Lebih Baik Menikah di Venue Pernikahan Outdoor atau di Gedung, Ya?

04 Sep 2019 | By Wedding Market | Viewers: 712
Venue Pernikahan Outdoor atau di Gedung, Ya?

Bicara tentang persiapan menjelang pernikahan, memikirkan venue pernikahan outdoor pasti sudah sering kamu dengar dari mulut ke mulut, entah dari saudara atau teman sebaya yang sudah pernah menyelenggarakan resepsi pernikahan di luar ruangan itu sendiri. Banyak detail lain yang juga perlu dipikirkan dan tentu saja menambah beban pikiranmu sebelum melangsungkan acara pernikahan.

Di antara banyak persiapan, venue pernikahan merupakan salah satu hal yang harus kamu persiapkan matang-matang agar acara pernikahanmu terasa lebih istimewa di mata para tamu undangan dan keluarga besar yang hadir. Kali ini, kami akan mengajakmu sedikit membahas tentang venue pernikahan outdoor.

Terlebih lagi, di tahun 2019 ini, venue pernikahan menjadi sangat populer di kalangan kaum millennial. Jika memilih venue outdoor, kamu dapat merasakan sepoi angin lembut yang menghipnotis tiap tamu undangan yang hadir dan tak perlu repot menyiapkan dekorasi yang mewah. Namun, tenang saja, kamu tetap dapat menimbulkan kesan elegan, kok!

Apa itu Venue Pernikahan Outdoor?

Venue pernikahan outdoor merupakan lokasi pernikahan yang bertempat di luar ruangan. Venue pernikahan luar ruangan ini lazim dipilih oleh millennial dengan menyulap taman atau villa menjadi venue pernikahan yang indah. Taman banyak dipilih karena sifat lokasinya yang dapat dengan mudah dipadupadankan dengan berbagai pilihan konsep pernikahan. Biasanya, taman digunakan untuk pernikahan dengan konsep garden party atau fairy-tale like party.

Selain taman, villa juga menjadi pilihan karena cakupan space yang tidak begitu luas dan dapat diatur sesuai keinginan hati. Di samping itu, villa juga banyak dipilih oleh millennial karena mereka menginginkan pesta pernikahan yang intim, baik bagi keluarga maupun untuk teman-teman dekat yang hadir. Dengan space yang terbilang tidak terlalu besar, villa menjadi opsi venue pernikahan yang pas untuk kamu yang tidak ingin mengundang banyak tamu.

Apakah Lebih Ribet Dibanding Menikah di Gedung?

Pastinya kamu sering bertanya-tanya mengenai hal ini. ‘apakah akan ribet sekali jika menggunakan venue pernikahan outdoor?’. Jawabannya, bisa jadi ya, bisa jadi tidak. Persiapan venue pernikahan tidak akan terlalu merepotkan jika kamu melakukan beberapa hal berikut dengan baik:

Pertama, venue pernikahan outdoor tentunya terletak di luar ruangan sehingga tidak akan terlepas dari cuaca yang ekstrem, baik panas maupun hujan. Jika kamu menginginkan acara resepsi outdoor, pastikan kamu mengetahui perkiraan cuaca yang tepat menjelang hari pernikahan. Sediakan juga plan b atau rencana cadangan jika sewaktu-waktu venue pernikahanmu mengalami kendala cuaca atau gangguan serangga. Untuk meminimalisir risiko tersebut, kamu bisa menggunakan jasa tenda pesta pernikahan agar tamu dan keluarga yang hadir dapat merasa cukup nyaman dalam menghadiri acara pernikahanmu.

Kedua, venue pernikahan outdoor tidak langsung serta-merta dilengkapi dengan satu set alat penerangan serta sound system. Sebelum acara pernikahan dilangsungkan, ada baiknya kamu dan pihak vendor yang kamu pilih saling bertemu dan berkeliling venue yang akan kamu jadikan sebagai lokasi pernikahanmu. Tanyakan beberapa hal seperti instalasi lampu yang disediakan pihak vendor venue dan sound system. Jika pihak vendor venue tidak menyediakan, berarti kamu harus segera mencari pihak lain yang menawarkan jasa lighting dan sound system agar acaramu dapat tetap berjalan dengan lancar.

Ketiga, jasa venue pernikahan outdoor ada yang sekaligus menyediakan dengan dekorasi di hari acara pernikahan. Beberapa villa di Bali, misalnya saja, menawarkan jasa penyewaan venue pernikahan di dekat pantai lengkap dengan dekorasi untuk mempercantik lokasi acara pernikahan. Jadikan ini sebagai pertimbanganmu bersama calon pasangan, siapa tahu kalian dapat sekaligus menghemat budget pernikahan. Jika pihak vendor venue pernikahan tidak menyediakan dekorasi dalam paket venue yang ditawarkan, maka kalian perlu menyewa dekorasi pernikahan dari vendor lain untuk mempercantik lokasi pernikahanmu.

Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Venue pernikahan outdoor sebenarnya memiliki posisi yang seimbang dengan jenis venue pernikahan lainnya. Tidak ada yang baik maupun yang buruk, tergantung preferensi dari setiap individu saja. Namun, beberapa hal yang membuat venue outdoor mulai menjadi tren di kalangan kaum millennial adalah atmosfer berbeda yang tidak bisa didapatkan dengan melangsungkan acara pernikahan di dalam ruangan.

Venue pernikahan outdoor menawarkan atmosfer yang unik. Misalnya saja melangsungkan pernikahan di bibir pantai. Atmosfer yang ditawarkan tentu berbeda dibanding pesta pernikahan umumnya. Ada pengalaman tersendiri, baik bagi pengantin maupun tamu undangan yang hadir, saat menjajakkan kaki di lokasi tersebut. Angin yang berhembus lembut serta aroma laut bisa jadi akan membawa seluruh orang yang hadir untuk merasakan kesakralan acara pernikahan yang dilangsungkan dengan lebih mendalam.

Venue pernikahan outdoor memiliki kekurangan dalam beberapa hal, seperti gangguan serangga dan risiko cuaca yang tidak menentu. Cuaca yang saat ini tidak dapat diprediksi menjadi hal yang sulit untuk mengadakan acara pernikahan di luar ruangan. Jadi, para calon pengantin harus siap siaga untuk dengan rencana lain jika cuaca tidak bersahabat.

Jika ada yang membuat venue pernikahan outdoor terkesan ribet dan memerlukan persiapan yang lama, masalah sebenarnya berasal dari kesiapan pasangan pengantin dan vendor venue pernikahan tersebut. Tidak sedikit masalah yang terjadi muncul justru karena kurangnya komunikasi antara pihak vendor pernikahan dan calon pengantin. Untuk itu, sebelum menentukan venue pernikahanmu nanti, pastikan untuk teliti dan hati-hati sebelum memutuskan, komunikasikan segala sesuatunya dengan setiap pihak yang terlibat.

Nah, demikianlah serba-serbi venue pernikahan outdoor yang bisa kami berikan. Semoga dengan bahasan kali ini, kamu dapat lebih memahami dan menambah opsi venue untuk hari spesialmu nanti!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket