Bagaimana Mewujudkan Pernikahan dengan Venue Pernikahan di Pantai?

24 Mar 2020 | By Wedding Market | 63
Bagaimana Mewujudkan Pernikahan dengan Venue Pernikahan di Pantai
Foto: The Honey Combers

Kamu, sebagai pasangan calon pengantin, pastinya ingin menggelar pesta pernikahan di tepi pantai, kan? Memang, ada banyak faktor yang membuat pasangan calon pengantin ini merasa harus menikah di tepi pantai. Tapi, kamu harus tahu seputar tips memilih venue pernikahan di pantai agar pernikahanmu lancar dan berkesan!

Ada sebagian pasangan calon pengantin yang mengaku bahwa di pantai ini merupakan sebuah venue yang mampu menciptakan suasana yang romantis bersama pasangan,.

Namun, ada pasangan calon pengantin lainnya yang mengaku bahwa pantai merupakan salah satu venue pernikahan di pantai yang tepat. Tetapi, lebih banyak pasangan calon pengantin masih menggelar pesta pernikahan di gedung, kok.

Tak ragu-ragu, kalau ini menjadi salah satu venue pernikahan di pantai yang diburu oleh para pasangan calon pengantin untuk melangsungkan hari pernikahannya nanti.

Memang kita bisa akui bahwa pantai tersebut mengandung magnet yang mampu menarik perhatian banyak orang Birunya air laut yang dipadupadankan dengan pasir putih keemasan merupakan sebuah panorama yang tidak bosan dipandang. Bukan begitu, ladies?

Tak hanya itu, deburan dan gulungan ombak menjadi backsound yang bisa menambah suasana pesta pernikahan akan semakin terasa tenang nan romantis. Apakah kamu mempunyai impian untuk Menikah di tepi pantai? Itu bukan sebuah khayalan atau hanya kamu bisa saksikan dalam film drama saja, lho.

Tips Memilih Venue Pernikahan di Pantai

Foto: Aleenta Resort

Ternyata, kamu pun juga bisa untuk mewujudkan pernikahan dengan venue pernikahan di tepi pantai. Dengan begitu, akan membuat kamu dan pasangan sulit untuk melupakan momen yang sudah diciptakan tersebut. Betapa istimewanya detik-detik pernikahan yang selalu diimpikan oleh setiap pasangan.

Akan tetapi, agar pesta pernikahan yang kamu gelar itu berjalan lancar dan sempurna, maka kamu perlu menyimak tips-tips penting berikut ini terlebih dulu.

Memilih venue yang terekomendasi

Hotel, resort atau restoran yang berdiri di tepi pantai seperti di Bali, merupakan salah satu venue pernikahan di pantai yang direkomendasikan. Umumnya, memiliki pantai yang termasuk dalam bagian dari hotel atau resort tersebut.

Kamu juga bisa memanfaatkan pantai yang diolah oleh pihak hotel atau resort tersebut. Setidaknya memudahkan kamu untuk menginap dan menyewa ballroom atau chapel di hotel tersebut ketika acara akad atau pemberkatan. Sementara untuk acara pesta pernikahan bisa di gelar di pantai.

Namun, jika kamu ingin menikmati suasana alami sepanjang acara pesta pernikahanmu, ada beberapa resort yang menyediakan upacara pernikahan di tepi pantai. Seperti misalnya, Conrad Bali atau Sky - Ayana Resorts and Spa Bali. Tertarik kah kamu di venue ini?

Perhatikan iklim, musim dan cuaca

Inilah hal yang perlu kamu perhatikan ketika memilih venue pernikahan di pantai, yaitu cuaca. Termasuk salah satu hal yang sangat krusial karena menyangkut keberlangsungan sebuah acara pernikahanmu. Jika kamu salah dalam memilih waktu kemungkinan besar pernikahan kamu akan rusak diguyur hujan, lho. tentunya, setiap pasangan calon pengantin tidak ingin gagal, kan?

Jadi, jika kamu ingin acara pesta pernikahan berlangsung aman dan lancar, lebih baik kamu adakan pesta pernikahan ketika sedangmusim kemarau. Bagaimana tidak, kemungkinan hujan itu terjadi lebih kecil, lho ladies!

Memilih peak season

Ternyata, tak hanya cuaca saja, namun waktu pun perlu dipertimbangkan lagi, lho dalam memilih venue pernikahan di pantai. Apakah tanggal pernikahanmu termasuk high season atau peak season?

Maka dari itu, usahakan untuk acara pesta pernikahanmu dilakukan sebelum high season yang berlangsung sekitar bulan Juli-Agustus dan pergantian tahun Desember-Januari. Kenapa begitu, ya? karena pada masa yang sudah diprediksi itu, banyak sekali wisatawan yang berkunjung dan meramaikan hotel atau resort venue pernikahan kamu dan pasangan.

Memastikan perlengkapan acara tersedia

Perlengkapan acara. dalam menata dekorasi venue pernikahan di pantai. Kamu perlu menyewa sebuah kanopi atau tenda yang menjadi sebuah kewajiban ketika menggelar pesta pernikahan di malam hari sebagai tempat berlindung para tamu undangan. 

Portable toilet pun juga perlu disediakan karena sangat berguna. Apabila lokasi pantai yang kamu pilih dalam venue pernikahan cukup jauh dengan hotel atau resort. Maka dari itu, sewalah portable toilet dengan jumlah yang disesuaikan dengan keperluan. Kamu bisa memperkirakan untuk 1 unit portable toilet yang bisa digunakan sekitar 40 tamu undangan.

Menyesuaikan busana pernikahan

Sesuaikan busana pernikahan, dengan venue pernikahan di pantai kamu. Khususnya bagi mempelai pengantin wanita, disarankan untuk memilih busana yang tidak merepotkan. Kenakan gaun atau kebaya yang simpel tanpa ekor namun tetap terlihat elegan. Begitu pula dengan sepatu, lebih baik kamu mengenakan alas kaki yang datar atau bersol tebal.

Perbanyak persediaan air mineral

Perbanyak persediaan air mineral agar tamu undangan yang menghadiri pesta pernikahanmu terhindar dari dehidrasi. Untuk menu yang dihidangkan, kamu perlu mengetahui jenis makanan apa sajakah yang tidak bisa tahan dengan panas yang terlalu lama. Terlebih lagi untuk menu seafood yang dihidangkan, disarankan agar tidak terlalu lama untuk menghindari kuman atau bakteri yang menempel ya, ladies.

Mendatangi venue sebelum hari H

Inilah tips yang perlu kamu lakukan jika memilih venue pernikahan di pantai. Kamu perlu mengontrol sehari atau dua hari menjelang hari-H. Datanglah ke lokasi untuk memperoleh gambaran, seperti apakah kelembaban, arah angin dan kapan waktu sunset pada hari-H.

Dengan begitu, ketika hari pernikahanmu tiba, kamu tidak perlu lagi untuk membaca situasi. Dan kamu pun sudah mengerti harus melakukan hal yang bagaimana.

Itulah beberapa ulasan tips mengenai venue pernikahan di pantai. Memang, ketika menggelar pesta pernikahan di pantai akan memberikan kesan yang tenang nan romantis untuk kamu dan pasangan. Tetapi, disarankan untuk menentukan waktu yang tepat agar tidak merusak momen spesial kamu, ya!


Artikel Terkait