Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Undangan Pernikahan Digital - Wedding Market

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Undangan Pernikahan Digital

02 Jun 2020 | By Faaqih Irfan Djaelani WeddingMarket | Viewers: 4485
undangan perkawinan digital
Foto: Lovely Digital

Cara mengumumkan secara resmi bahwa kamu akan menikah adalah dengan memberikan undangan kepada orang-orang yang kamu kenal, baik itu keluarga, teman sebaya dan rekan-rekan kerja. Undangan pernikahan itu bisa berupa undangan cetak atau undangan pernikahan digital.

Namun undangan pernikahan ini terkadang menjadi hal yang merepotkan terutama dari segi biaya. Harga undangan pernikahan saja bisa menjadi lebih mahal jika kamu tidak pintar-pintar dalam memilih desain yang sebenarnya kamu lakukan supaya undanganmu menjadi terlihat menarik.

Untuk menghemat budget, ada baiknya kamu mencoba untuk menggunakan undangan pernikahan digital. Apakah kamu sudah familiar dengan model undangan seperti ini? Yuk cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya!

Kelebihan Menggunakan Undangan Pernikahan Digital


Foto: Lucidpress

1. Mudah Dibuat dan Diedit

Keuntungan pertama yang kamu dapatkan dari undangan pernikahan digital adalah kamu bisa  mudah membuatnya. Caranya adalah melalui banyak situs desain online yang gratis di internet. Pada situs-situs ini tersedia banyak sekali berbagai macam template yang bisa disesuaikan dengan seleramu sendiri.

Tak hanya bisa membuat sendiri, kamu pun busa mengedit sendiri undangan yang sudah kamu buat itu. Mulai dari membetulkan kesalahan ketik atau typo, mengganti bentuk font yang bagi kamu kurang mewakili desain undangan, atau merombak total semua semua isi undangan. Hal seperti ini tidak akan kamu temui jika kamu menggunakan undangan cetak.

2. Beragam Desain yang Variatif

Apabila kamu menggunakan jasa undangan pernikahan cetak, tentu saja desain yang ditawarkan hanya sebatas pada itu-itu saja, dan tidak bervariasi sama sekali sehingga akan membuat dirimu mengalami kebosanan.

Apalagi desain yang itu-itu saja tidak sesuai dengan seleramu. Akan lain ceritanya jika menggunakan undangan pernikahan digital. Kamu bisa mengkreasikan idemu yang kreatif dan sesuai dengan seleramu pada kartu undanganmu.

Selain itu, desain ini bisa kamu edit sesuai dengan seleramu serta tema pernikahan yang kamu gelar sehingga bisa lebih spesifik kepada siapa kamu mengundang untuk acara pernikahanmu nanti.

3. Bisa Langsung Diterima

Permasalahan yang sering dihadapi kala memakai undangan cetak adalah ketika mengirimkan undangan tersebut ke orang-orang yang kita undang. Tidak menjadi masalah apabila undangan itu kirim ke orang terdekat karena bisa memberikannya secara langsung, dan juga karena jarak tempat tinggal mereka yang dekat.

Namun kalau untuk teman atau kerabat yang tempat tinggalnya begitu jauh tentu saja akan mengalami kendala yang cukup besar seperti biaya pengiriman jika menggunakan jasa pengiriman. Hal tersebut juga tidak menjamin undangan bisa diterima dengan cepat.

Berbeda halnya jika kamu menggunakan undangan pernikahan digital. Kamu bisa dengan mudah mengirimkannya tanpa harus memperhatikan jarak dan waktu sehingga bisa lebih cepat sampai, dan langsung diterima begitu saja.

4. Murah dan Hemat

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan undangan pernikahan digital adalah kamu bisa mendapatkan harga yang murah. Harga yang murah ini akan membantu pengeluaran pernikahan kamu.

Seperti yang kamu tahu produksi biaya undangan pernikahan itu memakan sekitar 10% dari total dana kebutuhan pernikahan. Padahal, kamu juga tahu bahwa ada banyak kebutuhan lain dari pernikahan yang lebih penting seperti catering, dekorasi. venue, gaun pengantin, dan lainnya.

Dengan memakai undangan digital kamu sebenarnya bisa menghemat lebih banyak, dan bisa sampai 0% sehinggat sangat murah, dan juga efisien untuk dikirimkan ke kerabat dan sanak saudara yang kamu undang.

5. Ramah Lingkungan

Keuntungan terakhir yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan undangan pernikahan digital adalah ramah lingkungan. Seperti yang kamu tahu bahwa menggunakan undangan cetak sudah pasti menggunakan banyak kertas.

Kertas-kertas tersebut setelahnya tidak akan berguna lagi setelahnya, dan tentu saja akan dibuang ke tempat sampah sehingga bisa menimbulkan permasalahan lingkungan. Dengan menggunakan undangan digital, kamu sebenarnya cukup membantu mengurangi permasalahan tersebut karena tidak memakai kertas alias paperless.

Itulah beberapa keuntungan yang kamu dapatkan dengan menggunakan undangan digital terutama bagi kamu yang ingin menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Meski begitu ada beberapa juga kekurangan dari penggunaan undangan digital. Apa saja kekurangannya? Yuk, mari simak!

Kekurangan Menggunakan Undangan Pernikahan Online


foto: FotoJet

1. Terkesan Kurang Menghargai Tamu

Kekurangan dari undangan pernikahan digital atau online yang pertama adalah kamu terkesan kurang menghargai tamu-tamu yang akan undang. Selain itu, kamu tidak terkesan serius dan tidak sopan untuk mengundang mereka.

Untuk hal ini kamu bisa menyiasatinya dengan hanya mengirimkan undangan ini kepada teman-teman atau kerabat yang sudah memahami pentingnya efisiensi dan efektivitas. Sedangkan kepada orang tua yang masih memegang kuat tradisi dan konvensional serta untuk menghargai mereka, sebaiknya kirim ke mereka undangan cetak.

2. Membutuhkan Jaringan Internet

Undangan digital karena sifatnya online tentu saja membutuhkan jaringan internet untuk bisa membukanya selain smartphone yang bagus untuk bisa menerima data. 

Namun, di era yang serba digital ini terlebih lagi di Indonesia yang koneksi internetnya sudah hampir merata, tentunya ini tidak terlalu menjadi masalah.

Itulah beberapa keuntungan dan kekurangan menggunakan undangan pernikahan digital sebagai pengumuman resmi hari pernikahanmu. Keuntungan dan kekurangan ini sebenarnya bersifat relatif tergantung bagaimana kamu memahaminya.

Untuk mendapatkan undangan pernikahan digital ini, kamu bisa mengunjungi vendor undangan yang terdapat di Wedding Market, di link berikut ini: Undangan Pernikahan

Atau, kamu juga bisa membuatnya sendiri secara gratis di Wedding Tools yang disediakan oleh Wedding Market. Klik di link berikut: Wedding Tools

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us