Pilih Kategori Artikel

7 Tips Memilih Catering Pernikahan Terbaik
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Membahas tentang tips memilih catering pernikahan menjadi sangat penting. Karena dalam mempersiapkan acara pernikahan, catering merupakan suatu hal yang wajib untuk kamu perhatikan dengan benar dan juga harus dibahas secara matang. Dalam acara pernikahan, makanan dan minuman merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh dan tidak boleh disepelekan.

Alasan menggunakan jasa catering pernikahan adalah bisa memberikan kemudahan kepada pihak pengantin beserta keluarga. Selain itu, dengan adanya jasa catering juga akan menjamin bahwa makanan yang disajikan telah memiliki kualitas yang baik. Memakai jasa catering bisa saja membuat bengkak anggaran acara pernikahan jika kamu tidak memahami tata cara untuk mengolahnya.

Pasti kamu sebagai tuan rumah akan berusaha semaksimal mungkin demi sajikan yang terbaik dan paling lezat untuk para tamu undangan. Sehingga nanti tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah mengecewakan para tamu undangan yang telah hadir. Supaya semua rencana berjalan lancar, perhatikan beberapa tips memilih catering pernikahan terbaik berikut.

  1. Cari Semua Informasi Tentang Vendor

Tips memilih catering pernikahan yang pertama, kamu bisa memulai dari hal yang sangat dasar. Carilah informasi selengkap-lengkapnya yang bersangkutan dengan penyedia jasa catering tersebut. Pastikan bahwa informasi yang kamu dapatkan itu benar-benar akurat.

Kamu bisa memilih beberapa vendor terlebih dahulu yang sekiranya kamu anggap layak dan sesuai dengan keinginan. Setelah itu, batu kamu kumpulkan semua informasi yang lengkap mengenai layanan dan juga ulasan tentang vendor catering tersebut. Selain mencari informasi dari brosur, kamu juga bisa memanfaatkan internet untuk menjelajah lebih luas tentang vendor tersebut. Cermati sistem kerja yang mereka gunakan yang bisa meyakinkan kamu untuk memilih salah satu dari beberapa vendor yang masuk dalam kriteria. Tips memilih catering pernikahan ini bisa wajib dilakukan dan jangan sampai kamu lupa menerapkan langkah pertama ini.

  1. Datangi Vendor Secara Langsung

Tips memilih catering pernikahan yang kedua adalah mendatangi vendor catering secara langsung. Semua itu hanya untuk memastikan dan mengetahui lebih jelas tentang pelayanan yang ada. Dengan cara seperti itu, kamu juga akan mempunyai kesempatan untuk menyaksikan secara langsung bagaimana cara kerja mereka dan kebersihan alat serta tempat memasak.

Di situ nanti kamu bisa memiliki penilaian yang berbeda dari beberapa vendor yang kamu datangi. Dengan tips memilih catering pernikahan ini kamu juga bisa menimbang-nimbang dan menentukan vendor mana yang akan dipilih untuk membantu acara pernikahan kamu.

  1. Dapatkan List Harga Terbaru

Tips memilih catering pernikahan selanjutnya adalah dengan mencari tahu daftar menu catering yang paling baru. Setelah kamu mendatangi vendor secara langsung, akan lebih baik untuk meminta pricelist terbaru. Terkadang jika terdapat perbedaan di lokasi gedung dan menu itu akan ditentukan oleh penyedia jasa catering pernikahan.

Maka dari itu, kamu wajib untuk bertanya mengenai hal tersebut. Sehingga kamu nanti bisa membandingkan secara detail tentang harga menu catering dari beberapa vendor yang akan kamu pilih. Lalu, pilihlah penyedia jasa catering yang memiliki harga yang tidak terlalu tinggi, tapi memiliki fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Memiliki Rekanan Gedung yang Sesuai

Untuk tips memilih catering pernikahan yang keempat adalah dengan mengecek rekanan gedung. Pastikan terlebih dahulu apakah vendor catering pernikahan yang kamu pilih itu memiliki rekanan dari gedung sesuai keinginan kamu. Semua ini berhubungan dengan biaya khusus atau charge yang biasanya dibebankan dari pihak pemilik gedung.

Jika misalkan vendor yang kamu pilih memiliki rekanan, biasanya akan bebas charge atau ada juga yang memiliki charge potongan harga menjadi lebih murah. Sebaliknya, kalau dari pihak vendor tidak memiliki rekanan, biasanya akan ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi.

  1. Minta Food Tests

Food tests adalah tips memilih catering pernikahan yang wajib untuk kamu terapkan ketika mencari penyedia jasa catering untuk acara pernikahan. Dengan adanya sesi food tests atau bisa dibilang dengan mencicipi ini kamu bisa tahu tentang cita rasa menu makanan dan minuman yang dimiliki vendor tersebut.

Vendor catering biasanya akan memberi kesempatan kepada pelanggannya untuk melakukan food tests dengan dua cara. Kamu bisa datang langsung ke tempat showroom vendor catering tersebut atau juga bisa datang ke acara pernikahan yang sedang ditangani oleh vendor tersebut jika mereka mengizinkan.

Jika kamu hanya ingin mencicipi cita rasa dan kualitas masakan saja, dengan datang ke showroom saja sebenarnya sudah cukup. Namun, apabila kamu ingin melakukan penilaian secara menyeluruh mengenai layanan yang dimiliki oleh pihak vendor, silakan datang ke acara yang saat itu sedang ditangani pihak vendor tersebut!

Dengan salah satu tips memilih catering pernikahan ini kamu bisa mengetahui tentang cita rasa masakan, model penyajian, dan cara pelayanan terhadap tamu. Perlu diingat bahwa dalam berkunjung ke acara tersebut, kamu harus membuat persetujuan dan izin terlebih dahulu kepada pihak vendor terkait.

  1. Pilih Vendor yang Tidak Terlalu Sibuk

Mungkin pada poin tips memilih catering pernikahan ini kamu akan berpikiran bahwa vendor catering pernikahan yang bagus adalah mereka yang memiliki banyak pesanan. Buang jauh-jauh pemikiran seperti itu jika kamu ingin mendapatkan pelayanan yang maksimal. Karena dengan vendor catering yang tidak menerima banyak pesanan, mereka akan bekerja secara maksimal dan teliti.

Namun, jika penyedia jasa catering tersebut terlalu sibuk untuk menangani banyak pesanan, kemungkinan besar mereka akan terlihat seperti terburu-buru untuk mengejar target. Jadi, kamu tidak akan bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal sesuai dengan yang kamu harapkan.

Salah satu tips memilih catering pernikahan ini perlu kamu pertimbangkan secara matang dari awal. Karena setiap pasangan calon pengantin beserta dengan keluarga akan mengharapkan acara bisa berjalan dengan lancar dan maksimal demi menciptakan momen yang membahagiakan.

  1. Buat Kesepakatan yang Jelas dan Tertulis

Pada point ketujuh dari tips memilih catering pernikahan ini menjadi inti dari pemesanan catering. Membuat kesepakatan dari kedua pihak dalam bentuk perjanjian yang tertulis menjadi bagian yang sangat penting. Demi terjaminnya kesepakatan yang telah dibuat antara pelanggan dengan vendor pernikahan, cara ini menjadi solusi dengan langkah yang aman.

Karena dengan adanya perjanjian tertulis ini, kamu akan lebih mudah untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah kerugian. Kesepakatan tersebut biasanya berisikan kejelasan kerja dari pihak vendor dan juga konsekuensi untuk kesalahan tertentu. Perhatikan secara detail dan teliti untuk kontrak kerja yang sudah kamu buat bersama pihak vendor catering. Lalu, pastikan kamu tidak akan merasa dirugikan dengan adanya perjanjian tersebut.

Pernikahan merupakan satu-satunya momen paling berarti dan akan terkenang sampai kapanpun. Dalam menyelenggarakan acara pernikahan, catering merupakan salah satu bagian yang wajib kamu urus secara maksimal. Kalau bisa, jadikan catering ini sebagai prioritas utama di acara pernikahan. Pahami dan terapkan beberapa tips memilih catering pernikahan di atas, supaya kamu benar-benar bisa untuk mempersiapkan catering pernikahan secara maksimal.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...