Pilih Kategori Artikel

Pilihan Aksesoris Pengantin Pria untuk Tampil Lebih Gagah
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan tidak hanya menjadi waktu sakral bagi mempelai wanita saja, sebagai mempelai pria, kamu tentu disibukkan dengan berbagai hal. Dari gaya berpakaian, aksesoris, hingga persiapan menjelang pernikahan. Busana dan aksesoris pengantin pria merupakan bagian yang paling banyak menyita perhatian karena menjadi fokus utama banyak orang. 

Tentu kamu sebagai pengantin tidak ingin tampil kurang maksimal di hari pernikahan dan kalah tampan dari tamu undangan yang datang. Untuk mengantisipasi hal tersebut, memakai busana terbaik yang lengkap dengan askesorisnya bisa kamu lakukan. 

Meskipun pakaian laki-laki di hari pengantin tidak begitu ribet, namun tetap saja ia harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai aksesoris dan busana yang dikenakan ternyata tidak matching, ini akan membuat penampilanmu sebagai mempelai pria kurang gagah dan mempesona. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan aksesoris yang bisa dikenakan oleh pengantin pria. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa aksesoris tersebut atau menggunakan semuanya sekaligus. Walaupun sederhana, aksesoris akan membuat penampilanmu semakin gagah dan sesuai dengan sifat acara pernikahan yang sakral dan formal. 

Rekomendasi Aksesoris Pengantin untuk Pria

wm_article_imgFoto: The Black Tux

1. Sepatu

Aksesoris yang wajib dikenakan oleh mempelai pria adalah sepatu, sebab tanpanya penampilanmu tidak bisa terlihat maksimal. Bagi mempelai perempuan, sepatu atau heels yang dipakai memang biasanya tertutup gaun, namun tidak bagi mempelai laki-laki karena aksesoris pengantin pria ini akan selalu nampak. 

Sepatu yang digunakan pun tidak boleh sembarangan dipakai, harus sesuai dengan konsep dan tema pernikahan. Jika pernikahan yang dilangsungkan menggunakan konsep resmi, menggunakan sepatu pantofel atau kulit bisa menjadi pilihan. 

Berbeda jika kamu melangsungkan pernikahan semi-formal, seperti garden party, kamu bisa menggunakan gaya sepatu yang lebih santai. Jika kesulitan memilih sepatu yang tepat, kamu bisa bertanya kepada desainer atau vendor busana yang kamu kenakan untuk memilihkan yang sesuai dengan gaya pernikahanmu. 

2. Dasi

Kebanyakan pria menikah dengan menggunakan jas pengantin, sedangkan mempelai perempuan menggunakan gaun. Penting untuk melengkapi penampilan jas dengan menggunakan dasi. Inilah alasan kenapa dasi menjadi aksesoris wajib yang harus kamu kenakan di hari pernikahan. 

Dasi tentu tidak bisa kamu kenakan sebagai aksesoris pengantin pria jika kamu melangsungkan pernikahan secara tradisional. Kamu tidak akan mengenakan jas sebagaimana pernikahan modern, melainkan pakaian adat yang sudah lengkap dengan aksesorisnya. 

Untuk kamu yang hendak menggunakan jas dengan gaya formal, pakailah dasi dengan gaya memanjang. Ini akan membuat penampilanmu lebih sesuai dengan gaya berpakaian yang kamu kenakan. Berbeda jika pernikahannya semi formal, dasi gaya kupu kupu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu pakai. 

3. Ikat Pinggang

Ikat pinggang mungkin tidak akan terlalu terlihat ketika kamu mengenakan jas akad nikah yang panjang atau tuksedo. Namun dengan menggunakan ikat pinggang, postur tubuhmu bisa terlihat lebih baik dan membuat kamu bisa lebih nyaman mengenakan celana. 

Ada berbagai jenis ikat pinggang yang bisa kamu kenakan, dari yang berbahan dasar kulit asli, sintesis, hingga bahan campuran lainnya. Kamu bisa memilih sesuai dengan jenis pakaian yang kamu kenakan, pilih ikat pinggang yang terlihat minimalis dan netral agar bisa sesuai dengan berbagai model gaya baju. 

Aksesoris pengantin pria ini biasanya sudah disediakan langsung oleh pihak vendor busana pernikahan, apalagi jika kamu menyewa busana dari mereka. Namun kamu tetap bisa membelinya secara terpisah agar bisa mengenakannya dengan lebih nyaman. 

4. Vest

Vest atau rompi memang bukan aksesoris wajib, namun untuk kamu yang ingin tampil lebih gagah, menggunakan vest atau rompi bisa menjadi pilihan. Memakai vest tidak hanya membuatmu terlihat menawan, ia juga bisa membuatmu terlihat lebih rapi karena pakaian bisa pas di badan. 

Sama seperti jas, jenis vest cukup beragam, kamu bisa memilih warna dan bahan yang digunakan untuk membuat penampilanmu makin maksimal. Namun ingat, vest tidak bisa sembarang dikenakan pada jas formal. 

Kalau kamu ragu mengenai penggunaan vest dan cara memilihnya, kamu tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak artikel yang menyediakan pembahasan mengenai vest untuk pesta pernikahan. Harganya juga cukup terjangkau, jadi kamu bisa membelinya sendiri jika dibutuhkan. 

5. Boutonnieres

Kamu mungkin masih asing dengan aksesoris pengantin pria yang satu ini, atau sudah tahu bentuknya namun tidak tahu namanya. Boutonnieres merupakan aksesoris berupa bunga atau ornament yang disematkan di dada, biasanya diletakkan pada bagian saku. 

Ukurannya bisa bervariasi, dari yang sedang hingga kecil dengan pilihan bentuk dan warna yang beragam. Jika pasanganmu membawa buket bunga di hari pernikahan, maka kamu bisa tampil serasi dengannya dengan menggunakan aksesoris yang satu ini. 

Sejarah boutonnieres sendiri cukup panjang, ia berasal dari dataran Eropa dan menyebar ke seluruh dunia. Kalau kamu menikah menggunakan konsep pernikahan internasional, kamu biasanya harus menggunakan aksesoris ini sebagai bentuk formalitas.

Itulah beberapa model aksesoris yang bisa dikenakan oleh pria ketika hari pernikahan berlangsung. Aksesoris ini biasanya digunakan untuk tipe pernikahan modern, sehingga mengacu pada standard dan budaya yang ada di Barat. Jika kamu melangsungkan pernikahan dengan konsep tradisional atau minimalis, aksesoris pengantin pria yang kamu kenakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Tips Memilih Aksesoris untuk Pengantin

wm_article_img

Foto: Wedding To The Wire

Karena digunakan untuk menujang penampilan, kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih aksesoris. Berikut adalah beberapa tips berguna yang bisa kamu gunakan untuk memilih aksesoris yang tepat, diantaranya:

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan

Apabila kamu lebih nyaman tidak menggunakan aksesoris, maka pemakaian aksesoris bisa menjadi hal yang tidak harus dilakukan. Menggunakan aksesoris sebenarnya tidak hanya sebagai penunjang penampilan terlihat lebih baik saja, ia digunakan untuk membuat penampilanmu semakin maksimal. 

  • Pilih Model yang Tepat

Tidak perlu khawatir jika aksesoris yang kamu kenakan ternyata hanya berupa sepatu dan ikat pinggang saja. Banyak sedikitnya aksesoris tidak akan membuat penampilanmu terlihat buruk secara langsung. Malahan memilih model yang tepat lebih disarankan dibandingkan mengutamakan banyak sedikitnya pemakaian aksesoris. 

  • Padu Padankan dengan Busana

Aksesoris pengantin pria tentunya harus sesuai dengan gaya busana yang dikenakan, bukan malah berbeda dan membuat penampilan menjadi fashion disaster. Sebelum pernikahan, pastikan kamu memang sudah mempersiapkan aksesoris yang hendak dikenakan dan dicocokkan dengan busana yang dipakai. 

  • Pertimbangkan Bentuk Tubuh

Pilih aksesoris yang tidak hanya memiliki bentuk yang menarik, namun juga nyaman kamu gunakan. Jangan sampai kamu merasa kurang nyaman di hari pernikahan hanya karena kamu memaksa menggunakan aksesoris yang tidak sesuai dengan bentuk tubuhmu. 

Itulah beberapa pilihan aksesoris pengantin pria dan tips untuk memilih dan mengenakannya. Semoga dengan informasi tersebut kamu tidak kesulitan untuk menemukan aksesoris yang hendak dipakai menjelang pernikahan. Jika dipersiapkan sedini mungkin, tentunya kamu akan mendapatkan hasil tampilan yang lebih maksimal!

Yuk temukan vendor busana pria yang sangat berpengalaman untuk menyesuaikan kebutuhan busana kamu. klik di sini

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...