Pilih Kategori Artikel

Ingin Melakukan Pemotretan di Pantai? Yuk Baca Dulu Tips-tips Berikut!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Pemotretan di pantai kerap kali menjadi pilihan yang paling digemari oleh sebagian besar masyarakat di dunia khususnya para traveller. Pantai pada umumnya sudah di desain secara alami sehingga memiliki pemandangan yang menakjubkan. Mengambil foto di pantai dengan beberapa jepretan sederhana saja sudah bisa membuat hasil foto menjadi cantik dan luar biasa. Untuk mendapatkan hasil foto yang luar biasa kamu harus bisa memanfaatkan segala unsur-unsur pendukung yang ada di pantai salah satunya adalah trik foto dengan menggunakan ombak.

Ombak adalah salah satu objek yang menakjubkan yang bisa kamu gunakan untuk memperoleh hasil foto yang luar biasa. Untuk kamu pecinta fotografi tentu saja hal ini membutuhkan kesabaran dan perhitungan waktu yang tepat. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu pantai mana saja yang memiliki percikan ombak yang dahsyat dan juga menawan?

Kamu juga harus mencari tahu di jam berapa saja ombak itu akan muncul. Ketika kamu sudah cukup mempelajari dan mengenali tentang segala hal mengenai pantai yang kamu incar maka kamu bisa menentukan timing yang tepat agar hasil foto yang kamu dapatkan sesuai dengan rencanamu. Hunting foto di pantai juga membutuhkan penerangan cahaya yang pas agar foto objek dan latar belakang dapat sesuai dengan warna cahaya yang diinginkan.

Pemotretan di pantai membutuhkan banyak persiapan yang matang agar segala sesuatu yang sudah kamu susun berjalan sesuai rencana. Persiapan yang paling penting yaitu menyiapkan kamera berkualitas agar dapat menghasilkan gambar yang berkualitas pula. Datanglah ke tempat lokasi lebih awal lebih tepatnya sebelum matahari terbit karena pada saat itulah pemandangan indah mulai terlihat dan kamu bisa langsung mengabadikan momen tersebut.

Ketika kamu asyik melakukan pemotretan di pantai banyak hal yang harus kamu perhatikan salah satu hal yang paling penting adalah keselamatan. Tak jarang terjadi kecelakaan saat asyik mengambil foto seperti kejadian terjatuh dari batu karang dan terseret ombak. Saat mengambil foto sebaiknya kamu harus tetap menyadari situasi yang sedang berlangsung di tempat lokasi agar kamu bisa berjaga jaga dan pemotretan pun dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan kamu perlu mengetahui beberapa tips dan trik jitu agar pemotretan di pantai nanti dapat menghasilkan foto-foto yang kamu harapkan. Alangkah baiknya jika kamu mulai mencari tahu dari berbagai sumber salah satunya dengan mencari tahu melalui artikel ini. Cari tahu bagaimana tips dan trik yang tepat agar hasil pemotretan di pantai nanti menjadi sebuah karya yang memukau.

Menentukan Jadwal

Pemotretan di pantai membutuhkan waktu dan cuaca yang tepat. Untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna akan lebih baik jika kamu pergi pada saat dini hari untuk dapat mengabadikan matahari terbit (sunrise) persiapkan semua alat tempur agar kamu berhasil untuk menembakan jepretan di waktu yang tepat. Pemotretan di pantai akan menghasilkan hasil yang memuaskan ketika matahari tidak terlalu mengeluarkan sinar yang terlalu terang jadi lebih baik kamu melakukan pemotretan sejak matahari terbit. Dengan begini kamu dapat memiliki foto dengan cahaya yang berkualitas karena jika pemotretan dilakukan pada siang hari cahaya matahari akan terlalu bersinar sehingga menimbulkan bayangan hitam dan membuat detail suasana pemandangan pantai menjadi tidak jelas.

Jika kamu merasa lelah untuk memburu sunrise saat dini hari kamu juga bisa memanfaatkan pemandangan saat matahari terbenam. Dengan mengambil gambar saat matahari terbit ataupun terbenam hal ini akan mempermudah kamu untuk mengabadikan langit yang dramatis dan suasana pantai indah dapat mudah diabadikan. Memuaskan sekali bukan jika kamu dapat mengabadikan pemandangan pantai dengan perpaduan warna langit yang tidak biasa seperti warna langit keemasan yang membuat pantai bersinar sangat indah.

Persiapkan Peralatan untuk Pemotretan di Pantai

wm_article_img

Untuk mengambil foto di tengah pantai tentu kamu membutuhkan peralatan yang mendukung untuk menghasilkan hasil foto yang di inginkan. Persiapkanlah perlengkapan untuk berfoto seperti tripod, monopod, lensa dengan sudut lebar, blower ( pembersih lensa), dry bag, dan kain kering.

1.       Tripod atau Monopod

Agar pemotretan di pantai yang dihasilkan tidak goyang atau blur kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan tripod. Dengan tripod kamu dapat mengambil gambar dengan efek slow speed sehingga menghasilkan tampilan ombak yang lembut tanpa terlihat blur.

Resiko foto menjadi tidak fokus saat mengambil foto di pantai memang sangat besar karena begitu banyak angin kencang yang berhembus menyebabkan kamera menjadi sulit untuk tidak bergerak. Untuk mencegah hal-hal tersebut kamu harus menyiapkan peralatan memotret yang mendukung.

2.       Lensa dengan Sudut Lebar

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan lensa sudut lebar, dengan menggunakan lensa sudut lebar saat pemotretan di pantai kamu dapat menangkap pemandangan yang bahkan tidak kamu lihat dengan kasat mata dengan lensa sudut lebar pemandangan tersebut akan tertangkap.

Lensa sudut lebar pada umumnya mengacu ke lensa dengan fokus 35mm yang setara dengan film 35mm. Lensa sudut lebar memiliki kelebihan yakni tahan akan goyangan sehingga sangat cocok untuk digunakan saat pemotretan di pantai.

3.       Blower ( Pembersih Lensa)

Saat melakukan pemotretan di pantai sudah pasti lensa akan beresiko lebih besar untuk terkena cipratan air laut dan pasir. Karena setelah asik main di pantai terkadang kita lupa bahwa tangan habis tersentuh dengan air laut dan pasir pantai kemudian memegang kamera dan tak sengaja terkena lensa. Disinilah blower sangat dibutuhkan untuk membersihkan kamera dari kemungkinan-kemungkinan tersebut.

4.       Dry Bag

Barang yang satu ini merupakan barang yang terpenting terutama saat kamu akan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air termasuk pemotretan di pantai. Segala kemungkinan bisa terjadi saat pemotretan di pantai maka dari itu kamu harus sedia payung sebelum hujan. Sebelum kemungkinan yang tidak diinginkan terjadi lebih baik kamu membawa suatu barang yang dapat mencegah hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi.

Dengan membawa dry bag kamu dapat melindungi kamera ketika tidak sengaja terjatuh ke dalam air laut. Bukan hanya kamera tapi kamu juga dapat melindungi barang-barang elektronik lainnya seperti handphone dan USB.

5.       Kain Kering

Alangkah baiknya ketika kamu melakukan pemotretan di pantai kamu membawa kain kering berukuran lebar. Berada di pantai membuat tangan kita akan selalu terkena air laut disinilah saat yang tepat untuk kamu menggunakan kain kering supaya menghindari body kamera terkena kontak langsung dengan tangan yang terkena air laut.

Mengambil Gambar Suasana

Pemotretan di pantai akan terasa lebih lengkap keindahannya jika dilengkapi dengan kegiatan orang-orang sekitar seperti turis yang sedang bermain papan selancar atau nelayang yang hendak menangkap ikan. Gambar suasana seperti ini akan semakin melengkapi hasil foto yang ingin kamu abadikan. Tangkaplah gambar yang akan menghasilkan sebuah cerita menarik ke dalam hasil jepretanmu.

Baca juga: Mencari Spot Foto Prewedding Outdoor yang Ter-keren!

Bermain dengan Percikan Ombak

Ketika melakukan pemotretan di pantai sudah pasti hal yang paling ditunggu-tunggu adalah percikan ombak yang selalu memberikan efek luar biasa terhadap setiap hasil foto.

Untuk mendapatkan percikan ombak yang sempurna kamu harus rela menunggu seharian dan bergerak cepat dalam mengambil gambar karena percikan ombak selalu datang secara tiba-tiba. Dengan dilatarbelakangi percikan ombak kamu juga bisa berfoto dengan ekspresi merentangkan tangan seolah kamu sedang berusaha untuk membangkitkan percikan ombak, dan cipratan air ombak ini akan semakin mempercantik hasil fotomu.

Pemilihan Outfit

Pikirkanlah outfit yang tepat saat pemotretan di pantai karena pantai selalu menimbulkan cahaya yang cerah dan juga dilatarbelakangi dengan warna laut yang kebiruan sebaiknya kamu jangan menggunakan outfit berwarna putih karena akan membuat kombinasi warna yang tabrakan sehingga foto kamu saat pemotretan di pantai menjadi saru. Gunakanlah warna outfit kontras seperti warna coklat, merah, dan kuning agar saat tertangkap kamera perpaduan foreground dan background menjadi selaras dan menghasilkan perpaduan warna yang cantik.

Ambil Foto Tanpa Pemandangan Pantai

Mengambil foto di pantai tanpa memasukan pemandangan pantai juga bisa membuat hasilfotomu terlihat menarik. Kamu bisa mengambil foto dengan tema mix and match. Perpadukan bintang laut atau kerang dengan latar belakang pasir pantai. Hasil fotomu pasti akan semakin unik, bukan?

Pemotretan di pantai memang salah satu hal menarik yang ingin dilakukan oleh setiap orang. Memiliki kenangan indah bersama orang tersayang disertai dengan pemandangan pantai yang indah adalah suatu hal yang selalu di idam-idamkan. Agar momen tersebut dapat diabadikan dengan sempurna dibutuhkan persiapan yang matang. Untuk itu kamu membutuhkan tips dan trik yang tepat agar hasil pemotretan di pantai sesuai dengan yang kamu inginkan. Semoga tips dan trik di dalam artikel ini dapat membantu kamu untuk mewujudkan hasil pemotretan di pantai yang menakjubkan. 

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...