7 Tips Mendapatkan Undangan Pernikahan Berkualitas dengan Harga yang Sesuai Budget - Wedding Market

7 Tips Mendapatkan Undangan Pernikahan Berkualitas dengan Harga yang Sesuai Budget

03 Jun 2020 | By Faaqih Irfan Djaelani WeddingMarket | Viewers: 1207
undangan perkawinan murah
Foto: Wedding Invitation Collection

Apabila kamu sedang mencari undangan pernikahan murah yang sesuai budget, kamu tetap tidak boleh menomorduakan desain dan kualitasnya, karena undangan pernikahan tentu saja akan menjadi aspek penting dalam menentukan tamu akan hadir atau tidak ke pesta pernikahanmu. 

Mempersiapkan undangan pernikahan memang sama pentingnya dengan mempersiapkan dekorasi, venue, make up, dan gaun pengantin. Menikah tanpa adanya undangan pernikahan pun dirasakan menjadi kurang bermakna.

Dengan adanya undangan pernikahan sebagai pengumuman resmi, orang-orang yang kamu undang seperti kerabat dan teman dekat akan datang tepat pada hari dan waktu yang sudah ditentukan dalam undangan.

Kedatangan mereka selain memenuhi undangan untuk melihat hari bahagiamu yang spesial, mereka juga ingin merasakan, dan kemudian memberi doa restu pada dirimu dan pasanganmu, dan kemudian mengabadikan diri bersama kalian.

Tentu saja momen-momen spesial itu sangat kamu nantikan. Akan tetapi, kamu juga boleh saja membuat undangan pernikahan yang murah namun berkualitas supaya setiap pengeluaran yang ada dalam pernikahan tidak terfokus pada satu hal.

Di bawah ini adalah tips-tips mendapatkan undangan pernikahan dengan harga murah untuk pengumuman hari pernikahanmu. Apa saja tips-tipsnya? Yuk, mari simak di bawah ini yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Mendesain dan Mencetak Sendiri

Foto: Designshack

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan undangan pernikahan yang murah adalah dengan mendesain dan mencetak sendiri undangan tersebut. Kalau kamu tidak pandai dalam men-desain, kamu bisa meminta tolong kepada temanmu yang punya kemampuan tersebut.

Atau, apabila pasanganmu ternyata juga mahir melakukannya, kamu juga bisa meminta tolong. Selain dapat menekan biaya cetak undangan, cara ini juga bisa membuat undangan pernikahan yang lebih sesuai dengan karaktermu, dan juga pasanganmu.

Apabila hasil desainnya sudah bisa ditentukan melalui perundingan sana-sini, sekarang tinggal saatnya bagi dirimu untuk menyesuaikan kertas yang digunakan untuk mencetak undangan pernikahan tersebut.

Untuk kertasnya kamu bisa memilih jenisnya seperti kertas jasmine yang harganya Rp 3000 per lembar untuk ukuran A5. Kemudian kamu juga bisa menggunakan kertas jenis Samson kraft dengan harga Rp 165 per lembar. 

Kertas Samson kraft ini cocok untuk kamu yang menyukai hal-hal unik dalam undangan pernikahanmu atau untuk kamu yang ingin mengadakan pesta pernikahan dengan konsep vintage atau jadul.

Untuk bisa menghemat pengeluaran pernikahan dengan dua jenis kertas tadi kamu hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 300.000 untuk 1.000 undangan pada jasmine atau Rp 165.000 per 1.000 undangan jika menggunakan Samson kraft.

2. Menggunakan Template Undangan Gratis

Foto: Clementine Creative

Beruntunglah bagi kamu yang akan menikah namun sudah berada di era yang serbadigital sehingga diberi banyak kemudahan untuk mengakses segala hal termasuk template undangan gratis di internet.

Template undangan gratis untuk mengakomodasi dirimu yang tidak bisa mendesain sendiri undangan pernikahan. Selain sebagai salah satu cara untuk menghemat bujet undangan, hal ini juga bisa menghemat banyak waktumu.

Untuk template ini kamu bisa mencarinya di beberapa website yang menyediakannya secara gratis seperti downloadandprint.com dan Clementine Creative. Di situ kamu tinggal memilih template yang sesuai dengan seleramu dan pasanganmu.

Setelah berhasil menentukan template desain yang akan digunakan, kamu tinggal menambahkan informasi yang diperlukan seperti nama kamu dan pasangan, waktu, dan tanggal pernikahan serta lokasi pesta pernikahan.

Jika sudah semua diisi, kamu kemudian tinggal mengunduh saja template tersebut lalu kamu cetak sebagai undangan pernikahan. Hasilnya pun tidak akan kalah bagus dengan undangan pernikahan yang dibuat di tempat cetak undangan.

3. Jangan Menggunakan Emboss

Foto: Noteworthy Letterpress

Apabila kamu adalah orang yang tidak punya banyak waktu dan sangat sibuk menjelang pernikahanmu sehingga tidak sempat untuk mendesain dan mencetak sendiri undangan pernikahan, kamu tetap bisa menggunakan jasa percetakan.

Jasa percetakan undangan pernikahan ini biasanya akan memberikan beberapa penawaran salah satunya adalah dengan menambahkan emboos atau finishing font timbul pada kertas undangan.

Adanya emboss tersebut tentu saja membuat undangan pernikahanmu menjadi terlihat lebih mewah. Namun, di satu sisi hal ini malah akan membuat dananya menjadi semakin mahal. Karena itu, untuk mendapatkan undangan pernikahan murah sebaiknya lupakan saja emboss ini.

4. Gunakan Bahan Daur Ulang

Apabila kamu termasuk orang yang cukup kreatif, kamu bisa memanfaatkan bahan daur ulang untuk membuat undangan pernikahanmu. Salah satu bahan daur ulang yang bisa kamu gunakan adalah kaset CD yang sudah rusak.

Kalau kaset CD yang sudah rusak itu tidak banyak kamu miliki, kamu bisa membelinya di toko online dengan harga Rp 100 per keeping. Kaset CD itu kemudian kamu modifikasi dengan menempelkan kertas undangan di atasnya. Tentu saja ada kesan unik yang didapat tanpa harus mengeluarkan dana yang cukup besar.

5. Menggunakan E-Invitation

Foto: Pinterest

Salah satu cara untuk mendapatkan undangan pernikahan murah namun berkualitas sekaligus menghemat pengeluaran adalah dengan menggunakan e-invitation yang memang begitu umum di era yang serbadigital ini.

Meski begitu, E-Ivitation ini banyak menuai pro dan kontra. Ada yang menganggap kalau bentuk undangan pernikahan seperti ini terkesan kurang sopan dan tidak formal jika dibandingkan dengan undangan fisik.

Supaya hal tersebut dapat dihindari, kamu bisa menyiasatinya dengan hanya mengirimkan e-invitation kepada teman-temanmu sebayamu. Namun, kalau kamu hendak mengundang orang yang lebih tua kamu cukup memberikannya undangan dalam bentuk fisik.

E-invitation ini bisa kamu dapatkan di Wedding Tools dari Wedding Market, cukup dengan registrasi secara gratis di Marketplace Pernikahan ini, dan kamu bisa atur guest list, anggaran pernikahan, hingga e-invitation! Klik disini.

6. Cari Vendor

Tips terakhir untuk bisa mendapatkan undangan pernikahan murah adalah dengan mencari vendor yang mengurusi hal tersebut. Setiap vendor tentunya memiliki kriteria dan kelasnya masing-masing.

Ada vendor yang menyediakan undangan pernikahan eksklusif dan mewah dengan harga yang cukup tinggi, namun ada juga vendor yang menawarkan undangan pernikahan murah namun tetap berkualitas, lho! Kamu bisa menemukan semua vendor yang sesuai dengan budget kamu di Wedding Market, klik halaman di bawah ini, ya!

Vendor undangan pernikahan on Wedding Market

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?