Pilih Kategori Artikel

7 Tips Memilih Cincin Pernikahan Yang Tepat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan adalah momen sakral yang dinantikan oleh setiap pasangan yang akan menjalaninya. Pada saat pernikahan adalah momen yang membahagiakan. Memilih Cincin pernikahan merupakan salah satu elemen terpenting dalam sebuah pernikahan.

Cincin menjadi salah satu simbol sakral dalam suatu pernikahan. Alasanya kerena cincin kawin menjadi pengikat antara suami dan istri nantinya. Cincin Pernikahan biasanya terbuat dari emas, platinum, perak, palladium, berlian, dan logam mulia lainya. Untuk itu harga cincin pernikahan cukup tinggi tentunya.

Pentingnya cincin kawin membuat harganya sangat tinggi.. Untuk alasan tersebut memilih cincin pernikahan tidak boleh sembarangan. Terntunya kamu tidak ingin uang yang sudah dikeluarkan dalam jumlah yang besar namun kualitas cincin kawin tidak baik.

Pentingnya mengetahui cincin yang berkualitas merupakan hal yang penting. Agar kamu dan pasangan tidak salah dalam memilih cincin pernikahan, berikut ini kami rekomendasikan tips memilih cincin pernikahan yang tepat.

  1. Mengetahui model yang diinginkan

Model cincin pernikahan sangat beragam yang pastinya membuat kamu bingung dan pusing untuk memilihnya. Sebelum hendak membeli, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui model dan desain cincin pernikahan yang diinginkan. Pikirkanlah dengan baik cincin seperti apa yang benar-benar kamu inginkan. Diskusikanlah hal ini dengan pasangan agar tidak salah dalam memilih cincin pernikahan. Hal yang didiskusikan bisa tentang bahan cincin, desainya, hingga ornamen yang diinginkan. Dengan menentukan aspek-aspek tersebut tentunya akan lebih mudah memilih cincin pernikahan.

  1. Menentukan biaya

Cincin pernikahan merupakan salah satu barang yang memiliki harga yang cukup tinggi. Untuk itu menentukan biaya sebelum membelinya merupakan salah satu keputusan yang bijak. Biaya untuk pembelian cincin pernikahan harus masuk akal. Hal ini agar biaya pembelian cincin tidak terlalu membengkak. Tentunya kamu dan pasangan memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk kebutuhan pernikahan yang lain bukan?

  1. Waktu yang tepat untuk memilih cincin pernikahan

Banyak pasangan yang lebih mementingkan untuk mempersiapkan acara, undangan, gaun pengantin, foto pre-wedding, dan lain-lainya, lalu mengesampingkan persiapan membeli cincin kawin. Alhasil cincin pernikahan baru dibeli mendekati hari pernikahan dan membuat kamu dan pasangan terburu-buru memilih cincin. Terburu-buru dalam memilih cincin pernikahan tentunya tidak baik, mungkin saja hasilnya tidak akan maksimal. Jadi, sebaiknya membeli cincin kawin ketika masih 6 bulan sebelum hari H. Sebab, setiap toko perhiasan akan membutuhkan waktu untuk membuat cincin baru.

  1. Survey Jewelry Store atau Toko Perhiasan

Setelah menentukan model, biaya dan waktu yang tepat untuk membeli cincin pernikahan bersama pasangan, maka kamu sudah bisa memulai survey harga dati beberapa tempat. Kamu bisa membandingkan harga cincin dari berbagai macam toko dan juga secara online. Tentunya hal ini akan membuat kamu bisa menemukan harga terbaik untuk cincin pernikahan. Setiap toko perhiasan tentunya memiliki harga yang berbeda-beda dari setiap produknya. Untuk itu melakukan survey merupakan hal yang penting.

  1. Memilih bahan dasar cincin

Umumnya cincin pernikahan terbuat dari emas. Besar kecilnya kadar emas pada cincin pernikahan pun akan memengaruhi harga emas per gram. Namun, kamu pun dapat meyesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Untuk harga cincin kawin yang lebih murah kamu dapat memili jenis bahan perak, platinum, palladium. Besaran gramasi dari bahan-bahan tersebut juga akan memengaruhi harganya. Cincin emas pernikahan dengan lingkar yang lebih tipis akan lebih murah dibanding cincin dengan lingkar besar.

  1. Minta sertifikasi dan kelengkapan

Cincin pernikahan merupakan salah satu barang berharga tinggi untuk itu ketika kamu membelinya harus dilengkapi dengan surat keterangan dari toko dan juga sertifikat. Sertifikat tersebut tentunya akan kamu dapatkan meski berbelanja di jewelry store ataupun toko emas. Sertifikat ini berguna jika kamu pemilik perhiasan ingin menjual kembali perhiasanya. Untuk itu sertifikat merupakan hal pentinmg ketika kamu membeli cincin pernikahan.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Hari pernikahan mungkin akan terjadi sekali dalam seumur hidup. aka dari itu beberapa pasangan memilih untuk menghambur-hamburkan uang untuk cincin pernikahan. Memang sih, cincin pernikahan bisa menjadi salah satu investasi tapi kamu juga harus bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. Cincin dengan model dan desain sederhana nan simpel juga tetap menawan kok untuk dipilih sebagai cincin mas kawin. Kunci untuk mendapatkan cincin emas pernikahan yang pas adalah tetap kenyamanan. Banyak cincin kawin yang dibuat dengan desain berbeda dan berharga mahal, tapi ketika dikenakan tetap tidak nyaman.

Itulah 7 tips memilih cincin pernikahan yang tepat. Ingat pernikahan merupakan momen sakral yang terjadi sekali seumur hidup, untuk itu mempersiapkannya secara maksimal wajib dilakukan walaupun hanya memilih cincin pernikahan yang tepat.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...