Pilih Kategori Artikel

Tips Memilih Gedung Pernikahan Sesuai Kebutuhan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Setiap calon pasangan pengantin yang ingin menggelar pesta pernikahan sangatlah memerlukan tips dalam memilih gedung pernikahan. Gedung pernikahan merupakan hal utama yang harus ditentukan saat ingin melangsungkan pernikahan di dalam ruangan.

Pernikahan yang dilangsungkan secara indoor atau di dalam ruangan lebih diminati oleh kebanyakan orang karena tidak bergantung pada cuaca panas terik matahari atau hujan. Memilih gedung pernikahan yang pas merupakan hal yang tidak mudah, dikarenakan banyaknya pertimbangan yang harus diperhatikan dan dipikirkan.

Pada umumnya, gedung pernikahan yang biasa disewa untuk pernikahan maupun lamaran adalah gedung hotel, auditorium, dan aula serbaguna. Semuanya tergantung konsep pernikahan yang kamu gunakan, apakah akan dilakukan secara intim atau besar-besaran. Bingung dalam memilih gedung pernikahan mana yang tepat sesuai kebutuhan? Takut bahwa gedung pernikahan yang kamu pilih akan membuat tamu undangan kecewa? Jangan khawatir, simak 7 tips dari kami dalam memilih gedung pernikahan sesuai kebutuhan kamu.

7 Tips Memilih Gedung Pernikahan

wm_article_img

  1. Sesuaikan anggaran

Tips pertama dalam memilih gedung pernikahan adalah menyesuaikan anggaran yang dimiliki. Hal ini akan menentukan gedung mana yang akan dipilih berdasarkan budget yang sudah direncanakan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk menyewa gedung pernikahan yang mahal hanya agar bisa mengundang seluruh tamu undangan. Kamu bisa lebih memilah-milah mana orang yang akan kamu undang dan mana yang tidak perlu. Bukankah pesta pernikahan pada hakikatnya memang ditujukan kepada orang-orang terdekat saja?

Pastikan anggaran yang kamu keluarkan untuk menyewa gedung pernikahan masih dalam taraf batas kontrol kamu. Pilihlah 1-5 gedung pernikahan sebagai opsi yang dapat kamu bandingkan harganya berikut fasilitas dan kapasitasnya. Jika gedung pernikahan yang kamu incar tidak sesuai dengan rencana anggaranmu, maka kamu dapat mempertimbangkan pilihan pada lokasi gedung yang lain.

  1. Survei langsung

Tips berikutnya dalam memilih gedung pernikahan adalah melakukan survei langsung ke lokasi. Bagi kamu yang mendapatkan informasi gedung pernikahan melalui internet atau sosial media, sangat penting untuk datang ke lokasi dan bertemu dengan pihak pengelola gedung secara langsung. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menentukan gambaran umum tentang berapa jumlah tamu yang akan diundang, penataan dekorasi, meja makan, katering, dan dekorasi pernikahan. Hindari untuk melakukan transaksi dan konsultasi secara online sebelum melakukan kesepakatan dan perjanjian kontrak secara face to face.

Akhir-akhir ini banyak sekali penipuan mengatasnamakan wedding organizer tertentu yang meminta DP sebelum melakukan langkah lebih lanjut. Oknum penipuan biasanya menolak untuk mengadakan pertemuan secara langsung dan terkesan memaksa dalam meminta transfer DP. Pastikan pula alamat kantor yang dicantumkan juga valid, karena banyak sekali oknum tertentu yang mencantumkan alamat palsu dan ternyata tidak dapat dipertanggungjawabkan. Tentunya kamu tidak ingin hal ini menjadi masalah besar yang beresiko menggagalkan acara pernikahanmu.

  1. Kapasitas tamu undangan

Tips selanjutnya dalam memilih gedung pernikahan adalah melihat jumlah kapasitas maksimal tamu undangan yang dimiliki gedung pernikahan. Sesuaikan dengan jumlah tamu yang akan kamu undang pada saat acara pernikahan nanti. Jika kamu mengundang banyak orang, pastikan gedung pernikahan yang kamu pilih cukup untuk menampung semuanya.

Perlu diingat bahwa tamu undangan tidak hanya datang dari orang-orang terdekatmu saja, akan tetapi juga dari pasanganmu dan orangtuamu. Terlebih lagi jika kamu dan pasanganmu menyebarkan undangan ke sosial media yang mungkin dilihat oleh ratusan bahkan ribuan orang. Jangan sampai gedung pernikahanmu menjadi sempit karena banyaknya tamu undangan yang berdesakan.

  1. Lokasi gedung pernikahan

Tips berikutnya dalam memilih gedung pernikahan yaitu memperhatikan lokasi gedung pernikahan. Lokasi gedung pernikahan yang jauh akan membuat tamu yang kamu undang akan merasa enggan untuk datang ke acara pernikahanmu. Ada baiknya kamu memilih lokasi yang strategis sehingga mudah diakses oleh para tamu undangan pernikahan.

Hindari memilih lokasi gedung yang terlalu jauh dari tempat tinggal para tamu undangan dan terlalu terisolasi yang tidak bisa dijangkau oleh transportasi umum. Tentunya kamu tidak ingin menyulitkan mereka di hari bahagiamu, bukan? Acara pernikahan merupakan momen bahagia yang terjadi sekali seumur hidup, sehingga kamu tidak boleh mengecewakan tamu undangan menimbulkan kesan buruk bagi mereka.

  1. Fasilitas yang disediakan

Tips yang keempat dalam memilih gedung pernikahan adalah memperhatikan fasilitas apa saja yang disediakan oleh gedung tersebut. Hal utama yang dibutuhkan oleh sebuah pernikahan adalah ketersediaan lahan parkir yang luas dan keamanan. Ada beberapa gedung pernikahan yang tidak memiliki lahan parkir yang cukup luas sehingga para tamu undangan terpaksa memarkirkan kendaraan pribadinya di tempat lain yang jaraknya cukup berjauhan dengan lokasi pernikahan. Tentunya hal tersebut jangan sampai terjadi di acara pernikahanmu nanti. Toilet yang bersih dan ketersediaan musholla juga patut untuk kamu perhatikan karena kedua fasilitas tersebut sudah pasti sangat dibutuhkan oleh tamu undangan, terlebih lagi jika pernikahanmu mulai atau selesai bertepatan dengan jam sholat.

Dalam memilih gedung pernikahan, sebaiknya pilih gedung yang sudah menyediakan daftar rekanan yang lengkap seperti dekorasi, katering, dokumentasi, keperluan sound system, hingga riasan pengantin. Hal ini akan memudahkan kamu untuk tidak perlu repot-repot mencari rekanan di luar. Namun, jika kamu tetap ingin memilih rekanan sendiri di luar, kamu perlu mencari gedung pernikahan yang membebaskan hal tersebut. Akhir-akhir ini banyak sekali pihak pengelola gedung pernikahan yang melarang dan terkesan memaksa calon pengantin menggunakan daftar rekanan dari mereka. Hal ini tentunya akan membatasi hak kamu dan pasangan dalam memilih mana rekanan yang sesuai keinginan dan kebutuhan.

  1. Waktu pemesanan

Memperhatikan waktu booking atau pemesanan gedung juga merupakan salah satu tips dalam memilih gedung pernikahan. Mana yang lebih penting, tanggal pernikahan yang menyesuaikan ketersediaan gedung pernikahan atau sebaliknya? Semuanya tergantung pada kesepakatan kamu, pasangan, dan keluarga. Memesan gedung pernikahan merupakan hal yang cukup sulit karena ketersediaannya belum tentu sesuai dengan tanggal pernikahan yang kamu inginkan. Sebaiknya, kami sarankan kamu untuk memesan gedung pernikahan 3-6 bulan sebelum tanggal pernikahan berlangsung. Hal ini untuk memastikan bahwa semuanya telah dipersiapkan secara matang dari jauh-jauh hari sehingga kamu tidak akan kewalahan.

Masih banyak hal yang harus dipersiapkan selain gedung pernikahan, jadi kamu tidak perlu membuang banyak waktu untuk mengurus hal yang satu ini dan membuat hal penting lain menjadi keteteran. Namun, jangan pula terburu-buru dalam memilih gedung pernikahan yang nantinya akan membuatmu kecewa. Lakukan semua prosedur secara hati-hati namun tidak bertele-tele. Jika kamu sudah mantap memilih gedung tersebut, segera lakukan booking atau pemesanan secepatnya kepada pihak pengelola karena ketersediaan gedung pernikahan sangat cepat diisi oleh orang lain. Memesan gedung yang waktunya mepet dengan hari pernikahan akan berdampak pada tingginya harga yang diminta oleh pihak pengelola gedung.

  1. Kesepakatan dan Gladi Resik

Tips terakhir dalam memilih gedung pernikahan sesuai kebutuhan adalah memastikan semua kesepakatan telah disetujui oleh kedua belah pihak baik dari kamu sendiri maupun dari pihak pengelola gedung. Saat negosiasi berlangsung, kamu dapat meminta bonus berupa item pernikahan atau potongan harga kepada mereka. Sebaiknya semua kesepakatan dituang dalam perjanjian tertulis di atas materai agar tidak ada kesalahpahaman atau miskomunikasi. Kelengkapan dokumen perjanjian sangatlah perlu karena bisa jadi pihak pengelola gedung pernikahan melakukan tindakan diluar ekspektasi, seperti pembatalan secara tiba-tiba, fasilitas yang tidak memadai, atau daftar rekanan yang dimiliki gedung pernikahan bermasalah.

Hal ini juga untuk mencegah adanya biaya tambahan yang dikenakan oleh pihak pengelola tanpa adanya persetujuan kamu. Dengan adanya surat perjanjian, maka hal yang tidak diinginkan lebih mudah untuk dihindari. Pastikan pula kamu dan pasangan melakukan gladi resik beberapa hari sebelum acara pernikahan berlangsung, agar semuanya berjalan sesuai dengan rencana.

Demikian 7 tips yang kami jabarkan untuk kamu dalam memilih gedung pernikahan. Kami sarankan kamu untuk tidak terpaku hanya pada satu pilihan saja, karena masih banyak sekali referensi gedung pernikahan yang masih tersedia. Kamu bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya dari internet, media cetak, atau dari kerabat dekat yang sudah menikah.

Pastikan gedung pernikahan yang kamu pilih sesuai dengan tema dan konsep pernikahan yang kamu rencanakan. Pastikan pula gedung pernikahan tersebut menyediakan batas waktu durasi pernikahan yang kamu tentukan, karena ada beberapa gedung pernikahan yang hanya membolehkan penyewaan hanya beberapa jam saja. Semoga tips dari kami dapat memudahkan kamu dalam memilih gedung pernikahan sesuai kebutuhan kamu dan pasangan, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...