Berani Tampil Beda? Coba Rekomendasi Model Wedding Card Unik Ini - Wedding Market

Berani Tampil Beda? Coba Rekomendasi Model Wedding Card Unik Ini

26 Jan 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 228
Berani Tampil Beda? Coba Rekomendasi Model Wedding Card Unik Ini
ilustrasi wedding card unik berbentuk puzzle (photo: wedmegood.com/pinterest)

Pernikahan adalah salah satu acara sakral yang didambakan oleh sebagian besar pasangan. Hal ini disebabkan karena pernikahan adalah momen penyatuan sepasang kekasih di dalam ikatan suci pernikahan. Oleh karena itu, banyak orang ingin mengadakan pesta pernikahan yang meriah dengan mengundang banyak orang. 

Pada zaman sekarang, banyak metode yang bisa digunakan untuk mengundang teman-teman ke pesta pernikahan. Mulai dari cara yang paling konvensional yaitu menggunakan wedding card kertas, hingga yang paling terbaru yaitu mengundang lewat grup chat WhatsApp.

Sekalipun zaman sekarang sudah canggih, banyak calon pengantin beralih menggunakan undangan digital, tapi ada sebagian orang yang masih tetap menggunakan wedding card konvensional. Bagi mereka, kurang lengkap rasanya mengundang teman tidak menggunakan wedding card atau undangan pernikahan fisik.

Untuk wedding card sendiri, sekarang sudah banyak ragamnya, entah dalam hal desain maupun bahan baku. Untuk material pembuatan, ada wedding card yang terbuat dari kertas, kayu, maupun akrilik. Desain yang digunakan pun macam-macam, ada yang modelnya sederhana, hingga bentuk 3D pun ada. 

Bagi kamu yang akan menikah dan sedang mencari desain wedding card unik, simak ulasannya berikut ini.

  1. Wedding Card Tema Boarding Card

Photo via alicdn.com

Rekomendasi yang pertama adalah wedding card unik dengan tema boarding atau tiket pesawat. Kartu undangan pernikahan yang satu ini memang terbuat dari bahan kertas, tapi jangan salah, kertas yang digunakan bukan bahan biasa, loh. Jenis kertas tersebut adalah  ivory 260/AP260 yang hasil tintanya tidak mudah luntur dan lebih jernih.

Selain hasil tinta yang bagus, desain boarding card juga mampu menarik perhatian orang-orang karena unik dan tidak banyak digunakan, bukan? Oleh karena itu, tidak heran jika nantinya wedding card-mu bisa menginspirasi orang lain.

  1. Desain Koran Gulung dan Pita Emas

Photo via shopee.co.id

Kamu ingin punya undangan pernikahan yang bentuknya berbeda dan bisa digulung, tapi bingung modelnya seperti apa? Eits, jangan khawatir karena ada wedding card unik bentuk koran yang bisa digulung, loh. Sesuai namanya, undangan pernikahan satu ini memang dibuat seperti koran, yang tulisannya berbentuk baris dan kolom. Untuk mempercantik penampilan, kamu bisa menggulung wedding card koran dan mengikatnya menggunakan pita agar gulungan tersebut tidak rusak.

Selain punya desain yang menarik, wedding card koran juga terbuat dari bahan yang berkualitas seperti manila dengan ukuran 18 cm x 27 cm. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat wedding card koran sekitar 3-6 hari, tergantung desain dan jumlahnya. 

  1. Wedding Card Akrilik

Photo via shopee.co.id

Wedding card estetik dan mewah yang satu ini berasal dari bahan akrilik. Modelnya memang beda dari yang lain, yaitu menggunakan bahan dari akrilik atau plastik yang mempunyai bentuk seperti kaca.

Dengan desain unik seperti itu, tentu saja hasilnya tidak hanya terlihat cantik, tapi juga mewah. Hanya saja untuk mendapatkan wedding card estetik secantik ini, kamu harus mengeluarkan dana lebih, yaitu Rp10.000,- hingga Rp45.000,- per satu undangan. Harga tersebut bisa lebih tinggi tergantung pada seberapa kompleks desain dan bahan akrilik yang digunakan.

Proses pengerjaannya pun bisa memakan waktu lebih lama yaitu sekitar 2-10 hari. Walaupun dana yang dibutuhkan besar dan pembuatannya lama, tapi hal tersebut sangat sebanding kualitas yang didapatkan. Berbeda dengan wedding card berbahan kertas yang tidak bertahan lama, undangan pernikahan dari bahan akrilik justru bisa bertahan sampai bertahun-tahun. Hal ini tidak lepas dari bahan bakunya–yang terbuat dari akrilik–dimana bahan tersebut tidak mudah robek, pecah ataupun rusak.

  1. Wedding Card Pop Up

Photo via behance.net

Kalau kamu menyukai sesuatu yang menggemaskan dan ingin membuat wedding card lucu, kamu bisa memilih bentuk pop up. Bentuk pop up sendiri adalah salah satu desain undangan pernikahan yang menyematkan gambar di dalamnya, sehingga memberikan kesan bentuk 3D yang langsung muncul ketika wedding card dibuka. 

Untuk menambah kesan menggemaskan di wedding card, kamu bisa menyematkan gambar lucu seperti gambar animasi pengantin yang mewakili kamu dan pasangan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan background entah langit-langit atau taman agar tampilannya lebih lucu. Walaupun model wedding card pop up mempunyai bentuk yang menarik, tapi harganya termasuk mahal. Sebab, dalam proses pembuatannya butuh ketekunan dan kesabaran, sehingga berdampak pada harga jualnya. 

  1. Wedding Card Bentuk Foto Prewedding

Photo via blogspot.com

Bagi beberapa calon pengantin, foto prewedding merupakan hal yang perlu dilakukan. Sesuai dengan namanya, foto prewedding adalah foto yang diambil sebelum hari pernikahan. Tujuannya adalah untuk mengabadikan perjalanan asmara mereka sebelum menikah. Hasil foto tersebut biasanya dijadikan sebagai kenang-kenangan, tapi ada beberapa pengantin yang memanfaatkan foto prewedding sebagai background wedding card

Salah satu contoh desain wedding card yang menggunakan foto prewedding adalah wedding card desain roll film yang menyematkan beberapa foto calon pengantin di dalamnya. Penyematan foto tersebut tidak asal tempel, melainkan pengrajin memilih salah satu atau beberapa foto yang sesuai dengan tema wedding card.

  1. Wedding Card Bentuk Kipas

Photo via tokopedia.net

Ingin wedding card unik yang juga punya fungsi lebih? Wedding card yang tidak hanya sekedar undangan dan aksesoris pernikahan saja? Tenang, kamu bisa menggunakan kartu undangan pernikahan bentuk kipas. Sesuai dengan namanya, model wedding card satu ini memang sengaja dibuat  bentuk kipas yang dihias menggunakan tulisan berisi nama pengantin. Berbeda dengan model wedding card sebelumnya yang cenderung mahal, wedding card kipas harganya lebih murah dan lebih ramah di kantong.

  1. Wedding Card Kayu

Photo tokopedia.net

Kalau ada model wedding card berbahan akrilik, kali ini wedding card estetik yang terbuat dari bahan kayu. Bahan yang digunakan adalah kayu tipis yang sudah diamplas sedemikian rupa sehingga bentuknya menjadi halus. Di atas kayu tersebut lalu dibuat tulisan yang memuat nama kedua pengantin serta hari dan tanggal pernikahan. Oleh karena bentuknya yang unik, wedding card kayu tidak hanya berfungsi sebagai undangan tapi juga bisa dijadikan sebagai pajangan di rumah, seperti di ruang tamu ataupun ruang keluarga. 


8. Kartu Undangan Pernikahan Berbentuk Puzzle

foto: wedmegood.com

Model undangan pernikahan yang satu ini jelas tidak biasa. Sebab, untuk membaca informasi secara utuh kamu harus menyusun puzzle menjadi satu kesatuan terlebih dahulu. Semakin kecil potongan puzzle, maka semakin menantang. Nah, model wedding card unik ini boleh banget, loh dicoba. Kapan lagi kan bisa mengundang tamu sekaligus mengajaknya bermain puzzle? Dengan demikian, teman-teman yang menerima undangan pernikahanmu  pasti akan terkesan.

Itu lah beberapa desain wedding card yang bisa kamu pilih untuk dijadikan referensi. Dari beberapa rekomendasi tersebut ada wedding card estetik, lucu hingga yang mengasah otak seperti undangan pernikahan puzzle. Tentu saja setiap desain wedding card di atas punya keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memilih salah satunya. Kamu juga bisa menemukan vendor undangan pernikahan yang sudah berpengalaman di Smart Platform Wedding Market.

Tidak perlu bingung, cukup pilih wedding card yang sesuai dengan budget dan kebutuhanmu. Pasalnya ketika ingin membuat wedding card, kamu harus ingat bahwa yang kamu buat tidak hanya satu buah tapi sampai ratusan. Semakin banyak undangan yang kamu buat maka semakin banyak pula dana yang dikeluarkan. Oleh karena itu, pikirkan matang-matang. Jangan sampai hanya karena ingin punya wedding card yang unik, kamu harus menghabiskan banyak dana. Padahal masih banyak kebutuhan pernikahan yang harus kamu penuhi.

Temukan Wedding Card yang Menarik di Wedding Market

Silahkan Klik Disini

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?