Pilih Kategori Artikel

10 Inspirasi Kebaya Pengantin Modern, Tampil Anggun Kekinian di Hari Istimewa
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kebaya merupakan pakaian tradisional Asia Tenggara, khususnya Indonesia, yang sering dikenakan dalam berbagai kesempatan. Biasanya pakaian ini akan dipakai saat ada momen-momen peringatan tertentu atau momen istimewa, seperti lamaran dan pernikahan walaupun kini semakin banyak juga yang menormalisasinya untuk dikenakan sehari-hari. 

Indonesia sendiri memiliki berbagai jenis kebaya, seperti kebaya Jawa, encim, Sunda, Bali, hingga kutubaru. Kini semakin banyak desain kebaya hasil modifikasi yang makin modern. Oleh sebab itu, perlu adanya pembeda yang menunjukkan kebaya untuk dipakai sehari-hari atau untuk acara seperti pernikahan.

Acara pernikahan bisa saja memiliki model yang modern, tapi bagi beberapa orang mungkin perlu juga dibuat dengan sentuhan yang membuatnya terlihat lebih elegan. Nah, untuk melihat berbagai kebaya pengantin modern yang kini memiliki berbagai desain menarik, simak beberapa inspirasinya berikut ini, yuk!

1. Kebaya dengan ekor panjang menjuntai

wm_article_img
Busana pengantin: Sanggar Kayo

Untukmu yang ingin mengenakan tail layaknya pada gaun pernikahan internasional, tapi tetap ingin menikah dengan tema tradisional, kebaya dengan tail yang menjuntai ini bisa dijadikan pilihan. Desain bisa dibuat fit body dengan kancing hingga bagian pinggang. Jika tak ingin terlalu tenggelam karena ukuran tubuh yang pendek, kamu bisa memilih model off shoulder yang akan mengekspos bahumu sehingga terlihat lebih jenjang. Tentu kamu bisa melengkapi penampilan dengan mahkota khas sesuai dengan tradisi yang kamu pilih.

2. Kebaya beludru panjang

wm_article_img
Busana pengantin: Sanggar Kayo

Tak hanya kebaya biasa, kebaya dari kain beludru khas adat Jawa ini juga bisa dibuat lebih kekinian dengan menambahkan tail pendek. Pada bagian tail inilah, aksen bordir dengan warna emas yang menawan bisa ditambahkan. Selain warna hitam dan emas yang mendominasi, kamu juga bisa menambahkan detail-detail kecil untuk memperindah tampilan seperti payet yang ditaruh di permukaan pakaian.

3. Kebaya dengan tail yang seolah terpisah

wm_article_img
Kebaya pengantin: Gugi Nugraha

Jika dua kebaya sebelumnya memiliki tail yang menyambung dengan kebaya itu sendiri, kebaya yang satu ini memiliki tail yang seolah membuatnya terlihat seperti two pieces. Sekilas kebaya memiliki bentuk yang biasa saja, tapi tail muncul sebagai aksen yang dijahit dari bagian pinggang. Bagian ini akan memberikan kesan yang unik dan kekinian pada tampilanmu karena eksperimennya. Untuk kesan yang tidak berlebihan, warna yang dipilih bisa yang kalem seperti nude.

4. Kebaya dengan cape

wm_article_img
Kebaya pengantin: Gugi Nugraha

Cape adalah pakaian tambahan yang memanjang dari bahu ke belakang, biasanya dikenakan dengan cara diikatkan di bagian leher. Namun, kini semakin banyak model cape, salah satunya dengan cara dijahit yang membuat penggunanya tidak repot karena lebih aman. Biasanya cape ini dikenakan untuk acara formal, seperti pada dress. Kini, kebaya pun juga bisa ditambah aksen yang satu ini untuk membuatnya tampak lebih kekinian. Cape yang ditambahkan bisa dibuat sepanjang punggung, tapi bisa disambung juga hingga ke tail yang panjang menjuntai, lo.

5. Kebaya kutubaru

wm_article_img
Kebaya pengantin: Gugi Nugraha

Kebaya kutubaru merupakan kebaya yang memiliki bentuk khas, yaitu adanya gier atau bef yang merupakan kain tambahan di bagian dada yang menghubungkan sisi kanan dan kiri. Meskipun merupakan salah satu kebaya dengan usia yang cukup tua, kutubaru tetap tak ketinggalan zaman dan bisa terlihat kekinian.

Salah satunya adalah dengan membuatnya memiliki cutting yang tak hanya lurus, tapi dengan gelombang dan melebar di bagian bawahnya. Kebaya warna putih ini juga bisa dilengkapi dengan manik-manik mutiara di permukaannya sehingga bisa terlihat naik kelas. Gaya yang sederhana, tapi tetap anggun cocok untuk momen akad nikah.

6. Kebaya dengan kerah tinggi

wm_article_img
Kebaya Pengantin: Fadlan Indonesia

Selain dipengaruhi oleh budaya Arab, pengantin Betawi juga dipengaruhi oleh budaya Tionghoa. Makanya, jika memutuskan mengenakan kebaya, model kerah tinggi ini bisa dipilih. Desain yang satu ini juga cocok dikenakan untukmu yang berhijab sehingga bisa lebih mudah menutup bagian leher.

Untuk membuatnya lebih kekinian, pilih warna-warna yang netral seperti putih atau warna lembut seperti pastel. Selain itu, pastikan pemilihan aksesori juga diperhatikan, ya. Warna putih atau perak akan memberikan kesan lebih elegan pada penampilanmu.

7. Kebaya dengan model tunik

wm_article_img
Kebaya pengantin: Ronauli Liu

Selain kebaya dengan kancing di bagian depan, saat ini makin ramai kebaya yang memiliki bentuk tunik. Biasanya kebaya jenis ini memiliki resleting di bagian belakangnya untuk menggantikan fungsi kancing. Untuk membuat tunik lebih menarik dan tidak hanya polosan, banyak aksen yang bisa ditambahkan, misalnya belahan di bagian samping seperti pada gambar.

Selain itu, berbagai macam payet juga bisa dipasang untuk menambah cantik penampilan. Umumnya, potongan untuk bagian leher bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan, bisa dibuat off shoulder hingga model bulat biasa untuk yang berhijab.

8. Kebaya brokat tiga dimensi

wm_article_img
Kebaya pengantin: Wiranti Kurnia Bride

Brokat menjadi salah satu jenis kain yang paling sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kebaya karena memiliki pattern yang sudah cantik. Ada juga kebaya yang memiliki motif tiga dimensi yang membuatnya terlihat lebih mewah dari yang biasa. Untuk membuatnya lebih kekinian, kebaya tiga dimensi ini bisa ditambahkan payet-payet dengan warna yang netral sesuai warna kain. Nah, lagi-lagi warna kebaya yang bernuansa nude akan memberikan kesan modern daripada yang vibrant.

9. Kebaya tunik dengan layer

wm_article_img
Kebaya: Kaara Bride

Walaupun kebaya modern rata-rata memiliki warna yang lebih lembut, bukan berarti kamu tak bisa mengenakan kebaya dengan warna yang bold, kok. Kamu bisa memilih kebaya dengan warna merah berani seperti yang dikenakan Rachel Amanda ini. Pilih model tunik dengan bagian bawah yang terbuat dari dua layer. Potongan bagian leher juga bisa dibuat lebih rendah untuk membuat tampilanmu lebih elegan. Kebaya yang satu ini cocok untukmu yang ingin tampil sederhana, tapi tetap outstanding di hari istimewa.

10. Kebaya yang penuh dengan payet

wm_article_img
Kebaya pengantin: Berkat Kebaya

Sekilas dilihat kebaya ini seolah seperti terbuat dari jenis kain yang unik, padahal jika diperhatikan lagi, kebaya ivory ini sebenarnya dari bahan kain bermotif biasa yang dipenuhi payet. Tampilan ini bisa membuatmu terlihat tetap sakral dan modern sekaligus. Untuk melengkapi penampilan, kamu bisa memilih sanggul yang kental dengan konsep tradisional dan memadukannya dengan veil panjang dari kain tulle yang membuatmu terlihat lebih kekinian.

Nah, itu dia beberapa inspirasi kebaya pengantin modern dari yang sederhana hingga yang memiliki berbagai tambahan aksen, cocok untuk pernikahan adat maupun nasional yang lebih modern. Bagaimanapun modelnya, tak mengurangi keanggunan dan keeleganan pemakainya.

Bagi kamu yang ingin mencari inspirasi kebaya pernikahan modern kekinian ataupun  berbagai kebutuhan lainnya untuk hari istimewamu, kunjungi WeddingMarket Festival, pameran pernikahan tradisional dan nasional terbesar di Indonesia tahun ini  yang akan diselenggarakan pada 18-19 Februari 2023 di The Krakatau Grand Ballroom.

Kamu dapat berdiskusi dengan berbagai vendor-vendor pernikahan yang menyediakan segala kebutuhan untuk mewujudkan pernikahan impian, mulai dari venue, catering, hingga busana pengantin, baik untuk konsep pernikahan tradisional maupun internasional. Dapatkan juga berbagai promo menarik dan beragam activation yang hanya bisa diperoleh selama pameran berlangsung, seperti:

  • Kesempatan memenangkan Grand Prize (1 Unit Mobil Daihatsu Sigra, 1 Unit Motor Honda Scoopy, 1 Honeymoon to Bali 2D1N, 1 Unit Smartphone Samsung)
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo menarik dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Serta berbagai dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • Nikmati juga Free Test Food dan rasakan suasana MAGICAL GARDEN dalam pameran ini

Jangan sampai terlewatkan! Pesan Tiket Masuk WeddingMarket Festival Gratis dengan klik di tautan ini. Sampai berjumpa di WeddingMarket Festival, Dears!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...