Pilih Kategori Artikel

8 Cara Membuat Dekorasi Pelaminan Sederhana Terlihat Menarik Plus Ramah di Kantong!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Setiap calon pengantin pastinya menginginkan pesta pernikahan yang sempurna. Keinginan tersebut bisa tercipta dengan berbagai cara, salah satunya dengan desain dekorasi pelaminan mewah dan mahal yang berkesan. Namun dalam prakteknya, tidak semua orang mempunyai dana lebih untuk mewujudkan impian tersebut. Banyak pula pasangan calon pengantin yang harus memutar otak untuk merancang dekorasi pernikahan sederhana namun menarik, dan tentunya sesuai budget yang dimiliki.

Di sisi lain, ada juga calon pengantin yang menyukai konsep yang lebih simple, tidak terlalu ramai ataupun terlalu heboh. Terutama bagi pasangan yang menikah di rumah dengan ruang yang cukup sempit. Untuk mengakomodir keinginan tersebut, dekorasi pelaminan sederhana hadir menjadi solusi yang tepat guna. Dekorasi pelaminan sederhana muncul dengan tujuan mewujudkan mimpi sebagian orang yang senang dengan konsep simplicity, maupun sebagai alternatif pilihan dekorasi pelaminan minimalis yang lebih hemat budget

Jika kamu salah satu orang yang menyukai hal-hal simple terlebih lagi dengan harga cukup ekonomis, maka 8 ide pelaminan sederhana berikut ini mungkin akan cocok untuk kamu adopsi dalam pernikahanmu nanti. 

1. Dekorasi Pelaminan Sederhana berkonsep Taman Bunga, Favorit Semua Orang

wm_article_imgDekorasi pelaminan | wpm decoration

wm_article_imgDekorasi Pelaminan Sederhana| peony_art_decor

Bagi kamu yang ingin menggelar pernikahan di rumah namun kondisi rumah terbilang sempit, jangan khawatir! Karena kamu tetap bisa mengadakan intimate wedding atau pesta pernikahan kecil-kecilan di rumah dengan dekorasi pelaminan yang menarik. Caranya adalah dengan menggunakan dekorasi taman bunga.

Dekorasi taman bunga bisa kamu ciptakan dengan menempatkan kursi panjang di sebuah ruangan. Setelah itu, kamu bisa menambahkan bunga yang ditempatkan di samping kursi, bagian atas atau sisi-sisi depan pelaminan. Tujuannya adalah untuk menambah estetika agar lebih enak dipandang. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan backdrop warna putih di belakang kursi agar tampilan pelaminan kamu tidak terlalu sepi. 

Dekorasi pelaminan sederhana dengan konsep taman bunga ini juga terbilang ekonomis, sebab tanaman hias yang digunakan bisa kamu sewa dari kios-kios tanaman. Harganya tentu akan lebih murah dibandingkan dengan membeli langsung. Apabila kamu tetap ingin menggunakan bunga untuk dekorasi pelaminan,  budget-nya bisa disesuaikan untuk jenis-jenis bunga yang harganya cukup ekonomis seperti mawar, krisan dan bunga pikok.  

2. Dekorasi Pelaminan Bergaya Rustic 

wm_article_img

wm_article_imgwm_article_img

Dekorasi Pelaminan Rustic | Djarwo.deco

Dekorasi tema rustic ternyata tidak hanya bisa kamu aplikasikan pada konsep pernikahan mewah, untuk konsep pernikahan sederhana pun tetap bisa digunakan. Dekorasi tema rustic bisa kamu buat dengan cara menempatkan elemen-elemen bertema nature di pelaminan, contohnya seperti kursi kayu atau rotan. Kursi tersebut bisa kamu gunakan sebagai kursi pelaminan maupun dijadikan sebagai kursi tamu.

Agar vibe dekorasi pernikahan lebih rustic, kombinasikan dengan warna soft pastel untuk background pelaminan. Selain membuat terkesan kalem dan lembut, penggunaan warna pastel juga membuat dekorasi pelaminan terlihat lebih alami sesuai dengan konsep rustic yang bertemakan alam. Jangan lupa tambah ornamen dekorasi khas rustic seperti dedaunan kering atau rumput pampas biar tampilan pelaminan pernikahan semakin ciamik!

3. Dekorasi Pelaminan Romantis Berwarna Putih

wm_article_imgDekorasi pelaminan | wpm decoration

Tema dekorasi putih merupakan warna yang cocok untuk dijadikan dekorasi pelaminan di rumah, terutama rumah yang cenderung sempit dan lahan  terbatas. Dengan menggunakan dekorasi putih, selain membuat pelaminan tampak elegan, juga memberikan kesan luas dan lapang. Hal ini disebabkan karena dekorasi putih memberikan ilusi seolah-olah ruangan terlihat lebih luas dari biasanya.

Dekorasi putih sendiri bisa kamu aplikasikan ke beberapa barang seperti kursi pelaminan, meja dan kursi tamu, bunga pengantin, backdrop, hingga gaun pengantin. Dengan semua aksen dekorasi berwarna putih, segala elemen dalam pesta pernikahanmu nampak serasi dan harmonis. Warna putih juga sangat netral, sehingga dengan sedikit nuansa warna lain ia akan semakin manis dipandang.

4. Dekorasi Pelaminan Cantik dengan Menggunakan Tirai

wm_article_img

wm_article_imgDekorasi pelaminan | wpm decoration

Kata siapa dekorasi pernikahan harus mahal dan menghabiskan banyak biaya? Ada kok dekorasi yang murah dan tetap terlihat unik. Kamu bisa mencoba dekorasi pernikahan menggunakan media tirai. Tirai yang digunakan di sini tentunya bukan tirai biasa, melainkan tirai yang memang khusus digunakan untuk acara pernikahan. Biasanya tirai pernikahan mempunyai ukuran yang jauh lebih besar dan lebar dari tirai rumah.

Tirai pernikahan terdiri dari berbagai warna, mulai dari warna putih, ungu, biru, hingga emas. Namun jika kamu ingin pelaminan nampak mewah, kamu bisa menggunakan tirai emas sebagai background pelaminan pernikahan. Agar lebih menarik, kamu bisa mengkombinasikan tirai dengan berbagai warna seperti emas dan putih. Tirai tersebut lalu bisa kamu jadikan sebagai backdrop pelaminan. 

Kemudian, di depan backdrop akan dipasang kursi pelaminan yang dihiasi dengan bunga hidup di samping kanan dan kiri kursi. Nah, dekorasi pelaminan sederhana nan cantik dan elegan siap dipamerkan pada tamu-tamu spesial. 

5. Dekorasi Pelaminan Eksotis ala Jungle dengan Tanaman Merambat

wm_article_imgDekorasi Pelaminan Minimalis| Mandalika Wedding Sukabumi

wm_article_img

Sumber: jenniferborisphotographyblog.com

Selain menggunakan tirai sebagai media, dekorasi pelaminan juga bisa memanfaatkan media tanaman untuk elemen dekorasi pernikahan. Dalam hal ini tanaman yang digunakan adalah tanaman merambat atau menjuntai. Caranya terbilang mudah, kamu cukup menempatkan beberapa tanaman merambat di dinding rumah. Jika ingin dekorasi yang lebih ramai, kamu bisa menempatkan aksesoris lain seperti lampu tumblr yang digantung menjuntai di sekeliling tanaman. 

Selain itu, untuk menambah keunikan pada pesta pernikahan, coba deh gaya mingle. Pengantin tidak duduk di kursi pelaminan melainkan berdiri dan berjalan-jalan menghampiri tamu yang datang. Cara ini memang terbilang baru di Indonesia, namun gaya mingle sudah berkembang luas di Eropa dan beberapa pengantin Indonesia masa kini sudah banyak yang menerapkannya. Dengan menerapkan cara tersebut, kamu bisa menjalin hubungan yang lebih akrab dengan para tamu dan membuat pernikahanmu lebih seru.

6. Dekorasi Pelaminan Estetik dengan Memanfaatkan Ranting-ranting di Sudut Ruangan

wm_article_imgDekorasi | Vicky Vica Decor

Dekorasi pelaminan sederhana dan murah juga bisa kamu lakukan dengan cara menempatkan dekorasi ranting di sudut ruangan. Ranting bisa disusun sedemikian rupa hingga membentuk seperti gapura yang ditempatkan di sudut ruangan.

Ranting ini bisa kamu jadikan sebagai background pelaminan maupun backdrop untuk foto. Setelah itu, untuk menambah kesan yang natural, kamu bisa menggunakan latar dengan media lain seperti kain berwarna putih di belakang ranting yang berguna untuk menonjolkan kesan estetik dan unik dari ranting-ranting tersebut.

Peletakan ranting ini tidak hanya bermanfaat sebagai alat dekorasi tapi juga menambah keunikan pada dekorasi pelaminan sederhana milikmu. Ranting ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai background foto yang bisa digunakan oleh para tamu untuk mengabadikan kenangan dengan pengantin.

7. Dekorasi Pelaminan Unik dengan Sekat Kayu

wm_article_img

wm_article_imgDekorasi Pelaminan Rustic | Djarwo.deco

Sebenarnya penggunaan sekat kayu sebagai media dekorasi sudah dilakukan di pernikahan masyarakat Jawa. Selain berfungsi sebagai background, sekat kayu juga membuat kesan adat Jawa semakin kuat. Berawal dari pernikahan adat Jawa, banyak orang yang menjadi terinspirasi dan menjadikan sekat kayu sebagai media dekorasi pelaminan sederhana. 

Namun, berbeda dengan pernikahan adat Jawa dimana model sekat kayu yang digunakan cenderung sederhana, pernikahan dengan konsep modern justru menggunakan sekat kayu yang telah dimodifikasi dengan berbagai model yang membuat tampilannya menjadi lebih modern dan berbeda dari yang lain. Modifikasi sekat kayu dibuat dengan cara melapisi kayu dengan cat berbagai warna seperti putih atau hitam dengan menambahkan aksesoris lain berupa lampu tumblr, tulisan dan lain-lain. Instalasi seperti ini menjadikan dekorasi pelaminan pernikahan semakin unik.

8. Dekorasi Pelaminan Adat dengan Semarak Warna

wm_article_imgDekorasi Pelaminan Adat Minang | Berrymirsha Wedding Decoration

Jika kamu tipe individu yang menyukai warna-warna kontras yang terdiri dari berbagai warna, kamu bisa banget menggunakan tema adat untuk desain dekorasi pelaminan. Pasalnya gaya dekorasi bertema adat umumnya cenderung colorfull dengan warna terang yang mencolok. Dengan mengaplikasikan warna terang tersebut, diharapkan dapat memberikan energi positif tidak hanya kepada pengantin dan keluarga tapi juga para tamu undangan. Untuk menggunakan konsep pelaminan adat, propertinya bisa kamu sewa dengan vendor dekorasi di kotamu, sebab setiap ornamen yang digunakan untuk dekorasi pelaminan adat memiliki detail unik yang khas. Pelaminan adat sendiri sudah cukup ramai, sehingga tidak perlu menambahkan banyak hiasan-hiasan lain.

Itulah beberapa ide membuat dekorasi pelaminan sederhana menjadi menarik. Meskipun low budget dekorasi pelaminan sederhana ini terkesan mewah bukan? Sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin menggelar pesta pernikahan dengan konsep yang simpel. Dekorasi pelaminan sederhana ini sangat cocok digunakan di rumah yang cukup sempit sehingga tampak lebih menarik, tetapi tidak terlalu sesak dengan hiasan berlebihan.

Bagi kamu yang sedang mencari vendor dekorasi, jangan lupa kunjungi WeddingMarket store karena ada berbagai macam pilihan vendor dekorasi berpengalaman yang bisa mewujudkan pernikahan impianmu. Dapatkan juga diskon dan promo menarik lainnya di WeddingMarket venue deals hanya untukmu. Yuk, kepoin sekarang!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...