Pilih Kategori Artikel

Resepsi Pernikahan Sederhana Hemat Budget, Ini Tipsnya!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sebagian orang beranggapan bahwa mengadakan resepsi pernikahan membutuhkan dana yang besar, karena banyak sekali kebutuhan yang harus disiapkan. Lalu bagaimana pasangan yang memiliki anggaran terbatas namun tetap ingin melangsungkan resepsi pernikahan yang berkesan? Tetap bisa! Jawabannya adalah mengadakan resepsi dengan konsep sederhana, sehingga dana yang dikeluarkan pun dapat ditekan.

Untuk merealisasikan hal tersebut tentunya ada banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya dengan menekan pos-pos pengeluaran tertentu untuk menghemat budget. Lantas, dana apa saja yang bisa kamu tekan sehingga pengeluaran dapat diminimalisir? Nah, dalam artikel ini WeddingMarket akan memberikan tipsnya untukmu. Dari penghematan di beberapa pos-pos pengeluaran ini kamu dapat tetap menggelar resepsi pernikahan sederhana yang berkesan. Simak penjelasan di bawah ini, yuk!

1. Menentukan Prioritas

wm_article_img
Fotografi: Imagenic

Sebelum membahas pos-pos pengeluaran apa saja yang bisa dihemat, hal pertama yang perlu dipersiapkan dalam mewujudkan resepsi sederhana adalah menentukan prioritas. Dalam hal ini, kamu dapat membuat list hal apa saja yang perlu dan tidak perlu untuk dipersiapkan di resepsi pernikahan. Dengan demikian kamu jadi punya acuan untuk mengelola dana pernikahan dengan lebih optimal.

Misalnya untuk gaun pernikahan, daripada membuat gaun yang hanya digunakan di satu hari saja, lebih baik menyewa gaun pernikahan. Dengan begitu, budget yang dikeluarkan dapat lebih ditekan. Selain itu, kamu juga dapat menentukan jumlah tamu dan membuat list tamu yang perlu diundang. Semakin sedikit tamu yang diundang, maka semakin sedikit pula jumlah makanan yang harus dipersiapkan. 

2. Lokasi Pernikahan

wm_article_img
Dekorasi: Aryagati Decoration

Salah satu penyebab besarnya pengeluaran pada resepsi pernikahan adalah membayar tempat pernikahan, terutama jika pernikahan diadakan di gedung atau tempat lain selain rumah. Tidak ada salahnya memang untuk mengadakan pesta pernikahan di sebuah gedung, apalagi jika tamu undangan kamu banyak, tentunya gedung menjadi tempat pilihan terbaik karena dapat menampung banyak orang. Hanya saja, untuk menyewa gedung sebagai tempat pesta pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jika kamu sedang menghemat dana, daripada menggunakan gedung sebagai lokasi pernikahan, lebih baik menggunakan rumah sendiri. Dengan menjadikan rumah sebagai tempat pesta pernikahan, kamu tidak perlu membayar biaya sewa gedung, dan dana yang tersedia dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain.

Di sisi lain, resepsi di rumah mempunyai kekurangan yaitu tidak bisa menampung tamu sebanyak di gedung. Namun kamu tetap dapat mengatasi hal tersebut dengan membatasi tamu yang datang atau mengadakan resepsi hingga malam.

3. Batasi Tamu Undangan

wm_article_img
Foto via BrideMarket

Salah satu yang membuat pengeluaran pernikahan tidak terbendung adalah banyaknya tamu yang diundang. Biasanya tamu-tamu tersebut bukan dari tamu dari pihak pengantin, namun kerabat dan relasi dari orang tua. 

Mengundang banyak tamu memang baik, terlebih lagi hal tersebut dapat mempererat tali silaturahmi. Namun banyaknya tamu yang datang juga berdampak pada tingginya dana yang dikeluarkan. Pengeluaran tersebut meliputi makanan untuk tamu, undangan hingga souvenir

Jika kamu memiliki rencana untuk mengadakan resepsi pernikahan secara sederhana dan ingin menghemat pengeluaran, maka membatasi tamu undangan menjadi salah satu solusi terbaik. Undanglah tamu yang sekiranya dekat dengan kamu dan keluarga. Berikan pengertian kepada orang tua untuk jangan terlalu banyak mengundang dan filter tamu yang perlu diundang atau tidak. Dengan begitu, pengeluaran pun dapat ditekan.

4. Makanan

wm_article_img
Catering: Leguri &Co.

Setelah membatasi tamu undangan, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran adalah membatasi makanan. Dalam hal ini, kamu dapat membatasi jumlah variasi makanan dan minuman yang akan disajikan.

Misalnya saja, jika di pernikahan lain dapat menyajikan makanan dengan lima atau enam lauk pokok baik sayuran maupun protein, dengan berbagai makanan penutup dan minuman, maka kamu cukup memberikan tiga atau empat variasi makanan yang sudah dilengkapi dengan sayuran. Jika ingin menambah makanan penutup atau buah-buahan, dapat menyajikan satu macam makanan penutup serta buah-buahan. Sedangkan untuk minuman, cukup menyediakan air mineral saja.

5. Dekor Sendiri

wm_article_img
Dekorasi: It's True Design Styling

Selain membatasi jumlah tamu yang datang, dan membatasi variasi makanan, untuk menciptakan resepsi pernikahan yang sederhana dengan budget yang terbatas juga dapat diwujudkan dengan cara melakukan dekor sendiri. Maksud dari dekor sendiri adalah merias pelaminan dengan desain dan konsep yang dilakukan oleh kamu bersama pasangan.

Jika bingung dengan desain dekor yang ingin digunakan, kamu dapat mencari tahu dulu desain dekorasi pelaminan yang tersebar di internet. Di sumber tersebut, terdapat berbagai dekorasi pernikahan dari dekorasi indoor dan outdoor, atau dari dekorasi dengan konsep sederhana hingga konsep mewah,  semuanya ada. Tentunya, dalam menentukan desain tersebut harus disesuaikan dengan budget dan tempat pernikahan. Misalnya jika kamu mengadakan pesta pernikahan di rumah, maka dekorasi yang cocok digunakan adalah dekorasi pernikahan di rumah. 

Jika kamu kesulitan untuk melakukan dekorasi pernikahan sendiri dan takut hasilnya tidak maksimal, kamu dapat menyewa jasa dekorasi pernikahan. Alokasikan uang lebih untuk dekorasi pernikahan agar resepsi terlihat mewah namun tetap tidak melebihi budget. 

6. Gaun Pernikahan

wm_article_img
Gaun Pengantin: Putri Mudita

Gaun pernikahan memiliki banyak desain dan jenis yang dapat digunakan di resepsi pernikahan. Namun untuk menghemat biaya pernikahan, kamu dapat memilih untuk menyewa daripada membeli gaun. Hal tersebut menjadi sebuah pertimbangan penting mengingat biasanya gaun pengantin hanya digunakan sekali saja. 

Dari sisi efisiensi juga lebih menguntungkan sewa gaun pernikahan. Pasalnya jika membuat gaun pernikahan harus dilakukan dari jauh-jauh hari karena untuk menghasilkan gaun yang bagus yang sesuai dengan keinginan tidak dapat dibuat secara instan. Sedangkan untuk sewa gaun, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama dibandingkan membuat gaun. Kamu hanya perlu datang ke beberapa toko yang menyediakan sewa gaun pernikahan dan memilih gaun yang pas.

Hanya saja kelemahan sewa baju pernikahan memang dari segi desain, akan sulit menemukan desain yang sesuai keinginan. Akan tetapi jika hal tersebut dapat menghemat pengeluaran, tidak ada salahnya untuk dicoba.

7. Make Up

wm_article_img
MUA: Marcella Merlyn

Setiap pengantin yang menikah tentunya ingin tampil cantik dan menawan. Untuk mewujudkan hal tersebut, dapat dilakukan dengan cara menggunakan make up di pernikahan. Sayangnya, untuk menghasilkan make up yang bagus, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini disebabkan karena untuk membuat make up yang bagus membutuhkan teknik, jam terbang tinggi serta produk yang baik agar menghasilkan make up yang cantik, flawless dan tahan lama. Oleh karena itu tidak heran, jika jasa MUA yang terkenal membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk menyiasati hal tersebut, jika kamu mempunyai kenalan atau orang terdekat yang mempunyai skill make up yang bagus, kamu dapat menyewa jasa mereka. Biasanya untuk orang terdekat, harga jasa yang dikenakan akan lebih murah. Akan tetapi jika tidak mempunyai kenalan MUA, dan mempunyai teknik make up yang cukup baik, kamu dapat mencoba make up sendiri. Selain menghemat biaya, kamu juga akan merasa lebih bangga dengan diri sendiri. Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk menabung dana dari jauh-jauh hari untuk dapat menyewa jasa MUA yang terbaik agar penampilanmu lebih mempesona.

Itulah tujuh tips yang dapat kamu lakukan untuk mengadakan resepsi sederhana dengan dana yang terbatas. Sebenarnya untuk mengadakan sebuah pesta pernikahan tidak selalu membutuhkan dana yang besar. Jika memang ingin melangsungkan pernikahan namun mempunyai dana minim, kamu tetap dapat mengadakannya. Tidak perlu sebuah resepsi yang besar dengan pernak-pernik mewah, cukup dengan resepsi sederhana yang dihadiri oleh orang-orang terdekat sudah lebih dari cukup. Hal yang terpenting adalah kamu dapat bersatu dengan pasangan di atas bahtera pernikahan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...