Pilih Kategori Artikel

7 Hal yang Harus Kamu Perhatikan dalam Memilih Gedung Resepsi Pernikahan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Merencanakan resepsi pernikahan merupakan salah satu momen yang tak terlupakan bagi setiap pasangan yang ingin menikah, termasuk kamu? WeddingMarket paham, sebab ada banyak sekali elemen-elemen yang dibutuhkan dalam merencanakan pernikahan impian. Salah satu hal penting dalam perencanaan pernikahan tersebut adalah memilih gedung yang sesuai untuk menggelar resepsi. Gedung resepsi pernikahan yang tepat akan menciptakan suasana yang memukau, serta memastikan kelancaran jalannya acara.

Pemilihan gedung resepsi pernikahan merupakan tahap krusial dalam perencanaan acara pernikahan. Gedung tersebut menjadi latar belakang penting yang akan menjadi bagian dari kenangan indah dalam pernikahan. Dengan memilih gedung resepsi yang sesuai, kamu dan pasangan dapat memastikan bahwa acara mereka berjalan dengan mulus dan memberikan kesan yang tak terlupakan kepada tamu undangan. 

Tips Memilih Gedung Resepsi Pernikahan 

Jika kamu dan pasangan sudah memiliki rencana untuk melangsungkan pernikahan, namun masih belum tahu apa yang harus diperhatikan ketika memilih gedung untuk resepsi pernikahan, tenang, kamu ada di halaman yang tepat! WeddingMarket sudah merangkum tips memilih gedung resepsi pernikahan ini khusus untuk kamu.

1. Cek Ulasan 

wm_article_img

Hal yang pertama bisa kamu lakukan dalam mencari gedung resepsi pernikahan adalah mengecek ulasan dari pengguna. Kamu tentunya akan mencari beberapa rekomendasi gedung pernikahan melalui berbagai platform atau di internet, dan dari sana kamu bisa menelusuri ulasan dengan detail dari orang yang sudah pernah menggunakan gedung tersebut untuk acara pernikahan.

Mempertimbangkan ulasan dan saran dari pengguna yang telah memanfaatkan gedung resepsi pernikahan tersebut adalah langkah bijak dalam proses pemilihan tempat. Pengalaman orang lain memberikan wawasan berharga mengenai kualitas serta pengelolaan gedung tersebut, membantu kamu mengevaluasi apakah itu cocok dengan kebutuhan kamu. Selain itu, meminta rekomendasi dari kenalan, anggota keluarga, atau konsultan pernikahan dapat memberikan perspektif tambahan yang dapat dipercaya.

2. Pertimbangkan Akses Lokasi 

wm_article_img

Memilih gedung resepsi pernikahan yang mudah diakses adalah kunci kelancaran acara bahagiamu. Pastikan kamu memilih gedung yang terletak di area strategis dengan akses jalan raya dan transportasi umum yang baik. Dengan begitu, dapat memudahkan para tamu undangan untuk datang ke pesta pernikahanmu tanpa kendala. 

Selain itu, kamu bisa mempertimbangkan akses lokasi gedung dekat dengan jalan utama, mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua. Aksesbilitas juga harus dijadikan catatan, seperti  tersedianya kantung area parkir yang luas untuk menampung kendaraan para tamu undangan.  Jika dua hal itu sudah terakomodasi dengan baik, gedung tersebut layak untuk kamu jadikan tempat menyelenggarakan resepsi pernikahan.

Bila perlu, kamu dan pasangan juga bisa memperhatikan ruang yang nyaman dan akses yang mudah, jika terdapat tamu undangan dengan penyandang disabilitas. Dengan memilih gedung resepsi pernikahan yang mudah diakses, kamu akan memberikan kenyamanan bagi para tamu undangan dan membuat acara pernikahanmu semakin berkesan.

3. Jumlah Kapasitas Gedung 

wm_article_img

Kamu harus mempertimbangkan kapasitas gedung resepsi pernikahan dengan baik sebelum melakukan pemesanan. Pastikan bahwa tempat yang kamu pilih memiliki kapasitas yang mencukupi untuk menampung semua tamu yang diundang. Periksa setiap ruangan di dalam gedung untuk memastikan bahwa ada cukup ruang bagi semua tamu kamu. Jangan lupa untuk memperhitungkan ruang tambahan yang diperlukan untuk dekorasi, tempat duduk, dan mungkin area untuk tarian.

Memastikan bahwa gedung resepsi pernikahan dapat menampung semua kebutuhan acaramu sangat penting untuk memastikan bahwa acara berjalan lancar tanpa kekurangan ruang. Sebuah gedung yang sesuai akan menciptakan pengalaman yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi para tamu kamu. Jadi, pastikan kamu teliti dalam mengevaluasi kapasitas gedung resepsi pernikahan sebelum mengambil keputusan akhir.

4. Menetapkan Bujet

wm_article_img

Kamu perlu menetapkan anggaran untuk gedung resepsi pernikahanmu agar dapat mencari tempat yang sesuai dengan tetap memperhatikan ketersediaan dana yang kamu dan pasangan miliki. Pastikan untuk mempertimbangkan biaya-biaya tambahan seperti dekorasi, peralatan, dan pengeluaran lain seperti catering yang mungkin akan kamu keluarkan.

Dengan menetapkan anggaran ini, kamu dapat mengontrol pengeluaranmu secara efektif dan menghindari pengeluaran biaya yang tidak terduga. Jangan lupa bahwa selain biaya sewa gedung, ada banyak aspek lain yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan pernikahanmu. Oleh karena itu, penting untuk membuat anggaran yang detail dan menyeluruh agar kamu dapat menikmati hari istimewa tersebut tanpa kekhawatiran masalah keuangan yang berlebihan.

5. Area Bebas Asap Rokok

wm_article_img

Saat merencanakan pernikahan, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, termasuk aturan tentang rokok dan alkohol di gedung resepsi. Hal ini akan penting jika kamu dan pasangan yang memang tidak terlalu suka dengan asap rokok. Kamu bisa perhatikan  beberapa hal seperti apakah pihak gedung resepsi yang akan kamu gunakan terdapat kebijakan terkait rokok. Kemudian kamu juga bisa pastikan apakah ada area khusus untuk merokok. Kamu juga dapat mempertimbangkan menyediakan tempat khusus untuk merokok di luar gedung resepsi agar tamu yang merokok tidak mengganggu tamu lain.

Selain rokok, bilamana kamu akan menyediakan alkohol, kamu juga harus pastikan apakah gedung resepsi pernikahan tersebut memperbolehkan kamu untuk menyediakan minuman beralkohol untuk para tamu undangan. Dengan memperhatikan detail-detail kecil seperti ini, kamu bisa membuat izin dari pihak terkait untuk kesuksesan acara pernikahan yang kamu idam-idamkan bersama pasanganmu. 

6. Tersedianya Akomodasi Bermalam

wm_article_img

Selain memperhatikan aksesibilitas terhadap gedung yang akan kamu gunakan sebagai tempat resepsi pernikahan, saat memilih gedung resepsi pernikahan, pertimbangkan juga  akomodasi untuk tamu yang datang dari jauh. Pastikan gedung memiliki akomodasi, atau terletak dekat dengan pilihan akomodasi lain.

Hal ini penting untuk kenyamanan tamu dan kelancaran acara pernikahanmu. Di sini kamu juga bisa memperkirakan berapa banyak tamu yang akan datang dari luar kota dan membutuhkan tempat menginap. Kamu juga bisa memastikan apakah gedung resepsi menyediakan kamar sendiri, atau hanya bekerja sama dengan hotel di sekitar.

Jika hanya bekerja sama dengan hotel sekitar pastikan bahwa hotel tempat menginap tersbut jaraknya tidak terlalu jauh dan mudah diakses. Dengan memilih gedung resepsi pernikahan dengan akomodasi yang memadai akan memberikan kenyamanan bagi tamu dan membuat acara pernikahan kamu bersama pasangan semakin berkesan.

7. Pilihan Hiburan 

wm_article_img

Saat memilih hiburan untuk pernikahanmu di gedung resepsi, perhatikan beberapa hal berikut seperti pastikan pilihan hiburanmu sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, jika kamu memilih band, pastikan gedung resepsi menyediakan output listrik dan ruang yang cukup untuk peralatan mereka.

Ada banyak pilihan hiburan pernikahan yang menyenangkan untuk kamu jadikan inspirasi bersama pasangan. Contohnya, live music, DJ, pertunjukan tari, atau bahkan permainan interaktif untuk tamu undangan. Untuk memilih jenis hiburan yang kamu gunakan, penting untuk menyelaraskan juga dengan tema pernikahanmu. Contohnya, jika kamu ingin pernikahan bernuansa tradisional, kamu bisa memilih musik tradisional.

Itulah 7 hal yang bisa kamu perhatikan dalam proses memilih tempat resepsi pernikahanmu bersama pasangan. Semoga dengan informasi ini kamu bisa cermat dalam memilih gedung resepsi pernikahan untuk acara istimewamu, ya.


Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...