Pilih Kategori Artikel

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Lamaran Nikah ke Pacar
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Apakah kamu masih ingat bagaimana rasanya saat pertama kali menyatakan cinta kepada pacarmu sekarang? Perasaan bahagia meluap bersama dengan rasa deg-degan. Perasaan yang mirip akan kamu rasakan saat dilamar, atau bahkan kamu bisa semakin terharu karena momen ini yang akan menandakan bahwa kamu dan pasangan akan melanjutkan hubungan ke arah yang lebih serius. 

Tak heran jika banyak orang yang ingin mempersiapkan acara ini dengan sungguh-sungguh untuk membuatnya semakin berkesan dan romantis. Jika kamu juga salah satu orang yang ingin mempersiapkan acara lamaran nikah dengan lebih berkesan dan bisa diingat dalam waktu yang lama, beberapa hal ini harus kamu persiapkan. Simak sampai habis, ya!

1. Kenali hal yang disukai pasangan

Berapa lama pun kamu menjalin hubungan dengan pasanganmu, pastikan kamu sudah mengetahui apa saja hal yang ia sukai dan hal yang tidak ia sukai. Misalnya, jika ia suka ke tempat makan enak, tapi tidak menyukai ketinggian, ada baiknya untuk mempertimbangkan melamarnya di restoran yang berada di ketinggian walaupun mungkin bagi kebanyakan orang tempat tersebut dianggap romantis. Sesuaikan lokasi, konsep, dan hal lainnya dengan hal yang benar-benar ia sukai. Selain membuatnya senang, hal ini juga akan memberikan kesan bahwa kamu memikirkan momen ini dengan bersungguh-sungguh. Ketulusanmu dalam mempersiapkan lamaran pun akan lebih tersampaikan.

2. Siapkan cincin

wm_article_imgBenda yang satu ini merupakan sebuah benda esensial yang akan menjadi primadona di acara lamaranmu. Untuk itu, kamu harus menyiapkan cincin dengan sebaik mungkin. Beberapa hal yang harus kamu siapkan, salah satunya adalah ukuran cincin. Cari cara untuk mengetahui ukuran cincin pasanganmu tanpa membuatnya curiga. Salah satunya adalah dengan diam-diam mengukur cincin yang sudah ia punya atau minta bantuan kepada anggota keluarganya.

Selain ukuran cincin, gaya yang dipilih juga harus sesuai dengan preferensi pasangan. Jika ia sering mengenakan cincin, kamu bisa melihat gaya seperti apa dari cincin-cincin yang sering dikenakannya. Namun, jika ia tidak terbiasa mengenakan cincin, kamu bisa melihat gaya dan kesukaannya dari penampilannya secara keseluruhan. Apakah ia menyukai gaya yang minimalis atau justru yang ekstra.

3. Reservasi tempat atau siapkan lokasi romantis

wm_article_imgLokasi akan menjadi salah satu hal yang memengaruhi bagaimana acara lamaranmu berjalan. Pemilihannya harus tepat jika ingin mendapatkan suasana yang romantis. Beberapa tempat bisa kamu pilih untuk menjadi lokasi lamaran pernikahan. Salah satunya adalah tempat pertama kali kalian bertemu untuk menunjukkan bahwa kamu mengingat detail-detail tentang hubungan kalian. Perasaan deg-degan di perjumpaan pertama juga bisa hidup kembali. 

Selain itu, lokasi favorit lainnya yang mungkin berkesan untuk kalian atau sering kalian kunjungi juga akan cocok digunakan untuk tempat melamar. Misalnya, di taman, pantai, atau restoran favorit. Jika ingin opsi yang lainnya karena merasa tempat pertemuan pertama atau lokasi favorit terlalu biasa, kamu juga bisa memilih tempat lain, seperti restoran untuk membangun mood yang romantis.  Jangan lupa untuk melakukan reservasi sebelumnya, bila perlu katakan tujuanmu bahwa kamu akan melamar pacarmu, siapa tahu pihak pengelola lokasi tersebut bisa membantu mempersiapkan dan memberikan dukungan.

4. Rencanakan waktu yang tepat

Tentukan jenis momen yang ingin kamu ciptakan. Apakah kamu ingin melamarnya saat makan malam romantis, saat sedang jalan-jalan, atau di tengah momen spesial seperti ulang tahun atau liburan. Pertimbangkan juga apakah kamu ingin melamarnya saat berdua atau memberikan kejutan di depan teman-teman. Untuk memutuskan hal ini, kamu harus memahami kepribadian yang ia miliki. Jangan sampai kejutanmu malah membuatnya tidak nyaman.

Pilihlah waktu di saat pasangan merasa nyaman dan santai, misalnya setelah makan malam yang lezat atau setelah melakukan kegiatan yang kalian nikmati bersama-sama. Jangan lupa untuk memperhatikan cuaca dan kondisi lingkungan jika ingin melamar di luar ruangan.

5. Siapkan kalimat yang akan kamu ucapkan

wm_article_imgSelain memberikan cincin dan melamar pasangan, kamu harus mengatakan beberapa kalimat sebagai pengantar. Penting untuk menyiapkan kata-kata yang akan kamu ucapkan supaya tidak bingung ketika akan memulai. Ekspresikan perasaanmu, kenapa kamu ingin melamar, dan harapanmu untuk masa depan bersama. Tidak perlu bertele-tele dan terlalu berusaha untuk memberikan kata-kata yang manis, yang penting adalah ketulusan dari hati. Cobalah untuk mengatakan hal-hal yang benar-benar kamu rasakan dan kenapa pasanganmu begitu istimewa bagimu.

Walaupun kelihatan simpel, banyak kasus di mana seseorang akan merasa gugup dan lupa kata-kata yang sudah disiapkan tersebut. Untuk mengatasi hal ini, lakukanlah latihan beberapa kali agar kamu tidak gugup dan bisa mengungkapkan perasaan dengan lancar.

6. Pikirkan tentang dokumentasi

Pengalaman yang berkesan ini mungkin akan selalu teringat-ingat di pikiran dalam waktu yang lama. Namun, tak ada salahnya untuk menyiapkan dokumentasi untuk mengingat momen dengan lebih jelas dan membagikannya kepada anak-anak nantinya. Jika memungkinkan, mintalah seorang teman atau anggota keluarga untuk merekam atau mengambil foto momen lamaran. 

Pertimbangkan juga untuk menyewa fotografer profesional yang bisa mengabadikan momen lamaran dengan kualitas yang lebih bagus. Fotografer yang berpengalaman bisa membantu mengatur momen dan menangkap ekspresi yang lebih natural dan spontan.

7. Persiapkan atribut tambahan

wm_article_imgSelain mempersiapkan cincin, kamu juga perlu mempersiapkan atribut lainnya jika ingin membuat acara lamaran semakin meriah. Beberapa barang yang bisa kamu siapkan, seperti buket bunga untuk diberikan kepada pasangan. Selain itu, Pertimbangkan juga hal-hal kecil yang bisa membuat momen lebih spesial, seperti lilin, balon, atau dekorasi lainnya yang sesuai dengan tema lamaranmu.

Jika ingin menambah elemen visual, kamu juga bisa menggunakan slide berisi foto-foto, video, atau pesan dari keluarga. Untuk mengakomodasi hal ini, tentunya kamu membutuhkan proyektor dan dan speaker sehingga kamu harus menyediakannya juga.

8. Latihan menghadapi situasi

Selain latihan untuk mengucapkan apa saja kata-kata yang akan kamu sampaikan, penting juga untuk berlatih menghadapi berbagai situasi yang mungkin akan terjadi. Cobalah untuk berbicara di depan cermin untuk menambah rasa percaya diri. Berlatih menghadapi berbagai situasi yang mungkin timbul juga akan mengurangi kecemasan yang mungkin muncul. Misalnya, bagaimana jika ternyata dia terlalu speechless, terharu hingga menangis, dan lain sebagainya.

Namun, selalu ingat bahwa momen ini adalah momen bahagia sehingga cobalah untuk  bersantai dan menikmati berbagai prosesnya. Sebelum mengungkapkan perasaan, kamu juga bisa melakukan teknik relaksasi, seperti pernapasan dan meditasi untuk menenangkan pikiran.

9. Siapkan musik dan bangun suasana

wm_article_img
Musik adalah salah satu elemen yang akan membantumu dalam menciptakan suasana romantis. Siapkan playlist untuk menciptakan nuansa ini, misalnya musik lembut favorit kalian berdua atau musik instrumental yang menenangkan. Pikirkan bagaimana musik ini akan diputar. Apakah kamu perlu menyiapkan speaker atau sudah disediakan di lokasi. Jika melamar di tempat umum, seperti restoran, kamu bisa meminta pengurus untuk menyiapkan lagu dan perlengkapannya untukmu. Jika ada live music, kamu juga bisa request lagu sebelumnya. Pastikan tempat lamaran memiliki pencahayaan yang baik dan suasana yang nyaman.

10. Hubungi keluarga dan teman

Sebelum melamar kekasihmu, jangan lupa untuk meminta doa restu kepada kedua orang tua. Kamu juga bisa melibatkan keluarga dan teman-teman dalam rencana lamaran atau bahkan selama prosesnya. Mereka bisa membantu menciptakan momen yang lebih meriah dan penuh haru, serta bisa menambah elemen kejutan yang spesial.

Perlu kamu catat bahwa persiapan lamaran nikah ini sebaiknya dilakukan dengan diam-diam untuk memberikan efek kejutan. Meskipun banyak hal yang harus dipersiapkan, hasilnya akan terasa memuaskan karena akan selamanya terkenang dalam memori.

Foto cover: instagram.com/sinisukanthony

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...