Pilih Kategori Artikel

Rahasia Dibalik Gaun Pengantin Warna Merah
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sebelum Ratu Victoria mempopulerkan gaun pernikahan warna putih, gaun pengantin warna merah dan hitam sebenarnya lebih umum untuk dikenakan di hari pernikahan. Namun, kini perempuan yang mengenakan gaun pernikahan warna merah tidak lagi memilih warna yang berani ini semata-mata karena tradisi, tetapi karena memang menginginkannya.

Apakah gaun pengantin warna merah memiliki makna tertentu?

Setiap hal pasti memiliki makna, termasuk warna. Mereka yang menyukai warna merah biasanya digambarkan sebagai pribadi yang pemberani. Selain itu, kebanyakan dari mereka yang menyukai warna merah juga merupakan seseorang yang periang, penuh dengan energi positif, tetapi kerap tidak sabaran. Demikian pula dengan mereka yang memilih gaun pengantin warna merah atau dekorasi pelaminan dengan warna senada. Tentunya ada makna tertentu yang mungkin belum Anda ketahui.

Gaun pengantin warna merah kerap diasosiasikan dengan cinta dan gairah. Di India, warna merah erat dikaitkan dengan matahari terbit. Tidak heran jika pernikahan di India kerap didominasi dengan warna merah karena matahari terbit bermakna kemakmuran dan kesuburan. Tidak hanya di India, di Tiongkok pun banyak ornamen pernikahan berwarna merah, termasuk gaun pernikahan. Warna ini dipilih karena dipercaya membawa keberuntungan bagi pemakainya. Memang tidak sedikit juga yang menggunakan warna gaun pengantin selain merah, tapi biasanya warna ini akan dipilih dalam pernikahan tradisional.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Bolehkah pengantin perempuan di Indonesia mengenakan gaun pengantin warna merah?

Di Indonesia sendiri tidak ada aturan khusus seputar warna gaun pengantin yang boleh atau tidak boleh dikenakan perempuan. Namun, kebanyakan perempuan memang memilih warna putih yang konon melambangkan kesucian sebuah pernikahan. Ketika Anda dihadapkan pada dua pilihan antara putih dan merah, Anda tidak perlu bingung untuk memilih salah satu di antaranya, bisa juga digabungkan. Misalnya saja menggunakan kebaya nuansa putih saat akad nikah sementara gaun pengantin merah dikenakan saat resepsi.

Anda tidak perlu terpaku dengan aturan-aturan tertentu, jika memang ingin warna merah, kenakan saja! Namun, sebelum memilih gaun pengantin merah, ada baiknya untuk berdiskusi dengan pasangan terlebih dahulu, apakah ia setuju dengan keinginan Anda atau tidak. Pastikan juga mempertimbangkan segala sesuatunya, misalnya apakah gaun berwarna merah akan selaras dengan konsep maupun dekorasi pernikahan Anda nantinya?

Gaun pengantin merah seperti apa yang bisa diterima di pernikahan Indonesia?

Jika Anda bertanya-tanya gaun pengantin mewah yang bagaimana yang dapat digunakan untuk pernikahan di Indonesia, Anda bisa melihat beberapa referensi berikut dan pilih yang paling sesuai dengan keinginan Anda.

  • Dengan kerah gaya mandarin, gaun pengantin merah Anda akan terlihat semakin mewah

wm_article_img

Dengan kerah yang tinggi, model gaun pengantin warna merah ini juga cocok digunakan untuk pernikahan islami. Anda cukup menambahkan lengan panjang dan rok A-line hingga mata kaki dan  tampilan santun sesuai ketetapan agama Islam pun sudah bisa Anda dapatkan. Karena warna merah sudah cukup mencolok, desain gaun yang sederhana sudah cukup untuk membuat Anda tampil menawan saat resepsi pernikahan.

  • Crop wedding dress perpaduan warna merah dan putih untuk pernikahan outdoor

wm_article_img

Jika Anda ingin memadukan dua warna dalam satu gaun, crop wedding dress bisa jadi pilihan tepat. Crop wedding dress adalah gaun pernikahan yang terdiri dari dua bagian, yaitu atasan dan bawahan yang terpisah. Nah, karena terdiri dari dua bagian, Anda bisa menyiasatinya untuk memadukan dua warna, gaun pengantin merah dan juga putih. Anda bisa membuat gaun desain batwing warna merah dengan rok putih dengan renda untuk menghasilkan konsep gaun pernikahan rustic yang cocok untuk pernikahan di luar ruangan. Jadi, Anda tidak perlu bingung-bingung lagi memilih antara warna putih atau merah, kan! 

  • Kebaya modern warna merah juga akan membuat Anda tampil semakin memikat

wm_article_img

Tidak ada perempuan yang tidak nampak anggun saat mengenakan kebaya, baik dengan desain tradisional maupun desain kebaya modern. Anda juga pasti akan tampil semakin memikat dengan kebaya model sabrina lengan panjang yang dilengkapi dengan rok lilit batik warna senada. Gaun pengantin kebaya merah ini bisa digunakan untuk berbagai momen, misalnya saja untuk akad maupun resepsi. Selain itu, Anda juga bisa membuat kebaya dengan ekor menjuntai untuk menambahkan kesan mewah pada penampilan Anda.

  • Memadukan warna merah burgundy dengan desain trumpet yang unik

Anda mungkin belum tahu, tapi gaun pengantin merah burgundy kini mulai banyak digemari. Warnanya yang tidak terlalu mencolok, malah cenderung gelap, membuat tampilan gaun pengantin tampak berkelas dan misterius. Di Indonesia, warna ini mulai banyak digunakan sebagai konsep dekorasi pernikahan serta gaun pernikahan. Salah satu desain yang banyak diminati adalah desain trumpet yang sedikit ketat di badan hingga lutut, kemudian mengembang. Jika Anda memilih desain ini, Anda akan tampak seperti bunga mawar yang baru mekar.

Setiap desain maupun warna gaun pernikahan tentu memiliki makna dan harapan tersendiri di baliknya. Seperti gaun pengantin merah yang Anda harapkan menjadi simbol keberanian dalam melangkah menuju babak kehidupan baru yang penuh cinta. Demi harapan yang sempurna tersebut, pastikan Anda memilih gaun berwarna merah yang memang Anda inginkan, karena harapan yang diupayakan dengan maksimal tentu juga akan memberikan hasil yang maksimal pula, bukan?

Foto: traditionalchineseclothes, modelbajuterbaru2018, weddingforward, joanneflemingdesign

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...