Pilih Kategori Artikel

Warna-warni Hanbok, Gaun Pengantin Korea yang Penuh Makna
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Gaun pengantin merupakan baju khusus yang digunakan oleh pengantin di hari pernikahannya, maka tidak heran jika desainnya pun berbeda dari baju biasa.  Gaun pengantin mempunyai bentuk dan desain yang beragam,  baik yang tradisional maupun modern. Salah satu contoh gaun  tradisional yang tengah populer di kalangan masyarakat adalah hanbok atau gaun Korea tradisional yang sering digunakan untuk acara-acara tertentu, termasuk pernikahan.

Selain karena bentuknya yang unik, alasan lain mengapa hanbok menjadi gaun pengantin yang populer adalah karena hanbok mempunyai banyak warna, mulai dari merah, putih hingga hitam. Setiap warna tersebut mempunyai arti dan maknanya sendiri-sendiri, loh. Nah, apa makna dibalik warna-warni cantik gaun pengantin Korea Hanbok? Untuk lebih jelasnya, baca artikel ini sampai tuntas, ya.

  1. Warna Hitam

wm_article_img

Photo via aboutKorea.blogspot.com

Warna gaun pengantin Korea pertama yang akan kita bahas adalah Hanbok warna hitam. Bagi sebagian orang, warna hitam tidak umum digunakan sebagai gaun pengantin. Hal ini disebabkan karena hitam cenderung mempunyai kesan kelam, dan sering digunakan sebagai warna baju berkabung. Dahulu hanbok hitam digunakan untuk menghadiri acara kematian. Namun seiring berjalannya waktu, hanbok hitam mengalami berbagai perkembangan mulai dari desain dan fungsinya, sehingga gaun yang satu ini tidak lagi digunakan di acara kematian saja, tapi juga difungsikan sebagai gaun pengantin. 

Biasanya, hanbok yang digunakan pada acara pernikahan memiliki desain dan aksesoris yang lebih rumit, sehingga penampilan pengantin bisa lebih cantik dan terlihat memukau. Aksesoris yang sering ditambahkan berupa bordiran bentuk bunga atau penyematan payet di beberapa bagian hanbok. Dalam kebudayaan masyarakat Korea, hanbok hitam menjadi lambang dari elemen air dan bentuk betapa besarnya kekuatan Tuhan yang mampu menciptakan alam semesta beserta isinya.

  1. Warna Kuning

wm_article_img

Photo via pinterest

Hanbok warna kuning merupakan gaya gaun pengantin Korea yang paling banyak diminati oleh orang-orang. Salah satu alasannya adalah warna kuning yang mencolok yang memberikan kesan ceria kepada pemakainya. Selain itu, warna kuning pada hanbok juga punya artinya tersendiri yaitu sebagai lambang elemen bumi yang menjadi pusat dari alam semesta. 

Pada zaman dulu, hanbok kuning tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Hanya orang-orang yang berasal dari kelas bangsawan yang bisa menggunakan hanbok tersebut. Hal ini tidak lepas dari hanbok kuning yang terbuat dari kombinasi kain sutra dan satin yang membuat harga hanbok kuning menjadi mahal.

Namun sekarang, hanbok kuning bisa digunakan oleh semua kalangan, bahkan masyarakat non Korea pun bisa memakainya juga. Bahan material yang digunakan pun lebih bervariasi, tidak hanya menggunakan kain sutra dan satin, tapi juga bisa  menggunakan kain lain yang harganya lebih terjangkau.

  1. Putih

    wm_article_imgwm_article_img

Photo: Martine Gary /Liuhy on pinterest


Sama halnya dengan gaun pengantin lain, hanbok juga mempunyai warna putih sebagai salah satu warna kebanggannya. Warna putih sendiri mempunyai arti  kesucian jiwa. Warna putih pada hanbok terinspirasi dari warna putih yang terdapat dalam cincin logam yang digunakan oleh pengantin. Karena warna yang dihasilkan bagus, maka para pembuat hanbok menjadikan putih sebagai warna andalan. Hanbok putih juga cantik sekali jika dijadikan sebagai gaun pengantin Korea.

Di sisi lain, dengan semakin banyaknya peminat hanbok putih, membuat hanbok dengan warna ini semakin mengalami perkembangan, mulai dari desain hingga penyematan berbagai aksesoris yang membuat penampilan hanbok menjadi semakin menarik perhatian. Bagi masyarakat Korea, hanbok putih juga mempunyai makna berupa rasa rendah hati bagi pemakainya, dimana setiap orang yang menggunakan hanbok tersebut memiliki derajat yang sama dan tidak dibedakan dari sisi status sosialnya.

  1. Biru

wm_article_img

Photo via pinterest

Biru merupakan salah satu warna favorit bagi sebagian orang. Alasannya adalah karena warna tersebut memberikan kesan cerah namun tetap kalem disaat bersamaan. Oleh sebab itu, tidak heran jika warna biru juga diaplikasikan pada hanbok. Dalam kepercayaan masyarakat Korea, warna biru melambangkan hari kelahiran. Warna biru juga menjadi simbol dari sisi feminim dan kehormatan seorang wanita. Selain dijadikan sebagai gaun pengantin, hanbok biru juga kerap digunakan sebagai baju kantor. Tentunya desain yang digunakan pun lebih simpel dan tidak serumit hanbok pengantin.

  1. Merah

wm_article_img

Photo via pinterest

Salah satu hanbok favorite masyarakat Korea adalah hanbok merah. Oleh karena itu, tidak heran jika hanbok tersebut sering dijadikan sebagai gaun pengantin. Alasannya karena warna merah merupakan simbol dari elemen api, yang mampu memberikan semangat kepada pengantin dalam mengarungi kehidupan rumah tangga. Selain itu, warna merah cerah pada hanbok juga diharapkan dapat memberikan kebahagiaan dan kemakmuran kepada pengantin, sehingga pernikahannya bisa selalu bahagia dan diberkati alam semesta.

Itu lah makna dan arti dari beberapa hanbok yang bisa kamu gunakan di hari pernikahan. Bagi sebagian orang, hanbok merupakan gaun pengantin tradisional, namun semakin berkembangnya zaman, hanbok tradisional pun juga bisa menjadi gaun pengantin Korea mewah.

Hal ini tidak lepas dari berbagai kreasi dan inovasi yang dilakukan oleh berbagai desainer, sehingga mereka mampu mengubah hanbok yang kental akan kesan tradisional menjadi lebih modern. Kamu juga bisa menambahkan beberapa aksesoris dan desain tambahan agar hanbok-mu bisa tampil lebih cantik,  tanpa menghilangkan sisi tradisionalnya.

Selain warna-warna di atas, hanbok juga mempunyai warna lain yaitu pink yang menjadi bagian dari gaun pengantin Korea pink. Jumlah peminat gaun tersebut juga tidak bisa diremehkan, bahkan hanbok pink menjadi hanbok favorite yang banyak dijadikan sebagai gaun pengantin oleh orang-orang.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...