Pilih Kategori Artikel

Informasi Seputar Wedding Planner yang Wajib Untuk Kamu Pahami
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Momen pernikahan menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu sehingga banyak masyarakat yang rela mempersiapkan momen ini sejak jauh-jauh hari. Persiapan yang harus dilakukan untuk mewujudkan pernikahan impian memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, sehingga banyak orang yang menggunakan jasa wedding planner untuk mempermudah setiap persiapan yang ada.

Sayangnya, istilah jasa perencana pernikahan ini belum terlalu tenar di masyarakat jika dibandingkan dengan istilah wedding organizer. Lantas apakah pengertian dan tugas yang diemban oleh perencana pernikahan ini? apakah layanan jasa yang satu ini sama dengan layanan wedding organizer? berikut ulasannya.

Pengertian Wedding Planner

Jika kamu bertanya apakah wedding planner sama dengan wedding organizer? maka jawabannya adalah tidak. Keduanya merupakan hal yang berbeda namun memiliki keterikatan satu sama lain.

Wedding Planner atau Perencana pernikahan merupakan layanan jasa yang membantu mengatur setiap detail persiapan pernikahan mulai dari pertemuan keluarga hingga penyelesaian acara. Sedangkan wedding organizer merupakan bagian dari jasa perencana pernikahan yang akan mengurus berbagai detail acara pernikahan di hari-H pernikahan.

Dengan penjelasan seperti ini, tentu kamu akan jauh lebih mudah untuk memahami perbedaan keduanya, bukan? Kedua layanan jasa ini memang sama-sama mengurus detail pernikahan kliennya, namun ada beberapa perbedaan tugas.

Karena perbedaan tugas  yang dimiliki oleh kedua jenis layanan ini, wedding planner dan wedding organizer terkadang menyediakan jenis layanan terpisah sehingga para calon klien bisa memilih untuk mengambil layanan dari kedua jasa ataupun hanya dari salah satu saja. Berbagai jenis layanan yang tersedia juga biasanya disesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh calon pengantin, sehingga hal ini dapat mempermudah calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahannya.

Tugas Wedding Planner

wm_article_img

Foto: Tribun Jateng

Seperti disampaikan sebelumnya, bahwa perencana pernikahan memiliki tugas yang berbeda dengan wedding organizer. Karena berbedanya tugas yang dimiliki oleh kedua layanan jasa ini, jumlah biaya yang harus dikeluarkan juga cukup berbeda. Adapun beberapa tugas yang dimiliki oleh team perencana pernikahan diantaranya:

Menyesuaikan Jadwal Persiapan

Tugas pertama yang dimiliki oleh team wedding planner adalah menyesuaikan jadwal kegiatan calon pengantin dengan rentetan jadwal persiapan pernikahan. Berbagai jadwal kegiatan yang harus disusun berkaitan dengan persiapan pernikahan diantaranya foto prawedding, pengajian sebelum pernikahan, pertemuan dengan vendor, pemilihan busana pernikahan, dan lain sebagainya.

Menjadi Penengah Kedua Keluarga

Tugas selanjutnya yang dimiliki oleh perencana pernikahan adalah menjadi penengah antara kedua keluarga calon pengantin. Setiap keluarga tentu akan memiliki pendapatnya masing-masing berkaitan dengan berbagai persiapan pernikahan. Perencana pernikahan harus bisa mencari cara agar kedua keluarga bisa memberikan pendapat yang selaras sehingga proses persiapan pernikahan bisa berjalan tanpa hambatan.

Menjadi Penasihat

Bukan hanya menjadi penengah antara kedua keluarga, wedding planner juga memiliki tugas untuk menjadi penasihat dalam berbagai persiapan pernikahan. Perencana pernikahan akan memberikan masukan mengenai konsep hingga biaya dan seluruh detail persiapan agar acara pernikahan bisa terlaksana dengan biaya yang cukup serta berjalan dengan lebih efektif.

Berkoordinasi Dengan Wedding Organizer

Seperti disebutkan sebelumnya, perencana pernikahan akan mengatur berbagai persiapan acara pernikahan sedangkan wedding organizer akan bertugas di hari-H pernikahan. Agar seluruh persiapan bisa membuat acara pernikahan sukses, maka wedding planner juga akan berkoordinasi dengan wedding organizer dan menyampaikan segala detail persiapan pernikahan yang telah dilakukan. Tanpa koordinasi ini, maka team wedding organizer akan kesulitan untuk melaksanakan tugas yang dimilikinya.

Memastikan Acara Berjalan Lancar

Meskipun team perencana pernikahan telah berkoordinasi dengan team wedding organizer, namun team perencana pernikahan tetap memiliki tanggung jawab untuk memastikan acara pernikahan berjalan lancar. Team perencana pernikahan akan tetap mengikuti acara pernikahan hingga seluruh acara selesai untuk memastikan acara berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.

Tips Memilih Perencana Pernikahan

Itulah beberapa tugas yang dimiliki oleh team perencana pernikahan yang wajib untuk Kamu ketahui sebelum kamu menggunakan jasa perencana pernikahan. Agar seluruh tugas bisa berhasil sesuai dengan ekspektasi, kamu harus bisa memilih team perencana pernikahan yang berkualitas tinggi. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa menggunakan team yang berkualitas diantaranya:

Meminta Referensi Orang Terdekat

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pelayanan dari jasa perencana pernikahan berkualitas adalah dengan meminta referensi kepada orang terdekat yang pernah menggunakan jasa perencana pernikahan. Jika kamu pernah datang ke acara pernikahan yang menurutmu memiliki kualitas yang tinggi, maka kamu bisa meminta sang mempelai pengantin untuk merekomendasikan jasa wedding planner yang digunakannya.

Perhatikan Testimoni

Jika kamu sudah memiliki kandidat team perencana pernikahan yang akan dipilih, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu testimoni dari klien lain yang pernah ditangani sebelumnya. Testimoni yang diberikan oleh klien pada dasarnya akan menunjukkan kualitas dari pelayanan yang dimiliki oleh team perencana pernikahan sehingga kamu wajib untuk mempertimbangkan apakah testimoni tersebut merupakan testimoni yang baik atau tidak.

Sesuaikan Budget

Saat memilih jasa perencana pernikahan yang akan digunakan, ada baiknya agar kamu menyesuaikan terlebih dahulu budget yang kamu miliki dengan budget yang diusulkan oleh team perencana pernikahan tersebut. Carilah perencana pernikahan yang bisa membuat anggaran yang sesuai dengan budget pernikahanmu agar kamu tidak harus menyiapkan budget tambahan yang tentu akan memberatkan di masa depan.

Datangi Kantor Langsung

Untuk meyakinkan kualitas dari team yang akan diajak kerjasama, ada baiknya jika kamu melakukan survei ke kantor team wedding planner. Dengan melakukan survei secara langsung, kamu bisa lebih leluasa membicarakan rencana pernikahanmu sembari mencari tahu kredibilitas yang dimiliki oleh team tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari team perencana pernikahan yang berkualitas. Tentu cara ini juga bisa kamu lakukan dengan berkoordinasi bersama keluarga dan pasangan agar seluruh proses bisa berjalan dengan cepat.

Meski terkesan mudah, namun pada dasarnya kamu harus sangat teliti saat memilih team perencana pernikahan yang akan diajak kerjasama. Jika kamu tidak teliti saat memilih team perencana pernikahan, maka bukan tidak mungkin Anda akan mengalami berbagai kerugian mulai dari acara pernikahan yang tidak sesuai ekspektasi, hingga kerugian materi.

Untuk mempermudah setiap persiapan yang dilakukan, kamu juga bisa memilih team perencana pernikahan yang fleksibel agar kamu lebih mudah mendiskusikan setiap kebutuhan pernikahan yang kamu miliki. Team perencana pernikahan yang fleksibel juga biasanya akan lebih mudah mengondisikan berbagai pengeluaran yang ada sehingga kamu tidak akan membayar pengeluaran yang tidak perlu.

Menggunakan team wedding planner yang tidak berkualitas juga bisa mempersulit proses persiapan pernikahan. Maka dari itu, sangat penting untuk kamu memilih team perencana pernikahan yang berkualitas. Pastikan kamu memilih vendor yang profesional di WeddingMarket, temukan di sini.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...