Pilih Kategori Artikel

10 Judul Musik Instrumental yang Cocok untuk Pernikahan, Wajib Masuk Daftar Pilihan!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menggunakan lagu-lagu dengan lirik indah di pernikahan sudah sangat biasa. Rekomendasi judul dari berbagai genre dan negara pun sudah sangat mudah kamu jumpai. Namun, musik pernikahan tidak melulu harus diiringi oleh lagu dengan lirik-lirik indahnya saja.

Agar pernikahan lebih hikmat dan elegan, kamu bisa menggunakan alunan musik instrumental klasik untuk mengiringi acara dari awal hingga selesai. Biasanya musik seperti ini sering terdengar di ruang tunggu hotel atau acara-acara resmi bergengsi. Beberapa dari kamu mungkin pernah terbersit, “Kok musiknya enak, ya?”

Kemungkinan salah satu musik instrumental tersebut bisa kamu gunakan untuk acara pernikahan. Musik pernikahan dengan alunan klasik dapat diputar ketika para tamu sedang asyik makan atau menikmati obrolan bersama orang lain. Sebelum pengisi musik menyanyikan lagu-lagu andalannya, kekosongan bisa diisi dengan alunan nada klasik.

Biasanya musik-musik klasik tidak memiliki lirik tetapi nadanya dapat menenangkan jiwa dan memberi kesan romantis bagi siapapun yang mendengar. Pernikahan juga berkesan elegan ketika kamu menggunakan musik instrumental. Karena, lagu-lagu klasik ini dirangkai oleh nada-nada indah yang dimainkan dengan berbagai macam alat musik.

Ini dia 10 rekomendasi musik klasik yang cocok untuk pernikahan. Bikin tamu langsung betah lama-lama di acara kamu!

wm_article_img
Fotografi: Maximus Pictures

1. Canon in D

Begitu mendengarkan alunan musik klasik karya Johann Pachelbel ini, kamu akan langsung mengenalinya. Diantara banyaknya musik instrumental klasik, karya Johann termasuk salah satu yang terbaik.

Canon in D begitu populer dan sering digunakan untuk kebutuhan komersial seperti iklan. Karya masterpiece dari Johann Pachelbel ini memiliki nada yang sederhana dan terkesan berulang-ulang. Namun, kamu tidak akan bosan begitu tiap tuts piano memainkan tangga nada.

Kamu tidak perlu sampai menyewa jasa pemain piano untuk mendengarkannya. Cukup buka Spotify atau aplikasi musik digital lainnya.

2. Nocturne in E Flat Major Op. 9 No.2: II Andante 

Musik merupakan salah satu cara untuk bercerita pada orang lain. Namun, tidak selamanya cerita tersebut dapat diungkapkan dengan kata-kata. Seperti musik-musik klasik yang bercerita hanya lewat sebuah tangga nada yang mengalun lembut.

Salah satunya karya Chopin ini. Ia menciptakan Nocturne Op.9 No.2 ketika berumur 20 tahun. Karena keunikan nadanya, lagu ini juga menjadi salah satu musik klasik paling populer di seluruh dunia. 

Kamu bisa menggunakannya sebagai musik pernikahan. Jika memiliki agenda berdansa bersama pasangan, alunan Nocturne Op. 9 No.2 ini sangat cocok digunakan. 

3. Bagatelle in A Minor No.25 Fur Elise

Pernah mendengar alunan musik indah dari dalam kotak musik? Kalau kamu pernah mendengarnya, pasti setuju bahwa sebenarnya musik tersebut sangat indah. Acap kali musik Fur Elise karya Ludwig van Beethoven ini digunakan untuk mengisi film-film horror.

Padahal, lagu lullaby ini cocok digunakan untuk menemani tidur malam, menenangkan pikiran ketika belajar, dan berdansa bersama pasangan. Fur Elise menjadi masterpiece karena alunan pianonya yang lembut dan mudah diingat.

Begitu mendengarnya, alunan nada bisa langsung terngiang-ngiang di kepala. So, tertarik menggunakan lagu Fur Elise sebagai salah satu musik pernikahan?

4. Wedding March

Jika mengadakan pernikahan di gereja, kamu bisa menggunakan lagu karya dari Felix Mendelssohn berjudul Wedding March. Lagu ini akan sangat mengagumkan ketika mengiringi pengantin wanita berjalan menuju altar dan duduk mendampingi suaminya mengucap janji suci di depan pendeta.

Kamu bak putri raja yang berjalan anggun dengan balutan gaun putih. Wedding March juga memiliki nada yang bersemangat dan mendramatisir. Begitu diputar, fokus mata tamu akan tertuju pada pengantin wanita yang masuk ke lokasi pernikahan. 

5. Bridal March

Satu lagi lagu pengantar pengantin wanita menuju altar adalah karya dari Richard Wagner berjudul Bridal March. Tidak hanya diiringi oleh piano tetapi lagu dilengkapi dengan suara terompet, saxophone, dan alat musik lainnya.

Alunan musik juga mendramatisir dan membuat tamu undangan auto menatap keanggunan wanita yang sedang menjadi ratu di hari tersebut. Bridal March kaya akan nada karena dimainkan dengan lebih dari satu alat musik.

Bridal March juga sudah umum digunakan sebagai musik pernikahan. Sesuai dengan judulnya, lagu ini memang diciptakan untuk mengiringi pernikahan dua orang yang saling mencintai. Masih tidak tertarik menggunakannya?

6. Orchestral Suit No. 3 in D Major, BWW 1068: II Air

Penggemar lagu-lagu Korea mungkin sudah pernah mendengar nada dari karya Johann Sebastian Bach satu ini. Musik klasik Orchestral Suite No. 3 in D Major dapat terdengar di lagu “Feel My Rhythm” milik girl band Red Velvet dari Korea Selatan.

Hanya diiringi oleh piano tetapi nada yang disampaikan bisa menyentuh perasaan pendengarnya. Karena memberikan efek menenangkan, alunan instrumen garapan Bach ini cocok ketika kamu putar di tengah-tengah suasana hening.

Dapat ditemukan dengan mudah di aplikasi musik dan putar saat pengisi musik dengan istirahat. Tamu undangan juga tidak akan terganggu karena alunan musik lembutnya. Tamu yang sedang makan bisa lebih menikmati makanannya ketika lagu ini diputar.

7. La Campanella

Tadi sudah rekomendasi alunan-alunan instrumen lembut dan menenangkan. Kali ini, alunan musik La Campanella karya Paganini yang memiliki tempo cepat dan memberikan perasaan gembira.

Karena keindahannya, salah satu girl group ternama dari Korea Selatan menggunakan La Campanella sebagai inspirasi lagu terbaru mereka. Coba tebak lagu siapa? Kalau mau tahu, kamu bisa langsung mendengarkannya. Nadanya pasti akan terdengar familiar. Tangga nada dan temponya yang unik menjadi daya tarik La Campanella. 

wm_article_img
Fotografi: Maximus Pictures

8. One Summer Day 

Terbang ke negeri Sakura dan kamu akan menemukan salah satu lagu klasik yang menjadi soundtrack film Studio Ghibli berjudul One Summer Day karya Joe Hisaishi. Sesuai dengan judulnya, kamu bisa menggunakan lagu ini sebagai musik pernikahan outdoor.

Suasana desa akan terbayangkan begitu lagu ini berputar. Tentu saja suasana desa yang indah dan pemandangan menakjubkan. Lagu ini merupakan soundtrack dari film Studio Ghibli berjudul “Spirited Away”.

Cocok untuk pernikahan outdoor karena musiknya cukup keras dan ceria. Karena, ketika mengadakan pernikahan di luar ruangan, suara musik lebih sulit terdengar.

9. Merry Go Round of Life

Masih dari karya Joe Hisaishi yang menjadi backsound film dari Studio Ghibli berjudul “Howl’s Moving Castle”. Mungkin lagu ini sudah familiar di telinga banyak orang karena nadanya cukup menarik untuk didengarkan.

Nada indah dari Merry Go Round Life terkesan mendramatisir tetapi tetap lembut dan tenang, pas untuk mengiringi pesta pernikahan. Selain itu, alunan musik pernikahan Merry Go Round of Life bisa digunakan untuk berdansa bersama pasangan.

10. A Journey (A Dream of Flight)

Suasana pedesaan yang tentram akan kembali terbayang ketika alunan musik A Journey (A Dream of Flight) ciptaan Joe Hisaishi terdengar. Hanya lewat bunyi nada tanpa lirik, suasana gembira dapat terpancar dengan jelas lewat lagu ini.

Penasaran? Coba saja kamu dengarkan. Musik ini sudah mudah ditemukan di mana saja. A Journey juga menjadi lebih menarik karena diiringi oleh alat musik beragam. Setiap suara alat musiknya bersatu dengan sempurna membangun nada yang indah.

Suasana romantis juga tercipta dari lagu ini, karena pada dasarnya Joe Hisaishi mempersembahkan musik untuk mengiringi film yang menceritakan perjuangan cinta sejati kedua kekasih. Jika kamu tertarik dengan nadanya, bisa menjadikan musik ini untuk backsound undangan digital juga!

Dari mulai karya seniman ternama hingga musik-musik film Studio Ghibli, salah satu rumah produksi animasi terpopuler di Jepang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengiringi pernikahan. Jadi, memilih musik pernikahan sudah tidak sulit lagi karena kamu sudah punya banyak daftarnya! Selamat mendengarkan karya masterpiece dari seniman terbaik!

Bagi kamu yang sudah mantap ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, temukan juga vendor-vendor pernikahan terbaik di WeddingMarket Fairpameran pernikahan internasional dan tradisional Indonesia yang mengusung tema "Fairy Tale in The Ocean". Tentunya, kamu bisa melengkapi berbagai kebutuhan pernikahan di pameran pernikahan yang akan menghadirkan 100+ booth vendor pernikahan terbaik dari 15+ kategori ini.

Pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 27 - 28 Mei 2023  di The Krakatau Grand Ballroom, Green Terrace. Selain hadir untuk memenuhi kebutuhan pernikahan impian calon pengantin dengan berbagai vendor pernikahan terbaik, para pengunjung pun akan disuguhi berbagai keuntungan selama pameran berlangsung, diantaranya sebagai berikut: 

  • Kesempatan memenangkan Grand Prize 
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo spesial dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Mengikuti berbagai talkshow seputar pernikahan
  • Suasana pameran dengan beragam dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • Free test food

Untuk mengikuti acara ini, kamu bisa melakukan pemesanan tiket masuk secara gratis di tautan ini. Tiket tersedia dalam jumlah terbatas. Jadi, segera daftarkan dirimu ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...