Buat Undangan Pernikahan Elegan Kamu dengan Tips Ini - Wedding Market

Buat Undangan Pernikahan Elegan Kamu dengan Tips Ini

14 Oct 2019 | By WeddingMarket | Viewers: 1364
Buat Undangan Pernikahan Elegan Kamu dengan Tips Ini

Kebanyakan pasangan calon pengantin memilih desain undangan pernikahan elegan, karena mempertimbangan banyaknya kolega bisnis yang akan diundang. Alasan lainnya adalah desain undangan ini sangatlah manis, tapi tetap berkesan glamor yang mungkin sesuai dengan tema pesta pernikahan yang akan diadakan.

Selain itu, desain yang glamor juga sering dijadikan titik temu antara keinginan calon mempelai wanita yang lebih memilih desain yang feminim dan keinginan calon mempelai pria yang terkadang lebih memilih desain yang lebih kalem.

Apabila kamu masih bingung mengenai cara mendesain undangan pernikahan yang elegan, sebenarnya ada cara-cara yang bisa digunakan sebagai acuan bagaimana membuat dan merancang undangan pernikahan elegan. Dan kontras dengan apa yang kamu pikirkan, caranya pun lebih mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan. Bagaimanakah itu?

1. Menggunakan foto pre-wedding yang glamor

Penggunaan foto pre-wedding yang glamor pada undangan pernikahan bisa menciptakan nuansa elegan. Tema glamor bisa berupa foto hitam putih yang terkesan kalem dan menyatu dengan warna undangan. Selain itu busana yang digunakan bisa berupa pakaian adat sesuai dengan adat yang akan digunakan dalam rangkaian pesta pernikahan.

Penggunaan pakaian adat ini sangatlah sering dicantumkan dalam undangan, karena selain dianggap menghargai dan meneruskan adat istiadat dan budaya yang merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia, pakaian adat juga membuat undangan pernikahan lebih terkesan nilai kekeluargaanya. Terlebih penggunaan pakaian adat juga bisa membuat undangan pernikahan unik karena setiap pakaian adat dari setiap suku memiliki kekhasannya tersendiri. Tidak jarang pasangan calon pengantin memasang foto prewedding dengan tema formal menggunakan gaun dan tuksedo dengan menggunakan setting gedung-gedung tua yang menambah kesan pernikahan klasik, glamor dan elegan.

2. Perpaduan warna

Maraknya tren warna pastel yang feminim membuat banyak calon pengantin wanita mengidolakannya dan sering menggunakannya dalam desain undangan pernikahannya dan dalam konsep pesta pernikahan yang akan diadakan. Namun, walaupun demikian, warna-warna tua yang terkesan kuat dan misterius seperti hitam, biru tua, dan merah marun tetaplah menjadi warna-warna yang paling sering digunakan dalam undangan pernikahan.

Karena, warna-warna ini sangat mudah untuk dipadukan dengan warna perak dan emas yang kerap menjadi warna tulisan kaligrafi yang digunakan dalam undangan. Penggunaan warna emas dan perak pada huruf kaligrafi melambangkan kemakmuran dan diharapkan pernikahan tersebut akan selalu diberkahi dengan rezeki yang banyak, karena emas dan perak adalah nilai ukur kekayaan pada zaman dahulu kala. Tidak jarang beberapa pasangan pengantin menggunakan warna cerah seperti warna merah yang melambangkan kemeriahan dan kebahagiaan.

3. Hardcover

Undangan pernikahan elegan sering kali menggunakan jenis-jenis kertas yang tebal dan kuat. Hal ini dikarenakan kertas-kertas jenis tersebut bersifat tahan lama dan tidak mudah rusak atau terlipat terutama pada saat cetak, karena menggunakan tinta yang tebal. Beberapa jenis kertas yang sering digunakan sebagai undangan pernikahan adalah:

4. Art Paper

Kertas jenis ini adalah kertas yang memiliki permukaan licin dan mengkilap dengan ketebalan yang beragam dari 85 gram sampai 150 gram. Karena kertas ini memiliki pori-pori yang rapat, maka hasil pencetakan warna pada kertas ini merata dan memberikan warna yang cerah sehingga hasil cetakan tinta akan sangat bagus. Kertas ini sering dijadikan sebagai undangan, karena dapat dilaminasi secara doff dan glossy yang akan memberi kesan elegan.

5. Concorde

Kertas jenis ini memiliki 2 jenis yaitu jenis tipis 120 gram dan jenis tebal 250 gram. Walaupun kertas jenis ini hanya bisa menggunakan satu warna pada proses pencetakkanya, tapi memberikan kesan mewah, elegan, dan romantis yang menjadikannya pilihan favorit.

6. Samson Kraft

Jenis kertas ini adalah kertas daur ulang berwarna coklat yang memiliki tekstur kasar yang sering dipadukan dengan ukiran-ukiran menggunakan laser cut yang memberikan kesan sederhana, klasik, tapi elegan.

7. Art Carton

Kertas jenis ini memiliki ketebalan yang beragam, bahkan bisa sangat tebal, mulai dari 190 gram, 210 gram, 230 gram, 260 gram, 310 gram, dan 400 gram. Dengan variasi ketebalan inilah yang membuat kertas ini menjadi salah satu jenis kertas yang sangat populer untuk digunakan dalam undangan pernikahan. Kertas ini sangat mudah untuk dikombinasikan dan dapat dilapisi dengan laminasi doff dan glossy yang memberikan kesan elegan, glamor dan mewah.

8. Aksesoris Tambahan

Selain menggunakan jenis-jenis kertas yang bisa memberikan efek glitter, bertekstur, dan penggunaan laminasi yang memberikan kesan elegan pada undangan pernikahan, penambahan aksesoris seperti pita dan ukiran menggunakan teknik laser cut dapat mempercantik undangan pernikahan kamu. Selain itu pelapisan kertas undangan pernikahan menggunakan bahan beludru sebagai cover membuat undangan pernikahan menjadi sangat cantik. Warna bahan beludru yang sering digunakan adalah royal blue dan marun yang memberikan kesan undangan pernikahan anda sebagai the royal wedding.

Bagaimana? Rupanya tidak sulit, bukan, untuk membuat undangan pernikahan elegan? Apalagi, saat kamu punya anggaran lebih, tentu saja kamu bisa mengikuti semua poin di atas. Untuk kamu yang punya budget terbatas, ikuti saja salah satu poinnya, pasti undangan pernikahanmu akan nampak lebih elegan! Jangan putus asa dan cari cara terus, ya, untuk membuat undangan pernikahan yang berkesan! Selamat mencari vendor undangan pernikahan!

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?