Cari Venue Pernikahan? Baca Panduannya Disini!

30 Mar 2020 | By Wedding Market | Viewers: 500
Cari Venue Pernikahan
Foto: Amy Jackson Photo

Ketika prosesi lamaran sudah di gelar, tanggal bahkan konsep sebuah pesta pernikahan sudah disepakati oleh kedua belah pihak keluarga. Maka, inilah selanjutnya tugas yang harus dirimu dan pasangan jalani yaitu mencari venue pernikahan yang sesuai dengan konsep yang sudah kamu sepakati bersama.

Apa sih venue pernikahan itu? Ialah sebuah lokasi yang akan ditempatkan untuk menggelar sebuah acara pesta pernikahanmu. Tanpa venue tersebut, kamu tidak bisa merayakannya, lho. Maka dari itu, poin yang sangat penting sekali venue ini dalam mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan.

Tentunya, kamu akan mencari venue pernikahan, ialah salah satu tugas yang harus dijalankan memang sedikit susah-susah gampang, lho. Dengan alasan, apabila kamu melakukan sedikit kesalahan yaitu salah dalam memilih venue. Maka konsep yang sudah kamu usung dari jauh-jauh hari itu akan sulit untuk terwujud, lho ladies.

Langkah-langkah yang perlu perhatikan dalam menentukan sebuah venue pernikahan

Cari Venue Pernikahan? Baca Panduannya Disini!

1. Menentukan konsep dan budget terlebih dahulu

Secara garis besar, bahwa kemungkinan sebuah konsep pernikahan sudah kamu sepakati bersama keluarga, namun kamu perlu membuatnya secraa terperinci lagi agar tidak menimbulkan kekeliruan yang bisa menyebabkan keriwehan nantinya, ya.

Tema yang seperti apakah yang ingin diangkat? Apakah akan menggelar sebuah acara pesta pernikahan secara indoor ataupun outdoor? Apakah sesuai dengan budget yang sudah disediakan? Kamu perlu mempertimbangkan terlebih dahulu kapasitas jumlah tamu undangan yang akan diundang.

Terutama para kerabat dan rekan bisnis dari kedua belah pihak orang tua. Apakah tamu undangan tersebut akan nyaman dengan tema yang kamu dan pasangan tentukan itu?

Ketika sudah ditentukan secara jelas seperti apakah tema dan juga konsep yang akan kamu pilih itu. Maka dari itu, kamu sudah bisa mencari venue pernikahan yang sesuai dengan konsep tersebut, ya.

2. Memilih venue dengan lokasi yang terjangkau

Ketika kamu ingin menggelar sebuah acara pesta pernikahan, tentunya kamu ingin berbagi kebahagiaan yang kamu rasakan pada kerabat terdekat. Dengan alasan tersebut, kamu perlu mengusahakan kalau memilih venue pernikahan itu yang tidak terlalu sulit untuk dijangkau para tamu undangan.

Beda halnya jikalau kamu ingin mengusung konsep pernikahan yang bertemakan outdoor, memang terkadang lokasi yang tersedia pun sedikit jauh bahkan bukan berada di tengah kota, lho. Kalau kamu sudah menetapkan hati pada salah satu venue. Kamu perlu memperkirakan terlebih dahulu mengenai waktu perjalanan yang harus ditempuh para tamu undangan.

Tak hanya itu, kamu juga perlu menyesuaikan dengan waktu dimulainya acara tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi agar para tamu undangan yang hadir tidak datang terlambat ke pesta pernikahan kamu.

3. Melakukan riset lokasi

Sebelum kamu memutuskan untuk segera memesan salah satu venue yang sudah sesuai dengan kriteria kamu dan pasangan. Datanglah terlebih dahulu kemudian lihat sendiri seperti apakah venue yang kamu inginkan itu. Kamu perlu melontarkan beberapa pertanyaan untuk meyakinkan diri secara detail.

Seperti, fasilitas apa sajakah yang sudah disediakan? Apakah tanggal yang kamu inginkan itu masih tersedia? Apakah akan ada biaya lainnya yang harus dikeluarkan? Berapakah lama waktu yang akan diizinkan untuk mempersiapkan dekorasi? Tetapi, tak hanya itu saja pertanyaan yang harus dipertanyakan, jangan lupa tanyakan juga mengenai back-up plan, ya.

Seperti misalnya, jika terjadi listrik padam, apakah ada persediaan pembangkit listrik? Sementara, jika kamu menggelar pesta pernikahan mengusung konsep outdoor, tanyakanlah apakah ada tempat yang bisa digunakan ketika hujan sudah turun? Apakah venue tersebut menyediakan tenda? Nah, ini memang perlu dipertanyakan sebagai salah satu bahan informasi bagi vendor dekorasi nantinya.

Selain itu, jika kamu memiliki niat untuk mengundang banyak tamu undangan yang hadir. Pastikan juga kalau venue yang kamu pilih tersebut memiliki lahan parkir yang cukup memadai.

4. Mengetahui siapa sajakah rekanan vendor yang akan terdaftar

venue pernikahan memiliki kerjasama dengan beberapa rekanan vendor, baik itu katering, dekorasi, fotografi maupun videografi sampai hal-hal lainnya. Jikalau kamu sudah memilih venue tertentu, biasanya venue tersebut memiliki vendor rekanan yang secara halus mengharuskan kamu untuk menggunakan jasa vendor rekanan tersebut. Jika ingin menggelar acara pesta pernikahan di sana.

Pelajari secara baik-baik siapa sajakah vendor yang menjadi rekanan venue tersebut. kamu perlu memastikan bahwa mereka memiliki rekam jejak yang baik, lho. Apabila kamu sudah memiliki rekomendasi sendiri dan ingin menggunakan jasa vendor tersebut. Nah, kamu perlu menanyakan mengenai apakah ada biaya yang harus dibayarkan sebagai salah satu syarat konsekuensi?

Dan, kalau memang itu tidak memungkinkan untuk tetap menggunakan jasa vendor atas pilihan kamu sendiri, lebih baik kamu beralih pada venue lain yang lebih fleksibel. Kamu perlu memastikan sekali lagi bahwa venue pernikahan itu sesuai dengan konsep pernikahan yang kamu pilih dengan pasangan, lho.

5. Segera melangsungkan pemesanan

Jika kamu sudah menemukan venue pernikahan yang tepat, disarankan untuk segera melangsungkan pemesanan agar tanggal yang sudah kamu tentukan itu masih tersedia dan tidak diisi terlebih dahulu oleh orang lain.

menurut keterangan dari beberapa pengurus venue, biasanya calon pengantin itu memesan sebuah venue pernikahan sekitar 12 bulan sebelum acara itu berlangsung. Jadi, kalau kamu mengulur dan menunda-nunda waktu, maka bukan tidak mungkin jikalau tanggal yang sudah ditetapkan itu masih kosong ternyata sudah diisi lebih dahulu oleh calon lainnya.

Tentunya, kamu pasti akan mendapatkan akibat, yaitu kamu harus bersusah-payah untuk mencari lagi venue yang lain, atau bahkan bisa saja terjadi venue yang selanjutnya itu tidak sesuai dengan bayangan seperti semula. Tak hanya itu, jika kamu sudah memesan venue dari jauh-jauh hari pun, harga yang ditawarkan pun cenderung lebih murah.

6. Melakukan technical meeting di venue pilihan kamu

Ketika sudah mantap untuk menggelar acara pesta pernikahan kamu. iasanya, setiap calon pengantin melakukan technical meeting di venue pernikahan yang sudah menjadi pilihan kamu. Dengan begitu, para vendor pun akan mempelajari venue tersebut sebelum hari-H, ladies.

7. Mengunjungi venue sebelum hari-H

Nah, inilah langkah terakhir yang kamu perlukan dalam menentukan venue pernikahan. Yaitu untuk mengunjungi venue sekali lagi 1-2 hari sebelum menjelang hari-H. Yang bertujuan untuk memastikan bahwa semuanya sudah dipersiapkan secara baik dan aman, serta akan berjalan dengan sempurna sesuai rencana.

Pertanyaan yang harus diajukan pada penyedia venue

Pertanyaan yang harus diajukan pada venue pernikahan

1. Apakah venue yang kamu pilih ini masih available pada tanggal pernikahan yang sudah kamu tentukan?

Ada satu hal yang paling perlu kamu ketahui pertama kali yaitu tentunya apakah venue yang sudah kamu pilih masih available atau tidak. Kalau kamu ingin sekali menggunakan venue tersebut untuk menggelar hari pernikahan kamu. Maka lebih baik kamu memiliki tanggal alternatif jika tanggal yang sudah kamu tentukan itu ternyata sudah dipesan terlebih dahulu oleh pasangan calon pengantin di venue tersebut.

2. Biaya yang harus dibayarkan dan fasilitas yang disediakan

Tentunya, dari pihak venue tersebut memiliki penawaran harga yang beragam. Penting sekali untuk kamu ketahui mengenai apa sajakah yang bisa kamu dapatkan di venue ini dengan harga yang sudah ditawarkan itu.

Tak hanya itu, namun juga fasilitas apa sajakah yang bisa kamu gunakan yang sudah diberikan oleh pihak venue tersebut. dengan begitu, kamu akan mengetahui semuanya dan juga menjadi bahan pertimbangan apakah kamu tetap ingin memilih venue ini atau tidak. Pastinya kamu ingin mendapat keuntungan, kan?

3. Seberapakah kapasitas yang dapat untuk ditampung?

Nah, inilah sebuah pertanyaan venue pernikahan yang paling penting sesuai dengan jumlah tamu undangan yang ingin kamu undangan. Yaitu seberapakah kapasitas maksimal yang dapat untuk ditampung oleh venue tersebut. Jika jumlah tamu undangan yang kamu undang ini jauh melebihi kapasitas yang diperbolehkan, maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, kok.

Cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengurangi daftar tamu undangan yang ingin diundang atau bisa juga dengan kamu mencari alternatif venue lain. kalaupun kamu sudah terlalu jatuh cinta pada venue tersebut. Maka cobalah untuk membagi jumlah tamu undangan kamu ke dalam dua shift.

Sehingga dengan begitu jumlah tamu yang datang dalam setiap shift tidak melebihi kapasitas. Salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan kan, ladies?

4. Melihat kondisi ruangan yang akan disewakan

Untuk menjawab pertanyaan ini sangat tepat sekali. Jika kamu harus mendatangi secara langsung ke lokasi dan membayangkan seperti apakah venue tersebut dan sesuaikah dengan konsep yang sudah kamu usung itu dengan pasangan.

Jika kamu menemui ada beberapa elemen pada interior ruangan yang tidak bisa dihilangkan dan tidak sesuai dengan konsep yang sudah kamu tentukan itu. Maka artinya kamu harus beralih ke venue lain. tolong jangan dipaksakan, ya. Nanti malah hasilnya tidak memuaskan, lho.

5. Berapa banyak pekerjaan yang dibutuhkan yang perlu dilakukan untuk mendekorasi sebuah venue

Yang kita tahu bahwa ada beberapa venue pernikahan yang sudah memiliki dekorasi standar tersendiri. Sehingga kamu memang tidak perlu lagi untuk memberikan tambahan dekorasi yang terlalu berat.

Namun, ada juga beberapa venue lain yang hanya menawarkan ruangan kosong. Sehingga secara tidak sadar menuntut untuk menambahkan sebuah dekorasi penuh ketika kamu akan memakai venue tersebut. namun, kembali pada poin pertama, yaitu kamu harus melihat secara langsung seperti apakah kondisi venue untuk dapat menjawab sebuah pertanyaan ini.

6. Bagaimana hubungannya dengan katering?

Ini merupakan salah satu pertanyaan venue pernikahan yang paling penting untuk ditanyakan ialah berkaitan dengan katering. Pasti akan muncul beberapa pertanyaan seperti, apakah venue tersebut memiliki katering sendiri atau harus membawa dari luar?

Kalaupun venue tersebut memiliki katering sendiri dan ternyata tidak mampu untuk memenuhi seluruh permintaan kamu. Maka bisakah kamu membawa katering dari luar? Dan juga berapakah charge yang dikenakan untuk memasukkan katering dari luar venue? Ini adalah salah satu hal penting yang perlu kamu pertimbangan ya, ladies.

7. Apakah di sini ada koordinator staffnya? Dan siapakah yang akan menjadi pihak pertama untuk menghubungi?

Ini juga termasuk pertanyaan venue pernikahan yang paling penting. Yaitu kamu perlu memastikan dengan siapa kamu akan berbicara secara langsung dengan orang yang akan bekerja bersama kamu pada hari pernikahan nanti.

Dan juga pastikan terlebih dahulu kalau kamu memiliki hubungan yang baik dengan orang tersebut, menciptakan perasaan yang nyaman. Sebelum kamu melangkah lebih jauh dan memastikan bahwa venue ini yang sudah kamu pilih merupakan venue pernikahan impian kamu.

8. Apakah venue ini memiliki vendor rekanan, atau bisakah memilih vendor yang lain?

Kebanyakan, ada beberapa venue pernikahan sudah memiliki daftar vendor rekanan atau vendor yang sudah bekerjasama dengan mereka. Biasanya, mereka sudah membatasi pasangan calon pengantin hanya untuk menggunakan vendor rekanan dari venue tersebut.

maka dari itu, kamu perlu mengecek terlebih dulu apa sajakah daftar vendor rekanan mereka. Bila kamu sudah merasa nyaman dengan para vendor tersebut, kamu boleh melanjutkan misi selanjutnya. Tetapi, kalau kamu tidak merasa nyaman, kamu boleh menanyakan seperti apa kebijakan yang dikeluarkan jika kamu membawa vendor dari luar.

9. Perlu mempertimbangkan kenyamanan tamu undangan yang hadir

Nah, inilah salah satu pertanyaan dari beberapa pertanyaan yang penting untuk diajukan dan memiliki keterkaitan dengan kenyamanan para tamu undangan yang hadir nantinya. Beberapa pertanyaan yang mampu dilontarkan.

Misalnya, bagaimana perjalanan untuk menuju sebuah venue tersebut? Waktu yang harus ditempuh untuk menuju venue? dan pada saat jam berapa saja yang harus dilalui untuk menghindari kemacetan?

Tak hanya itu, beberapa pertanyaan lainnya seperti berapakah luas area parkir yang tersedia? Apakah bisa menampung dengan berapa banyak kendaraan? Apakah kendaraan tamu undangan bisa dijamin aman? Lalu perlu memerhatikan juga mengenai kebersihan kamar mandi dan area lain. Pastinya, kamu tak ingin kalau para tamu undangan mendapat kesan buruk akan pelayanan venue pernikahan kamu bukan?

Beberapa rekomendasi venue artistik di Jakarta

Beberapa rekomendasi venue pernikahan artistik di Jakarta

1. The Roemah 7A, Jakarta Selatan

Tentunya, kamu sangat familiar dengan The Roemah 7A, kan? Banyak sekali pasangan calon pengantin yang ingin menggelar pesta pernikahannya disini. Yaps, venue pernikahanartistik di Jakarta ini bisa memberikan kesan yang sederhana nan elegan. namun, venue yang satu ini sangat cocok untuk kamu dijadikan sebagai pertimbangan, lho.

Memang, di The Roemah 7A ini bisa menampung kapasitas tamu undangan yang hadir hingga 600 orang. Tentunya, akan cocok sekali jika kamu tidak mengundang tamu undangan yang terlalu banyak di acara pesta pernikahan nanti. Venue ini sengaja di desain sangat kental dengan pemilihan interior Jawa kuno yang unik dan berkelas. Sehingga mampu memberikan kesan yang lebih artistik di pernikahan nanti. Wah, mantap sekali, kan?

2. Museum Bank Indonesia, Jakarta Pusat

Masa iya menggelar pesta pernikahan di museum, sih? Iets, bisa saja lho, ladies.  Venue pernikahanartistik di Jakarta ini berada di kawasan Kota Tua ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu pilihan di hari pernikahan kamu.

Bangunan Bank Indonesia dibangun dengan latar belakang yang kental dengan arsitektur kolonial ini. Dengan begitu, kamu bisa menggelar sebuah acara pesta pernikahan yang megah namun tetap terasa santai. Venue pernikahan yang satu ini sangat cocok kamu jadikan sebagai pilihan jika kamu ingin menggelar acara pesta pernikahan di malam hari.

3. Omah Sendok, Jakarta Selatan

sering mendengar venue pernikahan yang satu ini, kan? Ini sangat tepat jika kamu yang ingin sebuah acara pesta pernikahan yang terbatas. Di mana kamu hanya ingin merayakan bersama orang-orang terdekat saja. Tetapi, Omah Sendok hanya mampu menampung 300 orang tamu undangan saja, lho.

walaupun hanya bisa menampung dengan kapasitas yang sedikit. Ternyata venue ini memiliki keindahan dan taman yang tertata rapi, lho. Kamu bisa menggelar sebuah acara pesta pernikahan yang lebih hangat dan juga bisa memberikan kesan intimate bersama orang-orang terdekat.

Sudah menjadi tradisi ketika sedang mengadakan akad dan pesta pernikahan di Jakarta, pastinya mengundang harus mengundang banyak orang. Untuk itu, kamu perlu membutuhkan venue pernikahan artistik di Jakarta yang memadai.

Di Omah Sendok ini, kamu juga bisa memilih konsep pernikahan yang mengusung tradisional, baik indoor maupun outdoor. Kalau untuk outdoor, kamu pun juga bisa menggunakan taman gazebo atau taman yang ada kolam renangnya. Rekomendasi sekali, kan?

4. Segarra, Ancol, Jakarta Utara

Apakah kamu ingin menggelar pesta pernikahan di Bali dengan nuansa pantai? Sebenarnya, tidak perlu kok kamu harus terbang ke Bali juga, sih. Namun, di Segarra, Ancol, Jakarta Utara, kamu sangat bisa mengikrarkan janji suci pernikahan dengan suasana yang romantis.

Di Pantai Karnaval Ancol ini, kamu bisa menggelar sebuah pesta pernikahan dengan berlatar pemandangan pantai yang cantik dapat terwujudkan lho, ladies!

Kamu perlu memerhatikan kondisi cuaca pada saat hari pernikahan, kamu tidak ingin kan hari pernikahanmu malah jadi petaka? Sediakan pula lebih banyak payung untuk para tamu undangan yang hadir bila cuaca sedang panas-panasnya.

Kalau kamu ingin menggelar pesta pernikahan di malam hari, perlu menyediakan pencahayaan yang cukup agar tidak terlalu gelap. Pastinya, kamu tidak mau kan, ada yang sampai tersandung bahkan terjatuh hanya karena tidak bisa melihat jalan dengan jelas?

5. Gedung Arsip Nasional, Jakarta Barat

Menikah kok di gedung bersejarah, sih? Eits, Tidak usah heran, ladies. karena venue ini termasuk salah satu rekomendasi venue pernikahanartistik di Jakarta, lho. Gedung yang bersejarah ini dibangun dengan gaya Eropa. Kamu bisa menggelar pesta pernikahan dengan mengusung konsep yang sederhana nan klasik.

Hal terpenting adalah acara bisa tetap berjalan dengan lancar dan khidmat serta janji yang diikrarkan pun sah. Bukan kah begitu, ladies? Bangunan yang masih kental dengan kolonial ini, Gedung Arsip Nasional juga bisa dijadikan sebagai sebuah pilihan wedding venue.

Di venue ini, mampu menampung hingga 1000 orang tamu undangan yang hadir. Jika ingin melahirkan kesan yang romantis, menggelar pesta pernikahan di malam hari merupakan sebuah pilihan yang tepat.

Itulah ulasan seputar venue pernikahan yang bisa kamu jadikan sebagai referensimu. Selamat berburu, semoga dipermudah, ya!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket