Pilih Kategori Artikel

12 Tips Membuat Make-Up Hijab Memesona untuk Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Setiap wanita tentu ingin tampil cantik dan menawan di hari pernikahannya melalui make-up. Apalagi bagi wanita yang berhijab yang tentunya juga akan di make-up hijab.

Mungkin akan ada pertanyaan apakah bisa wanita yang berhijab bisa dirias wajahnya di saat pernikahan?  Tentu saja jawabannya bisa asalkan mengikuti kaidah syariat agama Islam seperti menutup aurat dan menyederhanakan tampilan alias tidak berlebihan.

Nah, Ladies, bagi kamu yang membaca artikel ini, dan berhijab, yuk mari simak tips-tips di bawah. Siapa tahu bisa menjadi inspirasimu kala menjadi ratu sehari nanti.

Tips Membuat Make-Up Hijab Memesona untuk Pernikahan

wm_article_img

Make-Up nya Harus Sederhana

Berbeda dari kebanyakan make-up pernikahan pada umumnya, yaitu pada wanita yang tidak mengenakan hijab, untuk wanita yang berhijab aturannya lebih sederhana.

Hal ini karena adanya hal-hal yang tidak diperbolehkan atau diharamkan seperti mencukur alis atau memperlihatkan sehelai rambut yang masuk kategori aurat.

Dengan begitu, untuk wanita berhijab, riasan wajah yang tepat adalah hanya memoles lipstik dan memakai blush on berwarna natural supaya kesan pucat di wajah menghilang.

Meski begitu, make-up yang sederhana dan minimalis ini malah akan membuat aura kecantikanmu terlihat dan tidak bosan dipandang.

Be Yourself!

Selain make-up minimalis dalam berhijab mampu memperlihatkan aura kecantikan, hal lainnya adalah kamu bisa menjadi diri sendiri.

Soalnya, dengan begitu orang akan mudah mengenali kamu, Ladies, di hari pernikahan, alias tidak pangling dengan penampilanmu karena riasan wajah yang berlebihan.

Sayang, kalau riasan wajah berlebihan tetapi tidak dikenal namun pesona dalam diri tenggelam meskipun kamu terlihat cantik.

Contour Wajah dan Pemakaian Bedak Tidak Berlebihan

Meskipun sederhana dan minimalis, kamu tetap diperbolehkan untuk membentuk wajahmu terlihat sempurna dengan countouring asalkan tidak berlebihan.

Caranya cukup berikan shadow pada kening, membentuk tulang pipi dan, rahang. Selain  itu, pulaskan bedak yang terdiri dari loose powder dan compact powder.

Namun yang perlu diingat adalah sesuaikan dengan warna kulit dengan pemakaian merata ke seluruh kulit menggunakan sponge lalu lapisi dengan compact powder ke seluruh wajah supaya terlihat lebih rapi dan halus. .

Sesuaikan dengan Bentuk Hijab Kamu

Hal ini merupakan hal yang paling penting jika kamu ingin dirias dalam keadaan berhijab. Untuk hal tersebut kamu tidak perlu khawatir, serahkan saja pada make-up artist yang kamu sewa.

Biasanya mereka sudah paham benar karakter wajah dan bentuk hijab yang cocok dikenakan di kepalamu.

Apabila wajahmu lonjong atau oval sebaiknya menggunakan ciput atau undercaps yang dapat mengurangi efek panjang pada wajah.

Pakaian Adat Masih Diperbolehkan

Siapa bilang kamu yang berhijab kala ingin menikah tidak boleh memakai pakaian adat? Hal itu boleh –boleh saja asalkan menutup aurat.

Karena banyak sekali pakaian adat yang sudah dimodifikasi untuk bisa menutupi aurat dari kepala hingga ujung kaki.

Alhasil, banyak mempelai wanita berhijab yang menikah dengan pakaian adat terutama pada adat Jawa, Sunda, Minangkabau, dan Palembang.

Pada tampilan seperti itu biasanya di atas kepala yang berhijab dipasangi mahkota  atau untaian bunga melati sebagai pengganti sanggul.

Alisnya Dihias, Bukan Dicukur

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa dalam make-up hijab mencukur alias itu dilarang karena tidak sesuai dengan syariat.

Alis yang ada pada akhirnya hanya untuk diperbolehkan dihias atau dilukis sebagai gantinya. Hal ini malah justru akan menambah kecantikan yang natural.

Supaya tidak berantakan bulu mata yang berada di luar garis alis yang sudah dipola harus ditutup dengan concealer yang senada dengan warna kulit.

Alat yang bisa digunakan adalah eyeliner jenis liquid atau spidol yang waterproof. Cara membuatnya adalah dengan membentuk garis eyeliner dari sudut pangkal kelopak mata dan semakin menebal ke arah sudut luar kelopak mata atau winged.

Untuk membuat tampilan mata yang lebih besar bisa memakai eyeliner bawah mata dengan eyeliner pencil putih yang ada glitternya.

Eyeliner ini juga dapat digunakan untuk hijaber ladies yang mempunyai wajah bulat.  Pada wajah mereka bisa dibentuk alis mata kucing atau cat eye.

Hal ini karena mata merupakan bagian paling penting ketika hendak dirias. Merias mata akan memberikan aura dan ekspresi pada keseluruhan wajah kamu, Ladies.

Caranya adalah menggunakan riasan yang akan memberikan wajahmu berkesan tirus, dan cat eye akan memberikan kesan wajahmu terlihat panjang.

Untuk alisnya bisa menggunakan pensil alis berwarna gelap yang juga memberi kesan panjang.

Gunakan Maskara Waterproof

Agar tekesan natural kamu pilih maskara waterproof supaya tampilannya tidak menggumpal. Kalau bulu matamu tidak tebal, kamu bisa gunakan bulu mata namun yang tidak terlalu lebat.

Gunakan Cape Supaya Tampilan Tetap Manis

Bergaya syar’i bukan berarti tidak harus modis. Untuk itu, kamu bisa gunakan cape berwarna pink dengan motif bunga-bunga ya, Ladies.

Penggunaan cape ini akan membuat tampilanmu tetap terlihat manis dan sedap dipandang.

Produk Kosmetik Halal Hukumnya Wajib

Supaya sesuai dengan tuntunan syariat, ketika kamu yang berhijab saat dirias ada baiknya menghindari hal-hal yang sifatnya mudarat.

Salah satunya adalah penggunaan kosmetik. Kosmetik yang digunakan haruslah berlabel halal sehingga hal tersebut tidak akan membawa dampak negatif pada kulitmu.

Mengenai produk-produk kosmetik halal ini sudah banyak di pasaran, dan harganya juga terjangkau.

Perias Harus Sesama Jenis

Selain kosmetik yang harus berlabel halal saat merias wajah pengantin berhijab, hal yang perlu diperhatikan adalah penata rias wajah juga harus sejenis sesuai syariat.

Itu berarti kalau yang dirias perempuan, periasnya harus perempuan. Begitu juga dengan laki-laki. Sebab, apabila periasnya berlainan jenis apalagi waria, akan timbul fitnah di kemudian hari.

Karena itu, hal tersebut harus dihindari.

Niqab, Kenapa Tidak?

Supaya kamu terlihat lebih syar’i, Ladies, sebaiknya kamu juga menggunakan niqab untuk menutup mulut dan hidungmu. Penggunaan niqab ini justru akan membuatmu terjaga dari pandangan orang lain, dan tentunya tetap membuat kamu cantik.

Gunakan niqab yang berwarna cerah dan sepadan gaun pengantinmu, dan berikan detail mutiara supaya terlihat anggun. Apalagi, penggunaan niqab juga semakin menjadi tren dalam pernikahan di tengah pandemi Covid-19 sekarang demi mencegah penyebaran virus tersebut.

Padukan Hijabmu dengan Anting Bulat

Agar kamu terlihat menawan di saat pesta pernikahanmu tidak ada salahnya untuk memakaikan aksesoris berupa anting bulat di hijabmu. Hal ini tentu saja akan membuat kamu juga terlihat berbeda dari biasanya.

Seperti itulah tips bagi kamu yang berhijab, dan ingin di make-up hijab dengan cantik dan menawan tanpa harus berlawanan dengan syariat dan bisa tetap tampil menawan.

Tips ini bisa kamu praktekkan sendiri di rumah terutama menjelang hari pernikahanmu. Meski kelihatannya sederhana dan minimalis, kamu tetap harus teliti dalam melakukannya supaya hasilnya mengagumkan. Selamat mencoba!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...