Pilih Kategori Artikel

7 Tips Memilih Sepatu Pengantin Pria dari Kulit untuk Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ketika membicarakan mengenai pernikahan, fokus penampilan hanya tertuju pada mempelai wanita, baik dari gaun pengantin hingga aksesoris yang dikenakan. Lalu bagaimana dengan pria? Sepertinya jarang sekali yang mebahasnya, apalagi jika membahas mengenai sepatu pengantin pria yang mereka pakai.

Memang pria itu cukup simpel jika dalam sebuah resepsi pernikahan. Kebanyakan dari mereka cukup mudah saja dengan memakai jas dan tanpa perlu banyak tata rias wajah seperti wanita yang membutuhkan banyak sekali penanganan supaya benar-benar tampil cantik.

Tetapi karena pernikahan sebenarnya adalah pentas untuk mempelai wanita dan pria, kaum pria pun juga perlu diperhatikan terutama dalam memilih sepatu pengantin yang pas.

Memilih sepatu pengantin yang tepat untuk pria tentu akan membuat mereka nyaman dalam mendampingi si mempelai wanita dari awal hingga akhir acara. Untuk hal ini, kamu pun bisa membantu calon pasangan hidupmu ini dalam memilih sepatu pengantin dari kulit yang tepat untuk hari pernikahanmu.

Lalu seperti apakah sepatu kulit yang tepat untuk pasanganmu ini? Yuk, mari simak di bawah ini untuk mendapatkan gambarannya, Dears!

1. Sesuaikan dengan Baju yang Digunakan

wm_article_img
Foto: DHGate.com

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk membantu pasanganmu mencari sepatu kulit yang tepat saat hari pernikahan adalah sesuaikan dengan baju yang dia gunakan. Kalau kalian berdua sepakat melangsungkan pernikahan adat, tentu merupakan hal yang mudah karena sepatunya sudah tersedia dann senada dengan baju adat yang dipilih.

Namun tidak halnya dengan resepsi pernikahan dengan konsep Barat atau internasional, model sepatu yang bisa dipilih otomatis semakin beragam. Selain itu, menyesuaikan warna sepatu juga tidak kalah penting untuk dilakukan.

Warna yang dominan adalah warna hitam yang sudah jelas merupakan pilihan aman dan senada dengan pakaian pasanganmu yang juga berwarna sama atau bernuansa gelap. Warna ini akan memberikan kesan yang elegan dan rapi.

Apabila pakaian yang dikenakan pasanganmu bukanlah warna gelap, dan memakai dengan warna yang lebih terang, coba sarankan kepada dia untuk memilih sepatu kulit yang berwarna coklat.

2. Sesuaikan dengan Aksesoris yang Dipakai

Tidak hanya dengan baju atau celana saja sepatu kulit untuk pernikahan harus disesuaikan supaya serasi, dengan aksesoris pun juga perlu seperti ikat pinggang atau aksesoris lainnya seperti dasi, cufflinks atau pun pocket square.

Apabila serasi dengan aksesoris yang ada, pasanganmu benar-benar tampil elegan seperti yang kamu harapkan. Selain aksesoris, jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan kaos kaki yang dipakai.

Usahakan jangan memakai kaos kaki dengan warna yang sama seperti sepatu yang akan memberikan kesan tenggelam. Karena itu, pakailah warna yang berbeda, dan bisa dipadukan dengan dasi, cufflinks atau pun pocket square.

3. Pilih Model yang Formal

wm_article_img

Foto: FashionBeans

Hal kedua yang perlu lakukan untuk membantu pasanganmu dalam memilih sepatu kulit untuk pernikahan adalah pilihlah model yang formal. Model yang formal ini akan membuat pasanganmu terlihat lebih elegan dan jantan.

Untuk model yang formal ini, kamu bisa memberikan rekomendasi beberapa model yang tepat untuk pasanganmu seperti Oxford, Derby, Monk, atau Loafer. Keempat model sepatu ini merupakan pilihan-pilihan yang biasanya digunakan pada acara-acara penting.

Kalau kamu menginginkan pasanganmu tampil tidak hanya formal namun juga trendi kamu bisa menyarankan dia untuk memakai sepatu kulit yang dibuat secara handmade namun juga nyaman digunakan. Sepatu ini juga mempunyai tali untuk memberikan kesan packed yang membuat pasanganmu terlihat siap menghadapi momen pernikahan denganmu.

4. Faktor Kenyamanan Adalah yang Utama

Kamu boleh saja membantu pasanganmu untuk bisa tampil elegan dengan sepatu kulit rekomendasimu, namun juga kamu harus memperhatikan apakah dia nyaman dengan sepatu kulit pilihanmu.

Apabila nyaman, kamu harus bersyukur bahwa pilihanmu dalam membantunya tidak salah sehingga tidak akan banyak salah tingkah dalam momen pernikahan. Namun, jika tidak nyaman dikhawatirkan momen pernikahanmu yang sakral akan terganggu.

Akibatnya, kaki pasanganmu itu akan menjadi lecet dan bisa membuat dia bad mood sepanjang acara pernikahan. Tentu saja hal seperti ini tidak akan mau kamu alami karena merusak kesan yang sudah direncanakan bersama-sama.

Untuk itu, pilihlah kulit sepatu yang terasa lembut dan nyaman saat digunakan. Selain itu, jangan lupa memilih bahan dalam sepatu yang mudah menyerap keringat. Dengan begitu, kaki pasanganmu akan tetap nyaman dan jauh dari kelembapan. Jangan lupa untuk memilih model yang sederhana, yang rubber outsole-nya tidak akan menyakiti kaki pasanganmu.

5. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Terlihat ingin tinggi di hari pernikahan bukan hanya milik kaum wanita saja, Dears. Para pria juga ingin terlihat demikian terutama terhadap pasangan mereka yang lebih tinggi. Kalau sudah begitu, kamu pun harus membantu pasanganmu mencarikan sepatu pengantin pria dari kulit yang tepat baginya.

Caranya adalah dengan memilihkan sepatu dengan hak yang lebih tinggi, dan mempunyai bantalan di tumit yang akan menunjang penampilan yang terlihat jenjang. Namun, apabila pasanganmu tidak mau terlihat tinggi dan ingin apa adanya, sarankan dia untuk memilih sepatu dengan hak yang datar.

6. Belilah di Tempat yang Terpercaya

Hal yang satu ini memang perlu kamu lakukan untuk membantu pasanganmu mencari dan menemukan sepatu kulit yang tepat untuk hari pernikahan. Sarankan kepada dirinya untuk membeli di tempat yang terpercaya, baik offline atau online.

Namun, ada baiknya kamu sarankan untuk membeli sepatu kulit secara offline. Karena dengan offline atau datang langsung ke toko, asisten toko akan membantu pasanganmu memilih sepatu yang pas dan tepat. 

Kemudian jangan lupa untuk mengecek kualitas sepatu sebelum membayar. Hindari juga membeli sepatu imitasi atau palsu karena sudah pasti kualitasnya sangat jauh di bawah yang asli.

7. Sesuaikan dengan Venue Pernikahan

Sepatu pengantin pria dari kulit yang tepat juga jarus menyesuaikan dengan venue pernikahan. Hal tersebut penting selain untuk menunjang penampilan yang diharapkan, juga dapat menyerasikan dengan tema yang dibuat.

Apabila kamu dan pasanganmu berniat mengadakan pernikahan dengan konsep outdoor, tentu saja sepatu yang dipilih tidak seperti sepatu untuk indoor. Karena pada pernikahan outdoor yang dibutuhkan adalah sepatu kulit yang longgar, nyaman, dan tentu saja mampu menyerap banyak keringat. Karena itu, bahan sepatunya juga tipis serta mudah digunakan dalam medan pernikahan yang berpasir atau berumput.

Selain itu, perhatikan pada warnanya. Jika memang kamu dan pasanganmu berniat mengadakan pesta pernikahan outdoor di pantai, pilihlah warna cokelat yang klasik namun pas dengan nuansa alam dalam pernikahan outdoormu.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk membantu pasangamu dalam memilih sepatu pengantin pria dari kulit yang pas dan tepat. Kelihatannya tampak mudah bagi pria untuk mengenakan sepatu yang terlihat formal dan simpel. Namun, semua itu tidak berarti kalau sepatu yang dikenakan tidak nyaman.

Apabila kamu sedang membantu mencari pasangamu sepatu kulit yang tepat untuk hari pernikahan kalian, kamu bisa menyarankannya untuk mengunjungi vendor sepatu pengantin di Wedding Market yang menyediakan juga keperluan sepatu bagi para pengantin pria. Klik di sini!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...