Pilih Kategori Artikel

Tips Mengatasi Rasa Takut Menikah
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan adalah proses mulainya hidup baru antara sepasang kekasih. Sebelum memutuskan untuk menikah seseorang biasanya akan melakukan banyak pertimbangan lebih dahulu. Namun sayangnya terdapat juga orang yang merasakan trauma terhadap sebuah pernikahan orang lain hingga membuatnya menjadi takut menikah.

Sebenarnya merasa takut menikah merupakan hal yang normal karena sejatinya menikah merupakan keputusan yang penting dan sangat berpengaruh terhadap hidupmu kedepanya. Tetapi banyak kasus dimana rasa takut dan khawatir akan pernikahan berlangsung secara terus menerus dan pastinya akan merugikan dirimu sendiri. Ini yang akan mempersulitmu untuk bisa mempercayai sebuah hubungan yang serius.

Sebelum menikah pastinya kamu akan memikirkan keputusang ini secara matang-matang. Walaupun sudah direncanakan dengan matang terkadang masih ada rasa ketakutan yang hadir dalam diri. Biasanya ini terjadi karena terdapat ketakutan ketika menjalin hubungan atau komitmen secara serius. Tidak jarang orang tersebut beranggapan bahwa menikah akan membuatnya kehilangan kebebasan atau takut terkekang karena suatu ikatan.

Nah, berikut cara mengatasi ketakutan akan pernikahan agar dapat diatasi sehingga rasa traumapun akan hilang.

  1. Mencari tahu penyebab ketakutan

Banyak orang yang takut menikah biasanya memiliki trauma tentang menjalin suatu hubungan. Biasanya ada yang melatar belakangi mengapa dia merasa takut untuk menikah. Trauma yang terjadi biasanya berhubungan dengan masa lalu yang pernah terjadi dihidupnya contohnya seperti, Perceraian orang tua, pernah dikecewakan, atau pernah merasa tidak nyaman akan suatu hubungan. Hal ini Yang mendalami seseorang untuk menikah karena potensi untuk terjadinya sebuah kegagalan. Untuk itu carilah penyebab dari rasa ketakutanmu akan menikah dan cobalah untuk sharing kepada calon pasanganmu agar bisa sama-sama mencari jalan keluarnya.

  1. Mengubah fokus pemikiran

Seseorang yang mengalami rasa trauma pastinya akan selalu berfikir negatif jikan menangani segala hal yang bersangkutan dengan pernikahan. Untuk itu cobalah untuk mengubah semua pikiran negatif tentang pernikahan menjadi sesuatu yang positif. Sehingga dapat membuat pikiranmu tidak hanya tertuju pada sebuah kegagalan yang akan terjadi nantinya.

  1. Meninjau ulang sebuah hubungan

Trauma akan pernikahan biasanya muncul setelah kamu memikirkan atau mengalami hal-hal yang menyakitkan di masa lau tentang suatu hubungan. Ingat terlebih dahulu apakah kamu pernah melakukan sesuatu yang telah menyakitkan pasanganmu atau sebaliknya. Untuk itu kamu dang pasangan harus meninjau ulang tentang hubungan kalian apakan sudah cocok bila melanjutkanya ke jenjang yang lenih serius. Cobalah juga membuat hubunganmu dengan pasangan berjalan penuh cinta dan kasih sayang.

  1. Menyadari bahwa tidak ada hubungan yang sempurna

Perlu kamu ketahui bahwa, tidak ada sebuah hubungan yang sempurna, setiap orang tentunya memiliki kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing, begitupun dengan pasanganmu. ketika anda merasakan perasaan takut untuk menikah, hal tesebut malah akan semakin mempersulit hubungan anda nantinya. Pahami terlebih dhaulu bahwa sebuah pernikahan tidak ada yang sempurna, dan dibutuhkan kerja keras diantara keduanya  bisa menghasilkan sebuah hubungan yang harmonis dan juga langgeng.

  1. Membangun komunikasi yang baik pada diri sendiri

Dalam sebuah hubungan membangun komunikasi merupakan hal yang penting entah komunikasi dengan dirimu sendiri atau dengan pasanganmu. Cobalah untuk menanyakan pada hati kecilmu apakah pasanganmu saaat ini memang benar-benar bisa menjadi jodh yang ideal untukmu. Lihatlah psanganmu apakah sudah memiliki nilai lebih dimatamu dan bisa menjadi penghilang trauma akan ketakutan menikah. Untuk itu berkomunikasi sangat penting agar kamu dapat melihat karakter calon pasanganmu nantinya.

  1. Belajar memiliki hubungan komitmen yang lebih baik

Jika sebelumnya kamu pernah melakukan kesalahan pada hubunganmu terdahulu, maka belajarlah dari kesalahan yang pernah kamu lakukan. Berusahalah belajar untuk berkomitmen dengan hubunganmu lebih baik lagi. Membuat hubungan yang baik tidaklah mudah karena harus ada kerja keras diantara kamu dan pasangan agar nantinya memiliki komtmen yang baik serta menghilangkan perasaan tidak nyaman teerhadap pasanganmu.

  1. Membangun sebuah kepercayaan

Sebuah trauma akan pernikahan biasanya terjadi karena ketakutan akan kegagalan dalam membangun sebuah hubungan. Untuk itulah sebenarnya sebuah hubungan harus dilandasi dengan sebuah kepercayaan. Untuk itu cobalah Memberikan sebuah kepercayaan kepada pasanganmu agar pasaganmu dapat membuktikan bahwa dia dapat kamu pervayain dan tidak usah takut lagi membangun sebuah komitmen yang serius seperti pernikahan.

Itulah tujuh tips untuk mengatasi ketakutan akan pernikahan. Menikah sendiri merupakan hal besar dan harus dipikirkan secara matang. Berfikir secara matang itu penting agar nantinya pernikahanmu tidak berakhir dengan sebuah perceraian.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...