Tips memilih Wedding Venue Bernuansa Intimate

15 Sep 2020 | By Wedding Market | Viewers: 22
Tips memilih Wedding Venue Bernuansa Intimate
Foto: Nibble

Pernikahan merupakan momen yang tentunya sangat dinantikan oleh semua orang. Namun, karena adanya pandemi Covid-19 ini, pemerintah menghimbau masyarakat untuk tidak berkumpul dan berkerumun di suatu tempat. Lalu bagaimana dengan kelangsungan acara pernikahan? Solusinya, kamu bisa mengadakan pernikahan di wedding venue intimate untuk membatasi berkumpulnya orang banyak.

Mungkin beberapa orang termasuk kamu masih merasa asing dengan istilah intimate weddings ini, padahal konsep pernikahan ini sudah ada sejak lama, namun memang baru tren kembali pada saat pandemi Covid-19 ini. Apabila diartikan, kata intimate bisa diterjemahkan sebagai intim atau lebih pribadi, sehingga bisa diartikan bahwa intimate weddings ini adalah pernikahan yang dilakukan secara lebih intim.

Intim disini maksdunya, acara pernikahan diadakan hanya dengan mengundang orang-orang terdekat saja, seperti keluarga, sahabat, dan teman terdekat saja. Sehingga, suasana pernikahan akan terasa lebih intim dan hangat. Serta biasanya intimate weddings ini mengundang tamu tidak lebih dari 100 orang.

Untuk melangsungkan acara pernikahan dengan tamu undangan yang sedikit ini, tentunya kamu dan pasangan juga hanya perlu mencari wedding venue yang tidak terlalu luas, agar sesuai dengan konsep dan tentunya bisa menghemat budget untuk venue dan dekorasi. Nah, disini akan kami ulas beberapa tips wedding venue intimate yang bisa jadi bahan referensimu. 

Dalam memilih venue untuk pernikahan intimate ini, kamu bisa memilih di area indoor maupun outdoor. Keduanya bisa menjadi pilihan yang tepat, namun yang perlu ditekankan adalah luas dari venue tersebut, pilihlah wedding venue yang memiliki ukuran yang cukup untuk menampung sekitar 100 orang. 

Jika kamu memilih untuk melangsungkan pernikahan di area indoor, kamu bisa mengadakannya di rumah, kafe, atau restoran. Karena apabila kamu mengadakan pernikahannya di gedung, biasanya gedung pernikahan sudah didesain untuk menampung orang-orang dalam jumlah yang banyak. Sehingga, wedding venue di gedung tidak masuk ke dalam list wedding venue intimate ini.

1. Memilih wedding venue di rumah

Apabila kamu menentukan pilihan untuk menggelar pernikahan di rumah, itu bisa jadi pilihan yang baik. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan survey tempat dahulu, karena sudah dipastikan kamu sudah tahu seluk-beluk tata rumahmu, sehingga menentukan dekorasi pun akan lebih mudah.

Selain itu, apabila kamu memilih untuk melangsungkan acara pernikahan di rumah kamu sendiri, tentunya kamu juga akan lebih menghemat biaya, karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa wedding venue. Kemudian, kamu dan keluarga juga tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk pergi mengakses lokasi pernikahan. Lebih simpel dan lebih hemat bukan?

Jadi, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membayar vendor yang akan memasang dekorasi pernikahan di rumahmu dan juga membayar catering untuk prasmanan di pernikahan nanti. Selain di rumah, yang bisa menjadi wedding venue intimate secara indoor juga yaitu di kafe.

2. Memilih wedding venue di Kafe

Kafe bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menggelar intimate weddings ini jika kamu menginginkan suasana yang berbeda dari rumah. Luas kafe yang tidak terlalu luas, memang sangat cocok untuk mengundang tamu-tamu dalam jumlah sedikit. Selain itu, dengan memilih di kate, kamu juga hanya perlu mempersiapkan dekorasi tambahan, sehingga budget yang dikeluarkan tidaj terlalu membludak.

Dengan mengadakan acara pernikahan di kafe, kamu juga bisa bekerja sama dengan pihak kafe untuk urusan prasmanannya. Sehingga, kamu tidak perlu kewalahan untuk mencari jasa layanan catering. Dalam memilih kafe yang tepat, kamu harus memperhatikan susunan bangunan kafe itu sendiri. 

Usahakan untuk memilih kafe yang mempunyai ruangan yang lapang, tidak mempunyai banyak sekat pemisah yang membuat blok-blok kecil pada kafe. Selain itu, pilihlah kafe yang berlokasi dekat dengan rumah kamu, dan aksesnya mudah untuk dituju, hal ini dilakukan untuk memudahkan kamu dan keluarga ketika hari-H pernikahan nanti.

3. Memilih wedding venue di Restoran

Selain di rumah dan kafe, kamu juga bisa memilih wedding venue intimate di restoran. Tidak berbeda jauh dengan pembahasan sebelumnya, tips untuk memilih kafe yang tepat juga bisa kamu terapkan untuk memilih restoran yang tepat sebagai tempat melangsungkan acara pernikahan. 

Namun, biasanya restoran akan mempunyai tempat yang lebih luas dari kafe. Maka dari itu, kamu bisa menyesuaikannya kembali, apakah kamu akan menyewa seluruh restoran untuk melangsungkan acara pernikahanmu, atau kamu memutuskan untuk menyewa separuh restoran saja untuk acara pernikahanmu itu. Semuanya bisa diatur dengan baik, asal kamu bisa mengkomunikasikannya dengan baik.

Kamu Juga Bisa Memilih Wedding Venue Intimate Outdoor


Kemudian, apabila kamu menginginkan suasana di area outdoor, kamu juga bisa memilih wedding venue intimate di area taman atau tempat pariwisata lainnya yang mengusung suasana outdoor. Dengan memilih area outdoor, kamu juga bisa turut mengikuti himbauan pemerintah untuk mengadakan acara di luar ruangan agar sirkulasi udara tetap berjalan dengan baik.

Biasanya pernikahan yang diadakan di area outdoor ini rata-rata memang mengusung konsep intimate weddings. Dimana tidak mengundang terlalu banyak orang. Hal ini dikarenakan pemilihan area wedding venue outdoor itu sendiri yang biasanya sulit untuk mendapatkan area yang sangat luas. 

Seperti di taman, kapasitas taman rata-rata hanya mampu menampung sekitar 100 sampai 200 orang. Hal ini tetunya sesuai dengan konsep yang diusung oleh intimate weddings. Dengan memilih di taman, kamu bisa merencanakan tema garden party, rustic, minimalis, natural, dan lain sebagainya. 

Di area taman juga biasanya sudah tersedia bangku-bangku baik itu terbuat dari kayu ataupun besi, kamu hanya perlu meminta vendor untuk menyusunnya sesuai dengan konsep pernikahanmu dan juga bisa menambahkan kursi sendiri apabila ada kekurangan atau ada ketidaksesuaian.

Selain itu, memilih wedding venue intimate di taman juga akan lebih memunculkan unsur hangat, karena asrinya pemandangan taman yang bisa dinikmati, maka akan membuat suasana lebih terasa kehangatannya dan keintimannya. Sehingga, saat ini banyak orang yang memilih untuk mengadakan acara pernikahan di taman.

Selain di taman, kamu juga bisa memilih untuk menggelar acara pernikahan di tempat pariwisata. Hal ini masih jarang, karena tidak banyak pula tempat pariwisata yang mau menyewakan tempatnya seharian penuh untuk dipakai seharian. Tetapi kembali lagi ke pihak pengelola tempat pariwisatanya itu lagi. 

Terkadang apabila disewa di hari kerja, pihak pengelola tempat pariwisata biasanya akan lebih memilih untuk menyewakan untuk menggelar acara pernikahan, karena biasanya pada hari kerja itu cenderung lebih sepi pengunjung. Kamu bisa menyesuaikan konsep pernikahan yang telah kamu rencanakan dengan susunan tempat pariwisata tersebut.

Untuk pemilihan dekorasinya sendiri, pilihlah dekorasi yang menitikberatkan fokus pada spot tertentu, seperti, pada spot pelaminan dan spot foto. Hal ini dilakukan untuk lebih memfokuskan perhatian para tamu undangan tertuju pada pengantin yaitu di spot pelaminan, dan juga spot foto menjadi sorotan karena untuk memudahkan pendokumentasian. 

Nah itulah beberapa tips untuk memilih wedding venue intimate yang bisa kamu coba, terutama di masa pandemi Covid-19 ini yang melarang untuk berkumpulnya orang banyak, maka kamu bisa memilih konsep intimate weddings.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket