5 Alasan Mengapa Memilih Kebaya Untuk Momen Spesialmu - Wedding Market

5 Alasan Mengapa Memilih Kebaya Untuk Momen Spesialmu

02 Aug 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 1762
5 Alasan Mengapa Kebaya selalu Jadi Busana Favorit Para Wanita Indonesia
Kebaya Akad Adinda Azani by Didiet Maulana | Fotografi: Imagenic

Jika berbicara mengenai pakaian tradisional khas wanita Indonesia, maka tentu yang pertama terlintas di benak kita adalah kebaya. Pakaian yang identik dengan kesan anggun dan elegan ini memang merupakan ikon busana wanita Indonesia sejak dahulu kala. Model kebaya yang beragam, keluwesannya untuk dipadupadankan dengan berbagai jenis kain-kain tradisional, hingga modifikasi dengan sentuhan-sentuhan modern telah membuat kebaya menjadi busana favorit wanita dari masa ke masa.

Kebaya pun tak lagi terbatas digunakan pada momentum adat seperti rangkaian prosesi pernikahan atau upacara keagamaan. Namun, kini kebaya telah menjelma menjadi fashion item yang juga tak kalah modis untuk dikenakan di berbagai acara-acara yang berkesan modern, bahkan pada event internasional sekalipun. Tentunya ini telah menginspirasi para desainer untuk menghadirkan kreasi desain kebaya yang lebih stylish agar bisa terus eksis mengikuti perkembangan zaman. 

Selain itu, inilah beberapa alasan lainnya kenapa kamu harus memilih kebaya untuk momen-momen spesialmu!

1. Banyak Variasi Model dan Bahannya

5 Alasan Mengapa Memilih Kebaya Untuk Momen Spesialmu

Meski identik dengan kesan tradisional, kebaya bisa tampil dengan banyak variasi mengikuti tren fashion yang berkembang. Misalnya model kebaya klasik seperti kebaya Jawa, kebaya Kartini hingga kebaya kutubaru, kini sudah banyak dimodifikasi sehingga menghasilkan tampilan yang timeless dan lebih fresh

5 Alasan Mengapa Memilih Kebaya Untuk Momen Spesialmu

Penggunaan warna-warna yang kekinian baik warna bold seperti merah, biru, ungu hingga nuansa pastel, serta penambahan berbagai aksen modern seperti bordir, manik-manik, payet, mutiara dan kristal-kristal menjadikan tampilannya tak lagi kuno. Selain itu, kebaya pun bisa dibuat dari berbagai bahan yang nyaman untuk dikenakan. Oleh sebab itu, kebaya selalu diminati oleh berbagai kalangan.  

2. Mudah Dipadupadankan dengan Berbagai Gaya

5 Alasan Mengapa Memilih Kebaya Untuk Momen Spesialmu

Tak ada lagi alasan untuk menolak menggunakan kebaya pada berbagai kesempatan. Apabila dahulu di beberapa tradisi penggunaan kebaya relatif rumit karena ada ketentuan atau pakem yang harus diikuti. Di zaman modern ini, kebaya menjadi lebih sederhana sehingga tak lagi menyulitkan penggunanya. Baik dari segi desain ataupun padu padan, kamu bisa sesuaikan dengan style yang diinginkan.

5 Alasan Mengapa Memilih Kebaya Untuk Momen Spesialmu

Apabila ingin tampil klasik, kebaya bisa dipadukan dengan berbagai kain tradisional seperti batik, songket, ulos dan sebagainya. Bahkan untuk kepraktisan, para desainer ataupun pemilik usaha kreatif sudah banyak memodifikasi kain-kain untuk bawahan kebaya menjadi rok siap pakai. Jadi, siapapun bisa dengan mudah menggunakannya. Jika ingin tampil lebih simple, kamu bahkan bisa memadupadankan kebaya dengan bawahan model celana, loh! 

3. Memberi Kesan Mewah dan Membuat Penggunanya Tampil Lebih Anggun

5 Alasan Mengapa Memilih Kebaya Untuk Momen Spesialmu

Tidak bisa dipungkiri banyak pula orang-orang yang menyukai kebaya karena busana yang elegan ini punya daya tariknya tersendiri, yang mana memberi kesan mewah dan anggun pada para penggunanya. Apalagi ada banyak bahan-bahan mewah dan berkualitas yang bisa dipilih seperti brokat, tulle, organza, dan sebagainya. 


Terutama untuk kebaya-kebaya yang diberikan sentuhan mewah seperti aksen bordir, payet, mutiara hingga kristal-kristal untuk mempercantik tampilannya. Meskipun kebaya model klasik masih tetap dipertahankan, dengan detail modern tersebut, baju kebaya pun tampak makin mengesankan. Penggunanya otomatis langsung tampil ayu bak putri keraton! 

4. Ada Nilai-nilai Filosofinya


Dibalik keindahannya, busana wanita Indonesia ini ternyata memiliki filosofi tersendiri yang lekat akan nilai-nilai kehidupan. Kebaya melambangkan kepatuhan, kehalusan, dan kelembutan seorang wanita Indonesia yang berbudaya, anggun, selalu mengayomi dan menentramkan hati. Disamping itu, kesederhanaan yang ditampilkan dari busana khas wanita Indonesia ini juga sebagai wujud kesederhanaan yang dimiliki masyarakatnya. Oleh karena itu, kebaya tak hanya sekedar pakaian, tapi juga menjadi simbolis pemaknaan diri sebagai seorang wanita Indonesia.

5. Melestarikan Budaya  


Seperti yang diketahui, kebaya merupakan ikon busana wanita Indonesia yang telah diturunkan oleh para leluhur terdahulu. Oleh sebab itu, dengan menggunakan kebaya juga berarti kamu turut melestarikan kebudayaan asli negeri tercinta ini. Sebagai busana nasional wanita Indonesia, kebaya juga telah mengalami akulturasi sehingga dapat diterima bagi semua kalangan. Tak hanya di Pulau Jawa tapi juga di Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan daerah-daerah lainnya. 

Oleh karena itu, sebagai wanita Indonesia, kita patut berbangga saat mengenakan busana nan anggun ini. Selain agar kebaya dapat eksis bersaing dengan pakaian modern, dengan kita turut menggunakannya, kebaya akan dapat selalu terjaga hingga generasi-generasi selanjutnya. Sekaligus membantu memberdayakan para pelaku usaha dalam negeri dengan menggunakan busana asli buatan Indonesia. Yuk, pakai kebaya!

Vendor terkait: Eddy Betty | Ayung Berinda | Asky Febrianty | Vera Kebaya | Ekhi Anam | Ivory Studio | Dinda Firdausa KebayaSapto Djojokartiko Bride | Svarna by Ikat Indonesia

Pesan Tiket Gratis WeddingMarket Fair Sekarang!
13 - 14 Agustus 2022 | Hotel Bidakara Jakarta

Artikel Terkait


Menangkan Hadiah Ratusan Juta Rupiah di WeddingMarket Fair!

Pesan Tiket Gratis Sekarang
WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?