Serba-serbi Venue Pernikahan Indoor yang Perlu Kamu Ketahui - Wedding Market

Serba-serbi Venue Pernikahan Indoor yang Perlu Kamu Ketahui

02 Sep 2019 | By WeddingMarket | Viewers: 1153
Serba-serbi Venue Pernikahan Indoor yang Perlu Kamu Ketahui

Suda mencari venue pernikahan indoor? Mempersiapkan segala keperluan untuk acara pernikahan bukanlah perkara yang mudah. Banyak detail-detail kecil yang harus diperhatikan agar acara dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala sedikit pun tepat di hari besarnya. Salah satu persiapan keperluan untuk pernikahan yang memegang peranan penting adalah venue pernikahan.

Tak sedikit calon pengantin berlomba-lomba mencari venue pernikahan yang cocok untuk acara pernikahannya karena semuanya tentu ingin menikah di venue yang bagus. Seperti yang kita ketahui bersama, venue pernikahan biasanya menjadi momok yang menakutkan bagi para pengantin. Salah sedikit dalam mempersiapkannya, maka acara pernikahan pun akan menjadi bahan pembicaraan tamu yang hadir.

Kali ini, kami ingin mengajak kamu untuk sedikit membahas serba-serbi seputar venue pernikahan indoor yang perlu kamu ketahui. Seperti, apa saja yang harus dipersiapkan saat ingin menyewa venue pernikahan indoor? Bagaimana dekorasi yang pas untuk venue pernikahan indoor? Dan hal-hal detail lainnya.

Apa, sih, yang dimaksud dengan Venue Pernikahan Indoor?

Venue, Wedding, Ceremony, Destination, Religion

Bicara tentang venue pernikahan, pertanyaan pertama yang ada di benak kita biasanya tak jauh-jauh dari ‘venue pernikahan indoor atau outdoor?’. Venue pernikahan merupakan sebuah lokasi yang akan menjadi tempat berlangsungnya acara pernikahanmu. Dengan demikian venue pernikahan indoor berarti lokasi yang akan digunakan sebagai tempat berlangsungnya acara pernikahanmu, tetapi berada di dalam ruangan dan memiliki pelindung dari cuaca-cuaca ekstrem seperti panas, dingin, hingga gangguan lainnya.

Venue pernikahan indoor sendiri biasanya akan dibagi lagi dalam beberapa kelompok berdasarkan jenisnya. Misalnya saja gedung serbaguna, hotel, restaurant and bistro, hingga loft venue. Jika kamu sudah sering menghadiri pesta pernikahan di dalam hotel, itu tandanya sang pengantin memilih venue indoor untuk melangsungkan pernikahannya. Kamu juga pasti sudah sering mendengar jenis venue pernikahan indoor lainnya seperti gedung serbaguna atau restoran. Jika ide-ide venue pernikahan indoor seperti itu menurutmu terlalu biasa, kamu bisa mencoba venue pernikahan indoor di dalam loft venue.

Loft venue atau yang dikenal dengan ‘lokasi kosong berstruktur tinggi’ merupakan ide venue pernikahan indoor yang datang dari Amerika Serikat. Banyaknya gedung yang disewakan dalam keadaan kosong memunculkan ide untuk membuat acara pernikahan di dalam ruangan tersebut. Cocok untuk kamu yang ingin mengadakan pernikahan dengan tema modern wedding dan menambah kesan unik dari kepribadianmu serta pasangan.

Apa yang Harus Dipersiapkan Saat Ingin Menggunakan Venue Pernikahan Indoor?

Sejauh ini, kamu pasti berpikir bahwa harga untuk menyewa venue pernikahan indoor sudah termasuk segala kebutuhan tambahan seperti sound, lighting, dan décor. Namun, tidak semua venue pernikahan indoor menyediakan semua fasilitas tersebut bersama tempat yang disewakannya.

Jika kamu ingin memilih venue pernikahan indoor sebagai lokasi pesta pernikahan, pastikan beberapa hal yang penting, misalnya berapa watt daya listrik yang disediakan untuk menampung beban listrik dari sound dan lighting. Tanyakan juga apakah perlu menyewa sound tambahan atau sound sudah disediakan oleh vendor venue pernikahan indoor.

Tanyakan juga tentang ketersediaan vendor dekorasi yang bekerja sama dengan venue pernikahan pilihanmu. Jika ada vendor yang bekerjasama, jangan ragu untuk menggunakan jasa vendor tersebut, hitung-hitung dapat memperkecil anggaran pengeluaranmu nantinya sehingga kamu dapat sedikit menabung untuk keperluan pernikahan yang lain nantinya.

Bagaimana Dekorasi yang Pas Untuk Venue Pernikahan Indoor?

Dekorasi untuk venue pernikahan indoor pastinya akan menyesuaikan dengan konsep pernikahan yang telah kamu tentukan sebelumnya. Pihak vendor tidak mungkin langsung membuat dekorasi yang apik tanpa berkonsultasi denganmu serta pasangan. Ada beberapa trik untuk membuat venue pernikahan indoor tampak semakin menarik dengan dekorasi yang pas. Beberapa trik yang dapat kamu gunakan antara lain:

  1. Menutup beberapa kelemahan venue yang dipilih dengan kain berwarna soft agar terlihat elegan
  2. Menggunakan tumbuhan dan rangkaian bunga untuk membuat venue pernikahan tampak lebih hidup
  3. Menggunakan instalasi lampu yang unik dan menarik
  4. Menambahkan foto-foto prewedding
  5. Menggunakan perabotan yang sesuai dengan konsep pernikahan agar terkesan menarik.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Venue Pernikahan Indoor?

Bicara tentang kelebihan venue pernikahan indoor dibandingkan dengan outdoor, jelas sekali nampak perbedaannya. Venue pernikahan indoor jelas lebih unggul dalam segi proteksi terhadap cuaca yang ekstrem jika dibandingkan dengan venue pernikahan outdoor.

Kekurangan venue pernikahan indoor jika dibandingkan dengan venue pernikahan outdoor adalah adanya perbedaan experience dan ambience yang akan didapat ketika kamu menyewa venue pernikahan outdoor. Di venue pernikahan outdoor, kamu dapat merasakan semilir angin dan suasana yang romantis di pinggir pantai atau tempat lain yang dipilih, tetapi kamu tidak bisa merasakan experience dan ambience tersebut jika kamu memutuskan untuk melangsungkan pernikahan di venue pernikahan indoor.

Baca juga: Venue Wedding Garden Party di Surabaya

Namun, segala keputusan pada akhirnya akan kembali ke kamu, sang calon pengantin, dalam memilih venue pernikahan sebagai lokasi berlangsungnya acara pernikahanmu nantinya. Serba-serbi mengenai venue pernikahan indoor ini kami harap dapat menjadi bahan pertimbanganmu untuk menentukan lokasi yang pas untuk kamu! Selamat memilih!

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?