Ini Trik Memilih Menu Catering Pernikahan agar Lebih Murah!

03 Aug 2020 | By Wedding Market | Viewers: 183
Ini Trik Memilih Menu Catering Pernikahan agar Lebih Murah!
Foto: Medina catering

Semua orang tahu betul, bahwa menyelenggarakan sebuah pesta pernikahan tidak mungkin hanya menggunakan biaya yang seadanya. Begitu banyak aspek penting yang tidak bisa diabaikan untuk momen yang sakral ini. Karena itu, sangatlah penting membuat persiapan yang detail jauh sebelum hari pernikahan dilaksanakan. 

Gedung, dekorasi, rias pengantin hingga biaya makanan merupakan sedikit bagian yang selalu ada dalam setiap pernikahan. Semua yang disuguhkan begitu istimewa, sehingga siapapun yang hadir ke acara tersebut turut merasa bahagia. 

Berkaitan dengan jamuan bagi para tamu, setiap menu pesta pernikahan bisa dipastikan rasanya lezat dan bukan makanan sehari-hari. Dan tahukah kamu? Begitu spesialnya menu-menu tersebut, kerap menjadi momok yang menakutkan bagi setiap calon pengantin. Bagaimana tidak, karena makanan-makanan tersebutlah yang paling banyak menyedot dana, bila dibandingkan pelengkap pernikahan lainnya.

Namun, sebaiknya kamu tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara untuk menekan bujet yang satu ini. Salah satunya adalah dengan memikirkan beberapa trik menu catering pernikahan agar biaya tidak terlalu membengkak namun tetap bisa menyuguhkan makanan yang serba spesial. Berikut ini adalah berbagai trik yang bisa kamu praktikan.

1. Budget

Kamu pastinya tidak mau memikirkan hutang yang akan dihadapi setelah pesta pernikahan. Karena itu menentukan budget yang akan dikeluarkan haruslah menjadi fokus utama. Setelah itu, pilih paket pernikahan yang benar-benar sesuai dengan budget-mu.

Besar atau tidaknya anggaran pesta pernikahan memang relatif dan tidak bisa dipukul rata. Jadi, sebaiknya bicarakan secara terbuka dengan calon pasangan dan libatkan keluarga besar. Jika keluarga tidak bisa membantu menyelesaikan masalah seperti ini, sepertinya kamu membutuhkan bantuan vendor pernikahan yang biasanya sudah dilengkapi dengan pengetahuannya.

2. Jumlah Undangan

Trik menu catering pernikahan yang kedua hingga biaya pernikahan bisa lebih murah adalah dengan memastikan jumlah undangan. Selain keluarga terdekat, kamu juga pastinya akan mengundang teman dekat. Setelah itu, jika bujet masih dirasa cukup jumlah undagan bisa diperbanyak semisal mengundang tetangga, saudara jauh dan lain sebagainya. 

Untuk menghitung jumlah total tamu yang akan datang, biasanya digunakan rumus dengan mengalikan dua kali lipat dari total undangan yang disebar. Kemudian ditambah 10% sebagai perkiraan akan adanya tamu yang datang tanpa undangan. 

Sebagai contoh; Jumlah undangan yang disebar adalah 200 buah, maka jumlah tamu yang mungkin akan datang adalah 2 kali lipatnya artinya 400 orang. Selanjutnya tambahkan 10% dari jumlah tamu yang mungkin tidak akan datang maka akan didapatkan hasil 40 orang. Terakhir perkirakan tamu yang datang tanpa undangan, sekitar 50 orang.

Jadi jumlah minimal catering yang dipesan adalah 400 – 40 + 50 = 410. Maka minimal jumlah catering yang harus dipersiapkan adalah 410 porsi. Jumlah ini cenderung aman sehingga undangan tidak akan kekurangan makanan. Trik menu catering pernikahan agar tidak berlebihan juga bisa dilakukan dengan menghindari membuat undangan di sebuah group chat ataupun melalui status di media sosial.

Karena jika melakukan hal tersebut, hanya akan membuat kamu sendiri kesulitan untuk menghitung jumlah total tamu yang bisa dipastikan datang. Dan jika ini kamu lalukan, maka kamu juga harus bersiap kekurangan makanan sekaligus kelebihan porsi dan membuatnya bujet jadi lebih membengkat. 

3. Jumlah Hidangan 

Pada dasarnya tamu yang diundang ke sebuah acara pernikahan tidak akan terlalu fokus pada menu buffet yang disediakan. Terlebih bila jumlah stall yang kamu sediakan, juga sama banyaknya bahkan menu yang disajikan jauh lebih menarik. 

Trik menu catering pernikahan agar cukup biasa menggunakan rasio 60:40 atau 50:50. Semisal jika kamu memesan 600 porsi, maka jumlah yang sebaiknya dihidangkan adalah 400 porsi untuk buffet atau prasmanan serta 200 porsi untuk stall atau juga biasa disebut gubukan. Namun jika pesta diselenggarakan malam hari, kamu bisa menggunakan rasio 50:50.

Di mana tamu biasanya akan lebih banyak mencari makanan yang lebih ringan ketimbang makanan buffet yang berat. Di sini, kamu bisa juga menggunakan trik untuk mengurangi jumlah nasi agar jumlahnya dikurangi. Karena memang tamu undangan  biasanya hanya akan sedikit mengambil nasi dan fokus pada lauknya.

4. Menu

Selanjutnya adalah menentukan menu. Ini merupakan bagian penting,yang bisa kamu masukkan ke dalam trik menu catering pernikahan yang akan kamu lakukan agar hitungannya bisa menjadi lebih murah. Tidak saja murah, namun sebaiknya menu juga terhitung unik sehingga tamu tertarik untuk mencicipinya sehingga makanan tidak terbuang.

Dalam menentukan menu, kamu bisa sesuaikan dengan tema pernikahan. Selanjutnya kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan pihak vendor untuk menemukan menu yang pas. Jangan sampai kamu salah memilih menu atau hidangan yang disajikan tidak akan disentuh undangan.

Perhatikan benar tamu undangan yang kamu undang, maka ini bisa menjadi trik yang tepat agar menu hidangan sesuai. Semisal, bila undangan yang disebar mayoritas untuk keluarga besar dan isinya adalah para orang tua, maka kamu harus menyediakan menu yang mudah dikonsumsi oleh mereka. 

Menunya sendiri bisa menu lokal atau internasional, berikutnya kamu juga bisa menyertakan menu makanan yang unik atau sudah jarang ditemui atau juga hidangan jaman dulu. Menu-menu seperti ini bisa membuat tamu senang juga terkesan.

5. Stall atau Gubukan

Seperti sudah disebutkan di atas, bahwa tamu undangan biasanya akan lebih memperhatikan hidangan yang ada di stall atau gubukan. Trik menu catering pernikahan selanjutnya bisa dijadikan panduan, dimana kamu bisa mengurangi jumlah porsi prasmanan. Kemudian menambahkan atau mengalihkan dana ke stall.

Untuk menyewa sebuah stall, biasanya kamu harus membayar sekitar 2,5 juta rupiah. Dari sini, kamu bisa kalkulasikan bujet yang ada dengan kemungkinan menambahkan jumlah stall. Menu makanan yang dipilih, sebaiknya berupa makanan yang cukup mengenyangkan. Sehingga tamu undangan tidak tertarik pada hidangan lainnya.

Stall sendiri biasanya belum termasuk minuman. Disini kamu bisa mempertimbangkan jenis minuman yang akan disajikan. Jika bujet benar-benr terbatas, kamu boleh menyediakan air putih saja namun jika tamu undangan mayoritas masih berusia muda, kamu bisa menambahkan jenis minuman lain sebagai variasi. 

6. Penawaran Harga

Trik menu catering pernikahan agar murah dan tidak meninggalkan hutang di sana-sini, adalah dengan meminta penwaran harga pada masing-masing vendor catering. Kamu bisa membandingkan mana yang memiliki harga paling masuk akal dan sesuai dengan dana yang kamu punya.

Perhatikan variasi menunya kemudian fasiltas lain yang bisa kamu dapatkan. Syukur-syukur kamu bisa mendapatkan vendor catering yang bisa memberikan harga spesial sehingga kamu bisa lebih menghemat.

Itulah trik menu catering pernikahan agar dana untuk menyelenggarakan pesta pernikahan tidak terlalu banyak terbuang. Karena bagaimanapun juga, kehidupan sebenarnya akan dimulai setelah pernikahan berlangsung. Saran terakhir, lakukan diskusi dengan calon pasangan serta libatkan keluarga besar untuk menyusun pernikahan yang paling ideal untukmu.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket