!
Foto: Fleudelys Catering

Pernikahan merupakan momen sakral sekali seumur hidup bagi banyak pasangan. Dalam momen bersejarah tersebut, sepasang kekasih disatukan dalam ikatan suci pernikahan. Oleh karena itu, tidak heran apabila banyak calon pengantin ingin mempersiapkan pernikahannya sebaik mungkin. Salah satunya, mempersiapkan catering pernikahan dengan makanan yang enak dan pantas dihidangkan bagi para tamu undangan. 

Hanya saja untuk mempersiapkan hal tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tak jarang, biaya untuk catering pernikahan mengambil porsi paling banyak dibandingkan pengeluaran-pengeluaran lainnya. Di sisi lain, kebutuhan seperti dekorasi, make up pengantin, dan gaun pernikahan juga perlu dipersiapkan. Jika budget-mu terbatas, namun tetap ingin menyiapkan jamuan pernikahan dengan rasa enak dan menu yang beragam, simak tipsnya berikut ini!

1. Batasi Tamu Undangan

Foto: Sonokembang Catering

Salah satu cara paling efektif untuk menghemat budget catering pernikahan adalah dengan membatasi jumlah tamu undangan. Seperti yang diketahui, semakin banyak tamu undangan yang hadir, maka semakin banyak pula makanan yang harus disediakan. Oleh sebab itu, jika ingin menghemat dana, maka kamu harus membatasi jumlah tamu undangan untuk pesta pernikahanmu. Contohnya kamu hanya memilih kerabat atau teman-teman dekat saja untuk diundang.

Menyelenggarakan pernikahan berkonsep intimate wedding bisa menjadi solusi. Walaupun nantinya pernikahanmu hanya dihadiri oleh sedikit orang, itu tidak masalah. Justru, hal tersebut membuat pernikahanmu akan terasa lebih khidmat dan sakral, interaksi dengan tamu pun akan lebih intens terjalin. Selain itu, dengan semakin sedikitnya tamu yang datang, kamu pun tidak perlu menyiapkan banyak makanan sehingga pengeluaran juga bisa semakin ditekan.

2. Menentukan Jumlah Porsi Hidangan

Foto: Puspita Sawargi (Wedding and Catering Service)

Sebelum menentukan porsi hidangan yang akan dipesan, kamu perlu menentukan jumlah tamu yang akan diundang. Pasalnya jumlah tamu ini lah yang akan menentukan seberapa banyak catering yang perlu dipesan. Cara menentukan porsi hidangan terbilang cukup mudah, misalkan kamu mengundang 500 orang, maka jumlah catering yang harus dipersiapkan adalah 1000 porsi.  

Mengapa harus menyiapkan porsi dua kali lipat? Karena biasanya para tamu tidak datang sendiri, entah bersama pasangan ataupun keluarga. Oleh karena itu, untuk menghindari kekurangan makanan pernikahan, kamu perlu menyiapkan porsi hidangan dua kali lipat dari jumlah tamu undangan. Untuk antisipasi banyak tamu yang tidak datang, maka kamu bisa mengurangi 10% dari jumlah catering yang dipesan. Misalnya, dari 500 orang yang diundang, kamu cukup persiapkan 800-900 porsi saja.

3. Memilih Menu Catering Pernikahan yang Tepat

Foto: Al's Catering

Selain  mengurangi jumlah tamu undangan, kamu juga bisa menghemat budget pernikahan dengan cara memilih menu catering pernikahan yang tepat. Maksud dari memilih menu di sini adalah bagaimana caranya kamu menentukan makanan yang enak, pantas dihidangkan namun dengan harga yang lebih terjangkau. Misalnya saja kamu ingin menghidangkan ayam sebagai makanan utama. Alih-alih menggunakan ayam fillet, lebih baik kamu pilih hidangan ayam dengan tulang sebagai pilihan. Pasalnya ayam dengan tulang harganya lebih murah dibanding ayam fillet.

Potongan ayam dengan tulang pun tampak lebih besar daripada ayam fillet, sehingga akan memberikan kesan 'cukup' walau para tamu hanya mengambil sepotong saja. Faktor lain seperti ayam dengan tulang cenderung lebih menyulitkan ketika dimakan juga bisa menjadi opsi yang menguntungkan. Dengan menggunakan ayam tulang, maka para tamu akan sungkan mengambil banyak ayam karena mereka berpikir makanan tersebut akan susah dimakan. Dengan trik seperti ini, kamu pun tidak perlu mengeluarkan banyak dana.

4. Perbanyak Porsi dan Minimalkan Variasi

Foto: Vessa Catering

Sebenarnya tidak ada salahnya menyiapkan berbagai variasi makanan untuk pesta pernikahan, tetapi kamu juga harus ingat bahwa semakin banyak variasi makanan maka dana yang dikeluarkan pun akan lebih besar. Oleh karena itu, perlu keputusan yang bijak untuk menyiapkan catering yang baik. Cukup dengan menyiapkan 3-4 jenis menu saja itu sudah cukup. Untuk menghindari kekurangan makanan, kamu bisa memperbanyak porsi masing-masing menu sehingga tamu yang datang bisa kebagian semua. Dengan cara ini, kamu tidak hanya menghemat dana tapi juga tetap bisa menyediakan makanan yang layak bagi para tamu undanganmu.

5. Memilih Menu yang Praktis dan Umum

Foto: Fleudelys Catering

Pada beberapa pilihan menu catering pernikahan, masakan nusantara umumnya relatif lebih murah harganya dibandingkan dengan menu Western, Jepang ataupun Oriental. Beberapa faktor bisa mendasari hal ini, antara lain dikarenakan bahan atau bumbu-bumbu yang dipergunakan pada masakan nusantara adalah bahan-bahan lokal yang mudah dijumpai. Berbeda dengan masakan luar yang seringkali mempergunakan bahan-bahan impor yang tak umum untuk masakan Indonesia. Semakin rumit suatu masakan, maka akan menambah harga jualnya. Oleh sebab itu, pilihlah hidangan nusantara atau masakan yang umum demi menghemat dana pernikahanmu.

Itulah beberapa tips menghemat biaya catering pernikahan. Memang tidak ada yang salah jika kamu ingin menyiapkan catering dengan makanan yang enak dan bervariasi. Namun kamu juga perlu ingat, catering yang enak tidak harus mahal. Jika memang budgetmu terbatas, tidak perlu memaksakan menyiapkan catering yang di luar kemampuan, ya! Kamu cukup mengaplikasikan tips di atas, maka dijamin dana yang dikeluarkan bisa lebih optimal. Yuk, pilih vendor catering untuk hari bahagiamu di WeddingMarket! Dapatkan harga termurah dengan berbagai promo menarik yang ditawarkan. Cek sekarang ya!

Temukan Vendor Catering Untuk Pernikahanmu di WeddingMarket

Silahkan Klik Disini

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?