Pilih Kategori Artikel

8 Ide Minuman Segar Rumahan Pelengkap Meja Prasmanan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Menikmati hidangan yang disajikan dalam resepsi pernikahan sudah menjadi bagian dari tradisi. Hidangan yang disuguhkan pun beraneka ragam, mulai dari snack pembuka, main course, hingga dessert. Banyaknya variasi ini menjadi alasan bagi calon pengantin untuk memilih menu hidangan yang tak hanya lezat, tetapi juga pantas disajikan kepada tamu undangan.

Setelah selesai menyantap hidangan pembuka dan main course, para tamu akan beralih untuk menikmati sajian dessert. Tak hanya tertarik dengan sesuatu yang tampak manis, kebanyakan dari mereka juga mengincar minuman yang menyegarkan. Biasanya, variasi minuman tradisional, rumahan, atau yang telah populer di kalangan umum banyak dipilih sebagai pengisi menu prasmanan pada resepsi pernikahan. Selain karena gampang diterima oleh lidah, minuman-minuman ini juga dibuat dari bahan dasar yang mudah ditemukan.

Sebagai calon pengantin yang disibukkan dengan berbagai persiapan, kamu tak perlu kebingungan ketika akan menentukan menu minuman. Pilih saja menu minuman yang sudah terbukti rasa dan kenikmatannya. Nah kali ini, WeddingMarket akan memberikan 8 ide menu minuman lokal khas rumahan yang layak untuk kamu hadirkan dalam resepsi pernikahanmu. Simak, yuk!

  1. Es Buah

wm_article_img
Foto via iqro.org.au

Sajian penutup yang hampir selalu ada dalam resepsi pernikahan. Ya, es buah, salah satu menu prasmanan rumahan yang mudah untuk dibuat. Minuman segar ini berisi potongan aneka buah seperti semangka, melon, nanas, apel, pir, pepaya, serta lengkap juga dengan tambahan jelly atau nata de coco

Kuah es buah sendiri pun dapat divariasikan menjadi dua macam. Kamu bisa memilih jenis kuah bening yang dibuat dari air dan sirup atau kuah susu yang menggunakan tambahan kental manis. Kesegaran es buah sangat cocok untuk menjadi menu penutup usai menikmati hidangan pada resepsi pernikahan.

  1. Es Teler

wm_article_img
Foto via id.pinterest.com

Es teler adalah minuman khas yang populer di semua kalangan usia.  Kombinasi antara isian dengan kuah santan plus kental manis, menciptakan rasa yang legit di lidah. Secara umum, es teler terdiri dari potongan nangka, alpukat, dan daging kelapa. Keempat isian yang mudah ditemukan membuat es teler disebut sebagai salah satu menu rumahan. 

Tak jarang pula orang-orang menambahkan potongan daging durian sehingga rasa es teler akan jauh lebih khas. Walaupun begitu, kamu tetap perlu mempertimbangkan tambahan buah durian, mengingat tak semua orang doyan dengan buah satu ini. Secara keseluruhan, es teler sangat layak untuk kamu hadirkan sebagai opsi minuman dalam menu prasmanan.

  1. Es Cendol dan Es Dawet

wm_article_img
Foto via kompas.com

Serupa tapi tak sama, begitulah gambaran yang tertuju untuk es cendol dan es dawet. Keduanya sama-sama disajikan dengan kuah santan dan gula merah yang manis. Tetapi ada yang berbeda dari dua minuman khas Nusantara ini. Es cendol berasal dari Jawa Barat dan es dawet berasal dari kawasan Jawa Timur. Bahan dasar dan bentuknya pun berbeda. Es cendol cenderung berbentuk bulat dan terbuat dari tepung hunkwe sehingga teksturnya kenyal seperti jelly

Di sisi lain, es dawet yang berbentuk memanjang dibuat dari tepung beras sehingga memiliki tekstur yang lembut. Tenang saja, kamu tak perlu bersusah payah untuk membuat adonan cendol atau dawet dari awal karena kedua bahan tersebut sudah beredar banyak di pasaran. Jadi, selain menjadi minuman rumahan, es cendol dan es dawet juga cocok untuk disajikan sebagai menu prasmanan dalam resepsi. 

  1. Es Timun Suri

wm_article_img
Foto via kumparan.com

Es timun suri dikenal sebagai minuman yang sederhana tapi menyegarkan. Minuman pelepas dahaga ini dibuat dari potongan atau serutan timun suri, air gula, dan sirup merah atau hijau. Agar lebih bervariasi, beberapa orang juga sering menambahkan potongan agar-agar. Walaupun sangat simple dan tergolong dalam sajian rumahan, es timun suri tentu tak bisa kamu lewatkan begitu saja dari daftar ide menu minuman untuk prasmanan. Rasa dan kesegarannya yang tak berlebihan membuat es timun suri dapat dinikmati oleh semua tamu undangan. 

  1. Es Sarang Burung Selasih

wm_article_img
Foto via rasabunda.com

Siapa yang tak kenal dengan minuman cantik nan menyegarkan ini? Inilah es sarang burung selasih. Es sarang burung selasih berasal dari daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Awalnya, isian pada minuman ini dibuat dari sarang burung walet. Namun karena harga sarang walet yang dirasa mahal, orang-orang kemudian menggantinya dengan agar-agar yang diparut. 

Tentu saja hal ini membuat es sarang burung selasih mudah untuk dibuat kembali. Tak hanya agar-agar parut, minuman segar ala rumahan ini juga lengkap dengan potongan melon, pepaya, nata de coco, biji selasih, gula, serta sirup merah. Cocok sekali untuk menjadi penghujung pada menu resepsi pernikahanmu.

  1. Es Kuwut 

wm_article_img
Foto via orami.co.id

Menu penutup prasmanan berikutnya adalah minuman segar khas Pulau Dewata, es kuwut. Dari tampilannya saja, kesegaran minuman ini tak bisa diragukan lagi. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es kuwut terdiri dari serutan kelapa muda dan melon, selasih, air gula, sirup hijau, serta lengkap dengan potongan jeruk nipis. 

Jika ingin lebih hemat, kamu juga bisa mengganti isian kelapa muda dengan bahan lain, seperti serutan jelly. Tentunya ini akan memudahkanmu untuk meracik minuman rumahan dengan isian yang bervariasi, tapi tetap terjangkau. Perpaduan kuah dan rasa khas jeruk nipis yang pas, membuat es kuwut cocok diminum seusai menyantap hidangan prasmanan. 

  1. Es Manado

wm_article_img
Foto via resepkoki.id

Seperti namanya, es manado memang berasal dari Manado. Karakter khas dari minuman segar rumahan khas Sulawesi Utara ini terletak bada bahan dasarnya, yaitu buah sirsak. Buah sirsak diblender sampai halus kemudian ditambah dengan isian serutan daging kelapa muda, nata de coco, dan potongan agar-agar merah. 

Es manado juga sering divariasikan dengan tambahan buah-buahan, seperti stroberi, alpukat, dan melon. Kesegaran dari minuman yang lengkap dengan berbagai rasa buah-buahan ini pasti akan berkesan bagi para tamu undangan. Jadi, pastikan agar es manado termasuk dalam list rencana menu prasmananmu, ya!

  1. Es Kelapa Jeruk

wm_article_img
Foto via dcostseafood.id

Tak perlu lagi susah payah mencari ide menu minuman untuk melengkapi prasmanan. Pilih saja menu yang mudah untuk dibuat di rumah tapi tetap terjamin kesegarannya, seperti es kelapa jeruk. Baik kelapa muda maupun jeruk, keduanya selalu tersedia di pasaran. Kombinasi antara buah kelapa muda, gula, dan air perasan jeruk sangat cocok untuk menyudahi rasa seret sehabis menikmati hidangan. Catat juga ide minuman satu ini untuk hadir dalam menu prasmananmu, ya!

Nah, itulah 8 ide menu minuman yang cocok untuk menemani hidangan prasmanan di hari resepsimu. Variasi minuman di atas memang sangat umum, tetapi kamu tak perlu ragu untuk memilih salah satunya. Memilih menu minuman rumahan yang sudah populer justru akan menguntungkanmu karena tamu undangan bisa langsung mengenali tanpa perlu menebak-nebak bagaimana rasanya. 

Tak hanya bisa dikreasikan dengan variasi isian lain sesuai selera, menu-menu di atas juga dibuat dari bahan yang mudah didapatkan di pasaran lokal. Jadi, ada sisi positif pada poin anggaranmu juga, kan? Mau tahu juga tip mengelola budget catering pernikahan agar jauh lebih hemat? Baca selengkapnya di sini.

Nah, buat kamu yang sudah mantap ingin melangkah ke jenjang yang lebih serius dengan pasangan terkasih, yuk temukan berbagai persiapan pernikahan dari vendor-vendor pernikahan terbaik di pameran pernikahan WeddingMarket Festival pada 18-19 Februari 2023 di The Krakatau Grand Ballroom. Termasuk catering atau prasmanan untuk hari istimewamu kelak! Dapatkan berbagai diskon dan promo menarik dari vendor-vendor pernikahan terbaik, serta Grand Prize senilai ratusan juta rupiah! Pesan Tiket Masuk Gratis dengan klik di tautan ini.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...