Inilah Alasan Pentingnya Menggunakan Undangan Pernikahan - Wedding Market

Inilah Alasan Pentingnya Menggunakan Undangan Pernikahan

09 Oct 2019 | By WeddingMarket | Viewers: 2844
Alasan Pentingnya Menggunakan Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dipersiapkan oleh pasangan pengantin sebelum menggelar pesta pernikahan. Mengingat pernikahan merupakan suatu momen yang sangat sakral, segala sesuatunya harus dipersiapkan secara matang, termasuk saat mempersiapkan undangan khusus yang akan disebarkan kepada para tamu.

Dalam undangan pernikahan, umumnya juga terdapat berbagai informasi penting seperti tanggal dan waktu acara pernikahan serta tempat yang digunakan untuk melangsungkan acara pernikahan.

Undangan pernikahan juga bisa dibuat semenarik mungkin atau didesain dengan kreatif dan unik. Tak diragukan lagi, kini sudah ada beragam konsep undangan dengan berbagai model berbeda yang juga dapat disesuaikan dengan konsep acara pernikahan yang akan dilangsungkan nanti.

Mengapa Harus Menggunakan Undangan Pernikahan?

Pada saat menyelenggarakan acara pernikahan, wajib untuk menyebarkan undangan ke rumah para tamu yang akan diundang. Selain sebagai undangan untuk meminta mereka datang menghadiri acara pernikahanmu, undangan tersebut juga memberi tahu detail terkait acara pernikahan yang akan kamu selenggarakan. Undangan pernikahan pada umumnya memiliki beberapa berikut:

1. Sebagai Bentuk Penghormatan

Meminta kehadiran tamu dengan memberikan undangan pernikahan terkesan lebih sopan dibanding mengundang langsung secara lisan. Kamu juga bisa mengundang pihak-pihak tertentu yang telah membantumu selama mempersiapkan acara pernikahan sebagai bentuk penghormatan.

2. Sebagai Souvenir

Saat ini undangan pernikahan tidak hanya digunakan untuk meminta kehadiran para tamu saja, melainkan juga sebagai souvenir. Kamu bisa memberikan desain kartu undangan yang unik dan menarik sehingga para tamu dapat menyimpannya sebagai kenangan.

3. Mempermudah dalam Mengatur Jumlah Tamu

Undangan pernikahan juga berfungsi untuk mengatur jumlah tamu yang akan hadir di acara pernikahanmu, sehingga kamu bisa memilih gedung dengan kapasitas yang disesuaikan jumlah tamu yang ingin kamu undang untuk menghadiri acara pernikahanmu nanti.

4. Membantu Menghitung Konsumsi

Tidak hanya untuk mengetahui jumlah tamu saja, undangan juga berfungsi untuk patokan catering. Dengan adanya jumlah undangan yang jelas, kamu akan lebih mudah dalam menentukan menu dan jumlah konsumsi yang harus disiapkan.

Beragam Jenis Undangan yang Bisa Dipilih

Dalam membuat undangan pernikahan, terkadang calon pengantin kesulitan memilih jenis undangan yang sesuai dengan konsep pernikahan yang akan diselenggarakan. Agar tidak ikut kebingungan, ada baiknya kamu memperhatikan jenis dan bahan yang bisa digunakan untuk membuat undangan berikut sebelum memilih kartu undangan yang tepat:

  • Undangan Laser Cutting

Tidak hanya busana saja yang bisa menggunakan laser cutting, kartu undangan pun juga banyak yang sudah menggunakan metode ini. Proses laser cutting dapat membuat kartu undangan memiliki hasil dan tampilan yang lebih menarik sehingga kamu dapat memberikan nilai plus pada undangan yang akan diberikan kepada tamu. Kamu bisa menggunakan beraneka ragam motif undangan seperti motif klasik dan replika pohon besar dengan corak batik. Hampir semua bentuk bisa didapatkan menggunakan laser cut ini. Jadi, kamu bisa dengan bebas mengajukan bentuk apa pun yang kamu dan pasanganmu sukai.

  • Undangan dengan Bahan Beledu

Beledu atau velvet yang biasa dipakai untuk busana kebaya ternyata juga dapat digunakan untuk membuat kartu undangan pernikahan yang cantik. Bahan seperti ini sangat cocok digunakan untuk membuat undangan yang tampak elegan dengan warna-warna terang agar memberikan kesan yang tegas. Terdapat dua jenis bahan velvet, impor dan lokal. Keduanya memiliki perbedaan dari segi bentuk dan tekstur bahan. Velvet impor, biasanya didatangkan dari Italia, memiliki tekstur yang halus, sedangkan velvet lokal memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar.

  • Undangan Multiguna

Fungsi utama sebuah undangan adalah menyampaikan kabar atau berita. Akan tetapi, kini undangan memiliki fungsi lainnya. Supaya undangan pernikahan tidak terbuang percuma, undangan masa kini sengaja didesain dengan menambahkan kalender tahunan atau tempat yang bisa digunakan untuk memasang foto. Jadi, tamu yang menerima undangan bisa memanfaatkan undangan tersebut sebaik mungkin. Sebenarnya masih ada beberapa desain multifungsi lainnya, tergantung keinginan setiap pasangan pengantin.

  • Undangan Berbagai Motif

Cukup sering kita temui undangan pernikahan berwarna emas atau kecoklatan dan hanya menggunakan satu warna. Namun, kamu bisa membuat undangan dengan desain beraneka warna cerah agar undangan tersebut dapat mewakili perasaanmu yang sedang bahagia. Kamu bisa menggunakan warna-warna terang seperti merah muda, kuning, oranye, biru muda, dan warna pastel dengan paduan tema tropikal atau tema lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan motif watercolor yang dapat membuat warna-warna tersebut terlihat semakin indah.

Setelah memilih jenis undangan, kamu bisa melanjutkan dengan menentukan undangan pernikahan  yang tepat. Kamu juga bisa mengikuti panduan di bawah ini untuk mendapatkan undangan pernikahan yang sempurna.

Tips Memilih Kartu Undangan Pernikahan

  • Menentukan Desain

Saat ini terdapat berbagai macam desain kartu undangan pernikahan. Kamu bisa menjadikan undangan yang pernah kamu terima sebagai inspirasi atau referensi untuk undangan pernikahanmu sendiri. Selain itu, kamu juga bisa mencari desain secara gratis melalui internet. Jika kamu seorang desainer grafis atau memiliki teman di bidang tersebut, undangan bisa dibuat sendiri sesuai yang kamu inginkan. Ajak pasanganmu untuk memilih desain yang tepat bersama-sama.

  • Menghadiri Pameran Pernikahan

Akhir-akhir ini banyak vendor yang menyelenggarakan pameran khusus pernikahan. Tak ada salahnya untuk hadir dalam acara-acara tersebut meski rencana pernikahanmu sendiri sebenarnya masih lama. Siapa tahu kamu menemukan desain yang kamu suka, sehingga kamu bisa memesannya sejak jauh-jauh hari. Dalam pameran, biasanya juga banyak penawaran yang menarik, sehingga kamu pun bisa berkesempatan untuk mendapatkan diskon dan bisa lebih menghemat pengeluaran anggaran pernikahan.

  • Menulis Informasi pada Undangan dengan Jelas

Jangan sampai lupa mencantumkan peta atau denah lokasi di mana acara resepsi diselenggarakan dalam kartu undangan pernikahan yang akan kamu bagikan. Tidak perlu membuat peta yang terlalu detail, tapi buatlah peta atau denah yang cukup jelas dan mudah dipahami. Selain peta, kamu juga wajib untuk menuliskan namamu bersama pasangan di undangan yang kamu buat agar tamu yang kamu undang tidak bingung.

  • Memasang Foto Prewedding

Tips yang satu ini sebenarnya bersifat opsional. Tak semua pasangan pengantin melakukan sesi foto prewedding, tetapi jika kamu termasuk pasangan yang sudah memiliki koleksi foto prewedding, tak ada salahnya memasang foto prewedding tersebut agar undangan bisa menjadi lebih menarik. Undangan yang hanya berisikan tulisan akan terasa membosankan dan terlihat monoton. Jadi, selain memilih desain undangan yang menarik kamu juga bisa menggunakan foto prewedding untuk semakin mempercantik desainnya yang menawan tersebut.

  • Cek Kembali Desain Sebelum Dicetak

Pada bagian ini, kamu wajib untuk mengecek kembali desain undangan sebelum dicetak. Siapa tahu desain yang kamu pilih ternyata hasilnya kurang maksimal ketika dicetak secara masal. Pilih bahan kertas undangan yang sesuai standar. Selain itu, periksa semua informasi yang ada dalam undangan tersebut, termasuk kelengkapan denah lokasi. Usahakan untuk menggunakan font yang mudah untuk dibaca, sehingga semua informasi dapat tersampaikan secara maksimal.

Menentukan undangan pernikahan sebenarnya tidak bisa dilakukan dalam sekejap saja. Ada beberapa proses yang harus dilewati, seperti memilih dan membuat desain serta beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jadi, sebaiknya kamu membuat undangan minimal satu sampai dua bulan sebelum hari H acara. Agar semakin menarik, kamu bisa mencoba mengikuti sejumlah undangan pernikahan yang sedang tren berikut:

Contoh Undangan Pernikahan yang Sedang Tren

  • Undangan Pernikahan Sederhana

Banyak orang memilih menggunakan undangan pernikahan dengan model dan desain sederhana. Model ini banyak dicari oleh calon pasangan pengantin yang menginginkan konsep pernikahan yang tidak ribet. Akan tetapi, sebenarnya mencari konsep atau desain undangan yang sederhana tidaklah mudah. Tentunya, meski desain undangan yang dipilih sederhana, para calon pengantin juga ingin desain tersebut meninggalkan kesan yang mendalam, tetapi jika terlalu banyak pernak-pernik yang ditambahkan agar undangan semakin berkesan, kesederhanaan desain tersebut akan hilang dan justru terasa berlebihan.

  • Undangan Pernikahan Simple dan Elegan

 

Bagi kamu yang ingin membuat undangan dengan desain yang simple dan elegan, kamu bisa memilih warna yang kontras. Desain yang elegan bisa didapatkan dengan memadukan dua warna, hitam dan emas. Meski desain seperti ini mungkin terlihat sederhana, tapi perpaduan warna tersebut akan memunculkan kesan yang mewah dan juga elegan. Perpaduan kedua warna tersebut juga bisa kamu gunakan untuk memunculkan kesan pernikahan ala era 90-an. Konsep vintage ini cukup jarang digunakan di zaman modern ini di mana sebagian orang lebih memilih konsep pernikahan yang modern pula.

  • Undangan Pernikahan Unik

Membuat desain undangan untuk acara pernikahan yang berbeda dari yang lain menjadi hal yang populer saat ini. Salah satu contoh undangan yang unik adalah undangan berbentuk kartu pos. Selain memiliki bentuk yang sederhana, belum banyak orang yang menggunakan konsep undangan pernikahan seperti ini. Selain membuat undangan pernikahan seperti kartu pos, kamu juga bisa menggunakan konsep undangan ala vintage yang juga unik. Kamu bisa menggunakan konsep vintage floral dengan desain yang menggambarkan masa lalu atau sesuatu yang kuno, ditambah beberapa dekorasi bunga cantik di setiap sudut undangan. Konsep vintage seperti ini bisa digunakan oleh kamu yang menyukai hal-hal kuno dan berbau etnik.

  • Undangan Pernikahan Islami


Pada awal tahun 2019 sempat populer undangan pernikahan yang menggunakan konsep islami dengan menambahkan corak yang mewakili agama Islam seperti tulisan kaligrafi atau yang semacamnya. Kamu bisa menambahkan tulisan kaligrafi sederhana dengan memberi kalimat pembuka berupa salam dalam tulisan Arab atau bacaan basmalah. Selain itu, pada undangan dengan konsep Islami ini, kamu juga bisa menambahkan doa tertentu maupun ucapan syukur atas terwujudnya prosesi pernikahan ini. Kamu juga bisa menambahkan penggalan ayat suci Al-Quran beserta dengan artinya.

Lalu, Berapa Harga untuk Mencetak Undangan Pernikahan?

Selain memperhatikan konsep undangan untuk pernikahanmu saja, perhatikan juga harga undangan yang kamu pilih. Setiap desain undangan biasanya memiliki harga yang berbeda dan sangat beragam. Kamu bisa menyesuaikan apakah harus memilih undangan dengan harga yang tidak terlalu mahal atau bisa berkreasi dengan budget yang cukup banyak. Banyaknya jenis undangan yang ada mungkin juga akan membuatmu kesulitan karena harus memilih satu desain saja yang paling kamu sukai, tetapi mungkin harganya tidak cocok.

Harga kartu undangan pernikahan umumnya tergantung bahan yang digunakan/ Undangan dengan bahan soft cover tanpa laminasi tentu akan lebih murah jika dibandingkan dengan undangan berbahan hard cover. Tergantung bahan yang digunakan, kamu bisa mendapatkan undangan dengan kisaran harga sekitar Rp3.000 per buah. Jika ada budget berlebih, kamu bisa meminta undangan dilaminasi dengan menambahkan biaya sekitar Rp500 per undangan. Sesuaikan dengan anggaran yang sudah kamu siapkan, dan jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan pasanganmu.

Selain bahan, ada beberapa faktor lain yang memengaruhi harga undangan, misalnya saja jasa cetak. Harga undangan dengan spesifikasi desain yang sama mungkin akan berbeda antara satu jasa percetakan dengan jasa percetakan lainnya. Banyaknya jumlah undangan yang dipesan juga memengaruhi harga. Beberapa vendor undangan umumnya tidak keberatan memberikan diskon tambahan jika kamu memesan secara grosir.

Memilih undangan memang tidak gampang, jadi pastikan kamu benar-benar teliti dan memperhitungkan segala sesuatunya, mulai dari bahannya, jenis, dan juga harganya. Ajak pasanganmu berdiskusi agar kalian berdua bisa menyetujui satu desain akhir yang siap dibagikan kepada para tamu untuk mengabarkan pelaksanaan hari bahagia kalian berdua.

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?