Pilih Kategori Artikel

10 Pilihan Venue untuk Konsep Wedding Outdoor yang Tak Terlupakan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Mewujudkan pernikahan impian adalah hal yang didamba-dambakan oleh banyak pasangan. Salah satunya adalah menggelar pernikahan di tempat yang indah. Kata “indah” ini tentunya dipengaruhi oleh banyak hal, bisa dari konsep dekorasi atau dari hal yang paling dasar, yaitu pemilihan venue itu sendiri. Tempat yang dipilih untuk menggelar pernikahan bisa venue di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor). Jika ingin memiliki pemandangan indah dari sekitar dan bereksplorasi dengan lebih liar, pemilihan outdoor venue bisa dipertimbangkan.

Tentu saja ada lebih banyak pertimbangan dari sekadar pemandangan. Saat memilih outdoor venue artinya kamu juga harus mempertimbangkan cuaca, jarak, dan akses baik untuk pengantin maupun tamu yang datang ke acara tersebut. Nah, kalau sudah mantap memilihnya, beberapa inspirasi venue ini bisa kamu pilih!

1. Hutan pinus

wm_article_img
Venue: Pine Hill Cibodas | Dekorasi: Elior Design

Hutan, khususnya hutan pinus, menjadi salah satu outdoor venue yang sudah indah bahkan tanpa banyak dekorasi sekalipun. Pepohonan di sekitar, suara kicauan burung dan angin, semua elemen di tempat ini akan memberikan kesan syahdu. Dekorasi yang cocok dengan suasananya adalah tema-tema rustic yang juga kental akan sentuhan alam. Akan lebih baik jika kamu menerapkan pernikahan go green dengan meminimalisir penggunaan plastik. 

Berikut ini beberapa venue hutan yang bisa digunakan sebagai tempat menggelar pernikahan:

  • Pine Forest Camp, Lembang

  • Hutan Pinus Dlingo, Bantul

  • Hutan Pinus Gunung Pancar, Sentul

  • Hutan Pinus Kayon, Semarang

  • Hutan Pinus area Grafika Cikole, Lembang

2. Pantai

wm_article_img
Venue: Puri Santrian Resort Bali | Dekorasi: It's True Design Styling

Jika membicarakan venue pernikahan outdoor yang dimpi-impikan, kita tidak bisa meninggalkan pilihan yang satu ini; pantai. Ombak yang berdebur dengan angin sepoi-sepoi akan membuat acara pernikahan yang digelar sederhana pun terasa sangat berkesan. Venue ini cocok untukmu yang ingin menggelar pernikahan dengan konsep intim yang memiliki tamu undangan sedikit, minimalis, dan unik. Dekorasi yang diterapkan bisa beragam, mulai dari rustic atau yang paling sering adalah bohemian dengan nuansa putih yang khas. 

Ada banyak sekali pantai yang bisa dipilih karena kita adalah negara maritim. Meskipun begitu, pastikan lagi untuk mencari akses untuk loading barang dan bagaimana kamu akan menaruh berbagai peralatan di sana. Kalau bisa cari yang memang menyediakan tempat untuk menyimpan segala sesuatu yang perlu disimpan saat acara pernikahanmu berlangsung nanti.

3. Pegunungan yang sejuk

Selain sejuk, memilih venue pernikahan di pegunungan juga akan memberikan pemandangan yang indah. Tanpa perlu banyak menambah dekorasi, kamu sudah akan disuguhkan latar dalam bentuk pemandangan yang megah sehingga dekorasi minimalis sekalipun sudah cukup. Meskipun begitu, kamu juga tetap bisa menyisipkan aksen-aksen tradisional dalam dekorasi modern yang dipilih. Konsep pernikahan dreamy di atas awan juga bisa digelar jika venue berada di dataran yang cukup tinggi. Ada beberapa venue yang bisa kamu pertimbangkan, seperti Royal Tulip Gunung Geulis Resort and Golf, Bogor dan Orchid Forest, Cikole. 

4. Rooftop bangunan

Mengadakan pernikahan outdoor tak selalu berarti harus dekat dengan alam, bisa juga kok menggelar pesta dengan pemandangan gedung-gedung atau bangunan apalagi jika kamu menikah di kota metropolitan seperti Jakarta. Jika tertarik melakukannya, kamu bisa menggelar pesta di rooftop. Sebaiknya, pilih rooftop yang memang dijadikan sebagai venue pernikahan, seperti di hotel, sehingga akses untuk loading barang-barang seperti dekorasi dan makanan sudah terjamin lebih mudah. Pastikan juga prosedur keamanannya, ya. Jangan sampai mengundang tamu melebihi kapasitas yang diperbolehkan. Perhatikan jalur evakuasi dan jangan lupa siapkan rencana cadangan, misalnya di dalam ruangan.

Ada beberapa venue dalam bentuk rooftop yang bisa kamu pertimbangkan, seperti:

  • La' SEINE Function Hall

  • The Imperium

  • Rumanami Kemang Coliving

5. Halaman belakang

Memiliki halaman yang luas? Spot ini bisa kamu gunakan sebagai tempat menggelar pernikahan outdoor. Selain bisa menggelar pernikahan di luar ruangan, kamu juga bisa menghemat bujet untuk biaya sewa tempat. Minusnya mungkin adalah keterbatasan luas karena halaman biasanya tidak begitu luas sehingga venue ini akan cocok jika konsep pernikahanmu intimate dan mengundang sedikit orang. Kabar baiknya, dekorasi yang digunakan di tempat ini bisa dibuat dengan sederhana, bahkan kamu bisa menggelar pernikahan dengan konsep piknik lesehan atau pesta kebun yang menyenangkan.

6. Pelataran museum

Selain museum date yang sedang menjadi tren, kamu juga bisa menggelar pernikahan di pelataran museum untuk kenangan yang tak terlupakan. Biasanya bangunan yang digunakan untuk museum adalah bangunan tua yang akan memberikan kesan unik pada pernikahanmu. Kesulitannya ada di bagian perizinan. Tentu tak semua museum memberikan akses bangunannya digunakan untuk menggelar pernikahan. Jadi, pastikan lakukan riset banyak-banyak, ya. Salah satu museum yang memperbolehkan menggelar pernikahan adalah museum Bank Indonesia.

7. Joglo

Venue yang satu ini merupakan tempat yang paling umum digunakan untuk mengadakan pernikahan, khususnya untuk pernikahan adat Jawa. Selain outdoor venue, joglo juga menyediakan venue semi outdoor sehingga aman jika tiba-tiba terjadi hujan. Ada banyak sekali vendor yang menyediakan venue joglo untuk pernikahan. Tinggal riset dan cari yang paling cocok untukmu.

8. Hotel atau restoran

wm_article_img
Venue: Seribu Rasa Restaurant | Foto: Kuntjoro Photography

Venue ini yang paling umum digunakan untuk menggelar pernikahan. Selain akses yang lebih mudah, biasanya segala hal juga jadi lebih praktis karena mereka menyediakan wedding package. Dalam sekali pertemuan, bisa saja kamu sudah bisa mendapatkan pilihan vendor lain seperti MUA, dekorasi, dan tentu saja katering. Walaupun venue yang dipilih outdoor, nuansa yang dihasilkan bisa berbeda-beda tergantung konsep dari hotel atau restoran itu sendiri. Kamu bisa menyesuaikan dengan preferensi dan bujet yang dimiliki.

9. Taman kota

Yang satu ini mungkin terdengar unik dan nyeleneh, tapi nyatanya ada lo yang menggelar pernikahan mereka di taman kota. Yang perlu dicatat selain perizinannya adalah jangan sampai merusak fasilitas yang ada karena taman kota merupakan fasilitas publik milik bersama. Pastikan juga acaramu tidak akan mengganggu mereka yang ingin pergi ke sana. Asal sudah mengantongi izin, seharusnya hal ini akan aman.

10. Di tepi sawah

Sawah merupakan sebuah tempat yang mungkin tak terpikirkan untuk dijadikan venue pernikahan. Namun, nyatanya beberapa resort seperti di Bali mampu menyulap sawah menjadi sebuah background pernikahan yang sangat unik, lo. Nuansa hijau yang asri membawa kita ke kampung halaman yang dirindukan oleh banyak orang. Ada beberapa lokasi yang bisa dipillih seperti di Desa Visesa, Ubud, Bali hingga Bebek Tepi Sawah Villas.

Nah, itu dia beberapa pilihan venue untuk konsep wedding outdoor yang menyenangkan. Beberapa tempat mungkin sudah biasa, tapi sebagian yang lainnya bisa jadi belum kamu pikirkan sebelumnya. Padukan dengan dekorasi yang cantik, maka kamu akan mendapatkan pengalaman pernikahan yang tak akan terlupakan!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...