Pilih Kategori Artikel

Kiat-kiat Memilih dan Menentukan Catering Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dalam mengurus acara pesta pernikahan, jamuan atau hidangan di dalam sebuah pernikahan menjadi hal yang harus kamu perhatikan, karena hal menyiapkan atau menentukan catering pernikahan itu sendiri hal yang tak kalah penting seperti halnya dalam memilih gaun pengantin, dekorasi, foto, souvenir dan lainya. Kamu dan pasanganmu juga jangan sekali-kali menyepelekan dalam hal memilih catering pernikahan.

Jika kamu salah-salah dalam memilih catering untuk acara pesta pernikahanmu itu akan menjadikan sebuah dampak buruk dan masalah baru, apalagi jika hidangan yang disajikan untu para tamu undangan ternyata rasanya biasa saja dan tidak sesuai apa yang kamu inginkan atau bahkan tampilanya kurang menarik, yang parah lagi jika sampai makanan yang dihidangkan ternyata berbau tidak sedap alias basi. Hal tersebut tentunya akan membuat malu kamu dan pasanganmu.

Nah berikut ini kami akan sedikit memberi tips supaya agar lebih teliti lagi dalam memilih catering pernikahan dan terhindar dari musibah-musibah yang tidak ingin kamu dan pasanganmu inginkan.

Menghindari Bencana yang Tidak di Inginkan Dalam Memilih Catering Pernikahan

wm_article_img

  • Menggunakan Jasa Vendor Catering

Saat ingin melakukan acara pesta pernikahan, biasanya hotel atau gedung yang kamu dan pasanganmu inginkan tersebut memiliki rekan catering yang profesional dan sangat berpengalaman. Namun jika ternyata kamu dan pasanganmu tidak ingin menggunakan jasa perusahaan catering pernikahan yang menjadi rekan hotel atau gedung yang sudah kamu pilih tersebut, kamu dan pasanganmu harus memastikan terlebih dahulu jangan gegabah dan selalu memperhitungkan segala sesuatunya.

Kamu dan pasanganmu wajib mengetahui dan melihat reputasi dari catering pilihan kamu tersebut, dan juga pengalaman dari perusahaan catering pernikahan tersebut bagaimana, pernah mempunyai riwayat buruk dalam menyediakan catering pernikahan atau belum, karena hal tersebut wajib kamu dan pasanganmu pertimbangkan untuk memilih catering pernikahan tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Biasanya jika kamu dan pasanganmu menggunakan jasa perusahaan catering pernikahan selalu menyediakan paket makanan yang isinya beraneka ragam makanan dan minuman, termasuk makanan kecil, minuman ringan, dessert dan makanan gubuk (food stall). Untuk kamu dan pasanganmu yang tidak banyak memiliki waktu atau bahkan sangat sibuk sekali dengan pekerjaan kantor, paket catering pernikahan yang di sediakan ini mungkin akan sangat memudahkan kamu dan pasanganmu. Jika kamu dan pasanganmu kurang cocok dengan menu makanan tersebut atau yang tersedia di paket tersebut, kamu bisa mengurangi pemesananya, mengganti jenis makanan atau menambahkan paket makanan tersebut.

  • Membuat Catatan Secara Detail

Mungkin mendiskusikan atau sedikit membicarakan makanan apa saja yang kamu dan pasanganmu ingin dihidangkan di acara pesta pernikahanmu nantinya. Alangkah baiknya jika kamu dan pasanganmu membuat catatan secara detail dan jelas bersama si pemilik jasa katering yang kamu dan pasanganmu sudah pilih tersebut. Jadi, jika nanti ketika acara pesta pernikahan kamu dan pasanganmu berlangsung, dan ternyata perusahaan catering pernikahan tersebut tidak membuat menu makanan sesuai yang kamu dan pasanganmu inginkan tanpa memberi tahu kamu terlebih dulu, kamu dan pasanganmu bisa meminta pertanggungjawaban kepada penyedia catering pernikahan tersebut.

  • Menyesuaikan Dengan Tamu undangan yang Akan Hadir

Alangkah baiknya jika kamu dan pasanganmu agar tidak terjadi masalah mengenai kehabisan makanan karena jumlah tamu undangan yang hadir ternyata tidak sesuai dengan jumlah undangan, pastikan kamu dan pasanganmu sudah menghitungnya dengan benar. Jika kamu dan pasanganmu sudah menyebarkan undangan sekitar 400 undangan untuk acara pernikahan malam hari, berarti kamu harus menyediakan sekitar 800 porsi makanan untuk 800 orang para tamu undangan yang akan hadir. Menu buffet sebaiknya 50% dari total porsi makanan yaitu sekitar kurang lebih 400 porsi makan. Sedangkan untuk menu gubuk (food stall), kamu kalikan 4 (bila kamu dan pasanganmu mengelar acara pada siang hari) atau kalikan 3 (jika digelar malam hari). Total menu gubuk yaitu 400 X 300 = 1.200 porsi. Kamu dan pasangan sudah bisa menentukan dari 1.200 porsi menu gubuk tersebut kamu bisa membagi menjadi beberapa menu yang akan kamu dan pasanganmu pilih. Sedangkan untuk menu makanan dessert yaitu total porsi makan dikurangi porsi buffet yaitu sebanyak 400 porsi dessert.

  • Menggunakan Sistem Catering Dengan Prasmanan

Sebaiknya jika kamu dan pasanganmu untuk memilih sistem pesanan catering berdasarkan paket prasmanan, bukan berdasarkan jumlah piring dan gelas yang dipesan. Kalau berdasarkan paket prasmanan yang dipesan, maka perusahaan catering akan terus mengeluarkan piring dan gelas selama makanan masih tersedia. Sistem berdasarkan jumlah piring dan gelas biasanya dilakukan oleh calon mempelai yang menggelar pernikahan sitting dining table.

  • Mencicipi Menu Makanan dari Catering Pernikahan Tersebut

Jangan lupa untuk menanyakan kepada catering pilihan kamu dan pasanganmu apakah ada food testing atau tidak, karena food testing sangat penting untuk kamu agar lebih tau bagaimana rasa dari makanan catering pilihanmu tersebut. karena pada saat sesi mencoba makanan tersebut atau food testing akan sangat menentukan sekali supaya bisa diketahui perusahaan catering mana yang cocok dengan keinginan kamu dan pasanganmu. Dan tidak hanya itu kamu dan pasanganmu juga wajib melihat penampilan atau penyajian dari makanan terebut, kebersihan, kesigapan pelayan dan sebagainya agar kamu dan pasanganmu tidak kecewa nantinya saat hari-H acara pesta pernikahanmu dilangsungkan.

Menghindari Makanan Berlebihan di Pesta Pernikahan

wm_article_img

Biasanya banyak sekali para pengantin yang sedang menggelar pesta atau resepsi pernikahan biasanya akan memesan makanan dengan jumlah yang sangat melimpah dan banyak. Ya sebenarnya ada bagusnya juga pemikiran seperti itu agar para tamu undangan yang hadir tidak kehabisan makanan. Biasanya kamu dan pasanganmu langsung memilih cara aman ini dengan menyediakan makanan yang lebih banyak dari perkiraan tamu yang akan hadir. Hanya saja sering kali dan tanpa disadari, meriah dan maraknya pesta pernikahan sering kali di ikuti dengan banyaknya makanan yang berlebih atau surplus.

Karena rasanya sayang sekali jika masih ada sisa makanan yang tidak termakan, sangat tidak disarankan kamu untuk membuang sisa makanan tersebut. Tidak etis rasanya bila kamu dan pasanganmu membuang-buang makanan sisa begitu saja. Sementara ada orang-orang di luar sana yang sedang kelaparan. Alangkah baiknya jika kamu dan pasanganmu sudah memikirkan dan memperhitungkan hal ini dari jauh-jauh hari, agar nanti ketika sudah mendekati hari-H sudah tidak lagi memikirkan hal-hal seperti ini.

Menyiasati Agar Uang yang Digunakan untuk Catering Pernikahan Tidak Terbuang Sia-sia

wm_article_img

  • Memastikan Pemesanan Jadwal Catering Pernikahan

Kamu dan pasanganmu harus mengetahui betapa pentingnya memperhatikan pemesanan catering pernikahan tersebut, karena itu sangat penting sekali. Jika kamu dan pasanganmu salah-salah dalam menentukan akan beakibat fatal sekali ke acara pesta pernikahanmu nantinya. Alangkah baiknya jika kamu dan pasanganmu harus mempersiapkan pemesanan catering tersebut dari jauh-jauh hari sebelum tanggal di laksanakanya acara resepsi pernikahan kamu.

Lima atau enam bulan adalah waktu yang sangat ideal untuk melakukan pemesanan catering pernikahan tersebut, supaya kamu dan pasanganmu tidak terlalu terburu-buru dalam menentukan menu makanan apa saja yang akan kamu pesan dan makanan apa saja yang akan disajikan kepada para tamu undangan yang hadir

  • Menentukan Kualitas Sajian dari Catering Pernikahan Tersebut

Penampilan hidangan dan rasa catering tersebut wajib sekali kamu dan pasanganmu perhatikan, karena hidangan dan rasa adalah dua jenis kombinasi yang akan sangat menentukan sekali yang nantinya akan di nilai oleh para tamu undangan yang hadir.

Tidak hanya itu kamu dan pasanganmu juga wajib untuk menanyakan menu andalan apa saja yang di sediakan oleh pihak layanan catering pernikahan yang akan kamu pilih tersebut, agar tidak mengecewakan para tamu undangan yang hadir tentunya. Kamu dan pasanganmu juga harus memperhatikan menu makanan yang bersifat musiman, biasanya akan lebih sulit di pastikan kualitas rasa makananya dari pada menu yang selalu ada, karena biasanya sudah melewati tahap percobaan yang panjang sekali.

  • Menentukan Dekorasi Booth Makanan

Ada hal yang juga sama pentingnya dari hal-hal yang ada di atas tadi, yaitu menentukan booth makanan dan dekorasi. Booth makanan dan dekorasi inilah yang sangat berpengaruh dan mendominasi sekali pada acara pesta pernikahanmu nantinya. Karena pastikan jika pesana catering pernikahanmu nantinya sesuai dengan keinginan yang kamu pesan akan terlihat lebih bagus, pastinya kamu dan pasanganmu juga akan ikut senang melihatnya dan merasa puas keinginanya terpenuhi. Dari mulai alat makan dan masakan yang mungkin akan terlihat oleh para tamu undangan yang hadir akan terlihat kualitasnya dari si pengelola catering itu sendiri sangat bagus dan memuaskan.

  • Persiapkan Anggaran yang Memadai

Penting sekali kamu dan pasanganmu untuk menghitung anggaran pengeluaran untuk memesan catering pernikahan. Dan tidak hanya itu penting juga memberikan harga yang jelas atau sekedar bernegosiasi dengan catering pilihan kamu tersebut. Jangan lupa juga kamu dan pasanganmu untuk meminta daftar menu sajian apa saja yang di sediakan di catering pilihan kamu tersebut, agar kamu dan pasanganmu bisa meminta kepada pihak pengelola penyedia catering pernikahan tersebut untuk menyediakan apa saja yang kamu dan pasanganmu inginkan, dan tidak lupa juga untuk meminta daftar harga dari catering pilihan kamu tersebut, supaya nantinya kamu dan pasanganmu untuk membandingkan harga catering dengan catering pernikahan yang lain.

Apapun yang akan kamu dan pasanganmu sajikan nantinya, hal ini tentu akan membutuhkan sejumlah biaya yang tidak sedikit. Sebaiknya dana atau anggaran untuk catering pernikahan ini diperhitungkan sejak awal. Mengingat jumlahnya yang terbilang cukup besar. Kamu dan pasanganmu harus mengetahui dengan jelas perkiraan jumlah undangan yang akan kamu sebar sehinga bisa mempersiapkan dana atau anggaran tersebut untuk catering pernikahan tepat dan tidak meleset dari anggaran yang telah kamu dan pasanganmu siapkan.

  • Hindari kehabisan makanan

Hindari kehabisan makanan, Ini adalah hal yang sangat penting untuk kamu dan pasanganmu cermati. Sebab akan sangat fatal sekali jika kamu kehabisan makanan yang disajikan kepada para tamu undangan yang hadir, karena kejadian seperti ini akan sangat memalukan kamu dan pasanganmu nantinya.

Jadi harus benar-benar kamu dan pasanganmu pastikan tidak akan mengalami hal tersebut. Harus selalu memperhitungkan, dan alangkah baiknya jika kamu dan pasanganmu menyiapkan makanan juga sedikit lebih banyak dari yang seharusnya. Dengan begitu, kamu dan pasanganmu bisa mengantisipasi jumlah tamu undangan yang hadir mungkin jauh lebih ramai dari perkiraan kamu.

  • Memilih Menu Makanan yang Umum

Undangan yang kamu sebarkan dengan pasanganmu pastinya berasal dari berbagai kalangan dan latar belakang yang berbeda-beda. Apalagi jika kamu dan pasanganmu berasal dari suku adat dan wilayah yang berbeda pulau. Sangat penting sekali untuk kamu dan pasanganmu untuk menyajikan beberapa menu yang umum supaya dapat diterima oleh lidah para tamu undangan yang hadir.

Supaya hal ini akan membuat sajian atau jamuan yang sudah kamu persiapakan dengan catering pernikahan pilihanmu dapat dinikmati semua para tamu undangan yang hadir. Sajikan beberapa menu yang umum dan cukup sesuai dengan semua para tamu undangan yang hadir, seperti ayam goreng, semur, rendang, puding, dan buah-buahan seperti semangka atau pisang dan masih banyak buah-buah yang lainya yang masih bisa disajikan untuk catering pernikahanmu tersebut.

  • Menyesuaikan Menu Makanan dengan Tema Pernikhanmu

Salah satu faktor di balik sukses atau tidaknya pesta pernikahan kamu dan pasanganmu yang akan digelar yaitu tema pernikahan. Sebagian orang biasanya memilih tema pernikahan yang unik atau berbeda agar momen pernikahan mereka berkesan dan di ingat banyak orang. Dan tidak hanya tema pernikahan saja, kamu dan pasanganmu juga perlu menyesuaikan sajian menurut tema pernikahanmu yang akan kamu rencanakan dalam acara pesta pernikahanmu nantinya.

Karena hal tersebut adalalah hal yang cukup penting, karena jika kamu dan pasanganmu asal-asalan dalam memilih tema pernikahan dan tidak menyesuaikan menu makanan atau sajian yang ingin kamu hidangankan akan berdampak sangat buruk sekali, pastinya akan bertolak belakang sekali antara tema dan penyajian makanan tersebut. Contoh misalkan, kamu dan pasanganmu mengusung tema pernikahan adat daerah, tetapi penyajian makanan dengan menu tersebut western. Tentu ini akan jadi hal yang sangat aneh bukan?

Memilih Menu Catering Pernikahan yang Populer di Indonesia

wm_article_img

  • Bakso

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini rasanya yang enak dan lezat itu sudah sangat populer sekali di Indonesia. Mungkin menu makanan yang satu ini akan menjadi menu yang paling banyak digemari oleh para tamu undangan yang hadir di acara pesta pernikahan. Menu ini akan sangat cocok untuk kamu dan pasanganmu hidangkan di acara pesta pernikahanmu.

  • Buah-buahan

Kamu dan pasanganmu tidak boleh melupakan menu makanan yang satu ini yaitu buah-buahan. Biasanya para tamu undangan yang hadir mencari menu makan yang satu ini sebagai pencuci mulut, dan tidak hanya itu buah-buahan mengandung kaya akan vitamin yang sangat cocok sekali untuk menyehatkan tubuh. Biasanya buah yang sering digunakan seperti, semangka, melon pisang, yang sudah dipotong secara kecil-kecil.

  • Sate

Menu makanan yang satu ini sudah pasti menjadi favorit bagi para tamu undangan yang hadir. Dan sate itu sendiri biasanya tersedia berbagi macam pilihan, ada sate ayam dan sate kambing

  • Es Krim

Biasanya es krim ini dicara para tamu undangan sebagai hidangan penutup, karena sifat dari eskrim ini yang bisa mendinginkan dan membuat suasana menjadi tenang. Biasanya yang sering sekali menikmati eskrim ini oleh kalangan anak-anak dan juga remaja.

Untuk kamu dan pasanganmu yang ingin melaksanakan pernikahan, hal diatas merupakan tips memilih dan menentukan catering pernikahan. Semoga dapat berguna dan bermanfaat.

Foto: Indonesia Inside, Monroy, Petrossian, Love to Know

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...