Pilih Kategori Artikel

Tren Model Gaun Pengantin 2022 di Dunia: Permainan Warna dan Detail
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan menjadi momen bersejarah bagi setiap orang, penampilan di hari nan bersejarah itu pun harus benar-benar dipersiapkan dengan maksimal. Baik itu pernikahan intimate wedding atau resepsi yang digelar secara terbuka dengan mengundang banyak tamu, kamu sebagai calon pengantin harus menjadi tokoh utama di hari spesial pernikahanmu. Salah satu caranya, dengan mengikuti tren desain gaun pengantin 2022. Nah, jika kamu sedang mencari inspirasi gaun pengantin untuk pernikahanmu, tak ada salahnya melihat-lihat beberapa desain gaun pengantin modern karya para desainer kenamaan di dunia yang sedang happening. Siapa tahu, salah satunya bisa menginspirasimu. 

Berikut adalah beberapa tren gaun pengantin 2022 seperti yang dirangkum dalam majalah Harper's Bazaar. Beberapa diantaranya adalah desain gaun pengantin elegan dengan playful ruffles, permainan warna dan motif, pengaplikasian detail dan cut-outs yang tak biasa, hingga penggunaan aksesoris yang menonjol menjadi highlight dalam tren busana pernikahan 2022. Daripada semakin penasaran, yuk intip gayanya!

1. Playful Ruffles dalam Gaun ala Ballerina

Penggunaan bahan tulle dan pita kain bukanlah hal yang baru dalam industri gaun pengantin. Nuansa lembut yang tercipta dari permainan ruffles kain tulle yang menerawang, dengan layer mengembang seperti kelopak bunga yang bermekaran, ditambah berbagai detail tenunan dan pita, telah menginspirasi tren gaun pengantin dunia 2022.

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgBerbagai koleksi gaun pengantin Bridal Couture by Kaviar Gauche

Sentuhan klasik dan modern berpadu menjadi sebuah gaun pengantin yang indah, mungkin itulah penjabaran yang paling pas untuk menggambarkan model gaun pengantin elegan dengan playful ruffles. Desain gaun pengantin dengan permainan kain tulle dan pita serta embroidery, salah satunya rancangan karya desainer Kaviar Gauche untuk koleksi bridal couture haute 2022. Beberapa desainer dunia lainnya yang menerapkan desain gaun pengantin yang terinspirasi dari ballerina ini antara lain: Amsale, Dior Cruise, Alexander McQueen dan Vera Wang.

2. Gaun Pengantin dengan Detail Leher Tinggi (Mock Necks)

wm_article_imgwm_article_img
wm_article_img
Gaun pengantin model ball gown dengan detail leher tinggi - Magnificent by Monique Lhuillier 

Penambahan veil panjang menciptakan efek yang lebih dramatis. Alih-alih penggunaan veil berenda, pemilihan veil yang ringan memberikan kesan romantis tanpa berlebihan.


wm_article_imgwm_article_img
Gaun Pengantin Model Strapless fit-and-flare gown dengan lengan panjang - Magnolia by Eisen Stein

Variasi gaun pengantin model konservatif dengan twist-detail, baik berpotongan slim fit, A-line, atau ball gown, mampu menghadirkan kesan anggun dan elegan. Menggunakan bahan renda, kain sutera, crepe atau satin, tren gaun pengantin dengan twist-detail ini membuktikan bahwa keanggunan dapat tercipta dalam berbagai bentuk. Beberapa desainer yang menerapkan desain high-neck ini dalam karya gaun pengantinnya antara lain: Dana Harel, Francesca Miranda, Monique LhuillierEisen Stein dan L'eto.

 

3. Permainan Warna dan Motif (Color & Prints)

wm_article_imgwm_article_img
Gaun Pengantin dengan Permainan Motif 3D - Wildflower by Monique Lhuillier 
Tampaknya perkembangan tren gaun pengantin 2022 semakin meninggalkan kesan monoton dan kini beralih dengan sesuatu yang lebih inovatif, seperti permainan warna dan motif yang tak biasa. Penggunaan warna-warna lembut seperti soft lavender, dove, pistachio green dan biru langit memberikan kesan romantis pada gaun pengantin bergaya modern. Warna-warna lembut yang feminin, semakin trendy dengan penggunaan ornamen 3D, serta prints yang membuat citra modern pada gaun pengantin semakin tak terbantahkan.
wm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_img
Gaun Pengantin dengan floral prints - Tuileries by Monique Lhuillier

wm_article_img
Gaun Pengantin dengan Permainan Warna dan Motif - Dior Couture Fall 2021/2022 (image via media.vogue.fr)

Dior yang merupakan salah satu trendsetter fashion di dunia turut menghadirkan gaun pengantin dengan citra jauh dari tradisional. Salah satu karya gaun pengantin terbarunya yang dipamerkan dalam Haute Couture 2021/2022,  bergaya dinamis menghadirkan gaun pengantin transparan dengan ornamen sulaman bulu-bulu berkilauan. Untuk gaun pengantin modern yang satu ini, Maria Grazia Chiuri meninggalkan citra gaun pengantin warna putih dan bermain dengan berbagai palet warna hijau.


Beberapa karya desainer dunia yang mengaplikasikan permainan warna dan motif pada koleksi gaun pengantin terbaru mereka antara lain: Andrew Kwon, Cucculelli Shaheen, Monique Lhuillier, Dolce & Gabbana, Oscar de la Renta, dan Dior.

 

4. Kembalinya Tren 90’an 

Tren gaun pengantin ala era 90'an kembali bangkit di tahun 2022 ini. Potongan gaun slip dress dengan desain bodycon cut outs yang seksi dengan sedikit sentuhan grunge ala era 90'an.

wm_article_imgwm_article_img
Gaun Pengantin bergaya 90'an by Alexander McQueen (image via: vogue.com)

wm_article_imgwm_article_img
Bridal Collection by Jonathan Simkhai (via vogue.com)

wm_article_imgwm_article_img
Koleksi Gaun Pengantin bergaya 90'an - Bridal 2022 collection by NDS the Label

Mengangkat kembali citra gaun pengantin minimalis, tetapi jauh dari kesan boring karena cut out yang unik, asimetris, dengan potongan yang tak biasa mampu mengawinkan romantisme dan vibe rebel secara bersamaan. Beberapa desainer dunia yang mengangkat citra era 90'an sebagai tren gaun pengantin 2022 antara lain: NDS the Label, Galvan, Alexander McQueen, Pantora, Courrèges, dan Jonathan Simkhai. Gaun pengantin bergaya sexy rebellious ini bisa juga kamu adopsi untuk pernikahanmu

 

5. Gaun Transparan yang Menonjolkan Bagian Korset (Visible Corsetry)

Jika kamu pernah menonton film atau serial TV yang berlatar belakang Inggris atau negara-negara Eropa di masa lampau, mungkin kamu tak asing dengan gaun-gaun bermodel ballgown dengan korset. Konsep gaun masa lampau ini yang kembali diangkat menjadi tren gaun pengantin 2022. Namun, bedanya kalau dahulu korset berada di balik material kain gaun, kini alih-alih menyembunyikannya, para desainer kelas dunia justru sengaja menampilkannya.

wm_article_imgwm_article_img
wm_article_img
Gaun pengantin by Eisen Stein

Nyatanya inovasi baru dalam penggunaan korset dengan hiasan tulle tipis, pita dan bordir juga bisa menampilkan kesan royal wedding berbalut keseksian. Beberapa desainer dunia yang terinspirasi dengan gaya gaun pengantin ini antara lain:  Eisen Stein, Markarian, Dana Harel, Ines by Ines di Santo, Danielle Frankel, dan Andrea Iyamah.

 

6. Gaun Pengantin Mini dan Jumpsuit

Tren gaun pengantin modern semakin hari semakin disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, termasuk bagi mereka yang ingin bergaya simpel dan praktis. Maka dari itu, untuk tren gaun pengantin 2022 para desainer dunia juga mengakomodir kebutuhan tersebut dengan menciptakan berbagai desain gaun pengantin mini, bahkan jumpsuit.

wm_article_imgwm_article_img
Gaun Pengantin Mini  by Kaviar Gauche | Jumpsuit by nevenka.com.au

wm_article_imgwm_article_img
Petal by Monique Lhuillier 

wm_article_imgwm_article_img
Gaun pengantin desain mini by markarian-nyc.com

Penambahan aksesoris kepala seperti long veil dan headpieces akan sangat membantu menambah kesan elegan, meskipun dengan gaun pengantin mini.  Kamu bisa melihat koleksi gaun pengantin mini dalam karya Andrew Kwon, Fendi, Viktor & Rolf Mariage, Nevenka, Oscar de la Renta, dan Markarian.

 

7. Permainan Aksesoris yang Menonjol

wm_article_img
Gaun pengantin silky mewah karya Fendi dengan aksesoris anting-anting yang memberikan statement (image via en.vogue.me)

Anting-anting atau earrings merupakan salah satu aksesoris yang mampu memberikan statement pada penampilan. Untuk tren gaun pengantin 2022 ternyata beberapa desainer dunia mengaplikasikan pemakaian anting-anting yang menonjol untuk busana pengantin yang berani. Beberapa diantaranya memadukan gaun pengantin dengan desain ruffles dan embroidery dengan anting-anting besar untuk memberikan kesan glamor pada pengantin. Kamu bisa melihat inspirasi penggunaan anting-anting yang menonjol pada beberapa karya desainer dunia seperti Fendi, Carolina Herrera, Kaviar Gauche, Erdem, Galvan dan Francesca Miranda.

 

Itulah beberapa tren gaun pengantin 2022 yang bisa kamu pilih sebagai inspirasi untuk pernikahanmu nanti. Baik mengambil contoh secara keseluruhan atau dengan menggabungkan beberapa elemen dalam desain-desain yang ditawarkan, kamu bebas menentukan sendiri seperti apa gaun pengantin impianmu. Karya-karya desainer kenamaan dunia tersebut bisa saja menginspirasimu, namun juga tak salah jika kamu ingin menggunakan karya-karya desainer lokal yang juga memiliki daya tarik dan ciri khasnya tersendiri.

 

Kamu juga bisa menilik beberapa vendor Bridal ternama di Indonesia serta kebutuhan-kebutuhan pernikahan lainnya di WeddingMarket. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, apapun keputusan akhirnya kembali kepada kenyamananmu. Selamat memilih!


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...