Pilih Kategori Artikel

Tips Memilih Gaun Pengantin Barat untuk Wanita Gemuk
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Di hari pernikahan sudah pasti kamu ingin terlihat cantik dan menawan, kan, Ladies? Apalagi dengan gaun pengantin Barat yang membuatmu tampilk bak Cinderella. Kamu pasti akan berusaha mempersiapkan dengan maksimal dengan mencari gaun-gaun yang kamu rasa cocok dengan dirimu.

Tapi, di saat kamu seperti itu kamu menyadari ternyata kamu memiliki badan yang lebar alias gemuk. Hal itu tentu saja akan mempengaruhi dirimu secara keseluruhan, dan membuat mood-mu seketika turun.

Untuk hal ini sebenarnya kamu tidak perlu khawatir, lho, Ladies, karena sebenarnya ada tips-tips gaun pengantin yang cocok untuk tubuh gemukmu. Penasaran seperti apa tips-tipsnya? Yuk, tanpa berlama-lama mari simak ya poin-poinnya di bawah ini.

1. Pilih Gaun dengan Potongan Kerah V

Tips pertama yang mesti kamu ikuti untuk memilih gaun pengantin yang sesuai dengan postur tubuh gemukmu adalah gaun itu mempunyai potongan kerah V. Potongan kerah ini akan mengurangi kesan lebar pada dada kamu, dan membuat leher kamu terkesan tinggi.

Alternatif lainnya adalah kamu bisa memilih kerah dengan tube berbentuk hati. Dengan kamu memakai gaun-gaun yang seperti itu dijamin tubuh gemukmu seketika akan terlihat dan terkesan lebih proporsional.

2. Model Rok A-Line untuk Membuat Kakimu Terlihat Lebih Berjenjang

Selain gaun yang mempunyai potongan kerah V, untuk bagian bawah supaya tubuh gemukmu benar-benar tersamar di hari pernikahan, sebaiknya pilih model rok A-Line untuk bawahan. Model dengan potongan ini akan membuat kakimu terlihat lebih berjenjang. Selain itu, pantatmu yang berukuran besar akan tersamarkan oleh rok yang melebar.

Keuntungan lainnya adalah model rok ini akan membuat ilusi di pinggangmu sehingga terlihat lebih kecil dan ramping. Bukankah hal seperti itu yang kamu mau, kan? Namun supaya tepat dalam memakainya, apabila ternyata tubuhmu gemukmu berukuran plus sebaiknya menggunakan baju yang ketat di pinggang atas dan mengembang di pinggang bawah.

3. Jangan Paksakan Diri Memakai Gaun yang Terlalu Ketat

Ada anggapan bahwa supaya terlihat ramping adalah mengetatkan seluruh bagian tubuh dengan memilih gaun yang terlalu ketat. Anggapan seperti itu sebenarnya salah lho, Ladies. Alih-alih membuat tubuh gemukmu terlihat ramping malah bisa sebaliknya.

Lemak di tubuhmu malah terlihat jelas. Tak hanya itu, gaun pengantin yang kamu kenakan itu malah membuatmu terlihat sesak. Tentu hal itu akan berdampak negatif buat orang-orang yang memandangmu. Selain pandangan yang negatif, kamu tentu tidak akan merasa nyaman sepanjang resepsi.

Karena itu, sebaiknya menghindari gaun yang sifatnya terlalu ketat, dan pilihlah gaun yang setidaknya bisa menyamarkan tubuh gemukmu dan membuat kamu nyaman dalam berbusana.

4. Hindari Gaun Terlalu Tertutup

Karena tubuh gemukmu, kamu berusaha menutup dan menyamarkan hal minus yang bisa mengurangi rasa percaya dirimu itu.

Lantas kamu memilih gaun pengantin yang terlalu tertutup supaya permasalahan kelar begitu saja. Eh, tapi ternyata hal itu malah membuatmu mengeluarkan banyak keringat daripada orang kurus, dan hal ini akan mempengaruhi penampilan dirimu terutama di riasan wajah yang meluntur.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya kamu memakai gaun pengantin Barat yang lebih terbuka yang bisa menghindari keringat keluar terlalu banyak. Selain itu, akan membuatmu terlihat seksi!

5. Perhatikan Bahan yang Dipilih

Agar kamu benar-benar bisa menyamarkan atau menutup tubuh gemukmu di hari pernikahan, kamu harus memperhatikan juga bahan yang kamu pilih. Karena itu, pilihlah bahan dengan jenis kain seperti renda, organza, atau taffeta.

Jangan coba-coba untuk memilih bahan dengan kain tipis seperti chiffon, kain tipis ini mempunyai sifat cenderung melekat dengan mudah pada kulit yang berakibat detail paling kecil pada kulitmu akan terlihat.

6. Jangan Memilih Warna Gelap

Biasanya orang dengan tubuh gemuk akan memilih warna gelap seperti warna hitam untuk pakaiannya karena warna itu akan membuat  tubuh terlihat ramping. Nah, hal tersebut rupanya juga dipraktekkan pada gaun pernikahan.

Tetapi, rupanya gaun dengan warna seperti itu malah akan membuat tampilan penuh dan sesak. Tentunya kamu tidak mau seperti itu kan yang ujungnya juga merugikan diri kamu sendiri karena membuat tidak nyaman?

Ada baiknya supaya kesan seperti itu tidak terjadi pada dirimu, pilihlah warna-warna bernuansa pastel seperti salem dan broken white untuk gaun pengantinmu itu. Alternatif lainnya adalah kamu bisa memilih warna solid seperti fuschia, biru toska, marun, atau hijau.

7. Pilih Gaun dengan Detail yang Simpel

Hal yang perlu kamu lakukan dengan benar dalam memilih gaun pengantin untuk tubuh gemukmu adalah pilihlah gaun yang detailnya simpel dan tidak mendominasi. Detail yang simpel akan membantumu dalam menyamarkan dan menutupi tubuh gemukmu. Apabila kamu memilih detail yang mendominasi jalan ceritanya akan lain.

Hal itu malah membuat bagian tubuh yang kamu tutupi itu terlihat lebih menonjol. Contohnya saja pada bagian pinggang. Pinggangmu itu malah akan terlihat lebih lebar.

8. Hindari Gaun dengan Banyak Aksesoris

Ternyata memilih gaun dengan banyak aksesoris juga harus dihindari lho, Ladies, jika tubuh gemukmu ingin tertutup dan tersamarkan. Gaun seperti itu akan membuat bajumu terlihat sangat meriah, dan karena berlebihan justru akan membuat kamu terlihat semakin gemuk serta volume baju semakin berlebihan.

Karena itu, pilih saja gaun pengantin yang cukup sederhana, dan enak dipandang tetamu pada pesta pernikahanmu.

9. Hindari Kesan Asimetris

Supaya tubuh gemukmu tersamarkan juga kamu harus menghindari gaun yang berkesan asimetris. Sebab, gaun seperti itu malah akan menambah volume baju. Buat kamu yang punya tubuh dengan ukuran plus sebaiknya pilih baju dengan potongan ordinary saja.

Tubuh gemuk itu bukan hanya masalah perut, wajah, atau pinggang saja, ya, Ladies, tetapi juga pada tangan. Tangan yang gemuk ternyata membuat perempuan bertubuh gemuk menjadi minder, dan mungkin kamu salah satunya.

Jika memang seperti itu, kamu bisa kok mengakalinya dengan menggunakan pernikahan berlengan panjang yang dibuat sepanjang bawah siku.

Untuk lebih baiknya, gunakan juga yang ada aksen brokatnya. Hindari memilih gaun dengan lengan balon karena itu akan membuat lenganmu terlihat lebih besar.

10. Gunakan Korset Perut

Memang ukuran perut membuat rasa percaya diri seseorang menjadi berkurang karena hal itu sangat mempengaruhi penampilan. Supaya kamu tetap percaya diri, kamu bisa menggunakan korset perut yang bisa menyamarkan lipatan lemak di perut gemukmu, dan membuat perut terlihat lebih rata.

Tapi, saat memilih korset pastikan bahannya harus berkualitas dan nyaman digunakan. Korset ini nantinya bisa membuat menarik penampilanmu saat memakai gaun pengantin.

11. Sesuaikan Juga dengan Kepribadian dan Karakter

Hal terpenting ketika kamu memilih gaun pengantin untuk tubuh gemukmu, selain bahan-bahan yang tepat, kamu harus juga bisa menyesuaikan dengan kepribadian dan karakter pada dirimu.

Jangan memaksakan diri menggunakan gaun pengantin dengan model off shoulder jika kamu sebenarnya tidak percaya diri untuk memperlihatkan bagian bahumu. Karena itu, pilihlah gaun pengantin Barat yang memang kamu rasa tepat dan bisa membuatmu percaya diri saat mengenakannya. 

Nah, itulah, Ladies, tips memakai gaun pengantin Barat untuk wanita gemuk. Apakah termasuk yang berbadan gemuk? Yuk cari vendor siap memberikan kebutuhanmu di Wedding Market.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...