Pilih Kategori Artikel

Pasti Dibutuhkan, Inilah 10 Rekomendasi Barang Seserahan untuk Persiapan Menikah
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Setiap pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan tentu harus memikirkan mulai dari A-Z serba-serbi soal pernikahan. Entah itu konsep pesta pernikahannya, undangan, catering, tamu yang akan diundang, souvenir dan masih banyak lagi. Selain itu, sebelum menjadi suami dan istri, tentu hal lain seperti kesiapan menikah, mental, finansial setelah menikah juga harus dipikirkan untuk kelangsungan berumah tangga kelak.

Saking banyaknya persiapan menikah, biasanya calon pengantin ini melupakan hal yang terkesan mudah namun sering terlupakan, yakni seserahan. Jika calon suami bingung ingin memberikan seserahan apa, berikut beberapa rekomendasi barang seserahan untuk persiapan pernikahan. Barang-barang yang direkomendasikan ini dijamin pasti berguna dan dibutuhkan!

  1. Alat salat untuk ibadah

wm_article_img
Foto: Seserahan by Nikah Mudah

Bagi yang beragama Islam, memberikan seserahan berupa alat salat menjadi lumrah dilakukan di Indonesia. Hantaran ini biasanya menjadi yang paling wajib ada di setiap pernikahan.

Seserahan satu ini bermakna dalam, pasalnya kedua mempelai yang hendak menikah agar selalu memegang teguh ajaran agama, serta selalu taat kepada sang pencipta dengan beribadah. Pasalnya, pernikahan ini harus bertumpu pada ketaqwaan setelah menikah kelak.

Biasanya hantaran ini berisi Alquran, mukena, tasbih, sajadah dan buku kecil doa-doa untuk dibaca. Dengan adanya alat salat ini sebagai hantaran, diharapkan suami menjadi imam yang baik untuk istrinya.

  1. Skincare untuk wajah

wm_article_img
Foto: Bloom and Blossom Seserahan

Selain alat salat, seserahan pun biasanya berisi barang berupa skincare yang bisa dipakai oleh calon istri dan suami kelak. Apalagi, urusan kecantikan dan merawat wajah ini suatu kebutuhan sehari-hari bukan?

Sebelum membeli, biasanya calon suami akan menanyakan kepada calon istrinya barang apa yang biasanya diperlukan untuk kebutuhan mereka. Atau calon suami dan istri bisa membeli secara bersamaan apa saja yang dibutuhkan agar lebih cocok untuk memilih.

Biasanya sih hantaran ini berisi pencuci muka, scrub, cleanser, toner, serum, masker, day cream, night cream, eye cream, moisturizer, sunscreen dan masih banyak lagi.

  1. Produk untuk tubuh atau rambut

wm_article_img
Foto: Mdm Seserahan

Selain menjaga kebersihan dan keindahan wajah, hantaran calon suami untuk istrinya pun biasanya berisi produk untuk kebutuhan tubuh dan rambut.

Menjaga penampilan setelah menikah untuk keduanya tentu harus dong. Misalnya memiliki tubuh yang mulus, bersih dan rambut berkilau menjadi kebutuhan suami dan istri setelah menikah.

Ada banyak pilihan skincare khusus untuk badan dan rambut, misalnya seperti lulur, hand and body cream, butter cream, lip therapy, minyak zaitun, hair vitamin dan lain sebagainya. Selain mudah ditemui di toko offline maupun online, barang tersebut punya pilihan dari brand terbaik yang ada.

  1. Perlengkapan mandi

wm_article_img
Foto: Mdm Seserahan

Setelah menikah tidak ada alasan calon pasangan suami atau istri tidak merawat diri. Jangan mentang-mentang udah suami istri jadi malas untuk berdandan dan merawat kesehatan seperti rajin mandi.

Dengan memiliki hantaran berupa peralatan mandi menjadi suatu hal penting, bahkan kebutuhan primer setiap orang. Apalagi jika suami istri bekerja, barang ini tentu akan sangat dibutuhkan. Selain menjaga penampilan, agar nantinya suami dan istri selalu betah bermesraan bersama.

Barang yang dibutuhkan untuk perlengkapan mandi bisa berupa handuk mandi, sabun mandi, shampoo, pasta gigi, sikat gigi, conditioner, mouthwash dan masih banyak lagi. Belilah di online dan offline store agar barang yang didapatkan dijamin original ya.

  1. Kebutuhan make-up untuk istri

wm_article_img
Foto: Mdm Seserahan

Tampil elegan dan menarik menjadi kebutuhan baik bagi suami maupun istri, zaman sekarang, make-up bukan lagi urusan perempuan semata, laki-laki pun turut merawat wajah mereka demi penampilan dan kenyamanan.

Barang-barang yang bisa dibeli untuk seserahan itu antara lain pensil alis, eyeliner, eyeshadow, mascara, foundation, concealer, shading, highlighter, bronzer, blush on, lip tint, lip cream, lip matte, lip liner, face spray, brush make-up dan masih banyak lagi.

Karena setiap perempuan memiliki preferensi masing-masing terhadap make-up yang dibeli, sebelum membeli, tanyakan terlebih dahulu brand atau merek yang cocok bagi mereka. Kalau mau lebih mudah sih ajak sama-sama beli produk kesukaan mereka nih!

  1. Baju untuk kebutuhan istri

wm_article_img
Foto: Seadara Seserahan

Barang yang bisa jadi hadiah untuk mengisi kotak seserahan selanjutnya adalah baju. Biasanya calon suami akan memberikan hadiah berupa baju yang sesuai selera calon istri mereka. Apalagi, sesudah menikah, kebutuhan sandang, pangan dan papan pun harus dipenuhi lho.

Baju ini bisa diartikan sebagai pakaian sang suami, dengan kata lain sang istri harus bisa menutupi kekurangan suaminya. Ada banyak model baju yang biasa dijadikan hantaran, misalnya baju dress atau baju yang sering dikenakan sang calon istri.

Dari pada menerka-nerka atau menebak apa model baju favorit calon istri, apa warna kesukaannya, atau outfit untuk menunjang pekerjaannya, ajaklah mereka untuk memilih sendiri, agar bermanfaat dan bisa dikenakan setelah sudah menikah.

  1. Perhiasan

wm_article_img
Foto: Imagenic via Seserahan Indonesia

Kewajiban seorang calon suami untuk meminang seorang istri adalah menyediakan mahar berupa mas kawin. Syarat ini menjadi wajib bagi mempelai laki-laki ketika menikah dalam agama Islam. Namun ada juga lho calon mempelai laki-laki yang menghadiahi pasangannya perhiasan di luar mas kawin pernikahan. 

Biasanya perhiasan yang diberikan berupa kalung emas atau berlian, cincin, anting-anting, gelang dan masih banyak lagi. Apalagi saat ini banyak rekomendasi toko perhiasan yang menawarkan perhiasan yang lucu dan menarik. Tinggal pilih apa yang disukai dan berikan kepada orang terkasih.

  1. Underwear

wm_article_img
Foto: seserastic.co

Tidak sedikit calon mempelai perempuan yang menginginkan underwear dimasukkan ke dalam kotak seserahan. Namun, ada juga yang tidak ingin karena merasa malu. Semua itu tergantung preferensi dan selera masing-masing tentunya.

Jika ada pasangan yang ingin memasukkan underwear menjadi bucket list seserahannya, biasanya calon mempelai perempuan memberikan referensi atau barang yang harus dibeli sesuai apa yang mereka sukai.

Karena sekarang pembelian tidak harus di toko offline, membeli dengan marketplace atau toko online sangat disarankan, selain cepat, kita tak perlu datang langsung ke toko. Namun jika ingin memilih mana yang disukai dan punya masalah dari segi ukuran, datang ke toko langsung sangat dianjurkan ya.

  1. Parfum 

wm_article_img
Foto: Bloom and Blossom Seserahan

Tidak ada orang yang nyaman atau betah dengan bau, karena setiap orang suka berhadapan atau tampil wangi, memberikan hadiah berupa parfum bisa jadi pilihan untuk hantaran pernikahan nih.

Ada banyak jenis wewangian yang tersedia, jika suka wangi yang manly atau maskulin, beberapa brand parfum lokal atau luar menyediakan. Pun jika ingin wangi yang smooth, manis dan tidak terlalu menyengat, banyak pilihan dan ukuran yang tersedia. Kembali lagi sesuaikan dengan selera masing-masing ya!

  1. Sepatu

wm_article_img
Foto: Sentra bunga seserahan

Barang seserahan terakhir yang anti ribet dan simple adalah sepatu. Apalagi, sepatu ini menjadi kebutuhan untuk aktivitas penting. Bahkan memilih sepatu tidak seribet memilih barang lain, sebelum membelinya, cobalah tanyakan dulu kepada calon istri ya.

Biasanya, untuk seserahan sepatu yang dihadiahkan adalah sepatu ber hak, yang cocok digunakan untuk acara formal seperti kebutuhan bekerja, meeting, pesta pernikahan teman dan masih banyak lagi.

Namun jika tidak ingin sepatu ber hak tinggi, calon mempelai laki-laki bisa memberikan sepatu yang nyaman untuk digunakan, misalnya sneakers bahkan sepatu yang casual. Cobalah untuk mengajak pasangan untuk memilih sepatu yang mereka sukai. Jika merasa sepatu formal khawatir jarang digunakan, bisa coba opsi sepatu untuk kebutuhan sehari-hari.

Itu tadi beberapa barang seserahan yang bisa jadi rekomendasi calon suami dalam menghadiahi calon istrinya untuk seserahan. Isi kotak hantaran dengan barang yang dibutuhkan ya, jangan ragu untuk bertanya kepada calon istri apa yang dibutuhkan, sehingga barang tersebut tetap digunakan setelah menikah dan menjadi bentuk rasa syukur atas pemberian yang ada.

Jika ingin melihat atau menyimak terkait informasi soal pernikahan dan mencari vendor yang tepat untuk hari bahagia nanti, kunjungi WeddingMarket untuk informasi lainnya. Atau, kamu juga bisa menemukan vendor-vendor berkualitas dan terpercaya yang akan membantumu menyusun keperluan hari bahagiamu, di pameran pernikahan WeddingMarket Festival. Salah satu pameran pernikahan berkonsep nasional dan tradisional  terbesar di Indonesia tahun ini  yang akan diselenggarakan pada 18-19 Februari 2023 di The Krakatau Grand Ballroom.

Di acara pameran tersebut kamu dapat berdiskusi dengan berbagai vendor-vendor pernikahan yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk mewujudkan pernikahan impian, mulai dari venue, catering, cincin kawin, termasuk pula gaun pengantin. Dapatkan juga berbagai promo menarik dan beragam activation selama pameran berlangsung, seperti:

  • Kesempatan memenangkan Grand Prize (1 Unit Mobil Daihatsu Sigra, 1 Unit Motor Honda Scoopy, 1 Honeymoon to Bali 2D1N, 1 Unit Smartphone Samsung)
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo menarik dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Serta berbagai dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • Nikmati juga Free Test Food dan rasakan suasana MAGICAL GARDEN dalam pameran ini

Pesan Tiket Masuk WeddingMarket Festival Gratis namun slot terbatas dengan klik di tautan ini. Kami tunggu kehadiranmu di WeddingMarket Festival, ya Dears

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...