Pilih Kategori Artikel

Perlukah Merawat Wajah Menjelang Hari Pernikahan?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Apakah merawat wajah menjelang hari pernikahan diperlukan? “Makeup is art and beauty is spirit” Makeup adalah seni dan kecantikan adalah rohnya. Begitu inti dari salah satu quote pernikahan. Makeup itu perlu. Anda dapat memancarkan kecantikan Anda yang tersembunyi dengan seni rias wajah yang tepat. Namun, tetap saja makeup hanyalah sekedar seni rias wajah, rohnya ada pada kecantikan alami Anda.

Hal itulah mengapa Anda perlu merawat wajah menjelang hari pernikahan. Riasan memang akan sanggup membuat Anda tampak memukau di hari pernikahan, tetapi tidak ada yang lebih memukau dari kecantikan alami yang dipercantik dengan riasan wajah. Makeup memang dapat membuat wajah Anda tampak cantik, ekspresif, dan lebih berkarakter.

Namun, seberapa indahnya makeup diaplikasikan pada wajah Anda, kecantikan alami dan rasa percaya diri Anda lah yang menjadi kunci utamanya. Untuk tampil cantik dan percaya diri, tentu harus dimulai dari kulit yang bersih dan sehat, itulah kecantikan alami yang sesungguhnya. Lalu, bagaimana caranya mendapatkan kecantikan alami tersebut?

Bukan rahasia lagi, merias wajah memang jadi salah satu kunci penting untuk menghasilkan penampilan yang sempurna, terlebih di acara besar seperti pernikahan. Cantik alami tanpa makeup tidak akan pernah cukup. Di hari pernikahan, setiap wanita pasti ingin tampil luar biasa cantik, sehingga dapat memukau setiap tamu undangan. Ingin tampil berbeda di hari pernikahan memang suatu hal yang wajar.

Demi mewujudkan keinginan ini, tentu yang Anda butuhkan adalah mencari vendor makeup artist yang tepat. Namun, MUA hanya akan memberi Anda kecantikan di saat hari pernikahan itu saja, bagaimana dengan hari-hari setelahnya? Tentu Anda ingin selalu tampil cantik di hadapan suami Anda, bukan? Karena itulah Anda perlu merawat wajah menjelang hari pernikahan. Bagaimana caranya?

Step by Step Merawat Wajah Menjelang Hari Pernikahan 

wm_article_img

Perawatan wajah pada umumnya sama saja, tetapi mungkin masih banyak wanita yang belum begitu memahaminya. Merawat wajah menjelang hari pernikahan memang wajib hukumnya, tetapi jauh lebih baik jika Anda memulainya bahkan dari sebelum Anda memiliki pasangan. Kenapa begitu? Karena perawatan wajah bukanlah perawatan instan yang akan terlihat hasilnya dalam 1 atau 2 hari. Merawat wajah butuh waktu lama. Semakin lama, hasilnya tentunya semakin baik. Berikut akan kami jabarkan step by step daily treatment yang perlu Anda ketahui. Check it out!

Daily Treatment (Pembersihan, Penyegaran, Pelembaban)

1. Membersihkan wajah (cleansing)

Tidak hanya saat merawat wajah menjelang hari pernikahan, membersihkan wajah wajib selalu Anda lakukan. Membersihkan wajah adalah tahap paling penting dalam hal perawatan kulit. Hal ini karena kotoran, debu, sisa makeup, dan kelebihan minyak pada wajah dapat menyumbat pori-pori Anda. Penyumbatan inilah yang nantinya akan menjadi jerawat atau komedo. Tentu Anda tidak ingin kecantikan Anda ditutupi oleh kehadiran jerawat dan komedo, bukan? Selain itu, kulit yang bersih akan lebih mudah mendapatkan asupan nutrisi. Saat Anda ber-makeup pun, jika wajah Anda bersih, makeup Anda akan menempel dengan sangat baik, membuat tampilan riasan Anda pun semakin oke.

Membersihkan wajah, tidak hanya sekedar mencuci wajah dengan sabun muka dan air, ada tekniknya. Pertama-tama, tuangkan sabun pembersih muka di tangan Anda, jangan membusakannya di tangan Anda, karena yang akan Anda cuci adalah wajah dan bukan tangan. Titik-titikan sabun muka Anda pada bagian-bagian utama wajah Anda, atau jika Anda menggunakan facial foam, langsung saja basuh wajah Anda dengan foam tersebut.

Kemudian, rotasikan 3 jari Anda (jari manis, tengah, dan telunjuk) dimulai dari bagian dagu menuju bawah telinga, kemudian ke arah hidung, lalu sudut mulut, kemudian ke atas telinga, dan kembali lagi ke dagu. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 kali.

Selanjutnya, dengan 3 jari yang sama, mulai lagi rotasi. Kali ini dimulai dari dagu ke sudut mulut, ke hidung. Lalu, naik ke pangkal alis, kemudian usap ke arah pelipis, dan kembali lagi ke dagu sebanyak 3x, Setelah itu, lakukan dengan mengusap sekitar mata dengan gerakan ke arah dalam sebanyak 3x.

Mencuci wajah untuk merawat wajah menjelang hari pernikahan tidak berhenti sampai di sini, masih ada lagi gerakan rotasi yang harus Anda lakukan dengan 2 jari (jari telunjuk dan jari tengah) Kali ini dimulai dari pangkal alis ke arah batas rambut, kemudian ke pangkal alis, lalu ke arah samping. Lakukan ini sebanyak 3 kali.

Selanjutnya, usap kedua jari Anda di antara kedua bibir, mengarah keluar secara bergantian. Lakukan sebanyak 3 kali. Kemudian, usap juga daerah leher Anda dengan telapak tangan. Usapan dari bawah ke atas sebanyak 3 kali. Dan akhirnya, usap rahang Anda ke arah belakang telinga, lalu basuh wajah Anda dengan air. Sesi mencuci wajah selesai.

2. Menyegarkan wajah (toning)

Melakukan penyegaran wajah adalah langkah kedua daily treatment yang perlu Anda lakukan demi merawat wajah menjelang hari pernikahan. Penyegaraan atau yang biasa disebut dengan toning dilakukan dengan menuangkan toner di atas kapas, kemudian ditepuk-tepuk perlahan-lahan ke wajah Anda.

3. Melembabkan wajah (moisturizing)

Langkah terakhir dari perawatan harian ini ditutup dengan moisturizing, melembabkan wajah. Kulit Anda membutuhkan moisturizer untuk menjaga kelembaban dan kekenyalannya agar selalu tampak sehat. Tidak peduli kulit Anda kering atau berminyak, melembabkan wajah tetap saja masuk dalam daily treatment untuk merawat wajah menjelang hari pernikahan. Tidak hanya saat akan menikah, setiap hari pun wajah Anda selalu butuh dilembabkan dengan moisturizer.

Itu dia 3 step perawatan harian yang harus selalu Anda lakukan sebelum menikah, menjelang pernikahan, bahkan saat sudah menikah nantinya. Untuk selalu memiliki wajah yang sehat dan cantik alami, perawatan wajah dengan daily treatment yang simpel ini harus selalu Anda lakukan. Jangan lupa untuk mencari produk kecantikan skin care yang cocok dengan kulit Anda.

Selain daily treatment, untuk merawat wajah menjelang hari pernikahan, Anda perlu juga melakukan weekly treatment. Bagaimana caranya? Let’s find it out!

Weekly Treatment

1. Pengelupasan sel kulit mati (scrubbing)

Kenapa scrubbing perlu Anda lakukan untuk merawat wajah menjelang hari pernikahan? Sel-sel kulit mati melakukan regenerasi setiap 28 hari. Apa ini berita baik atau tidak? Berita baik karena seharusnya kulit Anda akan tampak semakin cantik setiap 28 hari, bukan? Berita buruknya adalah, tanpa Anda sadari, aktivitas harian Anda membuat kulit Anda lelah dan tebal. Tebal karena menyatu dengan sel-sel kulit mati yang ada di permukaan wajah. Hal inilah yang membuat kulit Anda mudah kusam dan tidak sehat. Anda tentu tidak ingin wajah Anda terlihat kusam di hari pernikahan Anda, bukan? Karena itulah Anda perlu melakukan scrubbing setiap minggunya untuk membantu kulit Anda melakukan regenerasi dan juga mencerahkan kulit wajah Anda.

Cara melakukan pengelupasan sel kulit mati ini, tentunya dimulai dengan memilih produk scrub yang paling cocok dengan kulit Anda. Selanjutnya, saat melakukan scrubbing, tuang isi produk secukupnya ke tangan Anda, oleskan pada 4 titik wajah Anda, lakukan gerakan memutar dengan jari telunjuk dan jari tengah Anda sambil memijat ringan wajah Anda yang dimulai dari dagu ke arah pipi, kemudian hidung dan dahi. HIndari area sekitar mata dan bibir untuk mencegah terjadinya iritasi. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 1 atau 2 kali saja. Setelahnya, bilas dengan air sampai bersih.

2. Pemijatan (massaging)

Langkah selanjutnya dalam weekly treatment untuk merawat wajah menjelang hari pernikahan adalah massaging. Pemijatan wajah ini berguna untuk melancarkan peredaran darah, menyehatkan kulit, menjaga elastisitas kulit, dan membantu penyerapan nutrisi. Kulit Anda akan tampak semakin sehat dan cantik jika rutin melakukan massaging ini.

Pemijatan wajah dimulai dengan mengusap bagian leher ke arah atas dengan kedua telapak tangan. Dilanjutkan dengan menjepit dagu dengan jari telunjuk dan jari tengah, lalu getarkan ke arah samping telinga, kemudian usap. Selanjutnya, rotasikan jari-jari Anda dari dagu ke atas, saat tiba di pipi, putar jari-jari Anda ke arah luar pipi sebanyak 3 kali, lalu menuju batang hidung, ke dahi, dan berhenti di pelipis. Selanjutnya, pijat bibir Anda dengan jari telunjuk dan jari tengah dengan menjepit bibir ke arah kanan dan kiri secara bergantian. Kemudian, dengan jari telunjuk dan tengah, usap dahi Anda ke arah atas sampai ke batas rambut, silih berganti dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri. Lalu, pejamkan mata Anda dan pijat bagian lingkar mata Anda sebanyak 4 sampai 8 kali. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan menepuk-nepuk, tepuk-tepuk kedua pipi Anda dengan telapak tangan perlahan-lahan, lalu dipercepat, dan kembali dipelankan, lakukan gerakan yang sama pada dagu bagian bawah.

Lanjutkan dengan mengusap kedua telapak tangan sampai ada rasa panas, kemudian tempelkan pada kedua pipi Anda dengan digetarkan dari dagu ke pipi. Kemudian, gunakan 3 jari dari masing-masing tangan Anda untuk mengetuk-ngetuk dagu ke samping telinga lalu ke bawah mata Anda dan kembali ke dagu lagi, dan dilanjutkan dengan gerakan melingkar pada bagian mata. Selanjutnya, gunakan kedua telapak tangan Anda untuk mengusap lembut seluruh wajah Anda dengan gerakan lurus. Pemijatan wajah ini ditutup dengan mencuci dan mengeringkan wajah Anda.

3. Penggunaan masker wajah (masking)

Step ketiga dari treatment mingguan untuk merawat wajah menjelang hari pernikahan adalah dengan menggunakan masker wajah. Masking ini berguna untuk membersihkan dan menarik kotoran juga sel-sel kulit mati serta membantu menipiskan flek hitam dan bekas jerawat pada wajah Anda. Selain itu dengan menggunakan masker wajah, kulit Anda akan tampak lebih cerah, kencang, halus, dan vitalitasnya pun terjaga.

Ada 2 macam masker wajah yang dapat Anda pilih, masker wajah praktis yang tinggal Anda tempelkan pada wajah Anda atau masker oles. Jika Anda memilih menggunakan masker oles untuk merawat wajah menjelang hari pernikahan, pastikan setelah mengaplikasikannya pada wajah, jangan membiarkannya terlalu lama mengering di sana. Baca ketentuan yang ada pada produk yang Anda gunakan. Jika pada kemasan dikatakan, bersihkan setelah 20 menit, maka lakukanlah. Meninggalkan masker mengering lebih lama di wajah, tidak akan memberikan dampak lebih baik untuk wajah Anda, bahkan bisa jadi berdampak tidak baik.

4. Penyegaran wajah (toning)

Penyegaran wajah dilakukan dengan menggunakan toner, caranya sama saja dengan daily treatment.

5. Pelembaban wajah (moisturizing)

Sama seperti toning, moisturizing juga dilakukan dengan cara yang sama dengan perawatan wajah harian yang sudah dijabarkan sebelumnya.

Itu dia weekly treatment yang perlu Anda lakukan untuk merawat wajah menjelang hari pernikahan. Jika Anda merasa terlalu sibuk untuk melakukan perawatan ini, jangan khawatir, banyak salon dan tempat perawatan wajah yang menawarkan treatment scrubbing. Anda hanya tinggal mendatanginya setiap minggu, mereka yang akan melakukan perawatan wajah mingguan Anda step by step. Hasilnya tentu akan lebih baik daripada Anda melakukannya sendiri.

Merawat wajah menjelang hari pernikahan adalah hal wajib yang harus Anda lakukan. Tidak hanya agar wajah Anda mudah di-makeup saat hari H, tetapi juga untuk kecantikan setelah prosesi pernikahan berlangsung. Wajah sehat adalah kunci kepercayaan diri. Lakukan daily treatment setiap harinya, jangan sampai Anda melewatkannya barang sehari saja. Perawatan harian sangat penting untuk menjaga kecantikan kulit Anda.

Weekly treatment juga perlu Anda lakukan untuk menyempurnakan keindahan dan kesehatan kulit Anda. Pergi ke salon atau tempat perawatan kulit untuk lebih mudahnya, tetapi jika Anda punya waktu cukup weekly treatment untuk merawat wajah menjelang hari pernikahan ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Melakukan perawatan sendiri akan lebih hemat uang tentunya. Ingin hemat waktu? Pergi ke salon atau tempat perawatan wajah. Ingin hemat? Lakukan sendiri di rumah. Simple, bukan? Yang penting rawatlah wajah Anda sebaik mungkin, apalagi menjelang hari pernikahan! Wajah adalah aset terpenting bagi seorang wanita.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...