Pilih Kategori Artikel

Tips Mudah Menghindari Wedding Organizer Penipu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Penipuan wedding organizer kerap terjadi dan membuat para calon pengantin resah. Maka dari itu, kamu dan pasangan perlu cermat dalam memilih wedding organizer supaya menghindari wedding organizer penipu. Sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk mengecegah terjadinya hal ini.

Salah satunya adalah melihat dari penawaran yang diberikan hingga melihat portfolio dari wedding organizer tersebut. Berikut sederet cara yang wajib kamu ketahui seputar wedding organizer penipu serta cara-cara mudah untuk menghindarinya. 

Bila cermat sebenarnya ada beberapa trik dan tips yang cukup ampuh sebagai kunci untuk menghindari wedding organizer penipu. Pastinya ada celah yang wajib kamu perhatikan dan sebagai tanda yang jelas bahwa wedding organizer tersebut menipu. 

1. Cek alamat kantor

Agar menghindari penipuan, kamu bisa menanyakan kepada wedding organizer mengalami alamat kantornya. Kamu juga bisa melakukan rapat atau meeting di kantor wedding organizer tersebut. Dengan begitu, kamu jadi punya jaminan mengenai keberadaan wedding organizer. 

Kamu juga bisa menanyakan kepada orang sekitar kantor tersebut mengenai aktivitas wedding organizer bila kamu merasa curiga terhadap kantornya. Jangan mudah teriming-iming harga murah tetapi tidak yakin dengan kondisi wedding organizer tersebut. 

2. Melihat portfolio

Kamu bisa melakukan pencarian di google atau marketplace pernikahan mengenai reputasi dari wedding organizer itu sendiri. Kamu bisa mengecek media sosial mereka yang biasanya mencantumkan klien-klien sebelumnya. Bahkan, kini banyak situs mengenai pernikahan yang mencantumkan review dari sebuah vendor.

Melihat portfolio tidak hanya membantu kamu untuk menghindari wedding organizer penipu. Cara ini juga bisa mengecek apakah wedding organizer ini memiliki selera dan style yang sama dengan kamu serta pasangan. Sebab, bisa jadi kamu tidak cocok dalam hal pemilihan vendor atau konsep pernikahan lainnya. 

3. Cek respons

Wedding organizer yang baik pastinya akan langsung merespons klien maupun calon klien. Kamu dan pasangan juga akan diperlakukan spesial dan dijelaskan secara rinci mengenai paket yang ditawarkan. Bila respons wedding organizer cenderung lama, kamu patut merasa khawatir sebab hal ini bisa jadi tanda bahwa wedding organizer tersebut penipu. 

Kamu bisa melihat dari cara dari timnya berkomunikasi. Pastinya sebagai penyedia jasa, wedding organizer perlu memberikan rasa nyaman dan komunikasi yang baik. Dengan begitu maka akan banyak pasangan atau klien yang percaya dan mau memakai jasa wedding organizer. 

4. Pastikan Penjelasan telah Rinci

Pastinya sebelum kamu memutuskan untuk memakai wedding organizer tersebut, kamu akan meminta berbagai penjelasan. Misalnya dari harga paket sampai hal-hal detail lainnya. Kamu patut curiga bila wedding organizer tidak bisa menjelaskan hal tersebut. 

Wedding organizer juga seharusnya memberikan contoh atau gambar-gambar yang bisa membuatmu yakin untuk memakai wedding organizer tersebut. Tentunya kamu ingin memastikan bahwa konsep dari wedding organizer tersebut sudah sama atau sejalan dengan apa yang kamu dan pasangan inginkan bukan?

5. Melihat surat penawaran

Hal ini adalah salah satu langkah penting yang kerap dilupakan orang. Saat kamu berminat terhadap sebuah wedding organizer, biasanya kamu akan meminta surat penawaran. Pastinya ada beberapa tanda aneh bila wedding organizer tersebut bermaksud menipu. 

Misalnya saja dari segi harga. Bila harganya terlalu murah, pastinya kamu dan pasangan bisa saja curiga terhadap harga tersebut. Belum lagi jika pilihan vendornya ternyata mahal atau tidak sesuai dengan harga tersebut. Ini bisa menjadi kecurigaan mendasar.

Ketika melihat surat penawaran, kamu dan pasangan bisa melakukan perbandingan dengan wedding organizer lain. Bila dirasa aneh, jangan merasa percaya. Banyak orang kerap kali tergiur dengan surat penawaran yang diberikan oleh wedding organizer tersebut sehingga langsung deal tanpa melihat detailnya. 

Apa saja yang ada dalam surat penawaran?

wm_article_img

Salah satu hal yang perlu diketahui para calon pengantin untuk menghindari wedding organizer penipu adalah dari surat penawaran. Maka dari itu, yuk cari tahu surat penawaran yang baik dan benar sehingga kamu tidak lagi mudah ditipu oleh wedding organizer yang tidak berpengalaman. 

1. Detail Paket Catering 

Makanan menjadi elemen penting dalam sebuah pernikahan. Maka tak heran jika porsi budget untuk makanan cukup besar. Kamu dan pasangan sebaiknya memperhatikan betul detail paket catering yang diberikan oleh wedding organizer. Tak hanya dari soal harga saja tetapi cek apa-apa saja yang kamu dapat.

Surat penawaran yang baik akan memberikan informasi mengenai jumlah porsi serta menu yang bisa kamu dan pasangan pilih. Tak hanya untuk makanan prasmanan atau buffet saja, informasi tersebut juga mencakup stall atau pondokan. Jadi, jangan sampai kamu dan pasangan tidak melihat detail ini.

Bila tidak dicantumkan dalam surat penawaran, kamu patut curiga karena kamu bisa mengukur budget dari porsi serta menu yang ditawarkan. Selain itu, kamu sebaiknya meminta contoh dekorasi yang diberikan oleh catering. Dekorasi yang dimaksud antara lain warna taplak, bunga yang diletakkan di meja makanan hingga model stall atau pondokan.

2. List Gedung atau Venue

Salah satu trik yang kerap dilakukan oleh wedding organizer penipu adalah iming-iming venue pernikahan yang mewah. Setiap orang pastinya ingin menikah di tempat terbaik. Tapi kalau tidak sesuai dengan harga tentu sebaiknya kamu curiga. Apakah mungkin bila harga yang ditawarkan terlalu murah dan bisa menyewa di tempat yang mewah.

Maka, kamu dan pasangan sebaiknya mengecek kembali list dari gedung atau venue yang ditawarkan oleh wedding organizer. Membandingkan harganya secara langsung juga bisa menjadi trik untuk menghindari wedding organizer penipu. Bisa jadi harga gedungnya tidak masuk akal dengan harga paket yang ditawarkan. 

3. Cek vendor yang ditawarkan

Jangan mudah percaya terhadap surat penawaran wedding organizer tanpa mencantumkan vendor yang akan dipakai. Pastinya kamu akan mencari vendor yang sesuai dengan budget dan juga selera. Siapa tahu harganya murah tapi ternyata jauh di bawah ekspektasi kamu dan pasangan.

Menyesuaikan selera kamu dan pasangan juga tak berarti mahal loh. Ada beberapa vendor yang bisa memenuhi keinginan tanpa perlu menguras budget. Tidak adanya informasi vendor bisa menjadi salah satu trik dari wedding organizer penipu. Kamu jadi tidak bisa melakukan verifikasi atau crosscheck terhadap vendor yang dipakai.

Selain itu, kamu dan pasangan juga perlu curiga bila vendor yang diberikan misalnya ternyata belum banyak pengalaman atau tidak memiliki media sosial atau data yang dibutuhkan. Keterbukaan informasi menjadi solusi untuk menghindari wedding organizer penipu. Begitu tidak memberikan informasi lengkap, ada baiknya kamu dan pasangan curiga terhadap surat penawaran.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari wedding organizer penipu. Ingat bahwa jangan terfokus pada harga yang murah atau iming-iming gedung yang sesuai dengan pilihan kamu. Sebab, kamu dan pasangan harus mengetahui semua elemen penawaran dengan detail. Portfolio dan pengalaman wedding organizer juga menjadi hal penting sebagai bahan pertimbangan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...