Pilih Kategori Artikel

Menghemat Biaya Catering Pernikahan Lebih Mudah dengan 5 Tips Berikut!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan merupakan momen yang paling sakral dan sangat diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Tidak heran banyak beberapa calon pasangan yang ingin melakukan acara pesta pernikahannya mati-matian supaya acara pernikahannya dapat berjalan dengan lancar dan memberikan kenangan yang terindah di dalam hidupnya. Kamu dan pasanganmu harus mengetahui elemen penting yang satu ini, untuk kamu yang ingin melakukan acara pesta pernikahan alangkah baiknya kamu harus pintar-pintar menggunakan uang untuk catering pernikahan atau menghemat biaya catering pernikahan.

 Sangat disarankan kamu dan pasanganmu wajib menghitung semua biaya perlengkapan pesta secara teliti. Terutama biaya catering pernikahan, jika kamu pintar dalam menggunakan uang kamu bisa menghemat biaya catering pernikahan sekitar 30-40 persen dari total keseluruhan budget. Nah, berikut ini kami akan sedikit memberi tips bagaimana caranya menghemat biaya catering pernikahan, murah meriah tapi tetap memuaskan para tamu undangan yang hadir.

  1. Membatasi Jumlah Para Tamu Undangan

Sebenarnya di acara pernikahan yang sangat bersejarah ini untuk kamu dan pasanganmu ingin sekali menjadi momen yang paling bahagia dan juga ingin sekali di dapat di saksikan oleh banyak para tamu undangan yang hadir. Karena berbagi kebahagian dengan mengundang banyak keluarga, teman, dan kerabat dekatmu sekalipun tentu boleh-boleh saja tidak ada yang melarang. Tapi jika kamu dan pasanganmu tidak mempunyai anggaran yang begitu banyak atau low budget. Sangat disarankan sekali jika kamu dan pasanganmu untuk membatasi jumlah para tamu yang akan kamu undang.

Contoh misalnya hanya para keluarga dan sahabat saja yang akan kamu undang di acara pernikahanmu nanti. Dari pada kamu harus memaksakan ingin mengundang banyak para tamu yang akan hadir di acara pernikahanmu bisa jadi hal tersebut bisa menimbulkan masalah baru, dan harus kamu dan pasanganmu ketahui, sebenarnya dengan jumlah para tamu undangan yang hadir sedikit justru akan membuat pesta pernikahanmu dengan pasanganmu jauh lebih sakral, hangat, akrab dan sangat intim satu sama lain.

  1. Menghitung Jumlah Porsi Makanan

Untuk kamu dan pasanganmu yang ingin menghemat biaya catering pernikahan, sangat disarankan sekali untuk menghitung jumlah berapa porsi makanan yang dibutuhkan untuk acara pernikahan kamu dengan pasanganmu. Ternyata mudah ko untuk menentukan dan menghitung jumlah porsi makanan yang akan kamu sediakan. Kamu dan pasanganmu cukup menjumlah tamu undangan yang akan hadir nanti terus di kalikan 2. Karena biasanya para tamu undangan yang hadir nanti tidak datang sendiri, biasanya tamu undangan tersebut akan membawa pasanganya atau partner.

Nah, misalnya kamu ada 300 undangan X 2 = 600. Jadi, total keseluruhan catering pernikahan kamu dengan pasanganmu sebanyak 600 porsi makanan. Dan dari 600 porsi makanan tersebut, kamu dan pasanganmu juga bisa mengurangi 10 persen. Dan juga biasanya para tamu undangan jarang yang bisa datang seluruhnya, bisa jadi karena kesibukan kantor atau sedang ada acara lain yang berbarengan. Dari pada mubazir sebaiknya untuk dikurangi sedikit dan juga sekaligus untuk menghemat biaya catering pernikahanmu.

  1. Lebih Teliti untuk Memilih Menu Makanan

Sangat disarankan sekali untuk kamu dan pasanganmu tidak asal-asalan dalam memilih menu makanan untuk para tamu undangan, jika kamu dan pasanganmu mau menghemat biaya catering pernikahanmu sekitar 30-40 persen. Kamu dan pasanganmu bisa memilih hidangan makanan atau lauk yang bertulang contohnya seperti, ayam dan ikan.

Selain pertimbangan harga yang lebih murah, para tamu cenderung menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menikmati lauk yang bertulang dari pada makanan seperti daging filet. Hal ini dapat meminimalisir para tamu undangan yang hadir untuk tidak terlalu sering nambah-nambah atau mengambil makanan lagi. Karena sangat disayangkan jika ada para tamu undangan yang hadir tidak kebagian menu makanan.

  1. Sedikit Mengurangi Aneka Ragam Menu Makanan dan menambahkan porsinya

Jika kamu dan pasanganmu ingin menghemat biaya catering pernikahan, alangkah baiknya jika kamu sedikit agak mengurangi aneka ragam menu makanan tersebut dan hanya menambahkan porsi makananya saja. Karena tak dapat dipungkiri di pesta pernikahanlah sebuah momen mencoba banyak makanan secara gratis, apalagi jika aneka ragam menu catering pernikahan disajikan secara lengkap dalam stall ataupun bucket.

Kalau sudah seperti ini, pastilah para tamu undangan yang hadir nantinya tergoda untuk mencicipi semua menu makanan yang sudah dihidangkan. Dari pada banyak menu tapi porsinya sangat terbatas, lebih baik dan sangat disarankan untuk kamu dan pasanganmu lebih baik memilih 3-4 ragam menu dengan jumlah porsi makanan yang lebih banyak agar semua tamu undangan yang hadir kebagian dan dapat mencicipi semua menu yang sudah disediakan.

  1. Resepsi Pernikahan Diadakan Pada Malam Hari

Sangat disarankan sekali jika kamu dan pasanganmu ingin menghemat biaya catering pernikahan yaitu dalam pemimilihan waktu yang tepat untuk mengadakan acara pesta resepsi pernikahan, memang kedengaranya mungkin sedikit agak sepele. Namun jika kamu dan pasanganmu ketahui dalam menentukan porsi makanan seseorang untuk para tamu undangan yang hadir ini tidak sembarangan kamu dan pasanganmu harus benar-benar menghitung dan menyiapkan hidangan tersebut bagaimana caranya tidak kurang dan juga tidak terlalu berlebihan agar tidak mubazir.

Usahakan kamu dan pasanganmu mengadakan acara resepsi pernikahan pada pukul 7 malam. Karena biasanya ada beberapa para tamu undangan yang hadir cenderung akan malas makan pada malam hari mungkin karena takut gemuk dan mungkin saja ada beberapa para tamu undangan yang hadir sedang mengikuti program diet. Maka dari itu nantinya para tamu undangan yang hadir otomatis mereka akan makan dengan jumlah yang lebih sedikit dan jelas sangat penting untuk kamu dan pasanganmu yang sedang menghemat biaya catering pernikahanmu.

  1. Menggunakan Vendor Catering Pernikahan yang Sesuai Dengan Keinginan Kamu dan Pasanganmu

Sebagai pasangan yang akan melaksanakan acara pesta pernikahan, sebaiknya jika kamu dan pasanganmu memilih vendor catering pernikahan yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan kamu dan pasanganmu.

Carilah vendor catering pernikahan yang berkualitas dan jasa catering pernikahan tersebut sudah menyusun daftar menu sesuai dengan anggaran dan jumlah tamu yang akan kamu dan pasanganmu undang, namun tetap mengutamakan kualitas dan sajian hidangan yang baik. Dan tidak hanya itu jika ada beberapa para tamu undangan yang hadir mengalami alergi terhadap bahan makanan tertentu, maka mereka juga dapat mempunyai bahan-bahan alternatif yang tidak berbahaya dan membuat alergi.

Nah, berikut tadi adalah beberapa tips yang cukup ampuh untuk menyiasati biaya catering pernikahan dengan murah dan juga hemat. Meski murah, bukan berarti kualitas makanan yang disajikan tersebut tidak enak ataupun menurun. Semoga tips diatas tadi berguna dan bermanfaat untuk kamu dan pasanganmu yang akan melaksanakan acara pesta pernikahan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...