Pilih Kategori Artikel

10 Tips Menjaga Hubungan dengan Pasangan Agar Terhindar Dari Perselingkuhan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Belakangan ini sedang ramai perbincangan mengenai isu perselingkuhan dalam hubungan. Entah disaat belum menjadi suami istri, mempunyai anak, atau sudah lama menikah, kehadiran pihak ketiga bisa menjadi pukulan terbesar dalam sebuah hubungan.

Sekeras apa pun berusaha mempertahankan suatu hubungan, jika keretakan muncul, segalanya akan berubah dan tidak lagi sama. Tentu saja, jika perselingkuhan terjadi lagi, perpisahan mungkin terasa seperti kesempatan terakhir untuk menyelamatkan diri.

Pada dasarnya, merasa tertarik pada orang lain adalah hal yang wajar. Sebenarnya perasaan ini bisa muncul jika seseorang sudah memiliki pasangan. Mungkin karena orang yang disukai cocok dengan seleranya.

Misalnya, saat seseorang memiliki kekaguman terhadap public figure. Menurut seorang psikolog, jatuh cinta dengan seseorang memiliki potensi berujung pada perselingkuhan. Hal ini terjadi ketika kamu merasakan keinginan untuk lebih dekat dengannya.

Tentu, kamu dan pasangan bisa menghindari hal tersebut. Jika sudah memiliki pasangan dan merasakan ketertarikan dengan orang lain, kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut ini untuk melupakannya. Simak baik-baik, ya, kita akan memberikan 10 tips khusus buat kamu dan pasangan yang mungkin sedang berada dalam masalah perselingkuhan!

1. Memberi apresiasi

wm_article_img

Mengucapkan janji suci pernikahan atau pernyataan cinta itu indah, tetapi itu bukan jaminan kalau hubungan akan berjalan mulus tanpa hambatan. Terkadang, kehadiran orang ketiga bisa muncul tanpa diduga-duga. 

Saling menghargai satu sama lain menjadi langkah awal untuk menjaga diri dan pasangan dari perselingkuhan. Kebahagiaan dalam hubungan itu datang dari rasa syukur dan menerima pasangan apa adanya. 

Dengan begitu, berbagai godaan hanya akan menjadi angin lalu saja dan tidak bisa mengganggu keharmonisan hubungan. Jadi, penting banget untuk selalu menghargai pasanganmu, bersyukur atas kehadiran mereka, dan menyadari bahwa ia sangat berharga bagimu. 

2. Perbaiki kualitas hubungan

wm_article_img

Kebanyakan orang ingin berselingkuh dengan dali bosan dalam hubungannya. Coba, deh, kalau kamu sudah mulai merasakannya, kembali hidupkan percikan asmara dengan melakukan hal-hal sederhana.

Luangkan waktu dan energi untuk mengajaknya berbicara, saling terbuka, dan fokus untuk mengubah suasana hubungan. Bisa jadi kalian butuh liburan bersama, mencoba hobi baru, atau sekadar ngobrol dari hati ke hati sambil minum kopi.

Ingat, hubungan yang solid tidak datang dengan sendirinya. Kamu dan pasangan harus sama-sama berusaha serta berkomitmen. Jadi, sebelum terjebak dalam godaan selingkuh, coba dulu untuk berusaha memperbaiki hubungan yang sudah ada. 

Memilih jalan memperbaiki hubungan merupakan cara kamu menghargai diri sendiri dan pasangan. Lagian, pasti lebih seru menghabiskan banyak energi untuk dia yang benar-benar kamu sayangi, kan? Daripada kamu harus pusing mikirin orang baru yang kamu bahkan belum tahu makanan kesukaannya apa.

3. Terbuka dengan pasangan

wm_article_img

Kejujuran itu penting, sesakit apapun fakta yang harus diterima, termasuk saat kamu mulai merasa tertarik dengan orang lain. Meskipun pasangan akan merasakan sakit hati, kamu tetap harus jujur dan terbuka padanya.

Mungkin terdengar seperti tantangan besar, tetapi cara ini merupakan langkah penting untuk menjauhkan perselingkuhan dari hubungan kalian. Kejujuran tersebut akan membuat hubunganmu lebih sehat dan kuat.

Bayangkan, berbicara secara terbuka tentang perasaanmu memang tidak nyaman, tetapi ini lebih baik daripada diam-diam mengkhianati kepercayaan pasanganmu. Menyembunyikan ketertarikan dan memilih untuk berselingkuh hanya akan membawa lebih banyak luka dan kekecewaan.

Pasanganmu mungkin akan merasa sedih atau terluka mendengar bahwa kamu tertarik pada orang lain. Namun, dengan kejujuranmu, ada peluang besar bahwa dia akan menghargai keterbukaanmu. Ini bisa membuka ruang untuk komunikasi yang lebih baik dan solusi bersama yang lebih konstruktif.

4. Menjaga hubungan intim

wm_article_img

Kedekatan emosional dan fisik yang terjaga akan membuat hubungan tetap kuat. Ketika hubunganmu dan pasangan terputus secara emosional atau fisik, ia bisa saja mencari perhatian di tempat lain karena merasa ada yang hilang atau salah.

Cobalah untuk memperlakukan pasanganmu dengan sama baiknya seperti kamu memperlakukan teman-temanmu. Terkadang, tanpa sadar kita bisa lebih menghargai teman daripada pasangan sendiri. Padahal, perhatian dan kepedulian yang sama pentingnya untuk kedua-duanya.

Hadirkan diri kamu sepenuhnya dalam hubungan ini. Ketika kamu benar-benar ada, baik secara fisik maupun emosional, itu akan memperkecil kemungkinan pasanganmu merasa perlu mencari kebahagiaan di tempat lain. Jadi, selalu jaga komunikasi, berikan perhatian, dan nikmati momen-momen bersama.

5. Jangan curhat dengan lawan jenis

wm_article_img

Sering sekali terjadi, berawal dari teman curhat biasa, berakhir dengan hubungan terlarang. Benar adanya, percikan asmara bisa muncul ketika kamu nyaman membicarakan masalah pribadi padanya. 

Apalagi, jika kamu curhat dengan orang yang memiliki kata-kata manis. Setiap katanya terasa seperti angin segar menggoda. Meskipun sebenarnya, itu akan memperburuk situasi hubunganmu dengan pasangan.

Lebih baik kita belajar untuk menyimpan rahasia hubungan dari orang lain agar tidak memberi celah bagi pihak ketiga. Jika ada masalah, bicarakan langsung dengan pasangan tanpa mencari pelarian di tempat lain. Intinya, menjaga komunikasi dan kepercayaan dalam hubungan adalah kunci agar tetap harmonis dan jauh dari godaan yang tidak diinginkan.

6. Luangkan waktu sendiri

wm_article_img

Saat kamu mulai merasa godaan selingkuh sudah semakin kuat, mungkin kamu butuh waktu sendiri dan menenangkan pikiran. Luangkan waktu untuk mengenal dirimu lebih dalam dan temukan apa yang membuatmu terhubung dengannya. 

Kamu juga harus mengetahui apa yang sebenarnya kamu butuhkan dalam hubungan. Apakah itu kasing sayang, seks, waktu, atau hal lain. Jika kamu sudah menemukannya, bicarakan dengan pasangan. 

Bukan mencari orang lain yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Jadi, daripada mencari pelarian, lebih baik komunikasikan dengan pasangan agar hubungan kalian bisa tetap harmonis dan saling memenuhi kebutuhan masing-masing.

7. Jangan sepelekan godaan

wm_article_img

kamu sudah terlibat dalam perselingkuhan, gampang banget untuk menganggapnya cuma hal sepele atau main-main. Tidak ada yang salah saat kamu hanya sekadar kagum atau tertarik. 

Namun, jika sudah sering menghabiskan waktu bersama atau terus mengikuti mereka di media sosial, segera berhenti sebelum terlanjur dalam. Ini, nih, salah satu tips penting buat menghindari perselingkuhan. 

Anggap rasa suka dan kagum pada orang lain sebagai sesuatu yang serius. Jangan pernah habiskan waktu berduaan dengan orang lain saat kamu sudah punya pasangan. Langsung saja berhenti mengikuti mereka di media sosial dan jangan beri kesempatan buat diri sendiri untuk selingkuh. 

8. Cari dukungan

wm_article_img

Mendapatkan dukungan dari orang lain bisa menghindarkan kamu dari godaan perselingkuhan. Jika memang kamu memiliki seseorang yang bisa memberikan nasihat tanpa menggurui, mendengarkan dengan baik, atau selalu ada untukmu, cara ini akan sangat membantu.

Dengan berbagi tentang godaan yang kamu rasakan, kamu bisa lebih kuat menghadapi niat tersebut. Dukungan dari mereka tidak hanya memberikanmu perspektif yang segar, tetapi juga membuatmu merasa didukung dan dipahami. Mereka bisa menjadi pengingat bahwa kamu tidak sendirian dalam menghadapi tantangan ini.

9. Jadi pendengar yang baik

wm_article_img

Khusus bagi kamu para pria, terkadang kamu lebih susah untuk berbagai pikiran dan perasaan terdalam pada pasangan. Sementara itu, seorang wanita cenderung lebih sering mengeluh.

Oleh karena itu, cobalah menjadi pendengar yang baik dengan menaruh empati pada pasangan. Mendengarkan bukan hanya soal memasang telinga, tetapi juga tentang berusaha memahami apa yang dia rasakan dan pikirkan. 

Ketika kita benar-benar mencoba untuk mengerti satu sama lain, ikatan emosional akan menjadi lebih kuat dan cinta semakin tumbuh. Dengan saling mendengarkan dan memahami, hubungan akan lebih harmonis dan penuh kasih sayang.

10. Pikirkan konsekuensi selingkuh

wm_article_img

Sebelum memutuskan untuk berselingkuh, ada baiknya kita berpikir panjang secara sadar. Coba bayangkan apa yang akan terjadi di masa depan saat kamu berselingkuh, terutama ketika pasanganmu tahu. Menghilangkan niat untuk selingkuh bisa dimulai dengan memikirkan konsekuensi jangka panjang dari tindakan tersebut.

Pikirkan bagaimana hidupmu akan berubah, termasuk hubungan dengan pasangan, anak, keluarga besar, dan orang-orang lain yang bisa terkena dampak buruk dari perselingkuhanmu. Dengan memahami dampak negatifnya, kamu mungkin akan lebih sulit untuk tergoda.

Bagaimana reaksi pasanganmu? Hubungan yang susah payah dibangun bisa hancur begitu saja, dan besar kemungkinan pasanganmu akan meninggalkanmu. Apakah kesenangan sesaat saat berselingkuh sebanding dengan kehilangan itu semua? Berpikir jauh ke depan dan mempertimbangkan konsekuensi dari perselingkuhan bisa menjadi cara efektif untuk menghentikan niatmu.

Membahas soal perselingkuhan memang lebih menakutkan daripada menonton film horor di bioskop sendirian. Karena, kehilangan seseorang mungkin akan menjadi cara untuk bahagia kembali.

Walaupun kita semua tahu, tidak akan ada yang pernah siap kehilangan orang terkasih. Dengan 10 langkah di atas, semoga kamu dan pasanganmu bisa terhindar dari perselingkuhan. Jauh-jauh, deh, orang ketiga, kamu nggak diajak!


Foto cover: Cerita Tentang Senja

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...