Pilih Kategori Artikel

Tertarik Menggunakan Undangan Pernikahan Online?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Banyak pasangan calon pengantin lebih memilih undangan pernikahan online dibandingkan undangan pernikahan konvensional. Undangan pernikahan mengalami banyak perubahan dan inovasi setiap tahunnya, tidak hanya desain yang berubah-ubah setiap tahunnya bergantung pada tren dan warna yang diminati oleh masyarakat namun bentuk fisik dari undangan pernikahan pun mengalami perubahan. Efisiensi hidup menjadi lebih tinggi dengan berkembangnya teknologi terutama telepon pintar yang kita miliki. Beberapa alasan mengapa banyak calon pengantin memilih menggunakan undangan pernikahan online.

  1. Praktis

Keuntungan dalam menggunakan undangan pernikahan online adalah menghemat biaya pengiriman undangan. Mayoritas teman-teman dari pasangan pengantin adalah kaum milenial yang bekerja di luar kota dan tinggal di kost. Mengirimkan undangan pernikahan ke beberapa kota untuk beberapa teman dekat membutuhkan waktu dan juga biaya yang bisa dihemat dengan menggunakan undangan online.

Para pasangan calon pengantin tergabung dalam beberapa WhatsApp group seperti grup alumni SD, SMP, SMA, kuliah, teman komunitas bahkan teman-teman kantor. Dengan adanya undangan pernikahan online maka dengan satu kali kirim pesan bisa langsung mengundang semua teman.

Hal ini dianggap sangat efisien bila dibandingkan pembagian undangan pernikahan biasanya yang harus dititipkan pada beberapa teman untuk diberikan kepada teman lainnya di mana teman yang dititipi belum tentu juga bisa memberikan langsung kepada teman tersebut. Namun dibalik semua kemudahan ini ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa undangan pernikahan secara daring tidak sepantasnya diberlakukan kepada keluarga karena dianggap tidak kurang sopan dan kurang terasa kesan hangat dan kekeluargaan dalam hal mengundang.

  1. Hemat Biaya

Selain praktis karena bisa mengundang teman-teman dan keluarga dengan satu kali klik, undangan pernikahan online bisa menjadi salah satu alternatif dalam menghemat anggaran pernikahan.

Dengan metode online maka undangan tidak memerlukan biaya mencetak dan juga aksesoris lainnya bahkan bila pasangan pengantin memiliki kemampuan dalam bidang desain grafis maka desain undangannya bisa dilakukan sendiri dan hal ini dapat membuat pengantin lebih bisa mengekspresikan dirinya dalam rencana pernikahan melalui mendesain sendiri undangan pernikahan sehingga lebih terkesan personal.

Terlebih lagi di era digital ini sudah banyak aplikasi atau software gratis untuk mendesain sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak dalam hal undangan pernikahan.

  1. Tidak terpaku pada bentuk 2D

Undangan pernikahan online tidak harus terpaku pada bentuk 2D seperti undangan konvensional pada umumnya. Undangan digital bisa berupa video seperti yang telah menjadi trend dalam beberapa tahun terakhir ini. undangan ini dapat dibuat berbarengan dengan pembuatan foto-foto prewedding sehingga bisa menjadi lebih praktis dan hemat biaya. Alternatif lain yang bisa digunakan adalah video pernikahan bisa berupa kompilasi dari foto-foto yang menggambarkan perjalanan kisah cinta, mulai dari anniversary atau kegiatan-kegiatan yang pertama kali dilakukan bersama pasangan yang penuh dengan kenangan dan nilai sentimental.

Dengan menggunakan video sebagai undangan pernikahan maka kita bisa menambahkan beberapa aspek-aspek yang tidak mungkin bisa digunakan dalam undangan konvensional salah satunya kita bisa menambahkan lagu romantic favorit kita yang memiliki arti penting bagi kita sebagai soundtrack dalam undangan kita. Dan juga video ini dapat diputar dalam pesta resepsi kita sehingga menjadi multiguna dan tidak hanya sekali pakai.

  1. Penggunaan fitur RSVP

Salah satu alasan mengapa undangan pernikahan online menjadi pilihan yang menari adalah dapat membantu calon pengantin dan wedding organizer dalam memperkirakan jumlah tamu yang hadir dan menempatkan tempat duduk mereka dalam dinner reception Selain itu para tamu bisa dan bahkan seringkali kelupaan membawa undangan pernikahan saat menghadiri resepsi padahal tak jarang barcode yang tertera dalam undangan sangatlah penting untuk di-scan di meja tamu karena jika tidak dibawa terkadang tamu tidak boleh masuk dan hampir kebanyakan tamu harus putar balik ke rumah hanya untuk undangan pernikahan yang tertinggal.

Dengan undangan online di mana barcode tersimpan di dalam smartphone maka ini sangat memudahkan para tamu undangan. Para kaum milenial hampir tidak pernah terpisahkan dengan smartphone masing-masing sehingga hal-hal ini dapat diantisipasi. Dan juga mode RSVP ini biasanya akan langsung terhubung dengan fitur reminder dan agenda pada smartphone sehingga memudahkan para tamu undangan untuk mengatur jadwal mereka sehingga mereka tidak lupa untuk menghadiri pesta pernikahan teman dan sahabat dekat.

  1. Go Green

Salah satu alasan lain mengapa undangan pernikahan online mulai dilirik oleh para calon pengantin adalah karena kesadaran akan lingkungan yang sudah mulai tinggi. Bagi mereka undangan pernikahan hanya berlaku satu hari namun energi yang dibutuhkan untuk memproduksi dan mencetak satu undangan terlalu besar terlebih lagi setelah pesta pernikahan selesai undangan pernikahan yang telah dicetak ratusan bahkan ribuan eksemplar termasuk dengan plastik pembungkusnya akan menjadi limbah yang dapat merusak lingkungan. Oleh karena itu undangan pernikahan online bisa menjadi salah satu solusi terbaik dalam mendukung gerakan mengurangi limbah lingkungan.

Itu dia 5 alasan mengapa orang-orang zaman sekarang lebih memilih menggunakan undangan pernikahan online dibandingkan undangan pernikahan fisik. Ada pula alasan-alasan orang lebih memilih undangan pernikahan fisik seperti:

  • Tidak semua orang mengerti internet dan punya sosial media
  • Ada yang punya sosial media, tetapi jarang mengaktifkan paket internet
  • Tidak sopan
  • Takut terlupakan
  • Terkesan hanya formalitas saja

Memang benar, memberikan undangan pernikahan online akan terkesan tidak sopan untuk orang-orang tua dan orang-orang yang punya pangkat lebih tinggi dibandingkan dengan kamu. Juga, sebagian orang akan tidak senang, bahkan tersinggung, jika hanya diundang pernikahan secara online karena merasa itu hanya sebuah formalitas belaka saja. Dan, terkadang jika kamu memberikan undangan pernikahan secara online, orang akan mudah melupakannya. Lalu, bagaimana solusinya?

Tentu ada solusi untuk hal-hal seperti ini. Kamu bisa membuat 2 tipe undangan: undangan online dan undangan fisik. Buat daftar nama-nama tamu undangan dan tentukan siapa saja yang berhak mendapat undangan fisik. Sisanya bisa kamu masukan dalam list undangan online. Mudah, bukan? Nah, sekarang kamu dan pasangan juga sedang mempertimbangkan membuat undangan pernikahan online ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...