Tips Memilih Wedding Venue Outdoor

01 Sep 2020 | By Wedding Market | Viewers: 239
Tips Memilih Wedding Venue Outdoor
Foto: The Olives

Sudah sejauh mana rencana pernikahanmu dengannya? Apakah sudah menentukan tanggal? Lalu bagaimana dengan venue-nya? Kalau temanya bagaimana? Aduh, ternyata banyak sekali ya yang harus kamu persiapkan untuk hari bahagiamu itu. Sebenarnya mudah kok, kamu pikirkan dulu konsepnya mau seperti apa, kemudian pilih akan menggunakan wedding venue outdoor atau indoor.

Setelah menentukan wedding venue, kamu dan pasangan juga harus memikirkan dekorasinya akan menggunakan vendor pernikahan yang mana, kemudian jangan lupa juga mengenai catering, hiburan yang akan diusung, kemudian hal-hal kecil lainnya seperti souvenir, undangan, master of ceremony, dan lain sebagainya.

Yuk pelan-pelan kita bahas satu per satu. Yang pertama, mengenai konsep pernikahan. Rundingkan mulai dari sekarang, apakah kamu dan pasangan akan menggunakan konsep tradisional atau modern. Pemilihan konsep ini merupakan hal yang paling penting, yang bisa dibilang sebagai kunci dari runtutan persiapan lainnya.

Karena, dengan penentuan konsep pernikahan yang matang di awal, sudah bisa dipastikan bahwa rangkaian persiapan lainnya pun bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, penentuan konsep juga akan sangat berpengaruh pada penentuan wedding venue. Karena terdapat beberapa rangkaian acara yang bisa dilakukan hanya di indoor saja dan juga sebaliknya hanya bisa dilakukan di outdoor saja.

Sehingga, kematangan suatu konsep pernikahan ini adalah kunci penentu untuk melakukan perencanaan persiapan nikah yang lainnya. Setelah memutuskan konsep pernikahan yang jelas, barulah kamu bisa menentukan wedding venue-nya. Nah, untuk wedding venue ini sendiri, secara garis besarnya ada dua pilihan, wedding venue indoor dan wedding venue outdoor.

Kedua wedding venue ini tentunya memiliki keunggulan dan kekurangannya, namun kembali lagi ke konsep pernikahan apa yang akan kamu usung, maka kekurangan dari wedding venue bisa diminimalisir. Untuk wedding venue area outdoor atau area pernikahan di luar ruangan ini biasanya mempunyai persiapan dan pertimbangan yang lebih banyak dari wedding venue indoor.

6 Tips Memilih Wedding Venue Outdoor

Tips Memilih Wedding Venue Outdoor
Foto: Sovi

Namun, meskipun begitu, wedding venue outdoor semakin digemari hingga saat ini, karena dengan melangsungkan acara pernikahan di luar gedung, dapat membuat suasana terasa lebih leluasa karena berada di area luar ruangan yang luas tanpa adanya hambatan bangunan. Nah, inilah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan ketika akan memilih venue pernikahan.

1. Perhatikan Musim dan Cuaca

Yang pertama, kamu harus memperhatikan musim dan cuaca di tanggal pernikahan kamu akan dilangsungkan. Hal ini sangat penting, karena mengingat bahwa acara pernikahan kamu akan digelar di luar area gedung, maka pertimbangan cuaca sangatlah penting untuk keberlangsungan acara dan juga untuk kenyamanan para tamu undangan.

Sebaiknya, kamu dan pasangan melangsungkan pernikahan di musim panas, karena pilihan di musim ini merupakan pilihan yang mempunyai sedikit risiko bila dibandingkan dengan mengadakan pernikahan di musim hujan. Bisa kamu bayangkan sendiri, bagaimana jadinya apabila pada saat prosesi akad atau resepsi, malah terjadi hujan secara tiba-tiba. Menyedihkan bukan?

Kemudian, selain tiba-tiba terjadi hujan, bisa saja wedding venue outdoor kamu berada dalam suasana yang masih becek bekas hujan semalam. Bukankah itu akan merusak suasana? Tentunya kamu dan pasangan pun akan merasa tidak nyaman untuk memasuki vsnue tersebut, sama halnya dengan tamu undangan pun pasti akan merasa tidak nyaman.

Momen yang seharusnya dihabiskan dengan suasana yang bahagia, justru malah menjadi momen yang menyedihkan bahkan memalukan. Jadi, untuk menghindari terjadinya hal ini, lebih baik kamu melangsungkan pernikahan di area outdoor pada musim panas. Selain terhindar dari hal-hal menyedihkan tadi, suasananya pun akan lebih cerah sehingga proses pendokumentasian pun akan berjalan lebih mudah.

2. Pastikan Akses Lokasi Terjangkau

Selain mempertimbangkan musim dan cuaca, apabila kamu menginginkan untuk melangsungkan pernikahan secara outdoor, kamu juga harus mempertimbangkan wedding venue outdoor yang aksesnya terjangkau. Maksudnya, carilah lokasi pernikahan yang aksesnya dekat dari kedua belah pihak, namun apabila kamu dan pasangan berbeda domisili, pilihlah akses yang dekat dengan kamu.

Selain memilih lokasi yang dekat dengan kamu, kamu juga harus mempertimbangkan akses untuk menuju ke wedding venue itu harus mudah diakses oleh tamu undangan. Jadi, pilihlah tempat yang strategis sebagai wedding venue kamu, agar lebih memudahkan bagi semua pihak.

3. Sesuaikan dengan Konsep Pernikahan

Selain lokasinya yang terjangkau, kamu juga harus menyempatkan waktu untuk melakukan survey secara langsung untuk melihat wedding venue tersebut. Dengan melakukan survey secara langsung, kamu akan lebih mudah untuk menentukan, menggambarkan, dan menyesuaikan konsep pernikahan yang telah kamu rencanakan.

Biasanya, dalam menerapkan suatu konsep pernikahan di area outdoor ini akan terkesan lebih mudah daripada penerapan konsep di area indoor. Baik itu konsep tradisional maupun modern, keduanya bisa diterapkan dengan mudah. Dengan mengusung konsep modern yang sangat beragam pun, tentunya fleksibel untuk diterapkan di wedding venue outdoor.

Nah, inilah salah satu keunggulan dari konsep pernikahan yang diadakan di area outdoor. Kamu bisa membuat konsep garden party, konsep outdoor minimalis, konsep outdoor rustic, maupun yang lainnya. Kamu juga bisa menyesuaikan konsep dengan venue, seperti konsep di pantai, konsep di taman, konsep di cafe, maupun yang lainnya. 

4. Periksa Fasilitas yang Disediakan

Selain menyesuaikan konsep, jangan lupa lakukan juga pemeriksaan terhadap fasilitas apa saja yang tersedia di lokasi tersebut. Walaupun konsepnya outdoor, tetapi tetap saja kamu memerlukan beberapa fasilitas untuk mendukung kelancaran acara kamu.

Diantaranya yaitu periksa apakah venue yang akan kamu gunakan mempunyai kapasitas yang mampu untuk menampung tamu undangan, apakah di venue tersebut  tersedia kamar mandi, parkiran yang luas, sistem keamanan yang terjamin dan terpercaya, dan fasilitas lainnya. 

5. Sesuaikan dengan Budget

Kemudian, pikirkan juga mengenai budget. Biasanya wedding venue outdoor yang sudah sering digunakan, sudah bekerja sama dengan vendor pernikahan, sehingga biasanya mereka menyediakan paket agar pembiayaan bisa lebih terjangkau. Namun, apabila kamu melangsungkan pernikahan di tempat yang belum bekerja sama dengan vendor pernikahan, maka kamu bisa mencarinya secara terpisah.

Nah, apabila wedding venue dan vendor pernikahan itu kamu dapatkan secara terpisah, maka kamu harus bisa mengkomunikasikan secara baik-baik mengenai konsep yang kamu punya, keinginan yang kamu pinta terhadap pihak venue dan juga terhadap pihak vendor. Sehingga, keduanya bisa saling bekerja sama untuk merancang pernikahan yang terbaik untuk kamu.

6. Lakukan Pemesanan Sedini Mungkin

Setelah menemukan kecocokan dari segala segi, baik dengan pihak venue maupun pihak vendor, hendaknya kamu segera melakukan pemesanan. Pemesanan ini lebih baik dilakukan sejak sedini mungkin, karena apabila mendakak, hal yang ditakutkan adalah venue sudah dipesan oleh orang lain.

Dengan pemesanan yang dilakukan dari jauh-jauh hari ini pun, menunjukkan adanya persiapan yang matang dari kamu dan pasangan. Sehingga, pihak venue dan pihak vendor pernikahan pun tidak akan meragukan niat dan itikad dari kamu dan pasangan, dengan terciptanya hal ini, maka seluruh persiapan dapat dilakukan dengan lebih cermat, cepat, dan tentunya tepat.

Nah, itulah  beberapa tips untuk memilih wedding venue outdoor yang bisa kamu coba. Setelah kamu yakin dengan tips di atas, kini saatnya kamu untuk memilih vendor venue pernikahan!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket