Bingung Pilih Baju Pesta Pernikahan? Begini Tipsnya! - Wedding Market

Bingung Pilih Baju Pesta Pernikahan? Begini Tipsnya!

05 Aug 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 152
Bingung Pilih Baju Pesta Pernikahan? Begini Tipsnya!
Foto: PXhere

Baju pesta pernikahan merupakan salah satu hal penting yang butuh perhatian penuh menjelang hari H. Pasalnya, baju yang kamu kenakan akan tercetak sekali seumur hidup dalam album foto pernikahanmu. Memilih baju yang pas dan sesuai keinginan tentu merupakan suatu keharusan.

Kalau kamu masih bingung memilih akan memakai baju jenis apa, misalnya gaun atau kebaya? Nah, simak ulasan ini sampai selesai agar kegalauanmu terjawab, ya!

Macam Baju Pesta Pernikahan

Zaman sekarang ini, ada berbagai macam pakaian yang bisa kamu kenakan saat menikah. Berikut beberapa di antaranya :

1. Busana Adat Tradisional


Foto: IDN Times

Busana tradisional menjadi jenis pakaian yang paling banyak dipilih oleh pasangan-pasangan di Indonesia. Hal ini tentu dipengaruhi karena budaya dan adat Indonesia yang beragam, juga kecantikan busana adat itu sendiri.

Kebaya merupakan salah satu contoh pakaian adat, banyak dikenakan pengantin Jawa dan Sunda. Mengenakan kebaya bisa kamu pilih jika pestamu mengusung tema adat yang kental. 

Ada banyak kelebihan dari pakaian tradisional satu ini, salah satunya akan membuatmu tampak semakin anggun seperti putri-putri keraton. Cuttingan kebaya biasanya akan pas sesuai ukuran tubuh, sehingga memberikan efek langsing.

Bawahan kain jarik yang dikenakan juga akan memberi kesan jenjang pada kakimu, selain kesan tradisionalnya yang kental. Namun, kekurangan dari pakaian tradisional semacam ini yaitu akan sangat membatasi ruang gerakmu. Kamu tidak bisa leluasa berjalan dengan mengenakan jarik.

Selain itu, dengan mengenakan pakaian tradisional, biasanya ada hiasan kepala yang membuatmu semakin anggun. Misalnya, siger untuk daerah Sunda dan sanggul untuk pengantin Jawa, juga Suntiang Gadang untuk pengantin Palembang. Hiasan kepala ini bisa saja sangat berat dan membuatmu pening jika dikenakan dalam waktu yang lama.

Pakaian tradisional lain yang tidak kalah cantik di Indonesia adalah Tikuluak Talakuang atau pakaian khas Minang. Beda dengan kebaya yang pas badan, pakaian adat ini bisa dibilang longgar, seperti baju kurung. 

Mengenakan Tikuluak Talakuang akan membuatmu tampil anggun dan santun khas puteri Minang. Aksesoris perhiasan yang ramai adalah ciri khas dari pengantin wanita di daerah ini. Kamu akan lebih leluasa bergerak dibandingkan jika kamu mengenakan kebaya.

Ribuan Model Gaun Cantik ada di WeddingMarket!

2. Busana Modern


Foto: Modern Wedding

Baju pesta pernikahan selanjutnya adalah busana pernikahan modern. Biasanya, busana ini adalah gaun. Namun, jenis gaun pernikahan pun sekarang ada banyak sekali. Pastikan kamu tidak salah pilih, ya.

Tidak seperti pakaian tradisional yang modelnya begitu-begitu saja dan cocok untuk semua bentuk tubuh, memilih gaun pernikahan sebaiknya disesuaikan dengan bentuk tubuhmu. Kamu bisa berkonsultasi dulu dengan desainer atau vendor pilihanmu.

Mereka akan membantumu memilih gaun yang sesuai. Misalnya, gaun A-Line, ball gown, dan jenis gaun lainnya.  Mengenakan gaun dalam pesta pernikahanmu tidak akan mengesankan sosok putri keraton, tapi lebih ke princess-princess dalam negeri dongeng. Dengan gaun yang notabene bagian bawahnya lebih lebar, kamu akan lebih leluasa bergerak.

Gaun yang tepat dengan bentuk tubuhmu akan membuatmu tampak semakin anggun, yang sekaligus bisa menjadi kekurangan yang mencolok jika sampai kamu salah memilih.

Tips Memilih Busana untuk Menjadi Ratu Sehari


Agar tidak salah pilih, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih baju pernikahan untuk hari bahagiamu.

1. Sesuaikan dengan Tema

Pernikahanmu tradisional atau modern? Dari situ saja sudah terjawab pakaian yang seharusnya kamu kenakan. Bagaimana kalau kamu ingin modern, tapi orangtua inginnya tradisional?

Tinggal padukan saja, ya, misalnya saat akad kamu memakai pakaian tradisional, dan resepsi dengan busana modern.

2. Kembali ke Wedding Dream

Setiap wanita pasti punya wedding dream atau pesta pernikahan impian. Busana, adalah hal yang pasti paling menonjol dalam wedding dream-mu. Jadi, kenapa harus bingung lagi? Turuti saja wedding dream-mu yang seumur hidup cuma sekali itu!

3. Diskusikan dengan Pasangan

Kalau kamu dan pasangan punya keinginan yang berbeda, diskusikan agar menemukan jalan tengahnya. Kamu juga bisa berdiskusi dengan vendormu agar bisa menentukan yang paling baik.

Karena pernikahan adalah acaramu dan si dia, jadi jangan maunya menang sendiri, ya. Belajarlah berkompromi dengan pasangan sedini mungkin, mulai dari menentukan jalan tengah untuk keinginan busana pernikahan yang berbeda.

4. Pertimbangkan Budget

Baik busana pengantin tradisional maupun modern punya cost sewa atau pembuatan yang berbeda-beda. Jika menyewa, kamu bisa bertanya-tanya pada vendor, menyesuaikan dengan budget untuk busanamu. 

Jika membuat sendiri, kamu setidaknya bisa mengukur akan seberapa mewah pakaian tersebut. Kedua jenis pakaian ini tentu bisa dibuat semahal mungkin.

5. Perhatikan Tempat dan Waktu Acara

Mengenakan pakaian tradisional untuk konsep pesta kebun rasanya kurang pas, ya. Begitu pula pakaian modern, bisa saja kurang pas dalam kondisi tertentu. Karena itu, waktu dan tempat berlangsungnya acaramu juga patut dipertimbangkan.

Nah, itu dia beberapa tips memilih baju pesta pernikahan. Bagaimana, sudah ada gambarannya sekarang?

Ribuan Model Gaun Cantik ada di WeddingMarket!

Silahkan Klik Disini

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us