10 Tips Memilih Fotografer Pernikahan

16 Sep 2020 | By Wedding Market | Viewers: 71
10 Tips Memilih Fotografer Pernikahan
Foto: Photobug Community

Dalam sebuah pesta pasti dibutuhkan adanya pengabadian momen saat itu. Dari sini, peran fotografer lah yang dibutuhkan. Kamu harus bisa memilih fotografer pernikahan yang terpercaya. Hal yang dimaksud terpercaya disini tentunya dengan hasil dan proses foto yang akan dijalankan.

Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memilih fotografer yang sesuai dengan kehendak hati kamu. Pada bacaan di bawah ini akan dijelaskan mengenai tips atau cara memilih fotografer pada sebuah acara pernikahan

Melihat Portofolio Fotografer

Tips memilih fotografer pernikahan yang pertama adalah melihat portofolionya. Ini sangat membantu kamu untuk menilai apakah fotografer ini baik atau tidak. Selain itu, dengan adanya portofolio kamu bisa melihat hasil dari jepretan sang fotografer. Cara memilikinya, kamu hanya perlu melihat semua portofolio dari fotografer tersebut.

Kemudian, pikirkan dan tanyakan kepada kamu sendiri apakah fotografer itu cocok atau tidak dengan kamu. Karena yang harus diketahui adalah setiap fotografer tentunya memiliki gaya dan teknik yang berbeda-beda dalam mengambil gambar.

Meminta Rekomendasi dari Teman

Selanjutnya, kamu bisa meminta rekomendasi dari teman-teman. Tanyakan apa mereka ada rekomendasi fotografer yang baik dan mungkin sudah pernah mereka ajak kerjasama. Ketahui setiap hal yang ada dalam jasa fotografer tersebut. kamu harus berpikiran terbuka dan mendengarkan kelebihan maupun kekurangan dari fotografer yang sedang diceritakan. 

Setelah itu, kamu bisa menentukan sendiri apakah ada fotografer yang cocok atau tidak. Kamu berhak untuk bertanya ke siapapun untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Karena pada dasarnya, semua acara di pernikahan juga haruslah yang terbaik dan mampu memberikan kesan. Terutama dalam memilih fotografer pernikahan.

Mencari Rekomendasi di Website

Memilih fotografer pernikahan juga bisa dilakukan melalui pencarian di website WeddingMarket. Banyak sekali rekomendasi fotografer handal yang tersebar infonya di halaman direktori ini. Hal ini membuat sangat mudah untuk kamu akses mengingat canggihnya era di zaman saat ini. Kamu juga bisa mencarinya berdasarkan budget yang sesuai dengan yang dimiliki saat itu.

Di WeddingMarket, kamu juga bisa mencari rekomendasi fotografer berdasarkan dengan tempat tinggal kamu. Semuanya bisa kamu atur dan temukan. Jika kamu masih ragu dan memiliki banyak list fotografer kamu bisa mencatatnya dan memilihnya sesuai dengan keinginan.

Menyesuaikan Pemilihan Fotografer dengan Tema 

Fotografer pastinya sudah paham akan teknik-teknik membidik suatu objek. Akan tetapi, setiap fotografer pasti memiliki satu keunggulan atau hal yang paling menonjol dari hasil fotonya. Ada fotografer yang sangat maksimal jika membidik pemandangan alam, dan ada juga yang pandai membidik objek manusia. 

Dalam memilih fotografer pernikahan ini tentunya kamu harus memilih fotografer yang ada dalam bidang pemotretan pernikahan itu sendiri. Dengan begitu, kamu akan merasa aman dan hasil potret gambar pasti sesuai dengan yang diinginkan. 

Melihat Paket Harga yang Ditawarkan

Paket harga ini juga sangat penting untuk diketahui. Pesta pernikahan bukanlah termasuk kategori pesta acara yang kecil. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memperhitungkan baik itu kesiapan biaya atau semacamnya. Jika kamu Tertarik menggunakan jasa fotografi maka pilihlah paket harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Kamu tidak perlu khawatir karena semua fotografer pasti akan memberikan potretan yang maksimal. Dalam memilih paket jangan lupa untuk melihat fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan dengan harga yang telah ditawarkan. Baca secara keseluruhan dan jangan skip satupun kalimat. Dengan membaca semuanya diharapkan kamu sudah mengetahui dan memahami paket harga yang sudah disediakan pihak fotografer.

Memperhatikan Kelengkapan Alat Fotografer

Alat yang sangat berperan untuk fotografi tentunya adalah kamera dan lensa. Kedua hal tersebut berkaitan erat dengan bagus tidaknya hasil foto yang akan diperoleh. Kamu berhak bertanya kamera apa yang akan digunakan untuk acara. Semakin lengkap alat yang dipunya oleh fotografer maka semakin profesional juga fotografer tersebut.

Akan tetapi, jika kamu awam atau tidak mengetahui performa kamera yang digunakan fotografer maka itu bukan suatu masalah. Kamu bisa melihat kesiapan fotografer dari portofolio yang mereka miliki. Dari sana, sudah terlihat sangat jelas mengenai hasil foto dari fotografer yang profesional. Inilah tips memilih fotografer pernikahan yang harus benar-benar dilakukan.

Diskusi Mengenai Proses Foto

Sebagai pihak yang mengajak kerjasama pastinya kamu harus bertanya mengenai tanggal-tanggal penting yang ada dalam proses foto pernikahan. Tanyakan berapa lama hasil foto akan terbuat atau jadi setelah pesta pernikahan selesai diselenggarakan. Memilih fotografer pernikahan itu sangat mudah, hanya saja kamu harus benar dan tepat dalam memilihnya.

Mengenai ukuran foto juga bisa kamu tanyakan jika sangat penasaran. Biasanya, fotografer pernikahan akan memberikan foto besar dan juga foto kecil yang biasanya dimasukkan ke dalam album foto pernikahan. Akan tetapi, kamu sangat dianjurkan untuk bertanya mengenai hal ini.

Menanyakan Fasilitas Unggulan

Sebagai client kamu juga harus mengetahui apa saja fasilitas yang akan kamu dapatkan. Tanyakan juga fasilitas unggulan yang ada pada pihak jasa fotografer. Dengan begitu, kamu akan lebih yakin dalam memilih fotografer pernikahan tersebut. Jangan pernah ada pertanyaan yang masih mengganjal di hati kamu ketika memilih jasa fotografer. 

Mengenali Biaya Tambahan Diluar Paket

Kamu harus benar-benar jeli dalam menanyakan harga foto. Banyak sekali jasa layanan foto yang hanya menuliskan paket harga utama di buku promosi mereka. Untuk biaya kecil lainnya seringkali tidak masuk di dalam list. Contoh dari biaya ini adalah biaya makan fotografer, biaya perjalanan (ongkos kendaraan), dan lain sebagainya.

Kamu harus menanyakan hal tersebut agar bisa menyiapkan uang tambahan. Ketika semuanya sudah jelas maka kamu bisa memilih dan menetapkan fotografer mana yang cocok untuk berkolaborasi dalam pesta pernikahan kamu.

Jangan Lupa untuk Tanda Tangan Perjanjian

Setelah kamu memilih fotografer pernikahan dan sudah menerapkannya maka jangan lupa untuk menandatangani perjanjian. Ini memang normal dan bukan termasuk hal yang dilebih lebihkan. Minimal terdapat kwitansi sebagai bukti pembayaran kamu . Selain itu, jika fotografer profesional biasanya menyediakan tanda tangan kontrak kerja.

Ini ditujukan agar kedua belah pihak sudah memahami dan menyetujui semua hal yang ada dalam kerjasama fotografi. Biasanya yang tanda tangan diatas kertas juga dua belah pihak yaitu pihak fotografer dan orang yang sedang mengajak kerjasama. Dengan begitu, kamu Tidak perlu ragu akan adanya penipuan karena tanda tangan kedua belah pihak sudah tertuliskan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai tips atau cara memilih fotografer pernikahan. beberapa poin di atas harus diperhatikan dengan baik. Ini ditujukan agar kamu bisa mendapatkan fotografer yang sesuai dengan keinginan kamu. Jangan lupa juga untuk memperhatikan dan memperhitungkan budget untuk menyewa jasa fotografer.

Tanyakan hal-hal yang memang belum kamu ketahui secara mendalam seperti fasilitas yang akan didapatkan dan lain sebagainya. Sebelum menandatangani surat perjanjian diharapkan kamu selalu membaca surat tersebut secara keseluruhan. Ini meminimalisir terjadinya kecurangan atau hal yang kurang pas untuk kamu sebagai client.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket