Pilih Kategori Artikel

7 Cara Memilih Venue Pernikahan yang Tepat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan merupakan salah satu momen sakral yang mungkin hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Untuk itu, momen ini harus dipersiapkan sebaik mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Namun untuk itu banyak sekali persiapan yang harus kamu dan pasangan siapkan yang tentunya akan memakan banyak biaya dan juga waktu. Persiapan tersebut mulai dari tempat pernikahan, gaun, undangan, catering, dekorasi, dan masih banyak lagi. Disini kami akan membahas mengenai memilih venue pernikahan yang tepat.

Dalam merencanakan pernikahan salah satu hal utama yang harus dilakukan adalah memilih venue. Tempat pernikahan menjadi penentu keberhasilan suatu acara karena mempengaruhi hal-hal lain disekitarnya. Mencari venue pernikahan yang sesuai dengan keinginan kamu dan pasangan merupakan tugas yang gampang-gampang susah, karena jika sampai salah memilih venue, konsep pernikahan yang kamu dan pasangan impikan selama ini pastinya akan sulit terwujud. Oleh karena itu, cobalah memperthatikan langkah-langkah berikut ini dalam menentukan tempat pernikahan kamu dan pasangan.

  1. Tentukan konsep dan budget

Konsep pernikahan merupakan salah satu hal penting ketika kamu dan pasangan ingin menentukan lokasi pernikahan. Konsep menjadi sangat berpengaruh terhadap lokasi atau tempat karena harus disesuaikan dengan temanya. Jika konsep dan lokasi berbeda tema tentu saja hasil akhir dari acara pernikahan tersebut menjadi berantakan. Untuk itu kamu dan pasangan harus berdiskusi mengenai konsep dan lokasi secara jelas agar tidak ada kesalahan dalam pemilihannya.

Setelah menyesuaikan dengan konsep pernikahan ada hal lain yang musti kamu perhatikan yaitu masalah dengan budget pernikahan. Untuk itu kamu dan pasangan harus mempertimbangkan dengan baik untuk urusan biaya, jangan sampai kamu dan pasangan harus mengeluarkan terlalu banyak biaya hanya untuk venue pernikahan. Tentunya hal ini tidak selayaknya kamu lakukan karena masih banyak keperluan lain untuk perniukahan yang tentunya memerlukan biaya yang tida sedikit. Untuk itu, menentukan budget untuk tempat pernikahan merupakan hal yang penting dilakukan.

  1. Menyesuaikan kapasitas dengan jumlah undangan

Kapasitas Adalah hal yang utama, karena kamu harus menyesuaikan tempat yang kamu pilih dengan jumlah tamu yang akan kamu undang. Nggak mau kan kalau venue yang kamu pilih jadi sempit dan sesak karena kapasitasnya tidak sebanding dengan jumlah tamu undangan?

Tempat yang terlalu kecil dibandingan jumlah tamu dapat membuat para tamu tidak nyaman saat menghadiri pesta pernikahanmu. Tapi jangan memilih tempat yang terlalu besar juga, karena akan membuat pesta pernikahanmu terlihat sepi. Perhitungkan kapasitas tempat dan tamu undangan dengan tepat agar pestamu berjalan lancar.

  1. Lokasi yang terjangkau

Sebelum menentukan tempat pernikahan ada baiknya kamu dan pasangan mempertimbangkan masalah lokasi. Jangan terburu-buru memutuskan tempat untuk mengadakan acara pernikahan ya, ledies. Menggelar pernikahan berarti kamu dan pasangan juga inin membagi kebahagian dengan kerabat atau tamu undangan.

Usahakan memilih venue yang lokasinya terjangkau. Pastikan para tamu undangan memiliki akses yang mudah ke tempat acara agar bisa datang tepat waktu dan menyaksikan seluru prosesi pernikahan kamu dan pasangan dengan hikmat.

  1. Fasilitas

Sebelum kamu dan pasangan memesan salah satu venue, ada baiknya terlebih dahulu datang dan melihat lagi venue yang diinginkan. Cobalah menanyakan fasilitas apa saja yang disediakan dan tanyakan setiap detai yang perlu kamu dan pasangan ketahui. Seperti apakah tanggal yang kamu inginkan belum ada yang mem-booking?

Atau apakah ada biaya lain?  Serta jangan lupakan untun menanyakan mengenai back-up plan. Misalnya jika listrik padam, apakah tersedia ganset? Sementara jika konsep outdoor, tanyakan apakan ada tempat yang bisa digunakan kettika hujan turun. Selain itu cobalah menanyakan apakah tersedia lahan parkir yang luas? Hal ini dilakukan untuk kenyamanan kamu dan tamu undangan yang nantinya akan hadir.

  1. Vendor Rekanan

Beberapa venue memiliki kerjasama dengan beberapa vendor rekanan, baik itu catering, dekorasi, hingga fotografi dan lainnya. Venue yang memiliki vendor rekanan biasanya mengharuskan kamu dan pasangan untuk menggunakan jasa vendor rekanan tersebut bila ingin menggelar pernikahan di sana. Pelajari dengan teliti para vendor yang menjadi rekanan venue tersebut. Pastikan mereka memiliki rekam jejak yang baik.

Namun bila kamu dan pasangan sudah memiliki pilihan sendiri dan ingin menggunakan jasa vendor tersebut, tanyakan apakah ada konsekuensinya? Biasanya ada biaya yang harus dibayarkan. Apabila tidak memungkinkan untuk tetap menggunakan jasa vendor pilihan kamu, maka sebaiknya beralih ke venue lain yang tidak memiliki kerjasama dengan rekanan, atau justru rekanan dari vendor tersebut.

  1. Lakukan pemesanan

Bila kamu dandan pasangan sudan menemukan venu pemesanan yang tepat, ada baiknya segera melakukan pemesanan agar tanggal yang kamu inginkan tidak diisi terlebih dahulu oleh orang lain. Menurut keterangan dari beberapa pengurus venue, kebanyakan calon pengantin memesan sekitar 12 bulan sebelum acara pernikahan.

Maka jika kamu terlalu lama mengulur waktu pemesanan, bukan tidak mungkin tanggal yang diinginkan ternyata sudaj diisi oleh calon pengantin lain. Kalau sampai itu terjadi maka kamu dan pasangan harus bersusah payah kembali mencari venue lain yang sesuai atau bahkan tidak menenmukan venue yang sesuai. Selain itu keuntungan memesan tempat pernikahan jauh-jauh hari sebelum hari H, membuat harga cenderung lebih murah.

  1. Melakukan technical meeting di venue

Setiap calon pengantin pastinya akan menggelar technical meeting sebelum pernikahan dilakuan. Terchnical meeting biasanya dilakukan di venue, sebelum menggelar pernikahan. Tujuan dari hal tersebut adalah agar para vendor dapat mempelajari venue tersebut sebelim hari H dilakukan.

Selain itu kamu dan pasangan juga harus memperhatikan bahwa semua berjanan aman dan sempurna sesuai dengan rencana yang ada.

Memilih Venue Pernikahan : Outdoor, Indoor, atau Semi-Outdoor

wm_article_img

Memilih Venue pernikahan bukanlah hal yang gampang. Kamu harus berdiskusi dengan pasangan ketika ingin menentukan suatu tempat sebagai pilihan mengadakan acara pernikahan. Ini dilakukan karena momen pernikahan merupakan hal sakral yang mungkin terjadi sekali dalam seumur hidup. Untuk itu siapapun pasangannya pasti akan menyiapkan sebaik mungkin, apalagi tempat pernikahan menjadi salah satu konsep utama ketika membuat pernikahan.

Meski telah direncanakan sebaik mungkin, dalam momen pernikahan nampaknya ada saja yang membuat momen itu sedikit mengecewakan. Pastinya kamu akan bingung untuk memilih resepsi pernikahan ingin indoor, outdoor, atau bahkan semi-outdoor. Sebenarnya ketiga tema tersebut memiliki kekyrangan dan kelebihan masing-masing, ini tergantung kamu dan pasangan saja memilih yang mana. sebagai bahan pertimbangan kamu dan pasangan kami akan memberikan hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih Memilih Venue Pernikahan : Outdoor, Indoor, atau Semi-Outdoor

  1. Pernikahan Indoor

Ketika kamu dan pasangan memilih untuk mengadaka pernikahan dengan konsep indoor maka salah satu kelebihan terbesarnya adalah tidak perlu ada kehawatiran mengenai cuaca yang tidak terprediksi. Hujan, angina, dan terik matahari tidak menjadi masalah sama sekali. Tentunya ini akan menguntungkan bagi kamu dan pasangan apalagi biasanya cuaca mempengeruhi dalam hal foto pernikahan dan mungkin juga transportasi tamu undangan. Selain karena faktor cuaca bagian yang menyenangkan ketika kamu memilih pernikahan indoor adalah banyaknya pilihan dekorasi.

Kamu dan pasangan tidak perlu membatasi kreativitas dan bisa mendapatkan tema pernikahan sesuai dengan apa yang diinginkan. Intinya mengadakan pernikahan didalam ruangan memberikan keleluasaan bagi kamu dan pasangan dalam mendesai dekorasi. Selain itu mengadakan pesta di dalam ruangan akan memudahkan kamu untuk mengontrol suhu euangan dan juga muda mengotros suasana karena tamu tidak akan berjalan kemana-mana dan terfokus pada acara pernikahan.

Namun dibalik kelebihan itu semua pastinya menggelar pernikahan didalam ruangan memiliki kekurangan. Kekurangan pertama adalah kapasitas ruangan yang menjadi kendala. Kamu dan pasangan pastinya perlu menyesuaikan kapasitas gedung dengan jumlah tamu undangan. Untuk mengatasi masalah ini kamu dan pasangan harus mempersiapkan hal ini sudah dari jauh-jauh hari dan memperikan DP kepada pengelola gedung.

Tetapi masalah yang timbul bukan hanya soal kapasitas. Bagi kamu dan pasangan yang ingin menggelar pernikahan indoor, harus memesan venue pernikahan tersebut dari jauh-jauh hari karena beberapa venue favorite, yang memiliki kapasitas besar, ruang parkir memadai, akses mudah dan desain yang menarik biasanya sudah full booking untuk setahun kedepan, kamu harus membuat keputusan cepat dan yang pasti beresiko juga sih.

  1. Penikahan Outdoor

Saat ini menggelar pernikahan secara outdoor sangat digemari oleh banyak pasangan. Biasanya mereka memilih pernikahan outdoor karena identic dengan suasana akrab, santai, dan sangat cocok bagi pasangan yang menginginkan pernikahan dengan suasana informal. Selain itu juga pemandangan alam menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi banyak pasangan memilih pernikahan outdoor. Banyak sekali lokasi yang bisa memberikan suasana yang penampilkan panorama alam seperti pantai, gunung, taman, danau, dan masih banya lainya. Tentunya hal ini juga bisa membuat kamu dan pasangan bisa refreshing setelah menggelar pernikahan yang memakan banyak waktu dan biaya.

Faktor cuaca menjadi salah satu hambatan besar ketika kamu dan pasangan memutuskan untuk menggelar pernikahan di luar ruangan. Baik hujan atau panas yang terlalu terik, bisa sangat menggangi para tamu undangan untuk bisa menikmati acara pesta pernikahan dengan nyaman. Lakukan observasi terlebih dahulu, apakah pelaksanaan sore hari matahari nya terasa terik, atau jika dilakukan malam hari apakah penerangan di lokasi memadai. Sangat disarankan untuk datang ke lokadi saat ada pelaksaan resepsi, kamu bisa melihat langsung kondisi resepsi pernikahan di lokasi tersebut.

Saat memilih tema outdoor akan ada beberapa area yang membutuhkan persiapan khusus. Maka calon pengantin kamu pun harus menyiapkan sendiri berbagai fasilitas yang di butuhkan seperti air bersih, toilet, listrik dan lain lain. Untuk menangani masalah ini kamu bisa mencari vendor venue pernikahan yang menang siap menangani hal-hal seperti ini, sekali lagi lakukan observasi terlebih dahulu sebelum memutuskan memilih lokasi tersebut.

  1. Pernikahan Semi-Outdoor

Tren pernikahan pastinya selalu berganti dari tahyb ke tahun. Salah satu tren pernikahan yang banyak digemari sekarang ini adalah Semi-outdoor. Gaya pernikahan ini meupakan gabungan antara dua gaya pernikahan yaitu indoor dan outdoor. Demi menjegah faktor cuaca yang pastinya sangat sulit untuk diprediksi maka pernikahan dengan Semi-outdoor merupakan cara praktis demi mendapatkan dua suasana sekaligus. Sekarang lebih banyak pasangan yang meninginkan untuk melangsungkan akad pernikahan di ruang terbuka, seperti taman dan menggelar resepsi pernikahan di dalan ruangan.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dan pasangan dapatkan jika memilih venue pernikahan yang mengusung gaya semi-outdoor. Disamping untuk menangulangi cuaca yang tidak bisa diperkirakan, ternyata budget pernikahan pun bisa terpangkas. Semi-outdoor dirasa lebih simpel karena kamu tak perlu berpindah-pindah lokasi hanya untuk merasakan dua suasana pernikahan yang berbeda. Selain itu, kamu juga bisa menekan budget karena hanya dalam satu tempat saja, maka kamu sudah mendapatkan dua fasilitas sekaligus.

Pilihan Venue pernikahan

wm_article_img

Bagian terpenting dari sebuah pernikahan salah santunya menentukan dimana akan melangsungkan acara tersebut. Memilih venue pernikahan adalah salah satu moment terpenting untuk melaksanakan sebuah pernikahan. Banyak pasangan yang ingin pernolahan mereka dapat dikenang seumur hidup selain juga menjadi tanda apresiasi para tamu undangan yang datang. Untuk itu memilih venue pernikahan yang tepat harus dilakukan. Berikut ini kami akan merekomendasikan pilihan venue pernikahan yang bisa menjadi pilihan kamu dan pasangan.

  1. Hotel

Hotel menjadi pilihan banyak pasangan untuk menggelar pernikahan. Pasalnya nama hotel akan lebih terdengar sangat familiar dan mudah diakses oleh tamu-tamu undangan. Selain itu ketika memilih hotel pastinya hal yang terbesit adalah pernikahan yang mewah. Jika kamu berencana mengundang tamu VIP atau rekan bisnis dalam pestamu, tentu saja menikah di hotel akan menaikkan gengsimu. Nggak heran kalau sejumlah artis dan petinggi negara memilih mengadakan resepsi pernikahan mereka di hotel.

Keuntungan lain ketika kamu memilih hotel sebagai venue pernikahan kamu dan pasangan adalah Keluargamu dan keluarga pasanganmu akan lebih mudah menginap dan bisa lebih menghemat waktu karena kamu nggak perlu bolak-balik dari rumah ke hotel. Kamu bisa langsung menginap di hotel sebelum ataupun setelah acara. Disamping itu ada beberapa hotel yang tidak memiliki vendor rekanan sehingga mempermudah kamu dan pasangan dalam memilih vendor impian untuk acara pernikahan.

Namun hal yang musti kamu pikirkan ketika memilih hotel sebagai tempat untuk menggelar pernikahan adalah harga sewa yang sangat mahal. Tidak bisa dipungkiri jika kamu dan pasangan ingin menggelar acara pernikahan di hotel maka harus mengeluarkan biaya yang tentu tidak sedikit yang mungkin mencapai ratusan juta. disamping harus mengeluarkan biaya yang cukup besar tidak banyak pilihan ballroom hotel yang berukuran cukup luas dan menjadi pekerjaan kamu untuk mencari hotel yang memiliki ballroom yang luas agar para tamu undangan tidak berdesak-desakan tentunnya.

  1. Gedung

Gedung pernikahan menjadi opsi selanjutnya sebagai venue pernikahan. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memilih gedung sebagai tempat untuk melangsungkan pernikahan. Salah satunya adalah banyak vendor yang bisa memberikan kemudahan untuk kamu dan pasangan mendapatkan gedung resepsi pernikahan dengan sewa harga terbaik. Saat ini untuk mendapatkan gedung pernikahan dengan model atau jenias apapun bisa dengan mudah mendapatkanya.  Dengan internet kamu bisa mencari gedung pernikahan sesuai keinginan di tambah dengan cara ini kamu bisa memilih harga sewa mulai dari yang termurah sampai yang paling mahal sekalipun.

Selain itu dengan menyewa gedung kamu dan pasangan bisa lebih praktis untuk melaksanakan resepsi pernikahan. Hal ini terjadi karena kamu tidak perlu pusing mengurusi semua kebutuhan dan fasilitas lagi karena banyak gedung yang sudah memiliki hal tersebut. Kamu dan pasangan cukup membayarnya sana dan semua kebutuhan untuk resepsi pernikahan sudah siap saat hari H, bahlan catering dengan berbagai pilihan makanan juga pasti tersedia.

  1. Rumah

Jika kamu dan pasangan ingin menekan biaya pengeluaran untuk pernikahan, maka bisa memilih rumah sebagai venue pernikahan. Hal ini terjadi karena kamu dan pasangan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat. Kamu dan pasangan hanya perlu menyewa tenda serta dekorasi yang tentu harganya lebih murah dija dibandingkan harus menyewa tempat di gedung pertemuan. Selain itu pesta pernikahan kamu akan lebih fleksibel karena tidak ada pembatasan waktu. Dengan menikah di rumah, kamu dan pasangan pastinya akan merasakan suasana yang lebih hommy.

Namun, kekurangan dari konsep ini adalah kamu dan pasangan harus memiliki tenaga ekstra untuk membersihkan rumah pasca pernikahan.  Selain itu, jika menyelenggarakan pesta pernikahan di rumah, biasanya para tamu undangan akan bingung memarkir kendaraan karena minim lahan parkir. Kesulitan tempat ini juga akan menyulitkan aktivitas para tetangga sekitar rumahmu. Terakhir, jika kamu sampai lupa mengurus perizinan kepada RT dan RW di lingkungan rumahmu, bisa saja kamu ditegur secara tertulis karena bisa dianggap menggangu ketenangan.

  1. Taman

Konsep pernikahan taman merupakan hal yang sedang tren belakangan ini. Biasanya banyak pasangan yang menggunakannya karena bosan dengan acara pernikahan yang formal dan gitu- gitu saja. Jadi calon pengantin lebih memilih untuk membuat konsep pernikahan intimate dan pernuh keceriaan. Selain itu dengan menyelenggarakan pernikahhan di lahan terbuka, maka kamu dan pasangan akan sedikit lebih menggemat masalah dekorasi. Hal ini karena dekorasi pernikahan pernikahan kamu sudah terbantu oleh asrinya pepohonan dan tanama yang menjadi inti dari konsep garden party.

Kekurangan dari konsep ini adalah faktor cuaca yang tidak bisa ditebak. Tentunya kamu dan pasangan tidak mau bukan jika tamu undangan yang datang keacara pernikahan kehujanan atau kepanasan. Untuk itu ketika memilih taman sebagai venue pernikahan pertimbangkan faktor cuaca. Selain itu konsep garden party  tidak bisa menampung banyak tamu undangan. Umumnya, beberapa tempat yang menawarkan konsep pernikahan ini hanya bisa menampung tidak lebih dari 100 orang.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...