Pilih Kategori Artikel

Ingin Buat Undangan Pernikahan Islami? Cek Referensi Desainnya Disini
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Undangan pernikahan Islami adalah salah satu jenis undangan yang makin populer seiring waktu. Banyak pasangan calon pengantin yang menggunakan desain ini, karena desainnya yang menarik dan sarat akan makna. Undangan pernikahan jenis ini tidaklah jauh berbeda dengan undangan pernikahan jenis lainnya. Namun, undangan ini lebih menitikberatkan pada penggunaan kaligrafi arab, doa, dan kutipan Alquran serta ornamen masjid.

Apabila kamu bingung mengenai apa yang membedakan undangan pernikahan satu dengan yang lain, mungkin kamu belum terlalu mengobservasi isi tiap undangan, ya? Karena itu, berikut kami tunjukkan beberapa hal yang hampir selalu ada dalam undangan pernikahan Islami:

1. Gambar lucu yang mewakili foto prewedding kedua calon mempelai.

wm_article_img

Beberapa pasangan calon pengantin lebih memilih untuk menggunakan karikatur atau gambar daripada memasang foto mereka dalam undangan pernikahan. Setiap pasangan memiliki alasan tersendiri, tapi beberapa menganggap undangan pernikahan hanya akan digunakan sementara dan sekali pakai, maka alangkah baiknya tidak menggunakan foto diri. Namun, ada beberapa pasangan yang lebih memilih untuk tidak melakukan foto prewedding. Oleh karena itu mereka menggunakan gambar untuk mempresentasikan diri dan kepribadian mereka dalam undangan tersebut.

Penggunaan gambar siluet ataupun pengambilan gambar dari samping juga sering digunakan dalam undangan pernikahan. Asalkan tidak mencantumkan foto dari kedua pasangan. Semua ini memang berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung dari bagaimana mereka menginterpretasikan kitab suci.

Namun, beberapa pasangan tetap memilih menggunakan foto prewedding dengan tema yang menarik dan tidak berpose mesra. Banyak tema yang bisa digunakan dalam foto prewedding yang dapat disertakan dalam undangan pernikahan sehingga tidak harus terpaku pada beberapa tema yang membutuhkan pose-pose terlalu dekat antara pasangan ataupun menggunakan pakaian yang terlalu terbuka. Ini salah satu contoh foto prewedding yang bisa menjadi inspirasi untuk pasangan yang sedang mempersiapkan pernikahan.

2. Penggunaan kaligrafi Arab juga sering digunakan 

Kaligrafi Arab rutin digunakan dalam undangan pernikahan Islami. Selain menambah kesan agamis dalam undangan, adanya kaligrafi Arab juga bisa dibilang sebagai salah satu bentuk doa. Kamu bisa menambahkan kaligrafi dengan bertanya pada vendor undangan, apakah mereka menyanggupi atau tidak? Karena, kaligrafi Arab memang serumit kelihatannya. Apabila kamu ingin undangan dengan kaligrafi emboss warna perak atau emas, maka percetakan yang bekerjasama dengan tempatmu mencetak undangan haruslah yang dikenal kualitasnya. Sehingga, nanti kaligrafi itu akan muncul dengan indah di dalam undanganmu.

Masalah kaligrafi sendiri, lazimnya orang-orang ambil dari kutipan ayat Alquran favorit mereka. Namun, untukmu yang ingin undangan pernikahan Islami kamu semakin spesial, kamu bisa menggunakan terjemahan bahasa Arab dari kalimat yang kamu sukai, entah itu kalimat dari film atau novel. Apakah kamu sudah pernah mencari-cari soal terjemahan bahasa Arab dari puisi-puisi buatan Kahlil Gibran? Ternyata, versi bahasa Arabnya juga tak kalah romantis dari versi terjemahan bahasa Indonesia-nya!

3. Pemberitahuan mengenai keadaan pesta

wm_article_img

Gambar di atas bisa menjadi petunjuk bagi tamu yang menerima undangan pernikahan islami di mana mungkin konsep pernikahan yang diusung tidak seperti konsep pesta pernikahan pada umumnya. Beberapa pesta memang menyediakan tempat berbeda untuk tamu perempuan dan pria dan ada baiknya diberitahukan dari awal sehingga tamu undangan bisa membawa sesama teman wanita atau teman pria untuk menemani dan tidak merasa terasing di dalam pesta. Begitu juga dengan anjuran berpakaian saat menghadiri pesta.

Kita tidak pernah bisa menduga apa yang akan dikenakan oleh tamu saat menghadiri pesta pernikahan. Oleh karena itu, dengan memberitahukan dari awal maka tamu akan memilih dan mempersiapkan busana yang sesuai dengan pesta sehingga kenyamanan baik untuk tamu dan juga pihak lainnya terjaga. Dan pada beberapa pesta tidak ada hiburan musik dan terkadang hal ini tidak diduga oleh tamu undangan yang datang dari beragam latar belakang. Inilah pentingnya menyertakan himbauan agar tamu undangan yang belum pernah atau belum terbiasa datang pada konsep pernikahan seperti ini tidak terkejut dan bisa menikmati suasana pesta pernikahan.

Demikianlah beberapa hal yang sering ditemui dalam undangan pernikahan islami. Baik penggunaan gambar, karikatur ataupun foto prewedding yang tetap sesuai dengan aturan, penggunaan kaligrafi Arab pada doa-doa dan kutipan ayat suci yang digunakan dan juga himbauan mengenai konsep pesta yang digunakan demi kenyamanan tamu undangan. Supaya lebih ciamik lagi, kamu harus pastikan bahwa yang membuat undangan pernikahan Islami-mu adalah vendor yang berkualitas! Sehingga, hasilnya pun akan memuaskan!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...